Kode Warna Resistor 1k dan Rumus Besaran Arus Listrik

Ada berbagai nilai hambatan dari resistor, termasuk resistor 1k yang memiliki warna resistor 1k yang berbeda dengan jenis lainnya. Resistor sendiri sering digunakan di berbagai peralatan elektronik. Mungkin bagi anda yang bekerja seperti memperbaiki barang-barang elektronik sudah sering melihat berbagai jenis resistor, tapi bagi yang awam mungkin sedikit bingung dengan resistor.

Nah pada kesempatan kali ini akan memberikan bahasa seputar Resistor 1k, sehingga anda dapat menemukan jawaban seputar kode warna resistor 1k, resistor 1k berapa Ohm, resistor 1k warna apa, 1k Ohm berapa Ohm, resistor 1 kilo, 1 kilo Ohm resistor, dan sebagainya.

Kode Warna Resistor 1K

Jika anda pernah melihat resistor, maka akan tahu jika di badan resistor termasuk resistor 1 kilo atau resistor 1k ada beberapa warna gelang, seperti warna gelang resistor coklat hitam emas, atau mungkin warna resistor coklat hitam coklat emas.

Nah, perlu diketahui jika warna gelang pada resistor ini adalah kode untuk mengetahui nilai tahanan atau hambatan resistor sehingga bisa mengidentifikasi tahanan resistor 1k, 100k, resistor 10k, dan sebagainya. Gelang juga merupakan kode toleransi dari resistor tersebut.

Nah, resistor 1k ada yang memiliki empat gelang warna dan lima gelang warna. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan empat gelang warna dan lima gelang warna resistor 1k.

1. Kode Warna Resistor 1k Empat Gelang

Salah satu resistor 1k Dengan empat gelang warna di bagian badan, menjadi salah satu resistor 1k yang sering anda temukan di pasaran.

Ukuran resistor 1k ini biasanya memiliki warna badan putih kecoklatan, dengan empat warna gelang. Empat warna gelang tersebut adalah gelang pertama memiliki warna coklat, gelang kedua berwarna hitam, lalu gelang ketiga memiliki warna merah, dan gelang keempat memiliki warna emas.

Baca Juga:  Transistor Tip41C Datasheet Persamaan Lengkap 2024

Nah, warna gelang keempat pada warna gelang resistor 1k adalah menunjukan nilai toleransi dari resistor tersebut. Jika berwarna emas maka nilai toleransinya adalah 5%.

Kode Warna Resistor 1k Empat Gelang

2. Kode Warna Resistor 1k Lima Gelang

Selanjutnya adalah resistor 1k dengan lima gelang warna. Resistor dengan lima gelang warna pun menjadi resistor yang cukup sering ditemukan di pasaran. Untuk yang satu ini memiliki warna badan biru muda.

Nah, untuk warna gelangnya adalah gelang pertama memiliki warna coklat, gelang kedua memiliki warna hitam, gelang ketiga memiliki warna hitam, gelang keempat memiliki warna coklat, dan gelang kelima memiliki warna coklat. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gambar resistor 1k dengan lima gelang.

Kode Warna Resistor 1k Lima Gelang

Cara Membaca Kode Warna Resistor 1K

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika kode warna pada resistor digunakan untuk mengetahui tahanan resistor tersebut, yaitu 1k, 10k, 2k2, dan lainnya. Ya, tentunya dalam kode warna dari resistor 1k memiliki cara membacanya. Bagaimana cara membacanya? Langsung saja berikut ini adalah caranya.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 1K Empat Gelang

Resistor 1k dengan empat gelang warna memiliki empat gelang warna yaitu coklat, hitam, merah, dan emas. Nah, ada cara untuk membaca kode warna dari empat warna tersebut. Bagaimana caranya? Simak dulu gambar berikut ini.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 1K Empat Gelang

Selanjutnya perlu diketahui jika

  • Gelang pertama merupakan sebagainya digit angka pertama
  • Lalu gelang kedua merupakan digit angka kedua
  • Untuk gelang ketiga merupakan faktor pengali
  • Selanjutnya gelang keempat adalah besaran toleransi resistor tersebut.

Dengan mengetahui nilai setiap kode warna dari resistor 1K, dan mengetahui peraturan dijelaskan di atas, Resistor dengan empat gelang warna yaitu coklat, hitam, merah, dan emas maka:

Baca Juga:  Mengenal Cara Kerja Mosfet dan Fungsinya Lengkap

Coklat = 1, hitam = 0, merah = 10², dan emas adalah toleransi 5%, jadi 10 x 10² = 1000. Dengan demikian resistor dengan warna coklat, hitam, merah, dan emas adalah resistor dengan 1.000 omh dan memiliki toleransi 5% atau resistor 1k dengan toleransi 5%.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 1k Lima Gelang

Selanjutnya ada lima gelang warna pada resistor. Nah untuk resistor 1 kilo atau 1 kilo Ohm resistor dengan lima gelang memiliki warna coklat, hitam, hitam, coklat, dan coklat. Lalu bagaimana cara mengetahui nilai kode warna tersebut? Simak dulu gambar berikut ini.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 1K Empat Gelang

Lalu ketahui jika:

  • Gelang pertama adalah digit pertama
  • Lalu gelang kedua adalah digit kedua
  • Kemudian gelang ketiga adalah besar angka pada digit ketiga
  • Untuk gelang keempat adalah faktor pengali
  • Kemudian terakhir gelang kelima merupakan besaran toleransi dari resistor tersebut

Jadi resistor dengan lima Warna gelang yaitu coklat, hitam, hitam, coklat, coklat adalah Coklat =1, hitam= 0, hitam = 0, coklat= 10¹, dan coklat = 1 maka 100×10¹= 1.000 dengan toleransi 1% atau resistor 1k dengan toleransi 1%.

Itulah cara menghitung kode warna resistor untuk menentukan tahanan resistor tersebut. Jadi apakah anda sudah paham? Dari tadi pun sudah menyebut resistor 1k, mungkin ada yang bertanya 1k sama dengan berapa? K dalam penulisan ini menunjukan besar ribu, jadi 1k sama dengan 1.000 atau seribu.

Spesifikasi Resistor 1K

Untuk mengenal lebih jauh tentang resistor 1K maka anda perlu tahu juga tentang spesifikasi atau ciri dari resistor ini. Memang sebenarnya telah sedikit disinggung mengenai spesifikasi dari resistor ini. Nah, untuk lebih jelasnya adalah seperti berikut ini.

  • Memiliki nilai hambatan 1k Ohm atau 1kΩ.
  • Peringkat dayanya adalah 0.25 watt atau 0.5 watt
  • Dengan toleransi 5% dan 1%
  • Bahan konduksi yang digunakan adalah film atau karbon
  • Suhu operasi adalah -55 – 150° C
  • Selanjutnya memiliki ciri non polar
  • Dengan kode warna coklat, hitam, merah, dan emas
Baca Juga:  Cara Perhitungan Resistor dan Fungsi-fungsinya

Itulah ciri dari resistor 1k yang perlu diketahui.

Cara Menghitung Besaran Arus listrik Pada Resistor

Perlu diketahui juga jika ada rumus yang dapat untuk mengetahui besar arus listrik yang dapat dihambat oleh resistor 1K. Rumusnya adalah sebagai berikut ini.

I= V/R

V : tegangan listrik (Volt)

I : kuat arus (Ampere)

R : hambatan (Ω atau Ohm)

Lalu 1 volt berapa Ohm? Untuk mengetahui tentang 1 volt ke Ohm, maka gunakan rumus berikut.

V = I x R

Tapi anda juga harus tahu terlebih dahulu mengenai besaran arus pada komponen tersebut dengan satuan ampere.

Tempat Jual Resistor 1k

Apakah anda juga sedang mencari toko resistor terdekat? Tenang saja toko resistor sangat mudah ditemukan sehingga anda dapat menemukan toko resistor terdekat dengan sangat mudah. Untuk membelinya dapat mengunjungi toko elektronik yang ada di dekat tempat tinggal anda.

Untuk harga resistor 1k juga tergolong murah yaitu sekitar Rp600,00 sampai Rp1.000,00. Alat ini pun dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko online.

Penutup

Mungkin itu saja penjelasan kali ini mengenai warna Transistor yaitu warna resistor 1k, termasuk penjelasan mengenai gambar resistor lengkap, cara membaca kode warna, dan sebagainya. Semoga penjelasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang membaca.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment