Berikut Ini Frekuensi NET TV Lengkap, Wajib Diketahui

Frekuensi NET TV perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya bagi penggemar tayangan di channel NET TV. Popularitas TV memang masih sangat tinggi di tengah gempuran hadirnya layanan platform streaming modern seperti YouTube, Netflix, dan yang lainnya.

Meskipun begitu, televisi masih tetap eksis, pasalnya masyarakat luas dapat turut menikmati tayangan tersebut tanpa harus membayar biaya tertentu untuk berlangganan.

Mengenal Sosok NET TV, Saluran Baru Kesayangan Masyarakat

News and Entertainment Television merupakan jaringan TV swasta nasional yang turut hadir untuk masyarakat Indonesia. Jaringan ini tergolong baru karena baru resmi pada tahun 2013. Net Visi Media sebagai induk perusahaan berkomitmen untuk menjadikan NET TV saluran yang dicintai rakyat khususnya kawula muda. Hal ini dapat dilihat dari program besutan NET yang disasar ke penonton usia muda.

NET hadir menggantikan Spacetoon, yaitu saluran khusus anak-anak. Dengan slogan ‘Televisi Masa Kini’ tayangan dari NET dianggap berbeda dibanding saluran lain. Hal ini menjadi udara segar di dunia media Indonesia. Meskipun posisi NET menggeser Spacetoon, akan tetapi NET tetap mempertahankan beberapa tayangan dari Spacetoon berupa animasi khusus anak yang dibesut dengan nama NETOON.

Pada awalnya, NET hanya bisa diakses beberapa daerah di Indonesia saja. Namun kini masyarakat dari lebih dari 150 kabupaten atau kota sudah dapat ikut menikmati tayangan ciamik dari NET TV. Tidak hanya dari siaran lokal, tayangan dari NET juga dapat dinikmati oleh pengguna TV berbayar atau berlangganan seperti Biznet, Indihome, Transvision, dan masih banyak lagi.

Frekuensi NET TV Lengkap

Frekuensi Saluran NET TV

Frekuensi saluran NET TV pada setiap daerah berbeda, serta terbagi menjadi beberapa wilayah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan sebagainya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak hanya siaran lokal tetapi NET juga dapat disaksikan dari frekuensi televisi berbayar. Berikut daftar lengkap dari frekuensi saluran NET TV di Indonesia.

Baca Juga:  Frekuensi O Channel dan Cara Menemukannya

Wilayah Sumatera:

Bengkulu 34 UHF, Pangkal Pinang 39 UHF, Pekanbaru 39 UHF, Banda Aceh 29 UHF, Jambi 44 UHF, Lampung 33 UHF, Palembang 29 UHF, Padang 30 UHF, Lampung 33 UHF, dan Batam  UHF.

Wilayah Kalimantan:

Samarinda 28 UHF, Palangkaraya 30 UHF, Banjarmasin 31 UHF, dan Pontianakn 32 UHF.

Wilayah Jawa:

Yogyakarta 2 UHF, Tegal 28 UHF, Bandung 35 UHF, Garut 3 UHF, Cirebon 32 UHF, Jember 46 UHF, Purwokerto 30 UHF, Jakarta 34 UHF, Surabaya 23 UHF, dan Semarang 39 UHF.

Wilayah Sulawesi:

Makassar 28 UHF, Manado 29 UHF, Kendari 30 UHF, Gorontalo 34 UHF, dan Palu 35 UHF.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara:

Mataram dan Kupang 29 UHF serta Denpasar 30 UHF.

Wilayah Indonesia Timur:

Ternate 28 UHF, Ambon 33 UHF, dan Jayapura 43 UHF.

Pelanggan TV Berbayar:

Primavision 17, Biznet Home 20, MNC Vision 116, MyRepublic 275, First Media 5 SD; 390 HD, serta Indihome di 112 SD; 910 HD.

Frekuensi NET TV Lengkap

Mengenal UHF, SD, dan HD

Setelah mengetahui frekuensi dari saluran NET TV di atas, akan timbul pertanyaan apa itu UHF? Lalu, apa perbedaan antara SD dan juga HD? Kamu tidak perlu khawatir, di sini akan dijelaskan secara singkat definisi dari ketiga hal tersebut sehingga akan ditemukan perbedaannya. Siimak penjelasan di bawah ini, ya!

Frekuensi Ultra Tinggi Alias UHF

Ultra High Frequency atau biasa juga disebut dengan UHF merupakan sebuah gelombang super tinggi. Panjang gelombang dari UHF ini berkisar antara 10 cm hingga 1 m. Sedangkan UHF memiliki frekuensi yang berkisar antara 300 MHz hingga 3 GHz. UHF ini biasa digunakan untuk transmisi sinyal-sinyal televisi. Di negeri ini, mayoritas stasiun televisi menggunakan gelombang UHF untuk menangkap sinyal satelit. Tidak hanya stasiun televisi swasta saja tetapi juga stasiun TV negeri. Hal ini dilakukan untuk stasiun televisi dapat menjangkau banyak daerah di Indonesia.

Baca Juga:  Transistor TIP3055 Datasheet Persamaan Secara Lengkap

Berkat kinerja dari UHF ini, masyarakat luas dapat menikmati berbagai tayangan televisi. Panjang gelombang UHF tergolong cukup tinggi. Terdapat 4 gelombang radio yang tersedia yaitu VHF, UHF, SHF, dan EHF. Tingkat tertinggi ditempati oleh EHF dengan frekuensi yang sangat ekstrim. Selain digunakan untuk siaran televisi, UHF juga biasa digunakan untuk ponsel, GPS, dan masih banyak lagi.

Tayangan Kualitas SD

SD atau Standard Definition merupakan sebutan untuk sebuah resolusi video. Pada resolusi SD ini, video akan ditayangkan dengan kualitas 480p atau lebih rendah. Resolusi ini hadir dari jumlah piksel yang ada pada satu frame video, dalam kasus ini resolusi SD memiliki piksel 480 atau lebih rendah. Resolusi SD tentu memiliki kualitas yang jauh lebih rendah dibanding HD. Gambar yang muncul cukup jelas akan tetapi tidak begitu tajam. Pada intinya, semakin tinggi piksel maka resolusinya pun akan semakin besar.

Pada orang awam, tentu resolusi ini tidak memiliki dampak besar. Selama gambar dan suara pada televisi keluar, maka tidak ada masalah. Kamu masih tetap dapat menikmati siaran tersebut. Terlebih hasilnya tidak seburuk itu, akan tetapi jika kamu adalah penggemar siaran dan ingin menonton dengan kualitas terbaik maka sebaiknya menggunakan resolusi HD.

Tayangan Kualitas HD

Seperti yang telah dipaparkan secara singkat di atas, HD merupakan sebuah resolusi video yang lebih tinggi dibanding SD. High Definition atau HD memiliki resolusi sebesar 720p atau bahkan di atasnya seperti 1080p dan lainnya. Dengan menonton tayangan menggunakan resolusi HD menjadikan televisi membutuhkan bandwidth lebih besar. Namun kualitas yang didapatkan pun jauh lebih bagus dan lebih mumpuni.

Jika kamu memiliki kecepatan koneksi yang tinggi maka tidak ada salahnya memilih tayangan dengan resolusi HD. Namun jika koneksi tidak cukup bagus maka kamu dapat memilih resolusi SD agar tidak terjadi buffering atau video terhambat. HD memiliki beberapa tipe seperti regular yang mana memiliki nilai 1280 x 720. Kemudian Full HD yang memiliki ukuran 1920 x 1080. Terakhir yaitu Ultra HD atau biasa disebut 4K yang berukuran 3840 x 2160.

Baca Juga:  Kode Error Mesin Cuci Sanyo EA, EC, E1, E2, U4, U5 & Solusinya

Berbagai tayangan yang hadir di NET TV dapat kamu nikmati menggunakan resolusi baik SD ataupun HD, serta melalui frekuensi UHF yang tersedia di kota tempat kamu tinggal. Ragam tayangan seperti program in-house, kartun, dan program keluarga lainnya dapat kamu pilih sesuai jam tayang dan juga selera. Tidak perlu khawatir kehabisan tontonan berkualitas, karena NET TV merupakan televisi masa kini yang menghadirkan tayangan berkelas.

Demikian penjelasan singkat mengenai frekuensi NET TV yang dapat kamu cari di televisi kesayanganmu. Sekarang kamu dapat menikmati tayangan menarik di channel NET TV. Pilihan antara resolusi pun dapat diterapkan, kamu dapat memilih resolusi yang diinginkan. Tentunya masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selamat menikmati tayangan ciamik di NET TV!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment