8 Cara Memilih Microwave yang Bagus, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

MADENGINER.COM – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar cara memilih microwave yang bagus dan berkualitas. Patikan simak sampai habis, ya!

Microwave adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk memanaskan, menghangatkan, atau mencairkan bahan makanan dalam jangka waktu yang singkat.

Alat ini memiliki berbagai macam jenis dan tipe yang berbeda dari merk-merk elektronik di dunia. Contohnya seperti Samsung, Bosch, LG, Panasonic, Modena, Sharp, dan masih banyak lagi.

Ketika kamu berencana untuk membeli sebuah microwave, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kalian tidak salah beli. Sehingga, perlu diteliti lebih lanjut kebutuhan dan fitur seperti apa yang ingin Anda gunakan.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah cara memilih microwave yang bagus ala Madenginer, simak yuk!

Cara Memilih Microwave yang Bagus dan Berkualitas

Lebih lengkap, berikut adalah tips dan cara memilih microwave yang bagus dan berkualitas.

1. Jenis Microwave

Microwave memiliki beberapa jenis utama yang dapat kamu temukan di pasaran, diantaranya adalah sebagai berikut:

Basic Microwave

Pada dasarnya basic microwave adalah microwave dengan fitur paling dasar yang dapat kamu gunakan untuk memanaskan makanan. Selain itu, microwave jenis ini juga dapat digunakan untuk mencairkan bahan beku atau menghangatkan suhu makanan agar siap diolah dan dimasak.

Grill Microwave

Sedangkan grill microwave tetap pada fungsinya untuk menghangatkan bahan makanan namun dilengkapi dengan aksesori pemanggang. Sangat cocok digunakan untuk memanggang daging, membuat popcorn, memasak pasta, atau menyeduh air.

Solo Microwave

Hampir sama seperti basic microwave, solo microwave hanya memiliki satu fungsi dasar yaitu untuk menghangatkan atau memanaskan makanan. Sangat cocok digunakan untuk menghangatkan makanan kembali.

Perbedaannya terletak pada kemampuannya yang hanya untuk pemanasan ulang, memasak ringan, dan mencairkan bunga es. Tidak bisa untuk memanggang atau bakar makanan seperti grill microwave.

Baca Juga:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 Pintu? Ini Jawaban dan Cara Menghematnya

Convection Microwave

Bisa dibilang convection microwave adalah gabungan dari ketiga jenis di atas, yang mana jenis ini memiliki pola aliran udara dalam microwave. Sehingga dapat digunakan baik untuk menghangatkan makanan, mencairkan, memanggang, dan membakar.

Harga dari microwave ini tentunya relatif lebih mahal dibandingkan ketiga jenis sebelumnya. Namun, mengingat kemampuan yang ditawarkan rasanya akan worth it untuk membeli jenis ini.

2. Ukuran

Ukuran atau dimensi juga jadi salah satu hal yang paling penting dalam memilih microwave. Sesuaikan dengan tempat kalian akan menaruh microwave tersebut.

Selain itu, sesuaikan dengan seberapa banyak makanan yang akan kalian masukkan ke dalam microwave. 

Microwave tersedia dalam beberapa ukuran, namun yang paling umum ditemukan mulai dari 25 x 45 x 35 cm hingga 36 x 61 x 52 cm. 

3. Kapasitas Internal

Setelah dimensi atau ukuran, maka saatnya menentukan kapasitas internal dari si microwave. Sebaiknya, coba kira-kira apakah wadah atau makanan kesukaan kalian muat untuk masuk ke dalamnya.

Kapasitas internal sendiri adalah kapasitas yang dapat ditampung oleh microwave. Ukurannya tersedia mulai dari 30 hingga 60 cm kubik.

Biasanya, ukuran dari kapasitas ini diletakkan pada bagian spesifikasi utama atau kardus dari microwave. Jadi, jangan khawatir karena angka ini mudah untuk diketahui.

4. Fitur Microwave

Saat ini, perusahaan microwave berlomba-lomba untuk memasukkan teknologi dan inovasi terbaiknya dalam produk mereka. Maka, fitur-fitur juga perlu kamu perhatikan dalam membeli microwave.

Beberapa fitur yang umum ditemukan adalah sebagai berikut:

Low Watt

Perlu diingat bahwa microwave memiliki konsumsi daya yang cukup besar. Jadi dengan adanya mode low watt atau pengaturan daya sangat berfungsi agar tagihan listrik tidak membengkak.

Baca Juga:  Simbol Transformator Listrik (Step Up, Down, Variabel, Isolasi, dll)

Automatic Cooking

Pada microwave yang memiliki fitur ini, pengguna akan sangat dimudahkan ketika ingin memasak suatu makanan. Misalnya, kamu ingin memasak popcorn.

Dengan hanya satu tombol, maka microwave akan secara otomatis menentukan panas dan waktu yang tepat untuk kalian memasak popcorn, praktis bukan?

Defrost 

Microwave juga sangat berguna ketika kamu ingin memasak makanan beku namun perlu cepat untuk dicairkan. Solusinya adalah adanya fitur defrost makanan pada microwave.

Fitur ini dapat membuat microwave mengeluarkan energi panas, namun tidak sampai membakar atau memasak makanan tersebut.

Child Lock

Memiliki anak kecil di rumah? Sebaiknya pastikan microwave yang kamu beli memiliki fitur yang satu ini. Karena child lock dapat mencegah anak-anak membuka microwave tanpa sengaja yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Biasanya, fitur lock pada microwave berupa bantuan kode seperti kata sandi untuk membuka pintu microwave.

Baca Juga: 11 Kelebihan Dan Kekurangan Kulkas Polytron Belleza 1 Pintu

5. Memiliki Fitur Turntable

Umumnya, microwave saat ini sudah memiliki meja putar atau turntable di dalamnya. Sehingga makanan bisa dipanaskan secara merata karena melewati titik-titik pemancar panas di dalam microwave.

Turntable ini dioperasikan secara otomatis, yang mana akan memudahkan proses memasak atau penghangatan makanan. Jadi, pastikan microwave yang kamu beli memiliki fitur ini, ya!

6. Garansi

Garansi sangat dibutuhkan di hampir semua produk elektronik. Karena, bisa saja ada kesalahan pada Quality Control dalam proses sortir produk tersebut.

Maka dari itu, pastikan produk yang kamu beli memiliki garansi resmi dan sebagai tambahan perlu ada garansi toko apabila ternyata kerusakan produk disebabkan oleh reseller.

7. Merk yang Berkualitas

Terakhir adalah merk dari microwave itu sendiri. Pilihlah merk yang setidaknya kamu memilikinya di alat elektronik lain atau mengerti akan kualitasnya.

Baca Juga:  Frekuensi Measat Ku Band 2024 Terbaru

Sebut saja, ada beberapa produk yang bisa kami rekomendasikan. Mulai dari LG, Samsung, Bosch, Modena, Sharp, Oxone, Electrolux, Sanyo, Maspion, Ariston, dan Aqua.

8. Mencari Harga Termurah

Setelah menentukan jenis dan kebutuhan microwave yang akan digunakan, maka terakhir adalah menyesuaikan budget dengan jenis microwave yang dibutuhkan.

Kami menyarankan untuk riset terlebih dahulu di e-commerce terpercaya atau official store. Atau kalian juga bisa riset langsung di toko elektronik yang menjual microwave di dekat rumah kalian.

Jadi itulah beberapa tips dan cara memilih microwave yang bagus. Ingat, tentukan jenis – ukuran – kapasitas – fitur – adanya turntable – garansi – merk yang berkualitas – cari harga termurah.

Semoga artikel ini dapat membantu bagi kamu yang sedang mencari microwave bagus dan awet, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mencari Channel ANTV Di TV Digital

Bagikan Postingan:

Leave a Comment