8 Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Saat membahas tentang penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin, tentu ada banyak sekali. Hal itu wajar mengingat dinginnya kulkas dapat dipengaruhi oleh berbagai macam hal baik internal maupun eksternal.

Paling sering, kerusakan pada sistem defrost menjadi biang kerok kenapa pendingin tidak dapat bekerja. Selain itu masalah freon habis juga tidak jarang juga menyebabkan kulkas jadi tidak dingin lagi.

Melihat ada banyak penyebab tersebut, tentu penyelesaiannya tidaklah sama antara satu sebab dengan sebab lainnya. Untuk lebih jelas tentang hal terkait penyebabnya, Anda bisa mengikuti informasi berikut.

Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

penyebab kulkas tidak dingin

Mengalami masalah seperti lemari es tidak bersuhu dingin lagi tentu sangatlah mengganggu. Oleh karena itu, Anda dapat mencari tahu tentang penyebab serta penyelesaian masalahnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Sistem Defrost Bermasalah

Hal pertama yang sering menjadi penyebab kulkas menjadi kurang dingin adalah karena sistem defrost-nya bermasalah. Seperti diketahui, sistem tersebut mempunyai fungsi dalam pengaturan lapisan bunga es di daerah evaporator.

Umumnya, pipa evaporator tersebut posisinya ada di belakan freezer. Fungsi utama dari alat tersebut adalah menghasilkan suhu dingin di dalam ruangan freezer ataupun kulkas secara keseluruhan.

Suhu dingin dari evaporator tersebut akan dihembuskan ke bagian freezer oleh kipas dan beberapa dialirkan ke ruang di bawahnya. Hal itulah yang membuat suhu di dalam kulkas bisa menjadi dingin.

Namun, saat sistem defrost tersebut rusak atau gagal bekerja, tumbukan bunga di bagian evaporator akan menjadi menumpuk. Alhasil, volume pada ruang evaporator akan menjadi lebih berkurang dan tidak bisa seperti seharusnya.

Nantinya, karena tertutupnya ruang tersebut udara dingin tidak akan dialirkan dengan baik. Alhasil, suhu dingin yang seharusnya dialirkan ke ruangan di dalam kulkas menjadi tidak optimal dan bahkan bisa jadi malah tidak mengeluarkan dingin sama sekali.

Baca Juga:  Ini Dia Pengertian Resistor Metal Film Kegunaan dan Kelebihannya

Apabila masalah seperti ini terjadi, cara untuk mengatasinya adalah dengan membuka tutup evaporator di belakang freezer. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk membersihkan atau memanggil tukang service profesional untuk membantu menyelesaikannya.

2. Gas Freon Habis

Berikutnya, gas freon kulkas yang habis juga bisa menyebabkan suhu jadi tidak sedingin dulu lagi. Hal itu karena freon ini adalah gas yang berperan dalam fungsi sistem pendingin di dalam kulkas.

Apabila gas tersebut sampai habis, tentu bisa membuat pendingin gagal untuk menjalankan tugasnya secara normal. Padahal gas ini harusnya bersirkulasi ke komponen pendingin seperti evaporator, kompresor, katup ekspansi, sampai dengan kondensor.

Sirkulasi tersebut dilakukan dengan tujuan agar suhu panas di dalam ruangan pendingin bisa terserap untuk kemudian dialirkan ke luar lewat pipa kondensor. Seharusnya, freon ini bisa bertahan dalam jangka lama karena sirkulasi yang terjadi tidak mengurangi kapasitasnya.

Lalu, hal apa yang membuat gas freon tersebut bisa habis? Alasan utama mengapa gas tersebut dapat habis adalah terjadinya kebocoran di komponen pendingin atau pipa sehingga gas akan bocor dan kemudian habis.

3. Gas Freon Tersumbat

Selain karena kehabisan, gas freon tersumbat bisa juga jadi penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin lagi. Kondisi tersebut membuat aliran freon yang seharusnya berfungsi dalam memindahkan panas menjadi terganggu.

Biasanya, masalah gas tersumbat ini terjadi di jenis kulkas Samsung 2 pintu model lama yang sudah berumur 4 tahun lebih. Tersumbatnya gas ini disebabkan karena terjadinya penumpukan kotoran atau debu pelumas di bagian pipa pendingin.

Apabila masalah tersebut terjadi, Anda bisa melakukan pembersihan di bagian pipa tersebut. Caranya bisa dengan memakai cairan khusus untuk membersihkannya atau memakai jasa profesional.

Baca Juga:  Frekuensi ANTV 2024 Terbaru dan Cara Mencarinya

4. Kompresor Rusak

Berikutnya, kerusakan pada kompresor juga menjadi salah satu penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin. Seperti diketahui, kompresor ini merupakan bagian penting terhadap sirkulasi dari gas freon.

Oleh karena itu, apabila kompresor tersebut mengalami masalah atau rusak, maka sudah pasti pendinginan tidak akan berjalan dengan maksimal. Biasanya, kerusakan ini terjadi karena putusnya kumparan dinamo atau relay yang sudah tidak bekerja normal.

5. Masalah Kelistrikan

Pada saat terjadi masalah pada kelistrikan kulkas, maka proses pendinginan tidak akan berjalan dengan optimal. Di sistem Samsung dua pintu, ada beberapa komponen pendukung seperti switch, soket kabel, dan juga timer.

Dari sistem tersebut, Anda dapat mencoba memeriksa kabel serta sambungan soket-nya. Tujuannya tentu untuk memastikan apakah ada jalur kelistrikan yang mengalami masalah seperti putus atau rusak.

Masalah pada kelistrikan inilah yang menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala. Selain itu, kompresor tidak berbunyi juga menjadi salah satu indikasi bahwa listrik pada pendingin mengalami masalah.

6. Menyimpan Makanan Panas

Selain masalah pada mesin atau sistem, perilaku sehari-hari bisa juga menjadi penyebab mengapa kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin. Salah satu hal sepele yang dapat mengakibatkan masalah tersebut adalah sering menyimpan makanan dalam keadaan panas.

Adanya makanan dalam suhu panas tentu membuat suhu dalam ruang kulkas menjadi meningkat. Hal itu jika dilangsungkan secara terus menerus, maka bisa menyebabkan suhu dingin menjadi rusak.

Oleh karena itu, apabila Anda masih punya kebiasaan seperti ini, maka lebih baik segera dikurangi. Dengan begitu, pendinginan di dalam lemari es dapat berjalan lancar tanpa mengalami gangguan berarti.

7. Lokasi Kulkas Berdekatan Dengan Benda Elektronik Penghasil Kalor

Tidak cuma untuk makanan panas, meletakkan lemari es dekat dengan benda elektronik penghasil panas seperti kompor gas, oven, pemanggang, dan lain sebagainya bisa menjadikan suhu pada kulkas meningkat.

Baca Juga:  7 Keyboard Mechanical Terbaik 2024, Andalan Para Gamer dan Programer

Oleh karena itu, pikirkanlah dengan baik posisi dari lemari pendingin tersebut. Usahakan taruh pada lokasi yang berjauhan dari benda elektronik yang bisa menghasilkan panas atau kalor seperti yang disebutkan sebelumnya.

8. Pintu Kurang Tertutup Rapat

Penyebab terakhir mengapa lemari pendingin jadi tidak bersuhu dingin lagi adalah karena pintu ditutup dalam keadaan kurang rapat. Hal tersebut meskipun terdengar sepele, namun bisa juga menjadi salah satu alasannya.

Umumnya, masalah ini dapat terjadi saat karet pada pintu sudah tidak dapat secara baik menyegel lemari pendingin. Hal itu tentu membuat udara di luar mendapatkan celah untuk dapat masuk ke dalam pendingin.

Alhasil, suhu pada ruang pendingin menjadi meningkat sehingga menjadi tidak sedingin biasanya. Untuk melihat kondisi kerapatan dari pintu tersebut, Anda bisa coba untuk cek langsung kondisi dari karet pintunya.

Apabila memang ditemukan kondisi karetnya sudah tidak mumpuni, maka sudah sebaiknya dilakukan penggantian. Anda dapat mencoba menggantinya sendiri atau memanggil orang yang kompeten dalam bidang tersebut supaya tidak terjadi kesalahan.

Dengan mengetahui berbagai macam penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin, tentu Anda bisa lebih tenang dalam menyelesaikan masalah tersebut. Untuk mencegah masalah seperti itu datang, Anda dapat menjaga pemakaiannya serta rajin melakukan pengecekan komponennya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment