Penyebab Kulkas Tidak Dingin Bagian Bawah dan Mengatasinya

Jika Anda mengalami kasus kulkas tidak dingin bagian bawah, artinya ada masalah yang sedang terjadi dan disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu, sebelum mulai mengatasinya, akan lebih baik untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Pada kali ini akan dibahas beberapa penyebab kenapa kulkas dua pintu kurang dingin di bagian bawah. Pasalnya, bagian ini kerap digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan sehingga suhu kurang dingin akan cukup mengganggu.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Bagian Bawah

Penyebab kulkas 1 pintu tidak dingin

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab kenapa kulkas bagian bawah tidak dingin. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya.

1. Bunga es menumpuk pada evaporator

Penyebab paling umum kenapa kulkas di bawah kurang dingin adalah karena adanya bunga es menumpuk di bagian evaporator. Kondisi ini biasanya terjadi ketika heater atau fuse defrost mengalami kerusakan.

Fuse tersebut berfungsi mencairkan bunga es pada evaporator. Apabila komponen ini rusak, maka bunga es akan menumpuk dan menyebabkan kulkas menjadi tak dingin, baik itu freezer maupun bagian bawah.

Selain itu, penumpukan bunga es juga dapat disebabkan saluran pembuangan dalam kondisi buntu. Saluran pembuangan memiliki peran sebagai tempat sirkulasi udara. Ketika terjadi kerusakan di saluran pembuangan, maka bunga es tidak dapat mencair dengan sempurna.

Terakhir, kipas yang mati bisa membuat bunga es tertumpuk. Kipas berfungsi menyebarkan suhu dingin ke seluruh ruangan kulkas. Jadi, apabila kipas mati atau rusak, sirkulasi suhu akan terganggu dan membuat beberapa titik tidak bisa dingin secara maksimal.

2. Sirkulasi udara tertutup

Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin bagian bawah yang berikutnya adalah karena sirkulasi udara tertutup. Perlu diketahui bahwa suhu dingin yang terdapat di bawah adalah karena terdapat sirkulasi udara dari atas atau freezer. Jadi, pusat pendinginan alat ini terletak di atas.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi Trans 7 Berbagai Satelit Lengkap

Mengenai seberapa besar angin yang menuju ke bawah dapat diatur sesuai kebutuhan melalui knop atau komponen tertentu. Pada umumnya, pengaturan sirkulasi ini menggunakan spon yang dapat ditutup dan dibuka menggunakan knop.

Apabila knop diputar ke kanan, sirkulasi akan menjadi terbuka lebar. Begitu juga dengan sebaliknya, memutar ke arah kiri akan menutup sirkulasi. Apabila spon tidak dapat menutup dan membuka, ada kemungkinan komponen tersebut akan terus tertutup dan tidak sampai ke bawah.

3. Pengaturan suhu tidak sesuai

Pengaturan suhu harus diperhatikan sesuai dengan muatan yang berada di dalam lemari es. Bisa jadi suhu yang tak dingin disebabkan oleh pengaturan yang tidak sesuai. Untuk mengatur suhu, Anda bisa menggunakan knop yang terdapat di dalam.

Sebagai contoh, apabila dirasa kurang dingin, maka naikkan putaran knop ke kanan untuk meningkatkan tingkat kedinginannya. Biasanya Anda membutuhkan tingkat dingin lebih tinggi ketika banyak bahan-bahan disimpan pada lemari es.

Sementara itu, jika isi lemari es tidak terlalu banyak, Anda bisa menurunkan putaran knop ke kiri. Sekali lagi, silakan sesuaikan suhu sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu terpaku pada satu level saja.

4. Karet terlalu longgar

Karet pintu yang terlalu longgar dapat menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin bagian bawah. Karet ini berfungsi menjaga agar udara dingin di dalam ruangan tidak keluar atau menjaga udara luar tidak masuk ke dalam.

Biasanya usia lemari es yang terlalu lama memiliki kemungkinan karet longgar lebih besar. Selain longgar, kondisi karet sobek atau berjamur dapat mengakibatkan hal sama. Jadi, cobalah untuk memeriksa kondisi karet ini secara rutin, terutama jika merasa temperatur lemari es sudah kurang dingin.

5. Membuka tutup kulkas terlalu sering

Apakah Anda memiliki kebiasaan terlalu sering membuka tutup pintu kulkas? Jika iya, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut karena dapat menyebabkan kulkas tidak dingin bagian bawah. Sebagai informasi, kulkas membutuhkan sekitar 8 jam untuk bisa dingin maksimal tanpa dibuka tutup.

Apabila pintu kerap dibuka tutup, maka proses pendinginan tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal. Hasilnya, temperatur akan menjadi kurang dingin, terutama di bagian bawah atau ruang penyimpanan bahan makanan.

Penyebab Kulkas 1 Pintu Tidak Dingin Beserta Solusinya

Mengatasi kulkas 2 pintu tidak dingin di bagian bawah

Selain lemari es dua pintu, kulkas 1 pintu juga kerap mengalami masalah serupa, yakni suhu kurang dingin. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, silakan simak beberapa penyebab beserta cara mengatasinya berikut ini.

1. Meletakkan barang elektronik panas

Pada umumnya, kulkas kerap diletakkan di sekitar dapur atau ruang makan dan berdekatan dengan perangkat elektronik lainnya seperti rice cooker, oven listrik, dan sebagainya. Selain itu, meletakkan kulkas di dekat kompor juga turut berpengaruh.

Adanya pengaruh suhu panas yang dihasilkan dari perangkat tersebut akan menyebabkan temperatur pada kulkas menjadi kurang dingin. Solusi mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengatur jarak dengan perangkat penghasil panas setidaknya 2 meter.

2. Kehabisan freon

Freon adalah salah satu bahan untuk menghasilkan dingin pada beberapa perangkat elektronik seperti AC dan kulkas. Jadi, ada kemungkinan masalah ini disebabkan freon habis. Untuk mengeceknya, Anda bisa memegang bagian belakang di dekat grill.

Apabila terasa hangat, artinya freon habis. Silakan isi freon lewat tukang servis lemari es terdekat. Biaya pengisian ini tidak terlalu mahal dan memang sebaiknya segera dilakukan sebelum menyebabkan masalah lain.

3. Belum mengatur suhu

Ketika Anda membeli kulkas dalam kondisi baru, sering kali temperatur belum diatur dalam penggunaannya. Oleh karena itu, silakan periksa terlebih dahulu pengaturan suhu di bagian knop dan pastikan berada di tengah guna mendapatkan temperatur ideal.

Baca Juga:  Berapa Watt Kompor Listrik, Tips dan Kelebihan Penggunaannya

4. Menyimpan makanan panas

Satu lagi kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan, yakni menyimpan makanan panas langsung ke dalam kulkas. Selain menyebabkan suhu kurang dingin, kebiasaan ini juga dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen tertentu, terlebih jika suhunya terlalu panas.

Apabila ingin menyimpan makanan panas, silakan diinginkan terlebih dahulu pada suhu ruangan. Setelah dirasa tidak terlalu panas, maka barulah masukkan makanan tersebut. Cara ini akan membuat lemari es menjadi lebih awet.

Kenapa Freezer Kurang Dingin?

Penyebab freezer tidak dingin

Masalah yang juga kerap dialami adalah freezer kulkas tidak dingin. Padahal, freezer mempunyai peran penting untuk menyimpan bahan tertentu atau membuat es batu. Ketika suhu tidak tepat, maka es batu tidak akan bisa terbentuk.

Ada beberapa faktor yang kerap menyebabkan masalah tersebut. Pertama adalah penempatan kulkas yang salah seperti di atas suhu 43 derajat celcius. Selain itu, kesalahan dalam pengaturan suhu freezer juga bisa menjadi penyebabnya.

Sementara itu, penyebab yang terakhir adalah ventilasi terhalang atau terblokir. Ketika ventilasi terhalang, maka kedinginan suhu tidak akan maksimal dan menyebabkan freezer tidak berfungsi secara normal.

Jadi, setelah mengetahui penyebab kulkas tidak dingin bagian bawah, Anda bisa mengambil tindakan dengan lebih tepat. Sebagai contoh, apabila kerusakan terjadi pada karet pintu, maka karet tersebut perlu segera diganti. Begitu juga dengan penyebab lainnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment