Channel Inews TV dan Frekuensi di Setiap Daerahnya

Apakah Anda sedang mencari channel Inews TV? Kalau begitu maka Anda sedang berada di tempat tepat. Terlebih lagi kalau Anda baru pertama kali akan mengatur televisi digital, maka perlu tutorial untuk melakukannya.

Seperti sudah diketahui bahwa kementrian Informatika ternyata sudah mulai mewajibkan para penyelenggara siaran televisi untuk berganti dari siaran analog menjadi digital. Dengan menggunakan siaran digital itulah, Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan.

Keuntungan tersebut seperti pengguna tidak akan terganggu oleh tampilan gambar yang jelek sekaligus tidak stabil akibat dari lemahnya sinyal yang diterima oleh pesawat. Dengan begitu Anda dijamin akan puas menonton acara kesayangan kapanpun.

Sekilas Tentang Channel Inews TV

Channel Inews TV dan Frekuensi di Setiap Daerahnya

Seperti sudah diketahui bahwa keberadaan inews TV digital channel ternyata banyak dicari oleh masyarakat, khususnya bagi mereka dimana sedang mencari tontonan yang terdapat didalamnya. Terlebih lagi apabila Anda sedang mencari beragam informasi.

Perlu diketahui bahwa iNews adalah salah satu channel televisi berita Indonesia dimana menghadirkan informasi beragam, baik dari luar ataupun dalam negeri. Channel ini berada dibawah kepemimpinan dari MNC Group dan semakin popular belakangan ini.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaan dari channel inilah memang sering menyajikan berita secara berimbang dan dari sudut pandang berbeda-beda. Kendati masuk ke dalam golongan kanal baru, tetapi keberadaannya sudah menjangkau semua wilayah Indonesia karena menggunakan transmisi satelit.

Dengan begitu apabila masyarakat tidak terjangkau oleh siaran UHF iNews ini maka dapat menggunakan tv parabola untuk mengaksesnya tersebut. Pada awal kemunculannya, kanal ini mengudara melalui satelit palapa C2.

Tetapi seiring dengan masa operasi satelit tersebut yang berakhir, kanal inilah akhirnya memindahkan frekeuensinya ke satelit lainnya. Agar dapat menjangkau semua wilayah Indonesia, maka sudah memanfaatkan beberapa satelit telekomunikasi.

Baca Juga:  Penyebab Freezer Tidak Beku dan Cara untuk Mengatasinya

Namun sebagai pengguna televisi dan mengandalkan kanal ini, apakah Anda sudah tahu frekuensi iNew TV ini? jika belum maka dapat menyimak penjelasan berikut.

Daftar Frekuensi Channel iNews TV 2023 Televisi Digital

Daftar Frekuensi Channel iNews TV 2023 TV Digital

Seperti sudah diketahui bahwa iNews termasuk salah satu kanal yang mempunyai jumlah penonton cukup banyak dan sudah bermigrasi ke siaran digital. Pengguna STB yang mengeluhkan channel tersebut hilang maka dapat mencari iNews TV frekuensi sekarang juga.

Sebagai informasi tambahan, frekuensi tersebut ternyata berbeda-beda di setiap daerah dan pengguna juga dapat memasukkan frekuensi terbaru pada Televisi ataupun ke STB DVB-T2. Berikut ini sudah kami kumpulkan daftar frekuensi dari iNews ke setiap daerah Indonesia.

  1. 28 UHF

Untuk frekuensi TV digital 28 UHF ini ada di Kawasan DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan frekuensi 530 pada DVB-T2.

  1. 31 UHF

Inews Bandung, Cimahi, Cianjur dan Padalarang dengan frekuensi DVB-T2 554

  1. 44 UHF

Daftar frekuensi tv antena UHF berikutnya adalah 44 ini dimana meliputi Cirebon dan Indramayu dengan DVB-T2 658.

  1. 38 UHF

Garut, Tasikmalaya dan Ciamis dengan DVB-T2 658.

  1. 42 UHF

Brebes, Tegal, Pekalongan dan Pemalang dengan DVB-T2 642.

  1. 43 UHF

Ini adalah frekuensi tv digital Purwokerto, Purbalingga, Banyumas, Kebumen, dan Cilacap dengan DVB-T2 650.

  1. 26 UHF

Pati dan Rembang dengan DVB-T2 514

  1. 46 UHF

Merupakan frekuensi channel Inews Semarang, Kendal, Uangaran, Jepara, Demak dan Kudus.

  1. 41 UHF

Selain ada iNews Purwokerto dan lainnya, ada pula 41 UHF dimana khusus untuk Yogyakarta, Sleman, Solo, Wonosari dan Wates dengan DVB-T2 634.

  1. 41 UHF

Surabaya, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Mojokerto dan Bangkalan.

  1. 40 UHF
Baca Juga:  Jenis-Jenis Skematik Power Supply, serta Komponen Utama

Madiun, Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Magetan

Cara Mencari Siaran TV iNews Dengan Mudah

Sudah mengetahui sejumlah daftar channel iNews TV yang ada diatas bukan? berikutnya adalah memahami bagaimana cara mencari siaran iNews TV hari ini. Untuk mencarinya sendiri ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan dan bahkan sangat mudah.

Yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan Set Top Box atau STB terlebih dahulu terutama bagi pengguna televisi analog. Keberadaan dari STB inilah berfungsi buat menangkap sinyal digital terutama untuk mencari frekuensi.

Berikut ini panduan dalam mencari siaran TV iNews tersebut dengan mudah:

  • Silahkan nyalakan TV dan set top box terlebih dahulu
  • Kemudian tekan menu pada remote STV
  • Sesudah itu dapat memasuklah ke menu pencarian
  • Langsung saja tab pada pilihan cari manual
  • Untuk mencari channel iNews maka dapat pilih kolom dan tentukan siaran iNews TV sesuai dengan wilayahnya masing-masing sebagai contohnya adalah Jabodetabel 28 UHF 530 dan pilihlah siaran 28
  • Silahkan tab OK
  • Tunggu proses pencairan berhasil
  • Sudah berhasil mencari channel tersebut

Cara Mengembalikan Siaran TV yang Hilang

Cara Mengembalikan Siaran TV Yang Hilang

Sudah mengetahui bagaimana pencarian frekuensi TV Digital Purwokerto dan daerah lainnya di Indonesia bukan? Walaupun jenis siaran ini akan memberikan banyak keuntungan tetapi terkadang tayangan tiba-tiba hilang begitu saja.

Tentu saja ini akan membuat Anda merasa kesal bukan? terlebih lagi kalau tidak ingin ketinggalan berita yang terdapat didalam iNews TV. Jangan khawatir berlebihan karena ternyata masih terdapat sejumlah cara dimana dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu diketahui bahwa tayangan atau channel yang hilang tersebut ternyata juga bisa disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kabel antena mengalami kerusakan, kualitas antena buruk, arah antena yang salah hingga karena adanya gangguan sinyal di daerah.

Baca Juga:  Frekuensi RCTI K Vision dan Cara Aksesnya

Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, maka dapat mengembalikan siaran tersebut dengan menggunakan beberapa cara berikut.

Pencarian Ulang Siaran TV Digital

Biasanya channel tayangan yang hilang pada televisi digital dikarenakan pencarian belum tersimpan di perangkat STB atau TV digital. Oleh karena itulah, Anda perlu melakukan pencarian ulang terlebih dahulu.

Adapun cara mencari channel iNews TV ulang ternyata juga sama seperti dengan proses sebelumnya. Silahkan lakukan pemindaian terlebih dahulu dengan memilih pencarian manual maka akan muncul beberapa pilihan channel sekaligus.

Cek Jangkauan Sinyal di Daerah

Selain itu, Anda juga dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengecek jangkauan sinyal dari siaran TV digital tersebut. Sebab channel tidak dapat ditayangkan karena memang sinyalnya belum tersedia di daerah tempat tinggal.

Untuk melakukan pengecekan itulah sangat mudah yakni dapat memanfaatkan keberadaan dari aplikasi sinyalTV digital dan dapat diunduh melalui Play Store ataupun App Store.

Arahkan Antena Dengan Tepat

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu penyebab sinyal tidak muncul adalah dikarenakan arah antena salah. Di SinyalTVDigital sebenarnya terdapat informasi mengenai kekuatan sinyal di sebuah wilayah.

Apabila wilayah tersebut mempunyai warna merah maka bisa berarti sinyal di Kawasan tersebut juga akan kuat. Sedangkan jika warnanya hijau-kuning maka kekuatannya sedang serta abu-abu dimana berarti lemah.

Channel televisi lokal satu ini memang sering diandalkan oleh sejumlah orang untuk mendapatkan siaran berita berkualitas dari dalam ataupun laur. Pastikan Anda mengetahui bagaimana cara mencari channel iNews TV dengan mudah dan tepat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment