Mesin Cuci Berapa Watt, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Salah satu barang elektronik yang berguna membantu pekerjaan rumah tangga adalah mesin cuci. Anda busa memilih mesin cuci berapa watt yang cocok digunakan untuk kebutuhan Anda.

Seperti benda elektronik yang memerlukan listrik lainnya, mesin cuci mempunyai daya watt yang dapat dipilih sesuai daya di rumah agar tidak berlebihan. Pemilihan besaran watt penting supaya dapat bekerja secara optimal tanpa gangguan dan pastinya lebih hemat.

Saat ini, Anda bisa memilih jenis mesin cuci satu atau dua tabung. Keduanya mempunyai daya yang berbeda sehingga dapat disesuaikan dengan setiap kebutuhan rumah tangga.

Apa itu Mesin Cuci

Jenis Mesin Cuci dan Daya Watt

Mesin cuci merupakan alat elektromekanis yang digunakan untuk mencuci berbagai jenis pakaian. Dengan adanya alat ini, maka sangat membantu agar proses pencucian tidak lagi dilakukan secara manual.

Peralatan dalam rumah tangga ini mempunyai komponen-komponen pendukung untuk membersihkan pakaian secara tuntas. Pengguna hanya perlu menekan/memutar tombol-tombol untuk memasukkan instruksi.

Secara umum, daya mesin cuci ditentukan oleh tipenya yaitu menggunakan satu tabung atau dua tabung. Dengan demikian, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Dengan memanfaatkan washing mashing ini, maka kegiatan pencucian dan pengeringan baju bisa dilakukan secara lebih efisien. Selain itu, daya listrik yang diperlukan juga dimulai dengan kapasitas yang tidak tinggi.

Fungsi Mesin Cuci

 

Daya listrik mesin cuci sangat beragam tergantung dari tipe yang digunakan, misalkan satu tabung, dua tabung, atau front loading. Adapun fungsi lengkap dari alat mencuci otomatis ini adalah sebagai berikut.

Mencuci

Fungsi pertama tentu saja adalah untuk mencuci berbagai jenis pakaian, misalkan baju, celana, serta jenis-jenis kain lain, seperti handuk, sprei, kain lap, dan masih banyak lagi. Proses pencucian hanya membutuhkan air dan deterjen saja kemudian set durasi pencucian.

Baca Juga:  Cara Mencari Sinyal TV Digital Via Set Top box dengan Mudah

Mengeringkan

Setelah dicuci sampai bersih dan dibilas, maka langkah berikutnya adalah mengeringkan. Dengan memakai mesin cuci, maka proses pengeringan juga akan berjalan secara otomatis dimana hanya perlu memilih durasinya.

Fitur Lainnya

Fungsi lain dari washing machine adalah pemanfaatan program seperti mencuci yang disesuaikan dengan tingkat kotornya pakaian, seperti ringan, sedang, sampai berat. Selain itu, pada mesin yang baru dan canggih, terdapat mode mencuci dengan air hangat.

Perlindungan dan Keamanan

Fungsi perlindungan dan keamanan meliputi penguncian pintu ketika proses pencucian atau pengeringan, overheat protection, sampai deteksi adanya kebocoran.

Jenis Mesin Cuci Berapa Watt Secara Lengkap

Jenis Mesin Cuci Berapa Watt Secara Lengkap

Jika Anda bingung akan memilih mesin cuci berapa watt, maka dapat mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Berikut daftar jenis washing machine.

Satu Tabung

Jenis pertama adalah satu tabung atau dikenal juga sebagai top loading dimana memiliki sistem mesin penggerak ganda sehingga mencuci dan mengering dilakukan di satu tabung. Daya mesin cuci 1 tabung sebesar 250 watt sampai 420 watt.

Dua Tabung

Tipe kedua yaitu dua tabung atau twin tube yang paling banyak digunakan dimana tabung mencuci dan mengeringkan berbeda. Lalu mesin cuci 2 tabung berapa watt. Jawabannya daya yang dibutuhkan juga cukup hemat yakni hanya sekitar 150 watt sampai 300 watt.

Front Loading

Front loading merupakan jenis mesin cuci yang tergolong teknologi baru dengan fitur lebih canggih dengan tampilan khas yaitu pintu di bagian depan. Konsumsi watt mesin cuci sekitar 400 watt sampai 500 watt, namun jika ingin memakai fitur canggih, seperti mencuci hangat bisa menghabiskan daya sampai 2.000 watt.

Cara Memilih Mesin Cuci Hemat Daya Listrik

Saat ini, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan mesin cuci agar memudahkan pekerjaan rumah tangga di tengah kesibukan. Agar konsumsi daya listrik tetap hemat, ada baiknya mengikuti tips berikut ini.

Baca Juga:  Arti Spin di Mesin Cuci dan Penggunaan yang Benar

Memilih Kapasitas Mesin sesuai Kebutuhan

Mesin cuci mempunyai pilihan kapasitas mesin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda mempunyai tanggungan cucian tidak terlalu banyak, maka kapasitas 7-9 kg sudah sangat cukup sehingga bisa lebih hemat daya listrik.

Menentukan Jenis

Terdapat tiga jenis mesin cuci, yakni 1 tabung, 2 tabung, dan front loading yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dipercaya bahwa mesin cuci 2 tabung hemat listrik, namun opsi tipe 1 tabung dan front loading dianggap lebih praktis dan banyak fitur canggihnya.

Pilih yang Bergaransi

Dalam membeli mesin cuci yang sudah disesuaikan dengan keinginan, pastikan brand dan toko memberikan garansi. Dengan demikian, tidak perlu khawatir apabila ditemui kerusakan atau kendala pemakaian di awal-awal.

Pilih dari Brand yang Sudah Terpercaya

Ada banyak sekali pilihan brand mesin cuci di pasaran. Anda bisa membandingkannya dengan melihat review di internet, orang terdekat, atau pemakaian sebelumnya untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Kelebihan Mencuci dengan Mesin

Dengan memanfaatkan teknologi, tentu saja bisa memudahkan berbagai jenis pekerjaan sehari-hari seperti adanya mesin cuci. Selain itu, ada sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan seperti berikut.

  • Bisa mencuci dengan berbagai kapasitas besar, mulai dari 6kg sampai 10kg
  • Lebih hemat tenaga dibandingkan jika harus mencuci menggunakan tangan ditambah apabila jumlahnya sangat banyak pasti melelahkan
  • Lebih hemat waktu dimana terdapat fitur pengeringan sehingga waktu menjemur akan lebih singkat
  • Pada mesin cuci modern yang canggih, bisa mencuci sesuai dengan jenis kain misalkan, katun, wool, dan lainnya
  • Menjaga tangan agar tidak menjadi iritasi dan kasar karena keseringan mencuci dengan tangan

Tips Agar Mesin Cuci Tetap Hemat

Mencuci menggunakan mesin memang sangat memudahkan pekerjaan, namun masih banyak orang yang menganggap mesin cuci justru membuat listrik jadi boros. Agar tetap hemat, ikuti tips di mencuci di bawah ini.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total dan Penyebabnya

Memakai Air Dingin

Tips pertama adalah mencuci dengan menggunakan air yang dingin. Jika terlalu sering memakai fitur air panas/hangat bisa membuat konsumsi daya listrik cukup membengkak.

Mencuci Sekaligus

Agar lebih hemat, sebaiknya cucilah pakaian apabila jumlahnya sudah cukup banyak. Hindari mencuci terlalu sering dengan jumlah satu atau dua helai pakaian saja karena bisa membuat konsumsi listrik jadi banyak.

Manfaatkan Mode Speed Perfect atau Eco

Apabila mesin cuci Anda sudah dilengkapi dengan mode hemat atau speed perfect, maka manfaatkan agar putaran mesin tetap optimal dengan konsumsi daya rendah. Dengan begitu, hasil cucian tetap bersih sempurna, tetapi konsumsi listrik bisa ditekan.

Gunakan Quick Wash jika Jumlah Cucian Sedikit

Jika Anda mempunyai kebiasaan mencuci dalam jumlah sedikit, bisa memakai program Quick Wash yang tersedia di mesin cuci saat ini. Fitur tersebut dapat mencuci dengan cepat serta bisa mengurangi pemakaian daya listrik.

Jika bertanya mesin cuci berapa watt, maka tergantung dari jenis mesin yang digunakan yaitu 1 tabung, 2 tabung, atau front loading. Dengan demikian, setiap tipe mempunyai konsumsi daya listrik berbeda-beda.

Anda bisa memilih jenis mesin cuci sesuai kebutuhan agar penggunaan listrik di rumah tetap hemat. Selain itu, pilih brand yang sudah terpercaya agar produk berkualitas serta tahan lama.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment