Penjelasan Kode Error Mesin Cuci Polytron Fbit dan Solusinya

Apakah mesin cuci Polytron Zeromatic yang Anda gunakan di rumah cukup sering bermasalah? Coba perhatikan di layar digitalnya, apakah muncul kode Fbit atau tidak. Jika muncul kode error mesin cuci Polytron Fbit, maka penyebab gangguan tersebut bisa ditebak.

Apa maksud dari kode error Fbit? Bagaimana cara untuk mengatasinya? Jawaban mengenai masalah di mesin cuci Polytron ini dapat diatasi dengan memperhatikan pembahasan berikut ini:

Apa itu Kode Error Mesin Cuci Polytron Fbit?

Kode Error Lain

Ketika Anda menyalakan mesin cuci Polytron Zeromatic dan menekan tombol putar, mesin cuci tidak bekerja. Setelah diperiksa ternyata ada tulisan Fbit di layar digital mesin cuci. Ketika mendapat kode ini, biasanya mesin cuci terkadang mati dan terkadang bisa digunakan.

Bahkan, ada sejumlah mesin cuci yang tidak bisa dipakai sama sekali. Hingga membuat artikel ini, kami masih belum menemukan informasi resmi dari Polytron mengenai apa makna dari kode Fbit, baik itu melalui buku manual, panduan digital, maupun sumber resmi lainnya.

Di situs lainnya juga tidak kami temukan secara spesifik apa penyebab dari munculnya kode Fbit. Namun, kami menemukan terdapat sejumlah video di YouTube yang membahas perbaikan mesin cuci Polytron yang bertuliskan Fbit.

Salah satu video yang coba kami tonton adalah video reparasi Polytron Zeromatic buatan Ikhsan XS. Di dalam videonya, Ia mencoba memeriksa beberapa sambungan kabel yang ada di dalam mesin cuci ini.

Hal yang Ia temukan adalah sambungan kabel water level terlihat berjamur dan dalam kondisi yang tidak baik. Kemungkinan, maksud dari kode error mesin cuci Polytron Fbit adalah terjadi gangguan di kabel water level atau kabel ini tidak terdeteksi.

Setelah Ikhsan XS mengganti kabel yang berjamur ini dengan kabel yang bagus dan memperbaiki sambungannya, mesin cuci dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga:  Ukuran TV 32 Inch Samsung dan Rekomendasi Terbaik 2024

Tips Memperbaiki Mesin Cuci Polytron yang Bertuliskan Fbit

Tips Memperbaiki Mesin Cuci Polytron yang Bertuliskan Fbit

Jika mesin cuci menunjukan kode Fbit, apa yang seharusnya Anda lakukan? Kami merekomendasikan untuk memperbaikinya menggunakan jasa dari ahli reparasi mesin cuci. Cari ahli yang paham mengenai permasalahan pada mesin cuci Polytron.

Namun, jika ingin memperbaiki mesin cuci secara mandiri di rumah, Anda bisa memperbaiki mesin Polytron dengan gangguan Fbit menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan mesin cuci dalam keadaan mati dan kabel daya tidak terhubung dengan stop kontak.
  • Buka tutup bagian atas belakang mesin cuci Polytron.
  • Cari kabel pendeteksi water level, yaitu kabel dengan warna biru muda.
  • Cari tahu bagian kabel water level sebelah mana yang bermasalah.
  • Perbaiki bagian yang bermasalah.
  • Tutup kembali penutup mesin cuci.
  • Coba nyalakan mesin cuci.
  • Coba gunakan mesin untuk mencuci.

Jika tulisan Fbit tidak lagi muncul dan mesin cuci bisa digunakan dengan baik, maka proses perbaikan sudah selesai. Namun, apabila mesin masih bermasalah, kami sangat merekomendasikan untuk diperbaiki oleh ahlinya.

Kode Error Lainnya

Selain kode error Fbit, ada sejumlah kode error lainnya yang bisa jadi muncul di mesin cuci Polytron yang ada di rumah. Beberapa kode error mesin cuci Polytron dan maknanya, antara lain:

1. BLNC

BLNC

Kode mesin cuci BLNC memiliki makna “Balance”, yang berarti mesin cuci sedang tidak imbang. Yang dimaksud sedang tidak imbang adalah mesin miring ke arah tertentu, tidak tegak. Mesin yang miring ini pastinya tidak dapat beroperasi dengan baik, terutama untuk mencuci muatan penuh.

Penyebabnya umumnya bagian bawah mesin cuci yang miring ke arah tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, caranya tentu saja dengan membuat bagian bawah mesin cuci tidak miring. Coba periksa bagian bawah mesin, apakah sudah tegak lurus atau belum.

Jika masih belum, coba perbaiki atau menggantinya dengan benda yang tegak lurus. Pastikan mesin cuci Polytron ditempatkan di sebuah tempat yang rata.

2. DOOR

DOOR kode error mesin cuci polytron fbit

Sesuai dengan tulisannya, makna dari kode DOOR di mesin cuci Polytron adalah “pintu”. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat gangguan di bagian pintu mesin cuci. Mesin cuci Polytron Zeromatic dilengkapi dengan pendeteksi yang mampu mendeteksi pintu sudah tertutup atau belum.

Ketika muncul kode DOOR, kemungkinan pintu mesin tidak bisa tertutup dengan baik atau pintu tidak terdeteksi. Jadi, ketika kode mesin cuci Polytron ini muncul, coba perhatikan apakah pintu sudah tertutup dengan baik atau belum.

Jika belum, Anda hanya perlu menutupnya dengan baik. Namun, ketika sudah ditutup dengan baik dan masih muncul kode DOOR, ada kemungkinan bahwa sensor tidak bisa mendeteksi keberadaan pintu. Ada kemungkinan bahwa terjadi gangguan pada unit pendeteksi.

Untuk mengatasi gangguan pada pendeteksi pintu, mesin cuci perlu untuk diperbaiki oleh seorang profesional.

3. EDRN

EDRN kode error mesin cuci polytron fbit

Makna dari kode EDRN adalah “drain” atau “pembuangan”. Kode ini muncul apabila ada masalah di bagian pembuangan air milik mesin cuci Polytron. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa tidak ada masalah di bagian pembuangan.

Pastikan pipa atau selang yang dipasang di bagian drain tidak tersumbat. Setelah memastikan selang tidak tersumbat, coba hidupkan kembali mesin, masukkan air ke dalam mesin, lalu tekan tombol drain untuk menguji apakah pembuangan masih tersumbat atau sudah tidak lagi.

4. EFIL

EFIL

Makna dari kode EDRN adalah “fill” atau “pengisian”. Kode ini muncul apabila setelah 6 jam mesin cuci memulai proses pencucian, namun air tidak kunjung mencapai water level yang diinginkan oleh mesin.

Sama seperti kode error mesin cuci Polytron Fbit yang berhubungan dengan water level, munculnya kode EDRN disebabkan oleh masalah yang berbeda. Biasanya, kode ini muncul ketika pengguna mesin cuci lupa untuk membuka katup air masuk.

Baca Juga:  Rumus Menghitung Lilitan Trafo Beserta Pengertiannya Lengkap

Hal tersebut membuat air bersih tidak masuk ke dalam mesin cuci. Untuk mengatasi masalah ini, coba periksa kran air masuk, apakah sudah dibuka atau belum.

5. FInI

FInI

Kode “FinI” memiliki makna “finish” atau “selesai”. Kode ini bukanlah kode yang menunjukkan bahwa proses pencucian sudah selesai, melainkan memberitahukan bahwa terdapat gangguan di bagian perangkat lunak mesin.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset. Untuk me-reset mesin cuci Polytron, kami menyarankan untuk menggunakan jasa profesional.

6. Kode Error Lain

Selain 6 kode error yang sudah dibahas, masih ada 6 kode error mesin cuci Polytron lainnya, antara lain:

  • E1: Kode error E1 memiliki makna yang sama dengan EFIL. Kode ini muncul ketika bagian inlet air dari mesin cuci Polytron tersumbat.
  • E2: Kode error E2 menandakan bahwa terjadi kerusakan pada sensor water level. Ini mirip dengan makna dari kode Fbit.
  • E3: Kode error E3 menandakan bahwa top cover atau pintu tidak tertutup dengan benar. Kode ini memiliki makna yang sama dengan kode DOOR.
  • E4: Kode error E4 sama seperti kode BLNC, yang menandakan bahwa dudukan mesin cuci tidak rata.
  • E5: Kode error E5 sama seperti kode EDRN, yang menandakan bahwa terjadi penyumbatan di saluran buang.
  • E6: Kode error E6 menandakan bahwa terjadi kerusakan sensor pengatur water level

Jika kode error mesin cuci Polytron Fbit muncul, jangan langsung panik! Anda perlu tenang, lalu mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan tips memperbaiki mesin yang sudah dituliskan di atas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment