Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter

Produk kulkas buatan dari Samsung yang sudah inverter umumnya mempunyai fitur untuk menampilkan kode error. Biasanya kode error kulkas Samsung inverter tersebut diketahui dari kode layar dan kedip lampu indikator.

Munculnya kode atau tanda mesin mengalami error tersebut akan otomatis muncul saat munculnya kelainan di kulkas. Dengan melihat pertanda tersebut, Anda bisa mengetahui kerusakan apa yang terjadi.

Namun, meski Anda mengetahui kode kerusakannya, tidak semua dari kerusakan tersebut bisa ditangani sendiri. Kebanyakan error yang terjadi tersebut hanya bisa diselesaikan oleh para teknisi elektronik profesional.

Kode Error Kulkas Samsung Inverter Pada Layar Display

Kode Error Kulkas Samsung Inverter Pada Layar Display

Terjadinya error pada perangkat kulkas Samsung 2 pintu inverter atau 1 pintu bisa dilihat dari kodenya yang muncul di layar mesin. Dari kodenya tersebut, Anda bisa mengetahui kerusakan apa yang terjadi sehingga bisa dilakukan penanganan serta perbaikan yang tepat.

Berikut ini adalah penjelasan arti dari kode error yang ditampilkan pada layar display:

  • 88 88 : Sistem blank. Solusinya bisa mencabut dan memasang kembali stop kontak.
  • 0 F 0 F / 0 FF : Sedang berada di mode pendinginan
  • PC / ER / PC CH : putusnya komunikasi sistem dengan komponen
  • 1 E / 2 E : Sensor freezer tidak dapat berfungsi normal
  • 4 E : Sensor defrost mati atau tidak berfungsi
  • 5 E : Sensor mati atau tidak berfungsi
  • 6 E : Sensor utama mati
  • 8 E / 39 E : Sensor untuk membuat es mati / tidak berfungsi
  • 14 E : Pembuat es mati
  • 21 E : Kipas pada freezer berhenti berputar
  • 22 E : Kipas kulkas mati
  • 23 E : Kipas kondensor mati
  • 24 E : Sistem Defrost freezer mati
  • 25 E : Defrost pada kulkas kondisinya mati
  • 26 E / 39 E : Alat pembuat es mati
  • 33 E : Sistem heater atau pemanas mengalami kerusakan
  • 40 E / 40 C : Kipas freezer mati
  • 83 E / 85 E : Arus Listrik atau tegangan tidak stabil
  • 84 C : Kompresor kulkas mati/terkunci
  • 85C : Besar dari tegangannya lebih rendah dibandingkan sumber dayanya
  • 85E : Terdapat anomali kelistrikan pada kompresor
  • 86E : Terdapat kelebihan tegangan di kompresor
Baca Juga:  8 Rice Cooker Digital Terbaik untuk Nasi Tanak dan Enak

Berbagai kode tersebut bisa disimpan sebagai penanda tentang kerusakan atau error yang terjadi. Untuk kerusakan yang dirasa berat atau tidak memungkinkan ditangani sendiri, maka langsung saja hubungi tukang servis elektronik profesional untuk menyelesaikannya.

Kode Error Kulkas Samsung Inverter LED Pada Lampu Indikator

Selain melihat kode yang ditampilkan di layar display kulkas 2 pintu Samsung inverter, Anda juga bisa mengetahui error dari melihat jumlah kedipan pada lampu indikator. Untuk lebih jelas lagi tentang kode lampunya, Anda bisa melihatnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Berkedip 1 Kali

Pada saat lampu LED di bagian panel berkedip sebanyak satu kali, hal itu menunjukkan terdapat masalah di bagian konektor sensor pembuatan es. Biasanya hal itu dapat terjadi karena konektor bagian tersebut terputus sehingga perlu diganti atau diperbaiki.

2. Berkedip 2 Kali

Selanjutnya apabila lampu mengalami kedip sebanyak dua kali, itu menandakan bahwa bagian sensor kulkas putus. Kondisi tersebut terjadi karena bagian thermistor defrost yang terdapat di freezer putus atau tidak tersambung ke main PCB.

Hal tersebut menyebabkan sensor melakukan pembacaan suhu yang salah atau bahkan ekstrem. Hasil deteksi suhu yang terlalu ekstrem tersebut menyebabkan kulkas tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

 3. Berkedip 3 Kali

Ketika lampu indikator berkedip 3 kali setiap jeda, itu menunjukkan sensor defrost evaporator-nya putus. Kondisi tersebut dikarenakan eksternal putus, soket dipasang tidak terlalu kuat atau bahkan sampai terlepas.

4. Kedip 4 Kali

Pada saat berkedip sebanyak 4 kali, biasanya itu menandakan bahwa kipas kulkasnya tidak berputar. Untuk penanganan selanjutnya, bisa dilakukan pengecekan sehingga bisa ditentukan akan mengganti perangkat atau menyambungkan lagi.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR D191, Plus Spek!

5. Berkedip 5 kali

Saat Anda mendapati isyarat kedip lampu indikator sebanyak 5 kali, dapat diketahui bahwa pembuat es kulkas tidak berjalan seperti biasanya. Hal ini terjadi dikarenakan adanya thermistor kulkas Samsung inverter rusak, koneksi putus, atau karena hubungan arus pendek.

Masalah pada pembuat es ini dapat menyebabkan pencairan es pada evaporator menjadi lebih lama. Bahkan, pencairan tersebut dapat membutuhkan waktu lebih dari 2 jam.

6. Kedip 6 Kali

Kode error ini terjadi saat sistem untuk memilih suhu dingin di dalam kulkas Samsung inverter 2 pintu mengalami error. Alhasil, dingin yang diproduksi oleh mesin menjadi tidak optimal karena proses deteksi suhu yang dilakukan tidak tepat.

7. Kedip 7 kali

Pada saat kode error kulkas Samsung inverter ini muncul, artinya terdapat masalah pada defrost kulkas. Apabila ada masalah di bagian tersebut, maka akan membuat pencairan bunga es di freezer menjadi terganggu.

8. Kedip 8 Kali

Berkedipnya lampu indikator sebanyak 8 kali dapat menjadi indikasi bahwa sensor udara terputus. Saat udara tidak dapat mengalir dengan baik, maka itu bisa mengganggu dalam proses pendinginan.

9. Kedip 9 Kali

Selanjutnya, error yang terjadi saat indikator menunjukkan kedip sebanyak 9 kali adalah terputusnya koneksi yang terdapat di sensor freezer. Kondisi tersebut umumnya terjadi karena bagian rotary switch tidak terpasang dengan baik ke PCB.

10. Berkedip 10 Kali

Saat Anda mendapati indikator lamp 10 kali kedip, itu menunjukkan terdapat masalah di bagian defrost evaporator freezer. Umumnya, masalah tersebut terjadi karena error atau terputusnya komponen di defrost evaporator-nya.

11. Kedip 11 Kali

11 kedipan pada lampu indikator dapat ditangkap bahwa ada masalah pada bagian kipas freezer. Seperti diketahui, motor pada kipas freezer ini diatur oleh bagian main PCB sehingga saat motor tersebut rusak, lampu akan berkedip.

Baca Juga:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Agar Maksimal

12. Kedip 12 Kali

Masalah pada kipas tidak hanya terjadi di freezer atau chiller saja, tetapi juga di kondensor. Jika masalah tersebut terjadi, bagian lampu indikator akan menunjukkannya dengan melakukan 12 kali kedipan dalam setiap interval.

13. Kedip 13 Kali

Terakhir, ketika Anda melihat dalam satu interval berkedip 7 kali, itu artinya terdapat masalah atau error di defrost chiller. Sementara apabila ada masalah di bagian defrost freezer, akan ditunjukkan dengan kedipan berjumlah 13 kali oleh lampu LED indikator kulkas.

Berbagai jumlah kedipan yang dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai langkah awal untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada kulkas. Setelah itu, Anda dapat mencoba melakukan penyelesaian masalah berdasarkan arti dari kodenya tersebut.

Namun, tentu karena kulkas ini merupakan peralatan elektronik yang cukup rumit, diperlukan tindakan dari seorang profesional. Oleh karena itu, apabila memang Anda tidak mempunyai kompetensi dalam service elektronik, maka lebih baik serahkan ke teknisi kulkas profesional.

Memahami berbagai macam kode error kulkas Samsung inverter di atas memang bisa menunjukkan kerusakan apa yang terjadi. Akan tetapi, untuk memastikan masalahnya, Anda bisa segera hubungi teknisi profesional agar kulkas mendapatkan penanganan tepat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment