Penyebab Kulkas Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya

Pernahkan mengalami kondisi ini dan bertanya-tanya penyebab kulkas tidak bunyi? Sebenarnya dalam kondisi pengoperasionalan normal, kulkas sebenarnya tidak mengeluarkan bunyi terus-terusan, tetapi hanya dalam jangka waktu tertentu akan berbunyi.

Sebenarnya bunyi yang terdapat pada kulkas ternyata berasal dari suara compressor pada bagian belakang dari alat tersebut. Nah, kompresor sendiri merupakan bagian mesin utama dimana dapat ditemukan pada sistem pendingin alat ini.

Tujuan utama dari compressor yakni buat menjaga sirkulasi gas pendingin yang terdapat di pipa saluran pendinginan. Selama melakukan sirkulasi itulah, gas pendingin atau dikenal dengan freon juga akan mengalami perubahan bentuk akibat suhu yang sudah diterima tersebut.

Penyebab Kulkas Tidak Bunyi yang Perlu Diketahui

Penyebab Kulkas Tidak Bunyi Yang Perlu Diketahui

Apabila Anda mempunyai mesin pendingin ini di rumah dan menemukan kondisi dimana tidak mengeluarkan bunyi maka dapat dipastikan kompresor sedang berjalan dalam kondisi tidak normal. Apabila dibiarkan terus-terusan, ternyata dapat menyebabkan suhu tidak jadi dingin.

Disinilah Anda juga perlu memahami penyebab kenapa kulkas tidak bunyi tersebut diantaranya adalah:

Timer Mengalami Masalah

Timer yang terdapat pada mesin pendingin ini berfungsi untuk mengatur kapan kompresor tersebut akan beroperasi sesuai dengan suhu didalamnya. Nantinya, fitur tersebut akan memutuskan sekaligus menghubungkan aliran listrik masuk pada kompresor.

Apabila fitur timer inilah mengalami kerusakan ternyata juga dapat mengakibatkan kompresor menjadi tidak bekerja. Akibatnya Anda akan menemukan bahwa kulkas tidak mengeluarkan bunyi sama sekali.

Kurang Tegangan Listrik

Di daerah tertentu dimana terlalu banyak pengguna yang menggunakan aliran listrik, ternyata juga sering ditemukan aliran listrik berada dibawah standar. Seperti sudah diketahui bahwa besar tegangan listrik standar yakni 220 V.

Tetapi karena banyaknya penggunanya, tentu akan menyebabkan adanya penurunan tegangan listrik. Pada kondisi inilah ternyata dapat mengakibatkan kompresor kulkas tidak dapat beroperasi dengan baik.

Baca Juga:  Kulkas 1 Pintu Berapa Watt? Ini Penjelasannya dan Merawatnya

Hal tersebut disebabkan karena arus listrik yang mengalir menuju ke bagian kompresor tidak mencukupi untuk memutar bagian kompresor tersebut. Solusinya adalah Anda dapat memanfaatkan keberadaan stabilizer tegangan.

Sensor Suhu Mati

Masih ada penyebab mesin kulkas tidak bunyi yakni karena sensor suhu mati. Sensor suhu sendiri ternyata bekerja bersamaan dengan timer, yaitu untuk mengatur kinerja kompresor agar sesuai dengan tingkat suhu ruangan.

Ketika suhu di dalam ruangan kulkas tersebut mengalami kerusakan, ternyata tidak dapat mendeteksi perubahan suhu didalamnya. Dengan begitu timer juga tidak dapat berfungsi dengan normal ketika menjalankan tugasnya.

Kompresor Mengalami Kerusakan Pada Kulkas

Kompresor Mengalami Kerusakan Pada Kulkas

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kompresor kulkas juga menjadi penyebab kulkas tidak bunyi apabila mengalami kerusakan. Terlebih lagi apabila mesin ini tidak mengeluarkan bunyi selama seharian, maka dapat dipastikan bahwa keberadaan dari alat ini mengalami kerusakan.

Perlu diketahui bahwa untuk memperbaiki kompresor sendiri ternyata cukup sulit karena ternyata harus membuka tabung yang menjadi wadah dari kumparannya tersebut. Oleh karena itulah, kami mungkin akan menyarankan Anda agar membeli unit baru dahulu.

Berikut ini tanda-tanda dari kompresor mengalami kerusakan yang perlu diketahui dengan baik.

Terdengar Suara Keras dan Berisik

Walaupun nantinya tidak kulkas tidak mengeluarkan suara, tetapi biasanya kompresor rusak ditandai dengan suara keras dan berisik terlebih dahulu. Sebaiknya jangan pernah menganggap remeh keberadaan dari masalah satu ini.

Terlebih lagi jika kulkas sudah berisik maka biasanya disebabkan oleh sejumlah komponen seperti kulkas, sekrup baut kendor hingga pipa menempel pada bagian dinding. Suara berisik kompresor inilah tidak hanya pada unit lama tetapi juga baru.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Adanya Bunyi Dengungan

Ciri kompresor kulkas rusak berikutnya adalah Anda akan mendengar adanya bunyi dengungan. Biasanya dengungan tersebut disebabkan karena tegangan listrik tersebut terlalu rendah ataupun tegangannya tidak stabil.

Pada unit mesin tersebut, kulkas memang akan tetap menyala walaupun mesin kompresor hanya akan mengeluarkan denggungan. Tetapi kalau sudah seperti ini, ampere kompresor naik dan disusul dengan matinya mesin.

Tidak Mampu Melakukan Pendinginan Secara Maksimal

Ciri lainnya yang harus dipahami oleh pengguna adalah mesin kulkas tersebut tidak mampu melakukan pendinginan secara maksimal. Ini menyebabkan, Anda akan kesulitan dalam membuat es atau bahan makanan lainnya susah untuk awet.

Tidak sampai disitu saja, hal tersebut ternyata juga dapat mengakibatkan tegangan listrik membengkak karena kompresor kulkas tersebut terus menyala.

Kenali Jenis-Jenis Suara Kulkas yang Normal

Kenali Jenis-Jenis Suara Kulkas Yang Normal

Sebelum Anda memahami bagaimana cara mengatasi masalah kulkas tidak bunyi maka wajib mencaritahu lebih lanjut mengenai bunyi-bunyi kulkas normal. Sebagai catatan bahwa terdapat sejumlah jenis suara juga dan berbeda-beda setiap jenisnya.

Terlebih lagi perbedaan tersebut sangat terlihat pada jenis pintu unitnya yakni 2 pintu atau 1 pintu. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa suara pada kulkas sendiri merupakan bagian dari proses normal sebuah mesin karena menandakan bahwa kompresor berjalan dengan normal.

Berikut ini ciri-ciri dari bunyi kulkas yang normal:

  • Terdengar seperti dengungan stabil
  • Diiringi dengan adanya suara air mengalir
  • Akan mati sendirinya selama beberapa menit dan siklus tersebut akan terjadi antara 6-9 jam

Jadi apabila masih mengeluarkan ciri-ciri bunyi diatas, maka dapat dipastikan bahwa unit kulkas Anda tersebut masih mengalami kondisi normal. Tetapi apabila ternyata tidak bunyi atau bunyi selama berkali-kali maka dapat dipastikan bahwa terdapat masalah didalamnya.

Baca Juga:  12 Penyebab dan Cara Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Berbunyi Dengan Mudah

Sudah tahu bukan apa saja penyebab dari kulkas tidak mengeluarkan bunyi diatas, berikutnya adalah bagaimana cara mengatasi kulkas tidak bunyi atau berbunyi namun tidak normal. Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan penjelasan lengkapnya berikut ini.

Silahkan Perbaiki Bagian Kompresor Kulkas

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kompresor yang mengalami kerusakan ternyata dapat mengakibatkan mesin menjadi tidak berbunyi. Nah untuk mengatasi masalah inilah maka Anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan pada kompresor dan lakukan perbaikan terlebih dahulu.

Memeriksa Segel Pintu Mesin

Cara berikutnya adalah dengan memeriksa segel pintu yang sudah mengalami kerusakan bahwa pecah. Tidak hanya karena terdapat barang yang mengalangi sehingga pintu tak dapat menutup dengan sempurna tetapi juga bisa jadi karena segelnya mengalami kerusakan.

Tetapi apabila Anda sulit menemukan bagian manakah yang mengalami kerusakan, maka sebaiknya dapat mengandalkan keberadaan tukang servis.

Menjaga Penempatan Unit yang Seimbang

Penempatan dari kulkas ternyata juga harus diperhatikan dengan baik dan pastikan juga ditaruh di tempat datar sekaligus rata. Sebab apabila bergelombang, ternyata juga dapat mengakibatkan komponen didalamnya bergeser sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Periksa Kipas Kondensor

Kipas kondensor dan evaporator yang kotor juga akan mengalami kelebihan beban sehingga bisa mengakibatkan suara mengganggu. Oleh sebab itulah, kami sarankan Anda agar memeriksa komponen tersebut dengan seksama.

Sebenarnya bunyi yang terdapat pada kulkas adalah normal tetapi apabila tidak berbunyi dalam jangka waktu tertentu, maka dapat menjadi pertanda jika terdapat masalah. Oleh sebab itulah sebaiknya pahami penyebab kulkas tidak bunyi tersebut dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment