9 Daftar Kode Remot TV Advance Terbaru Tahun 2024 dan Cara Setingnya

Advance menjadi salah satu merk televisi yang cukup laris di marketplace. Hal itu wajar mengingat produk elektronik itu mempunyai kualitas yang sangat unggul. Meskipun memiliki kualitas yang unggul namun untuk harganya TV Advance dibanderol sangatlah terjangkau sehingga kamu tidak perlu khawatir dompet akan kering ketika membeli produk tersebut.

Namun sayangnya di balik kelebihannya itu ada salah satu permasalahan yang sering menghantui pemilik TV Advance. Di mana remote dari TV itu hilang sehingga para penggunanya tidak bisa menghidupkannya. Jika hal ini terjadi pada kamu maka solusinya yakin mengganti remote Advance dengan yang baru. Tetapi sebelum memutuskan untuk membelinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu kode remot tv advance dan cara pengaturannya agar nantinya bisa berfungsi optimal. Lalu berapa kode remote dari televisi Advance itu?

Remot TV Advance

Kode Remote TV Advance Terbaru Tahun 2023

Pada dasarnya remote TV Advance itu memiliki kode yang jumlahnya sebanyak 9. Nantinya 9 kode itu bisa dipakai untuk televisi Advance jenis tabung hingga LED. Adapun ke-9 kode remot tv advance yang dimaksud itu seperti berikut ini.

  • Kode 104.
  • Kode 120.
  • Kode 103.
  • Kode 073.
  • Kode 106.
  • Kode 181.
  • Kode 102.
  • Kode 187.
  • Kode 224.

Cara Mengatur Kode Remot Tv Advance pada Televisi Model LED dan Tabung

Agar nantinya remote universal itu bisa digunakan pada televisi Advance, maka kamu harus melakukan pengaturan terlebih dahulu dengan cara memasukkan kode-kode di atas. Untuk cara mengaturnya sendiri juga tidaklah terlalu rumit  Adapun langkah-langkah mengatur kode remote TV Advance pada televisi model LED atau tabung seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silakan untuk menyiapkan terlebih dahulu remote TV Advance yang sudah kamu beli di toko elektronik.
  • Kemudian isikan remote TV itu dengan baterai yang masih baru agar nantinya dapat dioperasikan.
  • Setelah itu silakan untuk menghidupkan televisi tabung maupun LED Advance yang kamu miliki.
  • Arahkan remote televisi itu ke sensor inframerah pada TV Advance.
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol setting yang terdapat pada remote universal tersebut.
  • Dalam hal ini kamu juga perlu menekan tombol power di remote universal itu.
  • Apabila lampu indikator pada remote sudah mati, kamu bisa langsung melepaskan semua tombol yang sudah ditekan tadi.
  • Tahap berikutnya masukkan salah satu kode di atas. Misalnya 187, maka kamu harus menekan tombol 1, 8 dan 7 secara bergantian satu persatu.
  • Terakhir remote universal itu sudah bisa digunakan untuk mengoperasikan televisi Advance.
Baca Juga:  Anoda Katoda Dioda, Jenis, Karakteristik dan Cara Kerjanya

Jika dalam hal ini ternyata remote itu belum juga berfungsi, maka kamu harus mengulangi langkah pengaturan itu dari awal dengan memasukkan kode lainnya.

Cara Mengatur Remote TV Advance Tanpa Menggunakan Kode

Ternyata untuk mengatur remote pada televisi Advance itu juga bisa dilakukan tanpa menggunakan kode. Tentunya cara ini sangatlah membantu bagi kamu yang sudah membuang bungkus dari remote Advance tersebut. Adapun langkah-langkah mengatur remote televisi Advance tanpa memakai kode seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan untuk menyiapkan remote televisi Advance yang sudah kamu dapatkan dengan cara membelinya di marketplace atau di toko elektronik terdekat.
  • Setelah itu hidupkan televisi tabung atau LED Advance yang kamu miliki.
  • Arahkan remote universal itu tepat di bagian sensor TV digital receiver.
  • Kemudian silakan untuk menekan dan menahan tombol setting yang terdapat pada remote universal tersebut.
  • Biarkan saja hingga lampu indikator pada remote berkedap-kedip.
  • Selanjutnya silakan untuk menunggu beberapa detik hingga pemindaian otomatis selesai dilakukan.
  • Apabila kanal televisi sudah berpindah secara otomatis maka kamu sudah bisa menggunakan remote universal itu untuk mengoperasikan TV Advance.

Mengetahui Beberapa Penyebab Kode Remote TV Advance Tidak Berfungsi

Permasalahan umum yang sering dikeluhkan oleh para pemilik televisi Advance ketika ingin melakukan pengaturan remote yaitu kodenya tidak berfungsi. Biasanya hal itu terjadi dikarenakan sensor receiver terhalang oleh benda sehingga mengganggu koneksinya.

Oleh karena itu untuk mengatasinya kamu harus memastikan bahwa tidak ada benda yang menghalangi sensor remote tersebut.Namun bukan hanya itu saja masih banyak lagi penyebab lainnya kenapa kode remote TV Advance tidak berfungsi seperti berikut ini.

Baca Juga:  Kode Remot TV Akira 21 in Tabung, Simak Penjelasannya Berikut!

Salah Dalam Memasukkan Kode

Penyebab berikutnya mengapa kode remote televisi Advance itu tidak berfungsi dikarenakan kekurangan telitian penggunanya. Di mana pengguna televisi Advance itu salah memasukkan kode ketika sedang melakukan pengaturan remote. Alhasil membuat kode dari remote Advance itu tidak berfungsi. Jika hal itu terjadi pada kamu maka solusinya perlu mengulangi langkah di atas dari awal dan memastikan kode yang diinput sudah benar. Namun jika cara ini belum juga berhasil mengatasinya maka kamu perlu mencoba memasukkan kode lainnya.

Adanya Kendala Teknis

Memasukkan kode remote Advance dengan jarak yang terlalu jauh juga bisa membuatnya tidak dapat berfungsi. Dalam hal ini untuk mengatasinya yakin kamu harus memperhatikan bahwa jaraknya tidak terlalu jauh Ketika sedang memasukkan kode remote televisi. Dengan begitu nantinya proses memasukkan kode remote televisi Advance akan berjalan normal tanpa adanya hambatan.

Baterai Remote yang Lemah

Perlu diketahui bahwa untuk dapat membuat remote TV universal itu berfungsi sebagaimana mestinya dibutuhkan baterai sebagai sumber energinya. Oleh karena itu agar nantinya proses memasukkan kode remote Advance bisa berjalan dengan lancar pastikan bahwa baterainya dalam kondisi penuh.

Pasalnya jika baterai remote televisi Advance itu lemah nantinya bisa membuat proses memasukkan kode akan selalu gagal. Dalam hal ini untuk menghindari agar hal tersebut tidak terjadi alangkah baiknya untuk mengganti terlebih dahulu baterai lama dengan baru ketika ingin menggunakannya.

Kerusakan pada Remote Televisi Advance

Penyebab terakhir Mengapa kode remote TV Advance tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dikarenakan adanya kerusakan pada komponennya. Komponen remote yang rusak itu biasanya disebabkan karena penggunanya jarang membersihkan sehingga kotoran di dalamnya menutupi sensor remote. Bukan hanya itu saja namun kotoran pada remote itu juga bisa membuat baterai menjadi berkarat.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel pada Listrik?

Jika kerusakan pada komponen remote itu sudah benar-benar parah maka solusinya kamu harus membawanya ke tempat service atau menggantinya dengan yang baru. Tapi ketika ingin membawanya ke tukang servis pastikan terlebih dahulu tempat itu sudah terpercaya. Hal itu bertujuan agar nantinya remote yang kamu miliki bisa dikerjakan dengan profesional dan cepat. Di mana salah satu ciri yang menandakan jika tempat servis itu sudah terpercaya yakin memberikan garansi kepada konsumennya.

Perlu diketahui bahwa kesembilan kode di atas sebenarnya bisa kamu temukan pada kertas pembungkus dari remote Advance yang baru. Namun terkadang seseorang malas membacanya sehingga harus mencarinya di internet. Demikianlah ulasan singkat tentang 9 daftar kode remot tv advance  dan cara pengaturannya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment