Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak, Cek Penyebab dan Solusinya

Sering mengalami masalah ini? Anda pastinya bertanya kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak bukan? Masalah satu ini memang sering membuat sebagian besar orang merasa kesal karena cukup mengganggu.

Seperti sudah diketahui bahwa kulkas adalah salah satu barang elektronik rumah tangga yang sangat penting. Karena keberadaannya dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan ataupun minuman agar tidak cepat busuk.

Walaupun menjadi perangkat yang penting tetapi ternyata tidak bisa dipisahkan dari namanya masalah atau kerusakan. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah ketika kulkas bunyi terus dan kemudian mati secara tiba-tiba.

Alasan Kenapa Kulkas Bunyi dan Tidak?

Alasan Kenapa Kulkas Bunyi dan Tidak

Walaupun kondisi kulkas yang bunyi dan tidak cukup normal tetapi sebagian besar dari Anda tentu masih menyimpan pertanyaan besar. Sebenarnya kondisi tersebut cukup wajar karena perangkat tersebut tidak beroperasi terus-terusan buat menjaga kondisi dingin didalamnya.

Sebab ketika suhu yang terdapat di dalam ruang perangkat sudah mencapai titik dingin dan stabil, maka komponen thermostat akan langsung memutuskan aliran listrik ke bagian kompresor. Ini menjadi penyebab kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati.

Selain itu juga mengakibatkan suara dengungan yang terdapat pada kulkas tidak berbunyi lagi dan siklus kerja dari komponen biasanya adalah setiap 6-9 jam. Di sisi lain, apabila terdapat peningkatan suhu didalamnya maka akan mengakibatkan thermostat mengalirkan listrik ke komponen kompresor.

Tetapi apabila Anda mendengar kulkas kadang bunyi kadang tidak dengan jeda berbeda-beda atau tergolong tidak normal, maka bisa jadi sedang ada masalah di kulkas.

Penyebab Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak, Cek Berikut

Kendati memang kondisi kulkas berbunyi cukup normal tetapi terdapat kondisi dimana justru dapat menjadi tanda bahwa terdapat masalah. Terlebih lagi apabila jeda waktu berbunyi dan mati tersebut tidak normal.

Baca Juga:  10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Serta Cara Mengatasinya

Berikut ini penyebab kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak yang harus diwaspadai oleh pengguna.

Overload Mengalami Masalah

Overload yang terdapat pada perangkat satu ini mempunyai peran sebagai pencegah kerusakan kompresor pada kulkas dari masalah over heating. Di dalam komponen inilah biasanya terdapat sensor panas yang berfungsi sebagai pendeteksi suhu.

Apabila suhu pada kompresor cukup panas, maka overload akan langsung memutuskan aliran listrik agar tidak mengalir ke kompresor. Tetapi jika overload justru mengalami masalah bisa membuat kompresor justru bekerja secara terus-menerus.

Selain itu, kerusakan tersebut bukan hanya membuat kulkas mengeluarkan bunyi saja tetapi kadang juga mati akibat cara kerja kompresor tersendat-sendat.

Listrik Rumah Yang Tidak Stabil

Penyebab kulkas bunyi dan tidak selanjutnya kemungkinan besar disebabkan karena listrik rumah kurang stabil. Kendati terlihat sepele, tetapi apabila listrik rumah tidak stabil ternyata bisa mengakibatkan adanya gangguan pada putaran kompresor nantinya.

Bahkan juga akan mengakibatkan adanya bunyi berdengung atau berdecit yang cukup mengganggu. Untuk cara mengatasi kulkas berdengung sendiri dapat menggunakan stabilizer sehingga listrik akan lebih stabil.

Kompresor Yang Mengalami Kerusakan

Kompresor rusak menjadi masalah yang paling sering terjadi pada perangkat rumah tangga satu ini. Kompresor yang rusak sendiri sangat mudah untuk dikenali yakni ketika pendingin ini mengeluarkan suara bising sekaligus berisik.

Kerusakan bukan berarti pada keseluruhan komponen kompresor tetapi bisa jadi terdapat salah satu komponen rusak di dalamnya. Apabila mengalami masalah satu ini, maka silahkan bawa ke tempat service agar dapat segera diatasi oleh ahlinya.

Kerusakan Pada Kipas Evaporator

Kulkas 2 pintu biasanya sudah dibekali dengan kipas evaporator dimana berfungsi buat meniup udara dingin sehingga dapat menyebar ke semua ruangan didalam pendingin. Lokasinya berada dekat dengan komponen evaporator dimana bisa ditemukan pada bagian belakang kulkas.

Karena komponen tersebut akan berputar-putar sepanjang waktu maka bisa mengalami aus sehingga mengakibatkan adanya bunyi cukup berisik. Itulah mengapa ketika perangkat Anda mengeluarkan bunyi tidak normal, silahkan periksa bagian ini.

Untuk mengatasi masalah kipas evaporator tersebut mengalami kerusakan maka sebaiknya harus mengganti komponen tersebut dengan unit baru.

Pipa Terhimpit Body Pendingin

Disadari atau tidak ternyata posisi untuk meletakkan perangkat sendiri akan mempengaruhi bunyi yang akan timbul. Biasanya pipa yang terjepit body pendingin sendiri bisa mengakibatkan kulkas berbunyi.

Itulah mengapa Anda harus memberikan jarak antara kulkas dan dinding sekitar 15-20 cm agar tetap dapat menjaga posisi kulkas tersebut.

Cara Mengenali Suara Kulkas yang Normal

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa perangkat pendingin yang berbunyi sebenarnya adalah normal karena dapat menunjukkan bahwa komponen kompresor sedang bekerja dengan baik. Untuk mengetahui apakah bunyi kulkas yang normal atau tidak cukup mudah.

Pertama, Anda bisa mencoba memperhatikan apakah suara tersebut berupa dengungan stabil serta diiringi dengan suara air mengalir? Jika demikian maka dapat menjadi tanda bahwa kompresor sedang bekerja dalam mode standby dan belum mencapai titik maksimal.

Ketika suhu maksimal sudah didapatkan, maka komponen kompresor akan mati selama beberapa menit dan siklus tersebut akan terjadi antara 6-9 jam. Pada pendingin 2 pintu, apabila suara yang dihasilkan mirip dengan aliran air, dapat menunjukkan adanya proses defrost atau pencairan bunga es dalam freezer.

Perlu diingat bahwa kondisi tersebut normal dan dilakukan agar tidak ada bunga es yang menempel pada dinding kulkas. Apabila bunyi pendingin Anda di rumah seperti diatas, maka tidak perlu khawatir karena kondisinya tersebut masih normal.

Lakukan Ini Jika Kulkas Mengeluarkan Bunyi Tidak Normal

Lakukan Ini Jika Kulkas Mengeluarkan Bunyi Tidak Normal

Selain masalah suara yang kadang muncul ataupun tidak, ada pula masalah dimana sering dialami oleh sebagian besar pemilik. Salah satu masalahnya adalah seperti kulkas Polytron bunyi terus ataupun pada brand lainnya.

Baca Juga:  Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup tapi Tidak Dingin

Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda bahwa terdapat masalah kecil hingga besar yang sedang dialami oleh perangkat. Berikut ini sejumlah hal yang harus dilakukan apabila mengalami masalah kulkas bunyi secara terus-menerus.

Perhatikan Penempatan Perangkat

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa posisi perangkat ternyata sangat berpengaruh terhadap bunyi dari perangkat. Inilah mengapa Anda perlu memperhatikan penempatan dari perangkat tersebut dan sebaiknya harus diletakkan pada posisi datar.

Hindari Muatan Berlebihan

Kulkas atau freezer yang menampung banyak muatan bahkan di luar kemampuan ternyata juga dapat menimbulkan suara cukup mengganggu. Inilah mengapa sebaiknya Anda harus segera menghindari adanya muatan berlebihan dan sebaiknya rutin membersihkan bunga es.

Periksa Bagian Segel Pintu Kulkas

Penyebab kulkas bunyi terus-menerus biasanya juga diakibatkan karena segel pintu yang rusak bahkan pecah lho. Inilah yang nantinya mengakibatkan pintu tidak bisa menutup secara sempurna, tetapi selain rusak bisa jadi diakibatkan adanya kotoran pada segel.

Periksa Kipas Kondensor

Langkah terakhir yakni Anda dapat melakukan pemeriksaan pada kipas kondesor. Karena komponen kipas jika kotor dapat menimbulkan kelebihan bebas serta suara cukup mengganggu nantinya.

Perangkat elektronik satu ini memang menjadi salah satu benda wajib yang harus ada di rumah. Jika sudah tahu kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak, maka silahkan bawa ke teknisi untuk diperbaiki agar masalah tidak semakin parah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment