Fungsi LED, Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Kalau dulu untuk penerangan digunakan petromaks hingga lampu pijar biasa, kini sudah ada Light Emitting Diode (LED) yang lebih modern dan memiliki banyak keunggulan. Fungsi LED juga sangat beragam, bukan sekedar sebagai lampu penerang lokasi yang gelap.

LED kini dikemas dalam bohlam lampu, namun warnanya bisa sangat bervariasi. Ukuran lampu ini juga sangat beragam, sehingga pengguna dapat lebih puas memilih mana yang mereka butuhkan. Mau tahu lebih banyak tentang LED?

Apa Itu LED?

Fungsi LED, Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

LED yaitu sebuah komponen listrik atau elektronika yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan cahaya jenis monokromatik, jika mendapatkan tegangan bias maju. Bisa juga diartikan sebagai dioda dari komponen listrik yang disebut semikonduktor.

Lampu jenis ini bentuknya seperti bola lampu kecil, tidak menjadi penghasil panas maksimal dan tidak butuh filamen untuk bisa bercahaya. Selain bisa memancarkan berbagai warna seperti kuning, merah, biru, hijau dan lainnya LED juga bisa menjadi pemancar sinar infra merah lho.

Fungsi LED

Dari penjelasan tentang LED tadi, bisa disimpulkan bahwa fungsi LED tentu lebih banyak ketimbang lampu jenis lain. Tidak salah jika kemudian menjadi semikonduktor populer dipakai. Mau tahu apa saja fungsinya?

Bahan Dekorasi

Jika Anda pernah melihat lampu kelap kelip sebagai bagian dekorasi acara outdoor maupun indoor, maka cahaya tersebut dihasilkan oleh LED yang dihubungkan dengan rangkaian listrik.

Ada yang berbentuk rangkaian menjuntai, dimana warna LED yang dipakai sangat variatif dan diatur pencahayaannya melalui sistem komputerisasi.

Penerang di Berbagai Benda dan Alat

Pada kendaraan, lampu-lampu yang tersedia untuk menunjang penerangan di malam hari menggunakan lampu LED termasuk lampu sign belok kiri dan kanan. Beberapa jenis LED dipakai untuk menjadi bagian penerang kendaraan ini.

Baca Juga:  Apa Saja Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak? Ini Jawabannya!

Sama halnya dengan lampu jalan, yang juga sudah memanfaatkan LED sebagai bagian komponen penghasil cahaya. Jenis LED yang dipakai untuk lampu jalan ini lebih kompleks sehingga cahaya yang dihasilkan menjadi maksimal terangnya.

Indikator Penunjuk

Fungsi selanjutnya adalah sebagai indikator untuk menunjukkan fungsi sebuah alat, misalnya pada AC yang menggunakan LED merah yang artinya off dan hijau sebagai penanda alat pendingin itu dalam kondisi hidup.

Sensor Inframerah

Pada remote TV biasanya dipakai untuk menjadi sensor yang menghubungkan antara TV dan remote tersebut. Alhasil, ketika LED dihidupkan menggunakan tombol tertentu pada remote maka akan dilakukan perintah pada layar TV sesuai tombol yang ditekan.

Komponen Utama TV maupun Monitor

Untuk bisa menonton TV dengan lebih bagus atau menatap layar moitor komputer dengan lebih jelas dan detail, maka LED memiliki Fungsi LED untuk memaksimalkan ketajaman pada layar tersebut. Jumlah LED yang dipakai juga bervariasi sesuai jenis TV atau jenis monitor komputer.

Bagian Backlight dari LCD

Pada HP, LED berfungsi sebagai bagian backlight pada LCD, untuk memastikan tampilan warna layar lebih sempurna.

Komponen Media Promosi

Kalau Anda pernah melihat running text, megatron, atau videotron yang menjadi media promosi efektif maka bagian dari media tersebut menggunakan LED.

Sebagai contoh, pada running text berwarna merah dengan tulisan berjalan dari sisi kiri dan kanan. LED menjadi bagian penting membuat text yang tepat, disusun dengan pola yang unik supaya tulisan yang muncul di layar running text menjadi lebih  mudah dilihat dan eye catching.

6 Jenis LED yang banyak Digunakan

Bukan hanya satu jenis, ternyata ada enam jenis LED yang paling banyak dipakai untuk berbagai kondisi. Tapi tetap saja saat dilakukan penghitungan kapasitas dan lainnya menggunakan simbol LED yang sama yaitu menunjuk bagian anode dan katode secara jelas.

Baca Juga:  Solar Sel: Pengertian, Konstruksi, Cara Kerja Serta Jenisnya

High Power

Jenis pertama ini memiliki kemampuan menciptakan cahaya yang intensitasnya cukup tinggi, apalagi kalau dibandingkan dengan jenis LED lainnya. Sayang, komponen ini penggunaannya cukup terbatas dan lebih mudah mencapai kondisi panas maksimalnya.

SMD

SMD adalah singkatan dari Surrvice Mount Device, ukurannya sangat kecil sehingga mudah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Terutama alat-alat rumah tangga yang sudah modern, bisa sebagai lampu indikator dan lainnya.

COB

Chip on Board ini adalah. salah satu jenis dari LED dengan kepanjangan dari led adalah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemunculan COB merupakan penyempurnaan dari SMD, sehingga tetap saja banyak dibutuhkan.

Salah satu keunggulan dari COB adalah mampu menyebarkan cahaya lebih rata, kemudian tidak akan cepat bereaksi pada suhu panas.

Super Flux

Ada lagi jenis super flux yang menggunakan cara kerja LED berdasarkan dua kutub negatif dan dua kutub positif. Karena komponen yang cukup kompleks tersebut maka penggunaannya akan membutuhkan aliran listrik yang tinggi.

Biasanya dipakai untuk kebutuhan promosi dan penerangan pada lampu jalan, dengan bentuknya seperti segi empat dengan bagian tengah membulat dan memiliki kaki di setiap ujng bawahnya.

Bicolor

Yaitu lampu ukuran kecil yang mampu menghasilkan warna lebih dari satu ketika sedang difungsikan. Jenis bicolor banyak dipakai pada komponen mainan anak, dengan banyak lampu indikator menarik.

Miniature

Merupakan jenis LED yang memiliki ukuran mini dan paling kecil jika dibandingkan jenis lain. Ukuran watt dari lampu ini juga relatif kecil, biasanya berfungsi pada dekorasi lampu dengan harga paling murah diantara yang lain.

Prinsip Kerja LED

Prinsip kerja utama dari lampu LED ini, tentu sama dengan cara kerja LED yang sudah sangat familiar terlihat ada bagian diode dan katode pada jenis semikonduktor ini. Jika terdapat semikonduktor yang performanya buruk, maka tinggal diperbaiki bentuknya dengan memanfaatkan alat yang tepat.

Baca Juga:  Trafo Step Up: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Rumus dan Cirinya

Cara memperbaikinya dengan memilih LED yang rusak, kemudian bagian tengahnya dibuang sehingga nantinya bisa menjadi kawasan mengalirnya arus listrik.

Tapi kalau komponen yang dipilih sudah tepat, tinggal menempatkannya pada posisi yang tepat di sebuah rangkaian listrik. Selanjutnya tinggal menunggu LED bekerja sesuai yang diinginkan.

Keunggulan LED

Sebagai  komponen elektronik yang mudah ditemukan saat ini, terdapat sejumlah keunggulan yang dimilikinya dan dapat dibuktikan langsung oleh pengguna.

Awet

Komponen ini diklaim maksimal untuk penjualan lemari pendingin dan sejenisnya, juga bisa tahan sampai 5000 jam pemakaian. Itulah yang menyebabkan komponen ini dapat berfungsi maksimal.

Hemat

Penggunaan LED juga diklaim 80 persen lebih hemat jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Sekali pakai saja bisa bertahan sampai bertahun-tahun asalkan dipakai dengan cara yang tepat.

Tidak Cepat Panas

Seperti dijelaskan sebelumnya, lampu LED tidak punya filamen khusus seperti halnya pada lampu pijar. Dampaknya adalah lampu tidak mudah panas dan tahan lebih lama tanpa kerusakan.

Tidak Menghasilkan sinar UV

Lampu jenis ini juga aman untuk manusia dan lingkungan, karena dalam pembuatannya tidak menghasilkan sinar UV.

Semoga informasi ini, membantu Anda untuk lebih paham tentang LED hingga fungsi LED dan informasi pendukung lainnya. Anda tinggal memilih mau menggunakan LED jenis apa untuk kebutuhan mendesak atau jangka panjang.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment