Urutan Jaringan Komputer yang Benar, Penting Dikuasai Para Teknisi Pemula

Untuk seseorang yang kesehariannya bekerja di depan komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah LAN. Pasalnya LAN itu termasuk ke dalam jenis jaringan komputer. Jaringan komputer sendiri merupakan sebuah jaringan yang memungkinkan perangkat bisa saling bertukar data.

Dengan begitu nantinya kamu bisa menghubungkan beberapa komputer secara bersamaan. Namun perlu diketahui bahwa di dalam jaringan komputer itu bukan hanya terdiri dari LAN saja, melainkan ada juga PAN, VPN dan CAN yang  bisa diurutkan dari terkecil ke terbesar. Lantas bagaimana urutan jaringan komputer itu?.

Mengetahui Urutan Jaringan Komputer yang Benar

Berdasarkan jangkauannya jaringan komputer itu diurutkan menjadi 4 kelompok mulai dari cakupan paling sempit hingga terluas. Di mana keempatnya memiliki fungsi berbeda-beda. Adapun urutan jaringan komputer dari yang cakupannya paling kecil hingga luas seperti berikut ini.

Urutan Jaringan Komputer

Personal Area Network (PAN)

Di dalam jaringan komputer personal area network (PAN) menempati urutan pertama sebagai jaringan yang memiliki cakupan wilayah lebih kecil. Dikarenakan jaringan jenis ini hanya memiliki cakupan yang kecil membuatnya sering dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan internet rumahan dan perkantoran saja.

Misalnya untuk menghubungkan perangkat komputer, PDA, kamera, handset, mouse dan handphone yang jaraknya hanya sekitar 4 hingga 5 meter saja. Meskipun begitu namun di sini para pengguna memiliki otoritas sendiri untuk mengendalikan semua perangkat di atas. Hal itu bisa terjadi dikarenakan jaringan personal Network ini dibentuk oleh teknologi wireless berupa wi-fi, bluetooth dan infrared.

Local Area Network (LAN)

Berdasarkan jangkauannya urutan kedua dari jaringan internet itu ditepati oleh local area network atau yang lebih dikenal dengan sebutan LAN.  Lokal area network sendiri merupakan jaringan komputer yang saat ini banyak digunakan mulai dari sektor rumahan, kampus dan gedung perkantoran. Biasanya untuk gedung perkantoran di dalamnya akan berisi lebih dari satu lokal area network yang nantinya akan menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya.

Baca Juga:  Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi, Sudah Tahu?

Selain hanya beroperasi pada ruangan terbatas, jaringan komputer local area network ini umumnya dikelola dan dikendalikan oleh satu organisasi saja. Di mana organisasi itu cenderung akan memakai teknologi konektivitas tertentu seperti token ring atau Ethernet. Bukan hanya itu saja namun ada juga lokal area network yang memanfaatkan teknologi jaringan wireless menggunakan wi-fi seperti wireless local area network atau WLAN.

Metropolitan Area Network

Urutan ketiga pada jaringan internet itu ditepati oleh metropolitan area network (MAN). Di mana jaringan metropolitan area network ini bisa mentransfer data dengan kecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi mulai kampus, pemerintahan hingga perkantoran.

Jika sebelumnya pada jaringan lokal area network hanya dan menjangkau area tertentu saja, hal ini berbeda dengan MAN yang mana bisa mencakup wilayah cukup besar di berbagai lokasi di suatu kota. Untuk jangkauannya sendiri, metropolitan area network ini bisa mencakup mulai dari jarak 10 hingga 50 km.

Wide Area Network

Di dalam jaringan internet wide area network ini menempati urutan keempat dengan cakupan paling besar dan sangat luas. Berkat keunggulannya itu membuat WAN dapat menghubungkan jaringan komputer antar wilayah dan kota.

Bukan hanya itu saja namun wide area network ini juga bisa menghubungkan jaringan komputer antar negara. Wide area network sendiri bisa diartikan sebagai jaringan komputer yang memanfaatkan router atau saluran komunikasi publik. Dalam hal ini internet termasuk contoh dari jaringan wide area network tersebut.

4 Manfaat dari Jaringan Komputer

Di era modern seperti saat ini sudah banyak pelaku bisnis berskala besar yang memanfaatkan jaringan komputer untuk mempromosikan dagangannya. Hal itu wajar mengingat jaringan komputer mempunyai banyak sekali manfaat yang terbukti bisa menguntungkan. Adapun beberapa manfaat dari jaringan komputer seperti berikut ini.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel pada Listrik?

Terbukti Bisa Mempermudah Komunikasi Jarak Jauh

Perlu diketahui bahwa sebenarnya koneksi internet yang kamu gunakan sekarang termasuk  jenis jaringan komputer berskala besar atau global. Itu artinya secara tidak langsung kamu telah merasakan salah satu manfaat dari adanya jaringan komputer tersebut yakin mempermudah komunikasi jarak jauh.

Di mana sebelum adanya jaringan komputer,  komunikasi jarak jauh itu hanya dapat dilakukan oleh orang tertentu saja. Namun dengan adanya jaringan tersebut sekarang siapapun bisa lebih mudah berkomunikasi jarak jauh di berbagai penjuru dunia.

Mampu untuk Meningkatkan Manajemen Data

Ternyata jaringan internet itu juga memiliki manfaat bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan data dari pencurian. Hal itu bisa terjadi dikarenakan data yang tersimpan pada sebuah jaringan server telah dilengkapi dengan sistem pencadangan otomatis.

Dengan begitu bisa membantu untuk mengurangi resiko kehilangan dokumen maupun data-data penting milik perusahaan maupun perseorangan. Selain itu keberadaan sistem manajemen database berupa SQL,MySQL dan MongoDB juga bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi dari sebuah jaringan komputer dalam kegiatan mengatur serta mengamankan data.

Mempermudah Berbagai  File Dokumen

Manfaat berikutnya dari jaringan internet yaitu bisa dipakai sebagai media untuk membagikan file dokumen yang dimiliki kepada perangkat lainnya. Namun agar file itu bisa terkirim perangkat komputer lainnya musti memakai jaringan internet di dalamnya. Dalam hal ini kamu juga bisa membagikan file dokumen itu memakai kabel data maupun nirkabel.

Menjadi Sumber Untuk Mendapatkan Wawasan dan Ilmu Pengetahuan Baru

Berbeda dengan zaman dulu, di mana hanya sekelompok kecil saja  orang yang  mempunyai akses cukup baik dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan luas. Hal itu dikarenakan pada zaman dahulu sumber wawasan dan ilmu pengetahuan jumlahnya cukup terbatas.

Baca Juga:   9 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak terbaca

Namun sekarang jauh berbeda dengan adanya internet untuk mendapatkan ilmu dan wawasan baru sangatlah mudah dilakukan. Pasalnya saat ini semua pelajar bisa dengan mudahnya mengakses literasi penting di internet mulai dari essay ilmiah, surat kabar, buku online dan jurnal.

Mengetahui Jenis-Jenis Perangkat pada Jaringan Komputer

Dalam rangka untuk mengoptimalkan kinerja dari sistem jaringan, sekarang sudah banyak perangkat  komputer yang mulai dikembangkan. Di mana semua perangkat itu bisa kamu temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa jenis perangkat pada jaringan komputer yang sering dijumpai itu seperti berikut ini.

  • Server yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan informasi.
  • Network Interface Card yang memiliki fungsi agar komputer bisa terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Kabel jaringan yang memiliki fungsi sebagai media untuk menghubungkan perangkat satu dengan lainnya.
  • Hub and Switch yang memiliki fungsi untuk menghubungkan lebih dari satu komputer.
  • Router yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menghubungkan jaringan LAN ke WAN.
  • Bridge merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk meneruskan lalu lintas pada segmen jaringan.
  • Modem yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antar perangkat komputer dengan penyedia internet service provider.
  • Wireless card merupakan jenis perangkat yang harus dipakai ketika ingin terkoneksi dengan jaringan nirkabel.
  • Repeater merupakan perangkat yang mempunyai fungsi untuk meregenerasi dan memperkuat jaringan maupun sinyal rusak.

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa berdasarkan jangkauannya urutan jaringan komputer paling kecil itu dimulai dari PAN, LAN, MAN dan terakhir WAN.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment