Frekuensi RCTI K Vision dan Cara Aksesnya

Berbicara mengenai saluran televisi tentunya kamu sudah sangat familiar dengan RCTI. Saluran yang satu ini memang sudah lama hadir menemani masyarakat Indonesia.

Kehadiran tayangan dari RCTI ini tidak lepas dari campur tangan kerja keras frekuensi satelit, khususnya pada pengguna TV dengan bantuan parabola. Selain frekuensi RCTI dengan transvision, MNC vision, serta nex parabola, juga tersedia frekuensi RCTI K vision.

Sejarah Kehadiran Saluran RCTI di Televisi Indonesia

Rajawali Citra Televisi Indonesia atau biasa disingkat dengan RCTI merupakan salah satu saluran televisi swasta. Pemilik dari saluran ini adalah pihak Media Nusantara Citra atau MNC. RCTI terbilang sebagai pelopor televisi swasta pertama di negeri ini. Diluncurkan pertama di bulan Agustus tahun 1989, saluran ini masih tetap mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Hal tersebut menjadikan kualitasnya pun sudah terjamin dan mumpuni.

Pada mulanya, saluran ini mengudara untuk pertama kalinya di tahun 1988 sebagai percobaan. Kemudian pada Agustus 1989 mulai diluncurkan siaran secara resmi dan berbayar. Setelah berulangkali perbaikan, pada Agustus 1990 RCTI sudah meluncurkan siaran secara resmi dan gratis untuk penggunanya.

Awal mula berdiri, RCTI hanya menyediakan tayangan dari luar negeri khususnya Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan modal yang dikeluarkan jauh lebih sedikit. RCTI memiliki komitmen untuk menyediakan tayangan edukatif yang berguna bagi masyarakat luas.

Hal ini ditandai dengan acara yang mengandung unsur seperti pendidikan, meskipun pada mulanya masih lebih dominan hiburan. Hingga kini, RCTI masih tetap berdiri kokoh dan menampilkan tayangan mulai dari lokal maupun internasional.

freq k vision ku band

Serba-Serbi Frekuensi RCTI Versi K Vision

RCTI memiliki banyak frekuensi seperti Transvison, MNC Vision, Nex parabola, Nusantara, iNews TV, dan masih banyak lagi. Banyaknya frekuensi tersebut menjadikan pelanggan harus memilih mana yang paling baik. Saluran yang cukup direkomendasikan adalah K Vision.

Baca Juga:  Sejarah Penemuan Listrik dan Tokoh Penting yang Berperan

Hal ini dikarenakan paket K Vision memiliki harga yang sangat murah dengan paket tertentu dibanding yang lainnya. Meskipun harganya miring, tetapi kualitasnya bagus bahkan hanya dengan parabola mini.

K Vision menyediakan saluran di satelit Measat 3A dan juga C-Band pada Telkom 4. Dua satelit ini menyediakan saluran televisi tidak hanya lokal tetapi juga internasional. Beberapa di antaranya adalah RCTI, Indosiar, SCTV, hingga HBO Family Asia.

Tidak hanya itu, masih ada banyak channel lainnya yang bisa dinikmati penggunanya. Hanya saja, seperti yang telah disebutkan di atas, untuk dapat mengakses channel tersebut kamu perlu membayar sejumlah uang.

Frekuensi RCTI K Vision memiliki 3 jenis yaitu RCTI HD K Vision Ku-Band, RCTI HD K Vision C-Band, dan juga RCTI MPEG 2 SD K Vision. Kamu sebagai pengguna dapat menambahkan frekuensi RCTI K Vision di atas baik secara otomatis ataupun manual.

Jika kamu menggunakan cara manual, maka kamu harus menginput transponder tepat di menu receiver di saluran baru. Sehingga akan lebih mudah jika menggunakan cara otomatis, yaitu memindai saluran saja.

freq k vision ku band

Mengetahui ID Pelanggan dari K Vision

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk menikmati layanan K Vision secara paripurna maka pengguna perlu berlangganan setiap bulannya. Sebelum membayar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan pengguna. Langkah pertama adalah mencari identitass pelanggan berupa nomor pelanggan K Vision. Caranya pun sangat mudah, penjelasannya sebagai berikut:

Mengecek ID Pelanggan Melalui WhatsApp

K Vision memiliki nomor WhatsApp resmi yaitu di nomor 08118500828. Kamu dapat menyimpn nomor tersebut untuk dihubungi kapanpun. Caranya pun sangat mudah, yang pertama tentu saja memastikan ponsel memiliki koneksi internet. Setelah itu membuka ruang obrolan dengan K Vision dan mengirim pesan sesuai format yang ditentukan.

Baca Juga:  Apa Itu Kapasitor: Pengertian, Simbol, Prinsip Kerja, Fungsi dan Jenisnya

Format tersebut adalah CEK (spasi) Nomor Serial dan segera dikirimkan. Nomor serial ini bisa kamu lihat tepat di bagian atas decoder K Vision. Nomor tersebut terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Kemudian setelah menunggu beberapa saat, bot WhatsApp dari K Vision akan membalas pesan dengan nomor ID Pelanggan berupa 9 digit angka.

Mengecek ID Pelanggan Melalui SMS

Cara lain untuk mengecek ID Pelanggan K Vision adalah dengan menggunakan fitur pengiriman pesan SMS. Hal pertama yang harus dipastikan adalah kamu memiliki pulsa sebagai sarana untuk mengirimkan pesan tersebut. Pesan dikirimkan ke nomor 99333, yaitu nomor khusus dari K Vision. Cara mengeceknya tidak berbeda jauh dengan menggunakan WhatsApp.

Kamu harus mengetik pesan sesuai dengan format yang diminta yaitu KVN CEK#Nomor Serial. Nomor serial ini bisa kamu lihat di bagian atas decoder yang mana berupa kombinasi huruf dan angka. Kemudian SMS tersebut bisa segera dikirimkan, nantinya pelanggan akan mendapat pesan balasan berupa 9 digit angka ID Pelanggan. Selain menggunakan SMS, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi Telegram maupun Line dengan nomor yang sama seperti nomor WhatsApp. Formatnya pun mengikuti seperti yang sudah tertera di atas.

Melakukan Aktivasi Paket K Vision

Setelah mengetahui ID Pelanggan, maka pengguna dapat melakukan aktivasi paket K Vision yang tersedia. Caranya pun sangat mudah, kamu dapat menentukan akan aktivasi melalui WhatsApp, SMS, maupun melalui situs resmi dari K Vision itu sendiri. Jika kamu ingin menggunakan WhatsApp maka mengirim pesan PILIH (spasi) IDPelanggan (spasi) KodePaket dan kirimkan ke nomor 08118500828.

Sedangkan jika melalui SMS, maka kamu perlu mengirim pesan dengan format KVN (spasi) PKT#KodePaket#IDPelanggan dan mengirimkannya ke 99333. Nantinya secara otomatis pihak K Vision akan melakukan aktivasi paket tersebut. Kamu juga bisa melakukan aktivasi melalui situs resmi K Vision. Pada laman resmi tersebut sudah tertera seluruh informasi yang diperlukan, setelah mengisi data dan melakukan submit maka paket akan langsung aktif.

Baca Juga:  Apa Saja Fungsi Kapasitor? Ini Penjelasan Lengkapnya

Perlu diingat bahwa sebelum melakukan aktivasi, tentunya kamu harus mengisi saldo K Vision terlebih dahulu. Paket tidak akan terdaftar jika saldo K Vision kosong. Mengisi saldo dari K Vision ini pun sangat mudah. Pelanggan dapat memanfaatkan m-banking, dompet digital, maupun melalui pembayaran cash di kantor pos, gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, dan sebagainya.

Pemilihan paket K Vision dapat dilakukan tergantung kebutuhan masing-masing pelanggan. Paket paling murah yaitu paket Cling dengan harga kurang dari 10 ribu rupiah. Terdapat pula channel khusus anak dan juga bola dengan harga msing-masing kurang lebih 39 ribu. Jika kamu membutuhkan paket lengkap maka dapat memilih paket Juara dengan harga 199 ribu per bulannya. Dengan harga tersebut maka seluruh channel bola, anak, film, musik, family dan yang lainnya dapat dinikmati.

Demikian informasi singkat mengenai frekuensi RCTI K vision. Dengan memahami penjelasan di aras, maka kamu dapat menikmati ragam tayangan menarik yang telah disediakan oleh stasiun televisi ini. Tidak perlu khawatir, kualitas dari tayangan tersebut tentunya sangat baik. Pasalnya MNC sebagai pihak yang menaungi RCTI ini adalah sebuah perusahaan dengan stasiun televisi paling besar di Indonesia.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment