Mengenal Teknologi Smart Door Lock: Apa itu Teknologi Smart Door Lock, Kelebihan dan Kekurangan.

Teknologi smart door Lock atau kunci pintu pintar adala alternatif yang cukup baik untuk menggantikan kunci pintu mekanis tradisional dengan menggunakan kunci logam saat membukanya. Kunci pintu jenis smart door lock semakin populer, khususnya bagi Anda yang suka atau pernah menonton drama korea. Karena hampir semua rumah dalam drama korea menggunakan teknologi smart door lock. Selain itu teknologi ini menjadi pilihan konsumen karena banyaknya fitur yang ditawarkan seperti: sistem keamanan tinggi, kemudahaan penggunaan, dan daya tahan yang tinggi. Untuk lebih lengkapnya mari simak artikel berikut.

Apa itu Teknologi Smart Door Lock?

Umumnya pintu di negara kita mempunyai gagang dan kunci yang bahan dasar materialnya berupa besi. Sistem keamanannya pun sangat sederhana cukup menggunakan sebuah kunci untuk membuka dan mengunci pintu tersebut. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kunci pintu rumah terus berkembang dengan kombinasi teknologi sehingga menghasilkan produk smart door lock. Pada kesempatan kali ini akan mengupas seputar teknologi smart door lock, smart door lock adalah sebuah perangkat keamanan pada pintu yang mempunyai fitur canggih dan modern dibandingkan sistem keamanan pintu tradisional. Smart door lock (kunci pintar) mempunyai harga yang bervariasi, umumnya berharga sekitar jutaan rupiah, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan.

Sejarah Perkembangan Teknologi Smart Door Lock

Perkembangan awal kunci pintu pintar ini identik dengan sistem keamanan rumah mewah ataupun hotel. Padahal, sebenarnya sudah hampir 20 tahun berlalu sejak masuknya kunci pintu pintar ke negara kita. Namun, dikarenakan biaya kunci pintu pintar pada waktu itu masih sangat mahal dan beberapa di antaranya kualitas tidak cukup baik dalam pengalaman sehingga belum cukup banyak yang menggunakan.

Industri perhotelan adalah penggunaan paling awal dari teknologi kunci pintu pintar di negara ini. Kunci hotel semacam ini biasanya dibuka melalui kartu dan skema frekuensi radio lainnya, sehingga membawa kenyamanan bagi pengguna secara maksimal. Selain itu penggunaan smart door lock membuat manajemen hotel lebih sederhana dan efektif, dapat menghindari ketidaknyamanan penyimpanan dan kebingungan manajemen yang terjadi karena penggunaan kunci tradisional.

Baca Juga:  Cara Membuat Bass Empuk dan Penyebab Bass Kurang Nendang

Menurut White Paper Aplikasi dan Pengembangan Smart Lock 2017 yang telah dirilis oleh Alibaba bersama dengan sejumlah produsen smart door lock menyajikan teknologi dalam bentuk kombinasi kata sandi dan sidik jari sebelum tahun 2010, dan struktur kunci mekanis dipertahankan. Namun dalam penerapannya hanya untuk membuka kunci dan tidak ada fungsi lain yang berlebihan. Pada saat itu, smart door lock lebih seperti “kunci pintu elektronik”, dan banyak hotel yang menggunakan dalam bentuk ini.

Tahun 2011 sampai 2014, perusahaan produsen mulai mengeksplorasi arah yang lebih maju untuk kunci pintu pintar. Smart door lock dikembangkan dari kunci pintu tunggal menjadi “kunci pintar omni-directional”, dengan menambahkan fungsi komunikasi kartu SIM. Kunci pintar jenis ini  memungkinkan untuk mengirim pesan teks ke ponsel pengguna dari jarak jauh, dan memiliki kemampuan keamanan jarak jauh tertentu. Namun kekurangannya adalah sangat bergantung pada sumber daya dan layanan operator, jika terjadi masalah maka program dapat mengalami kegagalan.

Sejak 2015, semakin banyak smart door lock dengan terkoneksi Internet of Things dan teknologi bio-locking sidik jari. Kunci pintar jenis ini dapat melakukan pengaturan melalui ponsel, dan dapat dihubungkan dengan produk pintar lainnya untuk menunjang teknologi smart home (contohnya saat ada yang membuka pintu dan memasuki ruangan maka lampu akan otomatis menyala), serta mempunyai fungsi alarm jarak jauh real time.

Kelebihan Teknologi Smart Door Lock

Mengenal Teknologi Smart Door Lock Apa itu Teknologi Smart Door Lock, Kelebihan dan Kekurangan.

1. Dapat terhubung dengan smartphone

Jika kita menggunakan pintu masih dengan sistem penguncian tradisional pastinya membutuhkan sebuah kunci yang selalu dibawa kemana–mana setiap kali bepergian. Apalagi tak jarang sering terjadi kehilangan kunci atau lupa sudah meletakkan dimana. Dengan hadirnya teknologi smart door lock Anda tidak perlu bingung dan repot jika ingin membuka dan mengunci pintu. Karena Anda tinggal membuka atau mengunci dengan bantuan smartphone melalui bluetooth atau aplikasi.

2. Dapat mendeteksi seseorang

Akhir-akhir ini sering terjadi kejadian tentang orang-orang yang terkunci di luar rumah, baik oleh diri mereka sendiri atau oleh anak-anak yang tidak sengaja mengunci pintu dan tidak dapat membukanya. Dengan teknologi smart door lock dapat mendeteksi keberadaan seseorang dan tidak perlu takut lagi terkunci di dalam gedung atau di luar gedung. Selain itu Kunci pintar juga bisa diprogram untuk mengenali orang lain berdasarkan keberadaannya.

Baca Juga:  Frekuensi RCTI K Vision dan Cara Aksesnya

3. Desain futuristik

Penggunaan smart door lock selain mempunyai fungsi untuk keamanan juga dapat digunakan untuk mempercantik kunci pintu. Penampilan rumah yang menggunakan smart door lock menjadi lebih modern, futuristik, estetik dan elegan. Berbeda dengan penggunaan kunci konvensional yang sederhana sehingga dapat menjadi kebanggan tersendiri jika memilikinya.

4. Membuat keamanan rumah menjadi sederhana dan praktis

Teknologi smart door lock dapat memberikan akses ke banyak orang seperti keluarga, teman atau orang–orang yang kamu percaya. Selain itu dapat juga melacak siapa yang masuk dan keluar dari rumah kapan saja. Dengan bantuan aplikasi yang mendukung perangkat, Anda dapat mengontrol kunci rumah ataupun merubah sandi dari jarak jauh.

Ketika menggunakan smart door lock, Anda tidak perlu repot membawa kunci rumah kemanapun ketika pergi. Bahkan sudah tidak perlu menyembunyikan kunci rumah di bawah sepatu maupun pot bunga, dengan smart door lock dapat membuka dan mengunci pintu secara otomatis.

5. Menghemat waktu

Penggunaan kunci konvensional membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuka atau mengunci pintu. Tetapi dengan menggunakan smart door lock ANda akan lebih menghemat banyak waktu untuk membuka maupun mengunci pintu. Karena hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 detik untuk membukanya dan saat menutup pintu maka smart door lock akan mengunci secara otomatis

6. Keselamatan dan keamanan tinggi

Smart door lock mempunyai fitur sidik jari untuk membuka pintu sehingga akan sulit untuk dipalsukan. Keamanan dalam smart door lock sangat terstruktur hingga sulit dipalsukan, penggantian lubang kunci dengan teknologi biometrik dipercaya dapat menjaga keamanan dan keselamatan yang cukup tinggi. Terlebih lagi ketika tanda-tanda yang membahayakan seperti pembobolan atau pencurian maka smart door lock akan mengeluarkan suara alarm sebagai penanda adanya bahaya.

Baca Juga:  Cara Membuat Rangkaian Power Supply Sendiri

7. Kontrol ketat

Smart door lock mempunyai akses penuh bagi pemiliknya, hal ini memungkinkan kontrol akses secara penuh untuk area tertentu khususnya untuk mengontrol aktivitas anak. Smart door lock mempunyai memori yang dapat merekam tanggal, waktu, dan siapa saja yang masuk dan keluar dari rumah Anda.

8. Menjaga privasi

Ada kalanya seseorang merasa ingin sendiri, tanpa ada siapapun yang mengganggu. Nah, dengan teknologi smart door lock bisa menjadi pilihan untuk menjaga privasi Anda di dalam rumah. Biasanya smart door lock sudah dilengkapi dengan fitur privacy yang mengontorl pintu supaya tetap terkunci walau dibuka oleh yang sudah memiliki akses. Dan Anda dapat mematikan fitur tersebut kapanpun apabila sudah tidak memerlukannya.

9. Mempunyai variasi cara masuknya

Umumnya smart door lock yang beredar di pasaran memiliki berbagai cara untuk membuka dan mengunci pintu, variasi tersebut dapat dipilih oleh penggunanya sesuka hati. Seperti variasi kode sandi, biometri, kartu, dll.

10. Mengurangi rasa cemas

Dengan menggunakan smart door lock, Anda tidak perlu khawatir apabila merasa ragu saat sudah mengunci pintu rumah atau belum. Anda juga tidak perlu repot-repot pulang ke rumah hanya untuk memastikan apakah rumah tersebut sudah terkunci atau kuncinya masih tersangkut di lubang kunci. Karena dengan bantuan teknologi smart door lock akan mengunci pintu rumah secara otomatis setelah tertutup.

Kekurangan Teknologi Smart Door Lock

1. Anda harus memberikan tenaga ekstra untuk mengingat kode pada smart door lock. Karena kode harus secara berkala di ubah dari waktu ke waktu, untuk menghindari pencurian / pembobolan kode.

2. Kerusakan alat atau mati listrik dapat menyebabkan beberapa masalah dengan sistem kunci pintar ini, meskipun beberapa jenis smart door lock sudah ada yang menggunakan baterai. Anda tidak akan pernah tahu kapan teknologi gagal, jadi yang terbaik adalah mempunyai cadangan kunci tradisional.

3. Biayanya yang mahal, bisa menjadi salah satu faktor penghalang untuk memiliki teknologinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment