Kompresor Kulkas Panas Apakah Normal, Simak Penjelasan Berikut!

Dalam lemari pendingin, kompresor menjadi bagian penting yang mempunyai fungsi untuk bisa mendinginkan kulkas tersebut. Namun kompresor kulkas panas apakah normal karena hal ini cukup sering dihadapi para pengguna.

Kompresor yang mempunyai suhu panas biasanya juga diiringi dengan munculnya suara yang bising sehingga bisa menjadi tanda adanya ketidakberesan pada lemari pendingin. Dengan demikian, perlu melakukan pengecekan komponen tersebut.

Terdapat sejumlah penyebab yang bisa menjadi kemungkinan mengapa kompresor menjadi sangat panas dimana masalah lain tidak hanya karena bagian tersebut saja. Oleh sebab itu, temukan jawaban selengkapnya pada pembahasan berikut.

Fungsi Kompresor di Kulkas

Apakah Normal Kompresor Kulkas Panas

Bagian kompresor di dalam kulkas memiliki peran sangat penting sebagai pendukung utama sistem pendinginan. Ini dipasang di semua tipe lemari pendingin, baik jenis satu pintu atau dua pintu serta box atau peti.

Kegunaan utama dari kompresor ini adalah sebagai pemberi sirkulasi bagi gas Freon dalam pipa jaringan sebagai pendingin kulkas. Jika tidak ada compressor tersebut, tentu saja kulkas tidak akan menghasilkan suhu dingin serta bekerja secara normal dan sempurna.

Dengan fungsi krusial seperti ini, maka komponen tersebut harus selalu dijaga dan dicek kondisinya. Ketika sudah menunjukkan gejala keanehan atau kerusakan, seperti kompresor kulkas panas, perlu segera memperbaiki agar bekerja secara optimal kembali.

Mengetahui Cara Kerja Kompresor

Dalam menjalankan perannya pada sebuah lemari pendingin, kompresor bekerja dengan dikendalikan timer dimana mempunyai fungsi untuk menjadi penghubung serta pemutus aliran listrik. Cara kerja dari timer ini diatur oleh sensor suhu di bagian evaporator.

Saat suhu di dalam pendingin sudah mulai meningkat, sensor akan memberikan sinyal kepada timer supaya segera menjalankan kompresor. Dengan begitu, compressor akan dihubungkan ke aliran listrik agar mulai bekerja.

Baca Juga:  Simbol Potensiometer: Jenis, Cara Kerja, dan Komponennya

Kompresor yang sudah mulai memproses atau beroperasi akan menghisap gas pendingin pada komponen evaporator atau ruangan pendingin. Kemudian, akan ditekan serta disemburkan menuju ke kondensor.

Kondensor sendiri merupakan bagian yang menjadi area pembuangan panas dalam gas pendingin dimana bentuknya berupa pipa kapiler dengan bentuk melikuk panjang. Ini akan memudahkan gas pembuangan panas dibuang secara efisien.

Penyebab Kompresor Kulkas Panas

Penyebab Kompresor Kulkas Panas

Penggunaan lemari pendingin dalam rumah tangga atau bisnis sangat membantu, namun jika sudah menghadapi kendala keanehan pada kompresor yang menjadi panas tidak biasa harus segera mengeceknya. Adapun beberapa penyebabnya antara lain.

1. Refrigeran yang Kurang

Penyebab pertama adalah kurangnya refrigerant di dalam lemari pendingin dimana menjadi komponen penting pada loop untuk bisa mengederkan refrigerant tersebut. Ini membuat jumlah refrigerant harus cukup dalam mendukung sistem pendinginan.

2. Kerusakan pada Kipas Kondensor

Kipas kondensor juga mempunyai peran dalam proses pendinginan serta membantu menghilangkan panas sehingga jika tidak berfungsi secara normal, maka membuat kompresor tidak dapat mendingin. Dengan begitu, kondisinya justru semakin panas.

3. Kompresor Aus

Melalui fungsinya yang krusial untuk mengompresi pendingin serta membantu sirkulasi, maka kompresor akan bekerja cukup keras sehingga setelah penggunaan lama membuat kondisinya aus. Inilah kemudian menyebabkan overload serta menimbulkan suara bising.

4. Kerusakan Thermostat Suhu

Bagian thermostat suhu memiliki kegunaan untuk menjaga kondisi temperature dalam kulkas dengan cara mengaktifkan kompresor supaya menghasilkan suhu dingin. Jika thermostat rusak, tentu saja berpengaruh pada kompresor yang akan bekerja semakin keras, bahkan pada waktu tidak diperlukan.

Mengatasi Kompresor Kulkas Panas

Setelah mengetahui sejumlah penyebab dari kondisi kompresor panas tidak biasa, maka Anda bisa mencoba untuk menyelesaikan masalahnya. Berikut cara mengatasi kendala penggunan lemari pendingin tersebut.

Baca Juga:   9 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak terbaca

1. Memperbaiki Kebocoran Refrigerant

Jika masalah terjadi pada refrigerant, maka perlu dilakukan pengecekan bagian yang menjadi titik bocornya. Ini bisa dilakukan dengan melakukan penyolderan atau pergantian komponen pipya apabila kondisinya memang sudah berkarat parah.

2. Membersihkan Kipas Kondensor

Untuk cara mengatasi kulkas panas berikutnya adalah menyangkut kondisi kipas kondesor dimana terjadinya kerusakan di bagian ini karena kondisinya sangat kotor sehingga harus dibersikan. Jika masalah terdapat pada kondisi motor kipas, segera ganti bagian rusak.

3. Memperbaiki Thermostat

Thermostat dengan kinerja semakin tidak normal perlu segera diganti dengan barang baru melalui suku cadang resmi. Anda juga bisa menggunakan bantuan teknisi agar ketika penggantian lebih aman dimana perlu menggunakan alat-alat kelistrikan yang berbahaya.

4. Meletakkan Kulkas di Lokasi Tepat

Jika meletakkan kulkas di lokasi dengan paparan sinar matahari langsung bisa membuat kompresor semakin panas sehingga kinerjanya semakin ekstra. Tempatkan lemari pendingin pada area jauh dari sinar matahari secara langsung dengan memberi jarak dari dinding secara pas sebagai sirkulasi.

Apakah Normal Jika Kompresor Kondisinya Panas

Dengan mengetahui penyebab serta cara mengatasi kompresor panas seperti sebelumnya, maka kondisi seperti ini dianggap tidak normal. Hal ini dikarenakan komponen pada sistem pendinginan ini harusnya tetap mempunyai suhu normal.

Apabila keadaannya tidak terlalu panas, maka kulkas masih bisa melakukan sistem pendinginan seperti biasanya. Namun, jika Anda sudah mendapati masalah lain muncul, seperti suara bising mengganggu, maka dapat dikatakan kompresor sudah mengalami kerusakan.

Kendala semacam ini yang dihadapi pengguna adalah kompresor bersuhu normal, namun kulkas tidak dapat dingin dengan sempurna. Jika sudah begini, maka penyebabnya dapat terjadi karena adanya bunga es berlebihan.

Baca Juga:  Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay dengan Mudah

Keadaan kulkas penuh dengan bunga es menjadi hambatan yang tidak banyak disadari oleh pengguna karena bisa membuat makanan atau minuman di dalamnya menjadi basi atau tidak segar lagi. Lakukan pembersihan bunga es, kemudian atur kembali kompresor agar bekerja secara normal lagi.

Bagaimana Cara Merawat Kompresor Agar Tidak Bersuhu Panas?

Tips Menjaga Kompresor Agar Tidak Bersuhu Panas

Bagi Anda yang pernah mengalami permasalahan kulkas panas di bagian compressor-nya, maka bisa mengetahui tips merawat agar tidak kembali rusak lagi. Berikut cara merawat komponen tersebut supaya suhunya tidak panas.

1. Memakai Stabilizer

Sumber tegangan listrik di rumah biasanya tidak bisa stabil setiap saat sehingga mempunyai potensi bisa membuat compressor mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan stabilizer tegangan untuk mencegah kerusakannya.

2. Isi Sesuai Kapasitas

Setiap kulkas mempunyai kapasitasnya sendiri sehingga mengisi sesuai kapasitasnya tersebut sangat penting sehingga tidak terlalu sedikit atau kebanyakan. Jika sudah melebihi ukurannya, tentu saja kompresor menjadi bekerja keras sehingga kondisinya semakin panas dan rusak.

3. Tidak Sembarangan Memiringkan Kulkas

Beberapa pengguna karena alasan tertentu sering memiringkan kulkas, seperti ketika akan memindahkannya atau melakukan pengecekan tanpa bantuan teknisi ahli. Hal tersebut sebaiknya dihindari sebab dapat merusakkan kondisi kompresor.

Melalui pembahasan diatas, maka kompresor kulkas panas apakah normal tentu saja tidak karena umumnya dalam kondisi optimal dan baik, komponen ini suhunya tidak panas. Jika sudah mengalami kendala seperti ini, segera lakukan pengecekan dan perbaikan menggunakan jasa teknisi ahli. Namun apabila masih mempunyai masa garansi, maka lebih baik menggunakan masa garansi tersebut untuk proses klaim.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment