Cara Menghitung Liter ke KG Lengkap, Berikut Penjelasannya!

Cara menghitung liter ke kg perlu dipelajari oleh siapapun karena keberadaan satuan tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja adalah dapat digunakan buat mengukur volume serta berat dari suatu benda.

Walaupun keberadaan kedua jenis satuan tersebut bukan menjadi hal asing, tetapi tidak sedikit dari masyarakat masih kebingungan dalam mencari 1 liter berapa kilogram. Bahkan tidak jarang kedua jenis satuan tersebut juga sering digunakan secara bersamaan lho.

Padahal kalau dilihat lebih jauh sebenarnya kedua satuan tersebut masih mempunyai perbedaan lho. Inilah mengapa pentingnya bagi masyarakat untuk mengetahui penjelasan dari kami di bawah ini terlebih dahulu.

Pengertian Liter dan Kilogram

Pengertian Liter dan Kilogram

Sebelum Anda mengetahui bagaimana perhitungan liter ke kilogram, maka perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Hal itu sangat penting karena tidak sedikit dari Anda mungkin belum mengetahui dengan pasti bagaimana melakukan perhitungannya tersebut.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai pengertian dari liter serta kilogram tersebut:

Liter

Sederhananya, satuan liter merupakan satuan pengukuran volume dimana biasanya digunakan pada cairan. Sebagai contohnya apabila berbicara mengenai berapa banyak air atau minyak yang dapat ditampung dalam suatu wadah, maka bisa menggunakan satuan liter.

Liter merupakan satuan volume dimana setara dengan 1 dm3 atau 1000 cm3. Bukan hanya minyak dan air saja, tetapi satuan inipun juga sering digunakan untuk susu, bahan bakar kendaraan dan masih banyak lagi dalam bentuk cairan.

Di tahun 1901, General Conference on Weights and measures Amerika Serikat memberikan definisi mengenai 1 liter sebagai volume tepat 1 kg pada air dengan suhu kamar. Apabila tidak dalam suhu kamar, maka ukurannya tersebut akan berbeda.

Kilogram

Berikutnya adalah mengetahui satuan kgs (kilograms) merupakan sebuah satuan yang biasanya digunakan buat mengukur berat atau massa dari sebuah benda. Jadi ketika ingin mengetahui berapa berat dari volume cairan seperti liter maka dapat melakukan konversi dengan tepat.

Baca Juga:  Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi, Sudah Tahu?

Kilogram merupakan satuan berat dimana setara dengan nilai 1000 gram. Biasanya juga lebih sering digunakan untuk mengukur berat dari suatu benda misalnya gula, beras, jagung, dan lainnya.

Sedangkan satuan kilogram biasanya dapat disingkat kg dimana paling dikenal secara umum. Sebagai catatan bahwa apabila Anda mengkonversikan 1 liter beras berapa gram, maka hasilnya juga akan berbeda.

Penjelasan Mengenai Liter ke KG Lengkap

Penjelasan Mengenai Liter ke KG Lengkap

Pertanyaan seputar apakah 1 liter sama dengan 1 kg? Memang menjadi salah satu topik yang masih sering dipikirkan oleh sebagian besar masyarakat. Untuk melakukan perhitungan tersebut tidak dapat dilakukan secara langsung.

Tetapi Anda membutuhkan besaran lain sebagai alat penghubung antara satuan volume dengan berat ataupun sebaliknya. Besaran tersebut dikenal dnegan sebutan massa jenis atau densitas. Berikut ini rumus perhitungannya lengkap.

P= m/v

Keterangan:

P : massa jenis

M : massa

V : volume

Kemudian dari rumus massa jenis diatas, maka dapat mengkonversi volume liter ke kg menggunakan rumus yang ada di bawah ini:

m=p x V

Daftar Massa Jenis atau Densitas

Agar Anda bisa memahami satu liter berapa kilogram, maka Anda perlu memahami daftar massa jenis dibawah ini terlebih dahulu. Dengan begitu juga akan memberikan kemudahan ketika akan mengonversikan antara liter dan kilogram.

  • Air bersih : 1 kilogram per liter
  • Minyak goreng: 0,92 kilogram per liter
  • Beras: 0,753 kilogram per liter
  • Gula pasir: 0,849 kilogram per liter
  • Bensin: 0,74 kilogram per liter

Sedangkan untuk daftar satuan liter dengan konversinya lain adalah:

  • Liter (L): 1 L = 1dm3 = 1000 cm3
  • Deciliter (Dl): 1 dL= 0,1 L
  • Centiliter (cL): I cL= 0,01 L
  • Mililiter (mL): 1 mL=0,001 L

Berapa 1 Kg Beras ke Liter

Berapa 1 kg beras ke liter mungkin menjadi satu dari sekian banyaknya pertanyaan dimana sering Anda ajukan. Tetapi masih bingung bagaimana cara melakukan perhitungannya dengan tepat bukan? Terlebih lagi kedua satuan tersebut sebenarnya paling banyak digunakan.

Baca Juga:  7 Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp 1 dan 2 Tabung, Mudah!

Untuk menjawab 1 kg beras berapa liter, maka terlebih dahulu harus memahami massa jenis beras terlebih dahulu. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa massa jenis dari beras adalah 0,753 kg. Nah untuk melakukan perhitungan 1 kg beras berapa liter, maka bisa menyimak penjelasan berikut.

Volume beras= massa beras : massa jenis beras

1 kilogram : 0,753 kg/liter = 1,328 liter

Satu Liter Air Berapa Kilogram?

Selain pertanyaan seputar satu kg beras berapa liter diatas, pertanyaan seputar 1 liter air berapa kg juga menjadi pertanyaan dimana paling sering diajukan. Sebab untuk satu liter beras sendiri mempunyai ukuran berbeda jika dikonversikan ke dalam kilogram.

Maka dari itu, tidak sedikit dari Anda mungkin masih bingung ketika diminta untuk mengkonversikan satu liter air ke kilogram bukan? Berdasarkan dengan poin sebelumnya, adapun untuk massa jenis air sendiri adalah 1 liter sama dengan 1 kilogram.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa jumlah total benda yang hitung menggunakan satuan liter ke kg mungkin akan memberikan hasil berbeda. Sebab itu semua juga akan tergantung pada massa jenis atau densitas dari setiap benda.

Jadi apabila Anda diminta untuk melakukan perhitungan maka harus mengetahui dahulu massa jenis sekaligus rumus konversi yang sudah kami singgung sebelumnya.

Satu Liter Bensin Berapa Kilogram?

Bensin menjadi salah satu bahan bakar yang sangat penting untuk mendukung agar kendaraan bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya untuk roda dua saja, tetapi bensin juga sudah digunakan untuk berbagai kendaraan termasuk kendaraan roda empat juga.

Sebagai pengguna dari kendaraan bermotor, pastinya penasaran buka 1 liter bensin tersebut berapa kilogram? Untuk melakukan perhitungannya sendiri sebenarnya sangat mudah dan hampir sama seperti sebelumnya yakni menggunakan rumus diatas dan mengetahui masa jenisnya.

Baca Juga:  Pengertian Analisis Deskriptif, Jenis dan Kelebihannya dalam Penelitian

Misalnya saja diketahui volume bensin adalah 3 liter dan massa jenis bensin adalah 0,74 kg/L maka jawabannya adalah m: p x V = 0,74 x 3 = 2,22 kilogram.

Contoh Soal Lainnya

Masih belum memahami dengan pasti penggunaan satuan diatas? Maka Anda perlu mengetahui contoh soal berikut ini agar bisa semakin paham.

Diketahui bahwa minyak goreng mempunyai berat 10 liter, maka berapa kilogram minyak goreng tersebut:

Massa jenis : massa / volume

0,933 kg/L x 10L

9,33 kg

Dengan begitu maka berat dari 10 liter minyak goreng adalah sama dengan 9,33 kg.

Keberadaan dari satuan liter dan kilogram menjadi satuan yang paling banyak digunakan untuk menghitung volume. Walaupun sama sama banyak digunakan, tetapi Anda perlu mengetahui cara melakukan konversinya.

Sebab apabila nilai suatu benda tersebut diubah ke liter atau sebaliknya maka akan menghasilkan nilai berbeda. Maka dari itu cara menghitung liter ke KG perlu untuk dipelajari oleh setiap orang.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment