Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

Sebelum adanya DVD seperti sekarang ini, awalnya kita mengenal VCD untuk memutar compact disc / CD, di dalamnya berisi file video / film, atau audio CD. Seiring perkembangannya VCD player dapat digunakan untuk memutar kaset CD berisi file MP3. Pemutar CD semakin berkembang bukan hanya dapat memutar kaset CD saja tetapi bisa juga untuk memutar kaset jenis DVD atau sekarang lebih dikenal dengan DVD Player. DVD Player dapat memutar kaset Audio CD, VCD, MP3, DVD dan bahkan sekarang DVD Player sudah dilengkapi dengan USB, yang bisa untuk menayangkan film, lagu mp3, maupun foto jpeg. Tanpa basa-basi yuk langsung saja kita mengenal apa itu DVD player dan apa saja bagian-bagiannya.

Pengertian DVD Player

DVD  (Digital   Versatile   Disc player   adalah  perangkat  elektronika  yang  berfungsi  untuk  memutar  kepingan  CD/DVD.  Tetapi  pada  umumnya  DVD  player  pada  saat  ini  memiliki  multi  fungsi.  Tidak  hanya  untuk  memutar  CD  saja  tetapi  juga  dapat  untuk  memutar  MP3  ataupun  CD  Audio.  DVD  Player  mampu  menguraikan  (decode)  data  video  MPEG  yang  diubah  menjadi video  komposit  standar,  agar  dapat  dinikmati  pada  pesawat  televisi,  begitu  juga  dengan  proses  decoding  audionya  diterjemahkan  oleh  prosesor  Dolby  untuk  dikirim  menjadi  sinyal  audio  yang  berujung  di  perangkat  speaker.

Bagian-Bagian DVD Player

Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

DVD player mempunyai banyak bagian-bagian di dalamnya, untuk itu perlu bagi Anda mengetahui apa saja bagian-bagian dari DVD player. Secara umum bagian–bagian  blok  dari  DVD  ada Regulator DVD, MPEG, Mekanik DVD, Optic, Kabel Optic, front control panel, dan bagian lainnya. Untuk penjelasan lebih lanjut mari simak bersama bagian-bagian DVD player dibawah ini:

1) Bagian Power Supply (Regulator DVD)

Baca Juga:  Sejarah Internet Serta Perkembangannya di Dunia & Indonesia

Bagian  Catu  Daya  atau  yang  lebih  dikenal  Power  Supply  (Regulator)  adalah   sebuah   bagian   dari   DVD  Player  yang  berfungsi  sebagai  penyedia  atau  pemasok  tegangan  listrik  DC  yang  digunakan  oleh  semua  perangkat  kerja  pada  DVD  Player.  Pada  bagian  ini  terdapat  beberapa  komponen  seperti  transformator  yang  berfungsi  sebagai  penurun  tegangan  listrik  DC  sebelum  diserahkan.  Dan  terdapat  komponen-komponen  lainnya.

Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

Power  Supply  berfungsi  merubah  arus  bolak–balik  (AC) 220 volt menjadi  arus  searah  (DC).  Sebagai  supply  arus  listrik  ke semua  komponen  yang  berada  di dalam  DVD Player.  Tegangan  pada  DVD Player  berkisar  antara  lain  12  Volt,  8  Volt  dan  5  Volt,  untuk  tegangan 8 Volt dan 5 Volt berfungsi  untuk  supply  tegangan  MPEG  sedangkan  tegangan  12  Volt  berfungsi  untuk  supply  power  amplifier dan  sirkuit  RF.

2) Bagian Mekanik

Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

Bagian  Mekanik  pada  DVD  Player  adalah  satu  buah  sistem perangkat  kerja  yang  berfungsi  sebagai  penggerak  atau  pengatur  keluar  masuknya  dan  berputarnya  CD.  Intinya mekanik mempunyai fungsi untuk membuka dan menutup tempat piringan CD, yang nantinya akan membantu optic dalam membaca data pada CD. Bagian mekanik  terdapat  sebuah motor  atau  yang  biasa  disebut  (dinamo), motoran  penggerak  berfungsi  untuk  menggerakan/memutarkan  piringan  CD.  Selain motor, bagian  mekanik  juga  terdapat  optik  yang  mampu  menyorotkan  sinar  laser  berwarna  merah  ke  arah  permukaan  piringan,  atau  tepatnya  ke permukaan  layer  dari  suatu  piringan  CD  maupun  DVD.

3) OPTIC

Bagian optic terletak pada mekanik, optic merupakan komponen yang mampu mengirimkan sinar laser yang ditembakkan ke arah plat DVD dan kemudian pantulan dari sinar laser tersebut menjadi sinyal listrik dengan gelombang petak. Rentang frekuensi dari optic adalah 16 MHz. optic mempunyai tutup yang sudah otomatis akan membuka dan menutup sesuai dengan program yang berjalan pada DVD player. Ketika DVD player ditutup maka tutup optic akan terbuka dan membaca data pada piringan CD sehingga DVD player dapat berjalan, sedangkan ketika mekanik DVD dibuka maka tutup optic tidak terbuka dan optic tidak dapat membaca piringan CD.

Baca Juga:  Ac 2 PK untuk Ruangan Ukuran Berapa?

4) Kabel OPTIC

Kabel optic adalah kabel yang berguna untuk menghubungkan bagian optik dengan bagian lainnya. Biasanya kabel optik berwarna putih, dan berada disekitar perangkat optic pada bagian mekanik.

5) Bagian MPEG

MPEG adalah  bagian  dari  DVD  Player  yang   paling   utama   bisa   disebut   otaknya  DVD  /  Mesin  DVD.  MPEG  merupakan  format  standar  yang  digunakan  dalam  pengoprasian  suara  &  gambar  dalam  video CD.  MPEG  juga  Didesain dengan  tujuan  untuk  kompresi  dan  penyimpanan  program-program  video. selain itu berguna untuk mengontrol DVD player, aplikasi program sampai dengan penguatan RF hasil dari proses pembacaan pada optic DVD.

Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

Pada bagian MPEG terdapat sensor RX.IR, sensor ini berfungsi sebagai penerima sinyal infra merah dari sebuah remot kontrol. Kemudian sinyal yang diterima akan diubah menjadi tegangan atau gelombang pulsa yang nantinya masuk pada data IR (infra Red).

6) Bagian Front Control Panel

Bagian  ini  berfungsi  sebagai  pengatur  jalannya  DVD  Player  seperti  :  ON/OFF,  Play,  Pause,  Next,  Preview,  Open/Close.  Dan   juga  dapat  melalui  remot  control  karena  terdapat  LED   indikator  pada  rangkaian  ini.  Pada bagian front control panel terdapat juga display monitor yang berguna untuk menampilkan informasi bahwa DVD player sedang beroperasi, tidak beroperasi, atau sedang terdapat gangguan (ERROR).

7) Bagian Pre Amp Audio

Bagian pre amp audio berfungsi untuk menguatkan sinyal audio dari MPEG agar lebih kuat dan dapat dikeluarkan dan di sambungkan pada perangkat lain, misalnya amplifier maupun audio input tv / av tv. Umumnya audio yang diperoleh pertama kali mempunyai sinyal yang lemah oleh karena itu perlu adanya pre amp audio pada DVD player untuk menguatkan sinyal audio yang ada.

Baca Juga:  Frekuensi TV One Terbaru di Berbagai Satelit

8) Bagian Pre Amp Mic

Bagian pre amp mic berguna untuk menguatkan sinyal audio dari microphone dan mencampurnya pada pre amp audio agar dapat masuk bersama-sama untuk dikeluarkan pada audio out.

Demikian artikel tentang DVD player dan bagian-bagiannya, tanpa terasa artikel ini sudah sampai pada penghujung. Anda sudah belajar mengenai bagian DVD mulai dari mekanik, optic, kabel optic, MPEG, pre amp audio, dan lain sebagainnya. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk Anda serta menambah wawasan mengenai apa saja isi atau bagian dari DVD player. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan selamat beraktivitas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment