Berapa Harga Vending Machine? Tergantung Jenis dan Kondisi!

Vending machine merupakan suatu mesin dengan bentuk seperti kulkas kaca yang menjual berbagai barang seperti makanan/minuman secara otomatis tanpa membutuhkan operator. Bagi anda yang memiliki usaha seperti cafe, agensi, atau startup mungkin ingin membeli mesin ini walaupun vending machine harga nya cukup mahal.

Meskipun begitu, sebenarnya vending machine cukup worth it untuk dibeli. Dengan vending machine, para pelanggan atau pegawai anda dapat menghemat waktu mereka karena mesin ini bisa bekerja dengan cepat. Selain itu, anda juga bisa menambah side income serta menghemat biaya karena mesin ini tak membutuhkan operator.

Nah, harga vending machine sendiri dapat ditentukan berdasarkan jenis nya, atau berdasarkan kondisinya (baru, bekas, sewa). Jika kalian tertarik untuk mengetahui harga vending machine, simaklah ulasan berikut!

Harga Vending Machine Berdasarkan Jenisnya

Harga Vending Machine
Ilustrasi Vending Machine

Vending machine memiliki berbagai jenis yang menjual beraneka ragam produk seperti snack/minuman, kopi, frozen food, hingga menjual emas. Setiap jenis vending machine memiliki harga yang berbeda-beda dengan karakteristiknya masing-masing.

1. Vending Machine Snack/Minuman

Vending machine jenis inilah yang paling umum digunakan dan biasa kita temui di tempat seperti cafe, mall, bandara, stasiun, hingga sekolah/kampus. Vending machine jenis ini biasanya hanya menjual minuman/snack yang umum kita temui di supermarket.

Untuk vending machine yang menjual snack/minuman biasanya dibanderol sekitar 38-59 juta dengan kapasitas maksimum 360 pcs. Untuk mesin keluaran baru biasanya sudah dilengkapi metode pembayaran dengan E-money seperti OVO dan Gopay.

2. Vending Machine Frozen Food

Jika kalian lihat di Instagram/Tiktok, vending machine frozen food ini sangat populer di negara-negara seperti Jepang, Singapura, atau Amerika. Namun, sekarang ini vending machine frozen food juga sudah banyak tersedia di Indonesia, dan bahkan juga banyak yang menjual makanan khas Indonesia.

Baca Juga:  Sistem Hidrolik: Pengertian, Fungsi Komponen Serta Contoh Penerapannya

Vending machine jenis ini biasanya hanya bisa ditemukan di bandara, area perkantoran (business district), dan area apartemen.

Namun, tampaknya masih jarang E-commerce lokal yang menjual vending machine ini. Meskipun begitu, kalian masih bisa mengimpornya dengan harga sekitar 92-105 juta (belum termasuk cukai).

3. Vending Machine Kopi

Bisa dibilang vending machine kopi merupakan jenis yang paling umum ditemui kedua setelah vending machine snack/minuman. Selain bisa dijumpai di cafe-cafe, bahkan sekarang vending machine kopi sudah bisa ditemui di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Family mart.

Dengan vending machine ini, anda bisa membeli berbagai varian kopi baik yang Iced atau hot dalam kemasan cup. Kopi yang dibuat vending machine ini biasanya juga tidak mencapai 1 menit. Anda bisa membeli vending machine kopi dengan merogoh kocek sekitar 9-70 juta.

4. Vending Machine Es Krim

Vending Machine selanjutnya yang tak kalah populer adalah vending machine es krim. Anda tidak perlu khawatir pada kondisi es krimnya karena vending machine ini sudah dilengkapi sistem pendingin yang stabil. Biasanya vending machine ini ditemui di area wisata yang cukup panas seperti pantai sehingga orang-orang akan tertarik membeli es krim.

Vending machine es krim kini dibanderol sekitar 10-130 juta bergantung pada fitur, ukuran, dan kapasitasnya.

5. Vending Machine Souvenir

Untuk vending machine yang satu ini sepertinya masih agak jarang di Indonesia. Namun, di beberapa negara lain vending machine cinderamata/souvenir sudah banyak digunakan. Padahal vending machine souvenir ini cukup unik dan dapat menarik serta memudahkan turis yang berkunjung.

Meskipun masih jarang di Indonesia, anda tetap bisa mengimpor vending machine ini yang dibanderol sekitar 12-66 juta.

Baca Juga:  Apa Itu Odometer dan Fungsinya?

6. Vending Machine Emas

Ya, vending machine emas saat ini memang sedang cukup menjamur. Di era sekarang ini, sudah banyak orang yang melek investasi, dan seperti yang kita tahu emas merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Tentunya kehadiran vending machine emas ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk berinvestasi.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan vending machine emas seperti UBS, Antam, Lakuemas, dll. Bahkan, vending machine emas juga bisa ditemukan di stasiun MRT. Vending machine emas kini dihargai sekitar 39-60 juta.

Harga Vending Machine Berdasarkan Kondisinya

Harga Vending Machine Berdasarkan Kondisinya
Ilustrasi Vending Machines

Selain berdasarkan jenis barang yang dijualnya, ternyata harga vending machine juga bisa ditentukan oleh kondisinya. Ada 3 kondisi yang mempengaruhi harga mesin ini, yaitu vending machine baru, lama, dan sewa. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Vending Machine Baru

Vending machine baru biasanya dibanderol sekitar 33-71 juta. Untuk yang paling murah biasanya mesinnya bersifat analog, sedangkan yang lebih mahal memiliki touchscreen dan support pembayaran melalui QR code. Selain itu, semakin mahal harganya, maka semakin besar pula kapasitasnya.

2. Vending Machine Bekas

Vending machine bekas dibanderol sekitar 30-50 juta. Untuk fiturnya sendiri sebenarnya tidak ada bedanya dengan yang baru. Hanya saja mungkin vending machine bekas sudah mengalami penurunan performa dan sudah tidak memiliki garansi.

3. Vending Machine Sewa

Anda juga bisa menyewa vending machine mulai dari 4 sampai 5,5 juta perbulannya. Ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan vending machine namun hanya dalam jangka pendek saja.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment