Cara Reset Mesin Cuci Samsung Sendiri Tanpa Bantuan Teknisi

Cara reset mesin cuci Samsung dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah tanpa ribet. Khususnya kamu para pemula yang mengalami kerusakan pada mesin cuci Samsung dan ingin meresetnya, cara-cara yang diberikan akan sangat membantu, kamu hanya perlu untuk memahaminya dengan baik.

Saat ini mesin cuci menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang sangat penting dan diperlukan oleh banyak orang. Dengan kehadiran mesin cuci, orang lebih bisa menghemat tenaga dan juga waktu. Jika mesin cuci tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa meresetnya terlebih dahulu.

Samsung sendiri menjadi salah satu merek yang dipercaya dan digunakan oleh banyak orang Indonesia. Terkadang mesin cuci tersebut mengalami beberapa masalah, dan menghambat kerjanya. Gangguan yang terjadi seringkali tidak selalu mengenai mesinnya. Hal tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Kamu dapat mengatasi berbagai permasalahan tersebut dengan mengatur ulang mesin cuci.biasanya hal seperti itu juga dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan beberapa tombol di pengaturannya. Jadi, jangan langsung dibawa ke tukang servis, karena kemungkinan bisa diperbaiki sendiri.

Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara Reset Mesin Cuci Samsung yang Wajib Diketahui

Terdapat beberapa cara yang bisa dijadikan acuan. Jika kamu masih tetap mengalami kesulitan bisa menonton berbagai video tutorial yang biasa tersedia pada platform youtube, atau bisa juga mengunjungi website resminya, biasanya terdapat beberapa tutorial yang bermanfaat.

Melihat Buku Panduan

Pertama, kamu bisa mengambil buku panduan yang sudah tersedia. Di dalam buku panduan tersebut sudah tersedia beberapa petunjuk mengenai fungsi dari berbagai tombol yang tersedia pada mesin cuci Samsung tersebut. jangan sampai salah pencet atau asal pencet dalam mencoba reset mesin cuci tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk bisa mengurangi kerusakan yang terjadi pada mesin tersebut.

Baca Juga:  TV Samsung yang Sudah Digital Secara Lengkap

Menghidupkan Mesin Cuci

Setelah melihat buku panduan mengenai petunjuk dan fungsi dari berbagai tombolnya, kamu bisa melakukan langkah berikutnya yaitu menghidupkan mesin cuci dengan menghubungkan colokan pada aliran listrik. Sebelum melakukan reset, mesin harus dalam keadaan hidup terlebih dahulu, untuk bisa memastikan apakah terdapat gangguan lainnya atau tidak.

Menekan Tombol dengan Bersamaan

Lanjut dengan langkah selanjutnya, yaitu menekan tiga tombol secara bersamaan. Tombol tersebut adalah power, spin dan rinse. Ketika berhasil menekan ketiga tombol tersebut, mesin akan otomatis mengatur ulang pengaturan seperti saat pertama kali dibeli. Keberhasilan proses reset tersebut akan ditandai dengan hidupnya semua lampu yang menjadi indicator mesin cuci secara bersamaan.

Mematikan Mesin Cuci

Setelah berbagai proses reset telah berhasil, Kamu bisa mematikan mesin cuci Samsung tersebut terlebih dahulu. Lalu diamkan secara 20-30 menit, setelah itu nyalakan kembali dan periksalah, apakah terdapat gangguan yang sama atau tidak, atau apakah terdapat gangguan yang lain atau tidak. Jika, masih mengalami gangguan ada baiknya dibawa ke tukang service.

Umumnya, beberapa cara reset mesin cuci Samsung tersebut bisa berguna untuk brand atau merek Samsung saja. jadi, pastikan terlebih dahulu, kamu memahami isi buku panduannya dengan baik dan benar, agar tidak keliru saat terjadi kerusakan yang disebabkan oleh faktor dari dalam maupun dari luar.

Kode Error pada Mesin Cuci Samsung

Mengenal Kode Error pada Mesin Cuci Samsung

Perlu menjadi perhatian, selain mempelajari beberapa cara reset mesin cuci pada Samsung, kamu juga wajib mengetahui beberapa kode error yang sering terjadi pada mesin cuci Samsung tersebut. dengan mengetahui arti dari kode tersebut, maka akan lebih mudah memperbaikinya.

  1. 5E : Drain Error (Terjadi masalah pada saringan pembuatan kotoran atau selang tidak terpasang dengan baik dan benar)
  2. DE: Door error (Kemungkinan pintu mesin cuci belum tertutup dengan benar dan rapat:
  3. 4E: Water Supply Error (Kamu harus memastikan tekanan air pada 50-800 Kpa)
  4. UE: Unbalance Error ( Mesin cuci mengalami masalah pada posisi yang tidak seimbang)
  5. SUD: sabun terlalu banyak (Hal tersebut, bisa diatasi dengan mengurangi jumlah sabun yang digunakan untuk mencuci)
  6. UC: Tegangan listrik yang ada di rumah tidak dalam keadaan yang stabil, sehingga proses pencucian akan ditunda terlebih dahulu.
  7. LE/LE1: Hal ini menandakan busa terlalu banyak serta penutup filter terlepas, dan juga kebocoran pada selang pembuangan.
  8. OE: Pasokan air yang digunakan terlalu banyak sehingga pendeteksi level air pada mesin tidak bisa bekerja dengan baik.
  9. 4C: suplay pada air tidak tersedia
  10. 4C2: Selang pada pasokan air tidak bisa tersambung dengan kuat pada keran air.
  11. 5C: Air tidak bisa mongering, hal ini biasanya disebabkan oleh pakaian yang ditaro tidak merata.
  12. DC: Pintu oengering terbuka saat mesin dalam proses bekerja
  13. HC: Gangguan pada sebuah heater control
  14. LC/LC1: Gangguan yang terjadi pada selang pembuangan air
  15. UB: Gangguan yang terjadi pada sensor level air.
  16. 5D: Saluran pada pembuangan mengalami masalah tersendat.
Baca Juga:  Ac 2 PK untuk Ruangan Ukuran Berapa?

Pahami beberapa kode error yang sering terjadi di mesin cuci Samsung. Hal tersebut akan sangat berguna untuk kamu, agar bisa memperbaiki beberapa masalah spele yang sering kali dapat menunda proses kerja mesin dengan baik dan benar. Perhatikan hal tersebut dengan baik.

Tips Merawat Mesin Cuci Samsung agar Bisa Tahan Lama

Perlu menjadi perhatian, saat ini terdapat mesin cuci dengan satu tabung dan dua tabung. Kamu harus mengetahui beberapa tips untuk merawatnya agar mesin cuci bisa tahan lama dari berbagai gangguan, dan tidak mudah rusak. Merawat mesin cuci dengan baik dapat dilakukan oleh semua orang.

Sesuaikan Dengan Kapasitas

Tips merawat mesin cuci yang pertama adalah dengan menghindari memasukkan pakaian terlalu banyak. Terlebih khusus pada mesin cuci dengan satu tabung. Hal tersebut akan berdampak sangat fatal. Sehingga mengakibatkan kinerja pada mesin cuci tidak berjalan secara maksimal. Pakaian yang dicuci juga tidak akan tercuci secara maksimal.

Hindari Meletakkan Mesin Cuci di Tempat yang Lembab

Tips kedua adalah memastikan mesin cuci tidak diletakkan pada tempat yang lembab. Perlu menjadi perhatian, bahwa meletakkan mesin di tempat lembab dalam mengakibatkan kerusakan. Tempat tertutup dan memiliki sedikit cahaya serta kurangnya udara juga tidak baik untuk menyimpan mesin cuci yang tidak sedang digunakan. Jadi, pastikan menaruh mesin cuci pada suhu yang sesuai.

Cabut Colokan Mesin Cuci Setelah Penggunaan

Hal tersebut salah satu faktor yang sering dispelekan. Alhasil mesin cepat mengalami kerusakan karena diakibatkan oleh kinerja mesin yang terus menerus tanpa ada jeda. Untuk merawatnya dengan baik agar bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama, hal tersebut wajib diperhatikan oleh kamu.

Baca Juga:  Resistor Untuk Arus AC Lengkap dengan Penjelasannya

Berbagai cara reset mesin cuci Samsung dan beberapa tips merawat mesin cuci Samsung diatas perlu diperhatikan dan dipahami dengan benar. Agar penggunaan mesin cuci bisa untuk waktu yang lama dan tidak mudah rusak. Perhatikan juga cara reset dengan baik dan benar, jangan sampai keliru memencet tombolnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment