Mengenal Heater Kulkas Polytron 2 Pintu, Untuk Mencegah Bunga Es

Sudah tahu fungsi dari heater kulkas Polytron 2 pintu? Keberadaannya inilah ternyata mempunyai fungsi cukup penting. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena komponen tersebut mempunyai kemampuan untuk mencairkan bunga es.

Keberadaan dari komponen inilah juga berhubungan dengan komponen lainnya yakni fuse. Fuse kulkas 2 pintu sendiri adalah salah satu komponen pengaman pada kulkas dua pintu, serta juga menjadi bagian dari sistem defrost atau heater tersebut.

Apabila Anda ingin memahaminya lebih jauh maka perlu untuk mengetahui penjelasan dibawah ini. sehingga dapat memahami keterkaitan defrost atau heater dengan fuse satu ini.

Apa Itu Heater Kulkas Polytron 2 Pintu

Apa Itu Heater Kulkas Polytron 2 Pintu

Heater atau biasa dikenal dengan sebutan defrost merupakan sebuah komponen pada kulkas dimana mempunyai fungsi utama untuk mencairkan bunga es didalam evaporator. Komponen inilah menjadi sumber panas yang sumbernya dari kawat dengan tegangan cukup tinggi.

Agar body yang terdapat didalam kulkas tersebut tidak meleleh ketika defrost bekerja maka dibutuhkan komponen pelindung lainnya dimana dibalut dengan kaca khusus. Tidak hanya itu, heater juga tertutup rapat sehingga nantinya unit pendingin tidak mudah terbakar.

Bagian utama dari defrost atau heater inilah juga berupa logam bimetal dimana mudah memberikan reakssi terhadap perubahan suhu. Letak bimetal kulkas 2 pintu sendiri berada di bagian atas dari evaporator.

Sedangkan untuk letak heater kulkas 2 pintu sendiri berada tepat di bawah evaporator. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa fungsi utamanya adalah agar nantinya keberadaan es dapat mencair secara menyeluruh ke saluran pembuangan khusus.

Untuk ukuran komponen satu ini biasanya adalah 10 atau 11 inci dari material kaca dimana setara dengan 26 cm. Bentuk komponennya menyerupai suatu elemen dimana dibungkus menggunakan kaca ataupun seperti lampu UV.

Baca Juga:  Frekuensi RCTI K Vision dan Cara Aksesnya

Biasanya ketika suhu heater sudah mencapai 70 derajat Celsius, maka aliran listrik akan diputuskan oleh komponen bernama Fuse. Untuk mengetahui fungsi fuse tersebut lebih jauh, maka Anda dapat menyimak penjelasan berikutnya.

Apa Itu Fuse Pada Kulkas 2 Pintu?

Apa Itu Fuse Pada Kulkas 2 Pintu

Fungsi fuse adalah salah satu komponen pengaman yang dapat ditemukan pada kulkas 2 pintu. Keberadaannya juga menjadi bagian dari sistem defrost dimana terdapat pada jenis kulkas dua pintu tersebut.

Sedangkan fungsi fuse pada kelistrikan adalah untuk memutuskan aliran listrik ke heater saat suhu pada heater telah mencapai 70 derajat Celsius. Apabila tidak terdapat thermo fuse inilah maka suhu pada defrost juga akan terus meningkat sehingga dapat merusak komponen kulkas lainnya.

Adapun peningkatan suhu pemanas dapat terjadi apabila terdapat kerusakan pada thermostat atau timer dari defrost. Karena kerusakan itulah, maka komponen thermostat akan menghubungkan arus listrik secara berkelanjutan ke heater hingga akhirnya membuat heater menjadi lebih panas.

Tetapi berkat adanya dari fuse inilah ternyata dapat mencegah adanya peningkatan suhu heater secara terus-menerus. Dengan begitu juga tidak akan membuat adanya kerusakan yang jauh lebih parah nantinya.

Sistem kulkas menggunakan fuse inilah ternyata dapat ditemukan pada kulkas no frost juga. Dimana no frost artinya adalah sebuah sistem canggih yang dapat mencairkan bunga es tanpa perlu mematikan aliran listrik ataupun membersihkan bunga es tersebut secara manual.

Cara Kerja dari Thermo Fuse Pada Heater Pada Kulkas 2 Pintu

Cara Kerja dari Thermo Fuse Pada Heater Pada Kulkas 2 Pintu

Sudah memahami apa fungsi dari fuse diatas bukan? berikutnya adalah memahami bagaimana cara kerja dari komponen satu ini. Perlu diketahui bahwa letak dari thermo tersebut biasanya melekat pada bagian defrost sehingga bisa dengan mudah mendeteksi suhu heater dengan baik.

Baca Juga:  Mengenal Warna Resistor 1 Ohm dan Penjelasannya Lengkap

Apabila keberadaannya sudah mendeteksi keberadaan dari aliran listrik dengan suhu maksimal 70oC ataupun 85oC ternyata akan langsung memutuskan aliran. Dengan begitu maka peningkatan suhu heater dapat dicegah sehingga dapat menjaga komponen didalamnya dari kerusakan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini cara kerja fuse yang perlu diketahui dengan baik.

  • Saat thermostat sudah mendeteksi adanya suhu kulkas yang telah mencapai tingi dingi yang telah diatur, maka thermo tersebut akan memutuskan arus listrik ke bagian kompresor dan memindahkannya pada sistem defrost
  • Apabila thermo defrost mendeteksi suhu freezer cukup dingin seperti 13 derajat Celsius, maka timer akan langsung mengalirkan arus listrik ke heater. Tujuannya adalah untuk memanaskan ruangan didalamnya
  • Pada keadaan normal, aliran arus listrik ke heater itulah akan terputus ketika suhu mulai naik
  • Apabila terjadi kerusakan pada sensor thermo defrost ternyata dapat mengakibatkan peningkatan suhu defrost secara berkelanjutan
  • Ketika suhunya sudah mencapai 70 derajat, maka fuse akan langsung memutus aliran listrik ke heater
  • Dengan begitu peningkatan suhu dapat dicegah sehingga bisa meminimalisir kerusakan.

Ciri Deforst atau Heater Kulkas Mengalami Kerusakan

Ciri Deforst atau Heater Kulkas Mengalami Kerusakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan dari heater kulkas polytron 2 pintu sangat berhubungan dengan komponen bernama fuse. Sebab fuse fungsi sendiri adalah bertujuan untuk memutuskan aliran listrik yang terdapat pada defrost tersebut.

Tetapi Anda juga perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri defrost tersebut mengalami kerusakan. Sebab walaupun fuse masih berfungsi normal, tetapi apabila komponen heaternya bermasalah ternyata tidak akan berfungsi.

Nah Agar Anda semakin paham, berikut ini sejumlah ciri-ciri dari defrost mengalami kerusakan tersebut.

Adanya Bunga Es Pada Freezer Box

Kehadiran dari defrost ternyata mempunyai kemampuan untuk mencegah adanya bunga es didalam kulkas dua pintu. Tetapi apabila Anda menemukan adanya bunga es pada freezer box, maka dapat menunjukkan bahwa komponen mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Cara Program TV Digital Polytron Berbagai Tipe

Hal tersebut tidak lain karena defrost ternyata tidak menghubungkan arus listrik ke komponen heater.

Terdapat Air atau Titik Es Pada Plastik Pembungkus

Tidak hanya adanya bunga es pada freezer box saja, tetapi Anda mungkin akan menemukan adanya air atau titik es pada bagian plastik pembungkusnya. Apabila kondisi tersebut dibiarkan secara terus-menerus dapat mengakibatkan korosi pada batang konduktur.

Bimetal Patah

Ciri satu ini sebenarnya jarang terjadi tetapi dalam kondisi tertentu, bimetal pada kulkas juga akan mengalami kerusakan patah. Ini akan mengakibatkan mekanisme relai tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda juga akan menemukan adanya terminal defrost mengalami karat dan biasanya juga mengakibatkan aliran listrik tidak dapat mengalir dengan baik.

Mengecek Fungsi Heater Dengan Multitester

Untuk mengetahui bagaimana kondisi dari defrost atau heater kulkas polytron, maka kami sarankan agar membongkar dan mengeluarkan heater dari tempatnya. Pada kulkas polytron, letaknya biasanya berada dibawah evaporator.

Apabila heater telah dikeluarkan maka Anda dapat mengeceknya menggunakan multitester atau Avometer dengan skala ohm. Ketika multitester ini memperlihatkan suatu hambatan, ini berarti komponen heaternya masih berfungsi dengan normal.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan heater tersebut dengan cara menyambungkan daya 220 v pada kulkas.

Bunga es yang terdapat pada freezer memang akan membuat kesal, tetapi hal tersebut tidak ditemukan pada kulkas dua pintu polytron dimana sudah terdapat sistem heater. Dengan hadirnya heater kulkas Polytron 2 pintu inilah proses pembersihan bunga es lebih mudah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment