Cara Memasang Antena TV Digital, Jangan Sampai Sembarang!

Sudah tahukah Anda bagaimana cara memasang antena tv digital? Kalau belum maka wajib memahaminya sekarang juga. Sebab kalau Anda tidak sampai mengetahui proses pemasangannya ternyata dapat mengakibatkan sinyal tidak bisa ditangkap.

Apabila proses pemasangan antena tv tersebut gagal ternyata dapat mengakibatkan televisi digital Anda tidak mampu menampilkan tayangan. Alhasil, Anda tidak akan bisa menikmati tayangan ataupun channel favorit tersebut.

Pemasangan sekaligus pemilihan arah antena tv yang benar tentu akan membuat tv Anda di rumah mampu menampilkan siaran bersih dan tidak ada semutnya bukan? Nah apabila Anda baru pertama kali akan melakukan pemasangannya maka wajib mengetahui penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Antena TV Digital dan Fungsinya

Apa Itu Antena TV Digital dan Fungsinya

Seperti sudah diketahui bahwa pihak pemerintah sudah secara resmi menonaktifkan siaran televisi analog dan digantikan dengan siaran digital. Dengan siaran digital inilah ternyata akan memberikan sejumlah kelebihan bagi penggunanya misalnya siaran lebih jernih sekaligus banyak channel.

Apabila Anda akan menerapkan televisi digital, maka proses pemasangan antena juga harus dilakukan. Adapun jenis antena yang digunakan adalah antenna biasa atau tipe UHF yakni dapat dipasang di dalam ataupun di luar ruangan.

Fungsi utamanya tentu sama seperti ketika menggunakan televisi analog yakni dapat digunakan sebagai penangkap sinyal siaran. Baik televisi yang sudah digital ataupun masih analog tetap membutuhkan antenna apabila ingin menikmati tayangan jenis digital.

Pada televisi biasa, maka fungsi antenna adalah untuk penangkap sinyal dan pada televisi yang sudah digital, fungsinya yakni sebagai penghubung sinyal. Oleh sebab itulah, proses pemasangannya memang harus dilakukan dengan tepat dan jangan sampai sembarangan.

Cara Memasang Antena TV Digital, Cek Berikut Ini

Cara Memasang Antena TV Digital, Cek Berikut Ini

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan dari antenna inilah ternyata mempunyai peran cukup penting untuk menangkap siaran digital. Oleh sebab itulah Anda juga harus memahami bagaimanakah cara pemasangan dari antena tv tersebut dengan benar.

Baca Juga:  Cara Penggunaan Multitester Digital yang Wajib Dipahami

Sebab tidak sedikit dari Anda tentu masih kebingungan mengenai proses pasang antena tv tersebut bukan? Oleh sebab itulah, kami sudah menyiapkan sejumlah penjelasan pentingnya dibawah ini yang dapat digunakan sebagai bahan referensi.

Persiapan Bahan dan Alat Pendukung

Langkah pertama yang harus diperhatikan oleh Anda adalah dengan menyiapkan alat dan bahan-bahan untuk proses pemasangannya. Selain itu, pastikan juga Anda sudah mempunyai TV yang mendukung siaran digital atau menyiapkan STB bagi pengguna TV analog.

Selain menyiapkan sejumlah alat diatas, kemungkinan Anda juga membutuhkan alat tambahan lainnya seperti tangga, gunting, kabel konektor, paku, tang sekaligus antena tv digital baik outdoor ataupun indoor sesuai kebutuhan.

Pilihlah Jenis Antena yang Tepat

Berikutnya ada baiknya Anda juga harus memilih jenis antena tepat juga dimana biasanya dapat disesuaikan dengan spesifikasi televisi di rumah. Apabila Anda bingung, maka silahkan tanyakan lebih lengkapnya kepada pihak teknisi dahulu.

Silahkan Mencari Posisi Antena

Posisi antena tv digital sebaiknya harus diperhatikan dengan baik karena nantinya akan berpengaruh terhadap kemampuannya dalam menangkap sinyal. Biasanya semakin tinggi posisinya tentu mempunyai kemampuan untuk memperoleh sinyal semakin bagus.

Jangan lupa agar memperhatikan suasana di sekeliling dari antena dan pastikan juga tidak terdapat bangunan ataupun pohon tinggi sehingga tidak menghalangi proses pemasangan sinyal

Pilih Kabel Antena yang Bagus

Selain pemilihan dari antena televisi, ada baiknya Anda juga memperhatikan penggunaan dari kabelnya dahulu. Pastikan Anda memperhatikan kualitas dari kabelnya juga sehingga sinyal yang terkirim dapat diproses dengan baik.

Adapun cara pasang kabel antena tv sendiri dapat dilakukan dengan mengupas kulit kabelnya terlebih dahulu kurang lebih 1,5 cm menggunakan cutter atau alat pengupas. Jika sudah terlihat bagian serabutnya, silahkan satukan semua serabut kabel dengan diplintir dan jangan sampai tersisa.

Baca Juga:  Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Mudah tanpa Ribet

Tentukan Arah Antena Dengan Tepat

Selain memahami cara memasang kabel antena tv yang tepat, Anda juga harus menentukan arah antenanya dengan tepat juga. Sebab arah antena ini jugalah akan berpengaruh terhadap kualitas dari siaran yang akan ditampilkan nantinya.

Cara Menentukan Arah Antena TV Dengan Baik

Cara Menentukan Arah Antena TV Dengan Baik

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa proses pemasangan dari antenna televisi inilah juga harus memperhatikan arahnya juga. Sebab salah dalam menentukan arah ternyata dapat mengakibatkan kualitas siaran menjadi buruk atau bahkan tidak dapat menampilkan siaran sama sekali.

Karena itulah Anda perlu mengetahui bagaimana cara menentukan arah antena tv digital berikut ini dahulu.

Posisikan ke Arah Jakarta

Perlu diketahui bahwa biasanya antenna akan menangkap siaran dengan maksimal apabila diarahkan ke arah lokasi dari Jakarta. Karena itulah Anda bisa memposisikan antenna tersebut ke arah Jakarta terlebih dahulu.

Arahkan ke Ibukota Provinsi

Cara menentukan arah antena tv digital lainnya adalah dengan mengarahkan ke ibukota provinsi. Ini adalah salah satu trik dimana sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat karena biasanya perusahaan televisi telah membangun pemancar di dekat daerah tersebut.

Inilah mengapa kami merekomendasikan Anda agar mengarahkan antena tersebut dekat dengan ibukota provinsi ataupun di kota-kota besar lainnya dimana berlokasi di tempat tinggal Anda.

Silahkan Mengetahui Lokasi Tower Pemancar

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, maka juga dapat mencoba mencaritahu lokasi tower pemancar. Apabila berhasil mengetahui lokasi dari tower, maka dijamin akan langsung mendapatkan kualitas gambar yang jernih dan terhindar dari kehilangan sinyal.

Pasang di lokasi yang Tinggi

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa semakin tinggi antenna maka akan membuat kemampuan menangkap sinyalnya juga akan semakin bagus. Inilah mengapa tidak ada salahnya agar memasang antenna tersebut di tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Cara Cari Frekuensi TV Digital Secara Otomatis dan Manual

Anda bisa memasangnya menggunakan tiang sehingga nantinya dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Hindari Pemasangan Saat Cuaca Buruk

Terakhir, kami sarankan Anda agar menghindari proses pemasangan ketika cuaca sedang buruk. Sebab ketika cuaca buruk, ternyata akan menyulitkan Anda untuk menentukan arah dari antenanya tersebut.

Tips Memilih Kabel yang Bagus Untuk Antenna TV

Selain memperhatikan arah dari antenna, Anda juga perlu mengetahui bagaimana pemilihan kabel antena tv yang bagus juga. Sebab fungsi utamanya nanti adalah sebagai penghubung antara hardware satu dengan hardware lainnya.

Pertama adalah memperhatikan kualitas bahan dari kabel yang digunakan tersebut agar hasilnya bisa lebih bagus. Untuk mengetahui kualitas kabelnya sendiri sangat mudah yakni dapat dilihat berdasarkan dengan kerapatan dari serabutnya, semakin rapat tentu semakin bagus.

Kedua adalah dengan melakukan pengecekan pada diameter konduktor tengah yang mempunyai ukuran 1 mm tersebut. Pastikan bahwa kualitasnya berasal dari tembaga murni dan bukan dari sepuhan, cara melihatnya adalah dengan melakukan pengirikan dahulu.

Walaupun terlihat cukup sepele, tetapi proses pemasangan alat tersebut sebaiknya jangan pernah dilakukan secara sembarangan agar bisa mendapatkan sinyal nantinya. Dengan cara memasang antena tv digital dengan benar, dijamin gambar juga akan berkualitas tinggi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment