Berapa Suhu AC Paling Dingin dan Tips Mengaturnya Agar Tidak Terlalu Nyaman, Yuk Caritahu!

Sebagian besar dari kalian mungkin masih bertanya berapa suhu AC paling dingin. Hal tersebut cukup wajar karena tidak sedikit dari masyarakat ternyata belum mengetahuinya lebih lanjut, maka dari itu silahkan simak penjelasan berikut ini.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa AC atau air conditioner menjadi salah satu jenis pendingin ruangan yang paling banyak dipilih. Terlebih lagi tinggal di negara tropis seperti Indonesia, keberadaan dari pendingin ruangan sangat dibutuhkan.

Apabila Anda ingin mengaplikasikan AC di rumah atau gedung tempat kerja, maka sebaiknya harus memahami temperatur AC paling dingin. Sebab apabila suhu tidak tepat ternyata bisa mengganggu kenyamanan seseorang.

Berapa Suhu AC Paling Dingin?

Berapa Suhu AC Paling Dingin

Berapakah suhu ac paling dingin atau rendah? Disinilah sebagai pengguna wajib mengetahui agar memberikan kenyamanan. Suhu ruangan sendiri merupakan faktor sangat penting didalam menciptakan rasa kenyamanan dan lingkungan ideal di dalam suatu ruangan.

Apabila suhu terlalu panas ataupun dingin ternyata bisa mengakibatkan kenyamanan sekaligus produktivitas menjadi terganggu. Lantas berapakah suhu paling dingin pada AC? jawabannya adalah sekitar 16 – 18 derajat celcius dan merupakan suhu paling dingin.

Para praktisi sendiri tidak menyarankan suhu rendah tersebut untuk digunakan sebagai standar karena bisa mengakibatkan sejumlah masalah nantinya. Inilah yang harus diperhatikan oleh para pemilik AC terhadap risiko yang akan muncul.

Suhu AC paling rendah yang diaplikasikan pada ruangan bisa mengakibatkan sejumlah masalah diantaranya adalah pembuluh darah menyempit, kesemutan, keku pada leher atau tengkuk, hidung tersumbat, kembung serta sering buang air kecil. Semua hal tersebut tentu bisa mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Suhu AC Yang Direkomendasikan

Tidak bisa dipungkiri apabila ac yang paling dingin dapat mengakibatkan beberapa masalah terutama berkaitan dengan kesehatan. Itulah mengapa Anda harus mulai memperhatikan berapakah suhu yang paling direkomendasikan tersebut.

Baca Juga:  10 Step Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster, Nonton Sinetron Tanpa Gangguan Semut

Adapun untuk suhu paling ideal sendiri adalah berkisar mulai dari 22 hingga 25 derajat celsius. Ini akan memberikan kenyamanan bagi penggunaan di dalam ruangan.

Walaupun begitu terdapat sejumlah faktor yang harus Anda perhatikan di dalam menggunakan AC. Misalnya saja adalah seberapa banyak orang yang berada di dalam ruangan, aktivitas apa sajakah yang terjadi hingga apakah sebuah ruangan memperoleh penyinaran langsung dari matahari ataukah tidak?

Berapa Suhu Paling Tinggi AC

Selain suhu paling rendah, Anda juga perlu mengetahui suhu ac paling hangat. Adapun untuk suhu paling hangat manufaktur ac di Indonesia adalah sekitar 30-33 derajat Celsius, mengingat Indonesia merupakan negara tropis dengan kelembaban udara cukup tinggi.

Hal tersebut berbeda dengan negara yang mempunyai iklim sedang atau dingin, maka pengaturan dari suhunya dapat mencapai lebih dari 30 derajat Celsius. Sebab di negara-negara tersebut, AC juga berperan sebagai penghangat ketika musim salju menjelang.

Akibat Suhu Terlalu Dingin

Akibat Suhu Terlalu Dingin

Berhati-hatilah dengan suhu terendah AC karena apabila Anda mengatur ke temperatur tersebut, ternyata bisa mengakibatkan sejumlah masalah. Walaupun kita berada di negara tropis, namun jangan pernah menyetel pendingin udara ini ke suhu terendah.

Terlebih lagi terdapat sejumlah akibat yang bisa muncul dari suhu AC terlalu dingin diantaranya adalah sebagai berikut:

Menyebabkan Kulit Kering

Udara yang terlalu dingin sendiri bisa mengakibatkan kelembapan udara semakin menurun. Hal tersebut ternyata dapat berdampak langsung terhadap kondisi kulit yang lebih rentan untuk terkena kekeringan.

Oleh sebab itulah, pastikan Anda menyetel suhu AC dalam kondisi normal seperti sudah disinggung sebelumnya. Selain itu, sebaiknya juga selalu menyediakan lotion untuk melembabkan kulit.

Baca Juga:  Inilah Ukuran TV 24 Inch Berapa CM Belum Banyak Diketahui

Menyebabkan Masalah Pada Sistem Pernapasan

Semakin dingin dari suhu di dalam ruangan juga mengakibatkan masalah kesehatan pada tubuh terutama berkaitan dengan pernapasan. Kondisi ketika alat pernapasan mengalami penurunan fungsi akibat suhu dingin serta membuat bakteri lebih mudah masuk.

Sama seperti dengan poin sebelumnya, untuk mengatasi  masalah tersebut sebaiknya Anda bisa menyetel suhu AC yang tidak terlalu dingin. Gangguan yang bisa terjadi pada sistem pernapasan diantaranya adalah sesak napas serta flu.

Kepala Menjadi Pening

Angin yang berasal dari pendingin menjadi salah satu penyebab kenapa Anda sering mengalami pusing. Terutama kalau angin dari AC langsung terkena kepala dapat menyebabkan sakit kepala akut dan bahkan berkelanjutan.

Mengakibatkan Bell’s Palsy

Bell’s palsy merupakan kelumpuhan yang dapat terjadi pada salah satu sisi wajah akibat adanya gangguan pada otot serta saraf. Kondisi tersebut juga dapat disebabkan karena udara pendingin berlebihan di dalam waktu lama.

Tortikolis

Merupakan suatu kondisi yang dapat menyerang otot leher dari manusia sehingga mengakibatkan posisi kepala pengidapnya menjadi miring. Seorang pasien dari tortikolis biasanya akan menunjukkan kepala bagian atas terlihat miring ke salah satu sisi, sedangkan dagu miring ke sisi lainnya.

Jelas kondisi tersebut bisa mengakibatkan adanya rasa nyeri cukup menyiksa serta membuat para pengidapnya kesulitan didalam melakukan aktivitas. Serangan udara dingin secara terus menerus itulah menjadi penyebab dari penyakit ini.

Legionnaires

Akibat suhu dingin AC yang rendah dapat memicu juga penyakit legionnaires yakni golongan infeksi paru karena kuman legionella. Kuman tersebut disebut berada pada filter atau penyaring dari AC.

Walaupun kondisi tersebut cukup langkah, tetapi dapat menyerang siapapun. Terlebih lagi apabila filter AC tersebut tidak pernah dibersihkan, maka akan mengakibatkan udara di dalam ruangan menjadi kotor.

Baca Juga:  Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS): Pengertian, Jenis, Prinsip Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangan.

Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman

Tips Mengatur Suhu AC Yang Nyaman

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa suhu terdingin AC dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna. Maka dari itu, Anda harus memahami bagaimana cara mengatur suhu agar tetap nyaman di bawah.

Pastikan Ruangan Tertutup Dengan Rapat

Tips pertama dalam mengatur suhu AC adalah memastikan bahwa ruangan tertutup dengan rapat dan sempurna. Mulai dari bagian ventilasi, jendela, pintu ataupun lainnya harus tertutup dahulu.

Tujuannya adalah supaya AC dapat bekerja dengan optimal. Dan membuat ruangan terasa sejuk lebih cepat.

Menurunkan Suhu Secara Bertahap

Mengatur suhu langsung ke level paling rendah bukanlah tindakan bijak saat pertama kali menyalakan AC. Jadi Anda bisa menurunkan suhu secara bertahap mulai dari 26 hingga 28 derajat Celsius, barulah diturunkan ke level lebih rendah.

Gunakan Mode Auto

Cara melakukan pengaturan suhu pada AC selanjutnya adalah dengan cara otomatis. Terlebih lagi kalau Anda sering terbangun saat malam hari akibat suhu terlalu panas atau dingin, maka cara untuk mengatasi adalah menggunakan mode otomatis.

Gunakan Fitur Timer

Tips mengatur suhu berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur timer. Fitur ini akan membantu pengguna buat mengatur berapa lamakah AC tersebut akan beroperasi.

Penggunaan AC memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia terutama yang tinggal di negara tropis. Walaupun demikian, Anda sebaiknya harus memahami suhu paling rendah dari alat tersebut.

Mengingat apabila menyetel suhu AC paling rendah dapat mengakibatkan sejumlah masalah. Suhu AC paling dingin sebaiknya harus dihindari untuk menjaga kesehatan keluarga.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment