Noise: Pengertian, Jenis dan Tips Untuk Mengatasinya

Dalam dunia elektronika dan komunikasi, istilah noise pastinya akan sering Anda dengarkan. Mesti begitu, tidak sedikit dari masyarakat ternyata masih cukup asing dengan istilah tersebut.

Noise atau dikenal dengan sebutan derau merujuk pada sebuah sinyal yang tidak diinginkan. Suara tersebut tidak sengaja masuk ke dalam sistem atau perangkat. Hal tersebut nantinya akan membuat gangguan ataupun memperburuk kualitas pada sinyal asli.

Untuk memahami apa itu noise lebih lanjut, Anda perlu menyimak penjelasan dari kami di bawah. Termasuk pengertian, jenis dan bagaimana cara mengatasi masalah derau.

Pengertian Noise

Pengertian Noise

Noise adalah gangguan sinyal suara baik elektris atau elektronis yang dapat membatasi jangkauan sistem serta tidak diinginkan keberadaannya dalam dunia elektronika. Derau atau noise ini dapat terjadi selama pengiriman sinyal dari pihak pengirim ke bagian pihak penerima.

Sedangkan secara umum, noise artinya adalah sinyal-sinyal yang tidak diinginkan kehadirannya selama melalukan komunikasi. Apabila terdapat derau membuat kualitas penerimaan sinyal dapat menjadi terganggu nantinya.

Hal tersebut nantinya bisa mengakibatkan sinyal atau pesan tidak mampu tersampaikan dengan baik. Disamping itu, keberadaannya juga mampu membatasi jangkauan sistem.

Kondisi di atas akan mengakibatkan jangkauan sistem lebih pendek dibandingkan dengan ukuran sebelumnya. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena masalah tersebut dapat dicegah dengan mudah sehingga proses komunikasi bisa berjalan dengan baik.

Dampak Dari Adanya Gangguan Derau

Noise dalam komunikasi adalah salah satu masalah yang harus diatasi dengan segera. Sebab jika dibiarkan begitu saja, maka kegiatan komunikasi di dalam sistem akan terganggu. Di dalam ilmu komunikasi noise mempunyai arti sinyal pengganggu.

Biasanya derau bisa memberikan efek gangguan sinyal di dalam sistem komunikasi. Adapun sejumlah dampak yang bisa ditimbulkan dari gangguan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Derau dapat mengakibatkan sistem komunikasi tidak efisien karena adanya gangguan sinyal suara yang muncul.
  • Para pendengar alias user dari sistem komunikasi tidak dapat lagi mendengar sinyal suara asli yang sudah dikirimkan.
  • Membuat adanya kegagalan sistem saat proses pengiriman sekaligus penerimaan dari sinyal.
  • Adanya kejadian sinyal suara asli menjadi tidak ada karena digantikan oleh frekuensi suara noise.
Baca Juga:  Cara Cari Frekuensi TV Digital Secara Otomatis dan Manual

Kemunculan dari derau tersebut sebenarnya dapat juga disebabkan oleh beberapa faktor baik internal atau eksternal dalam komponen elektronika. Adapun beberapa penyebab diantaranya adalah faktor udara, resistor, catu daya, regulator switching, LDO hingga masih banyak lagi.

Jenis-jenis Derau yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Derau Yang Perlu Diketahui

Derau atau noise dihasilkan dari perangkat elektronik ternyata cukup bervariasi karena keberadaannya dihasilkan dari beberapa efek berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis noise atau derau tersebut.

Noise Internal

Merupakan jenis noise yang berasal dari sistem komunikasi itu sendiri. Untuk jenis ini sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian diantarnya adalah sebagai berikut.

  • Noise shot alias derau tembakan adalah penghalang potensial yang dapat terjadi pada perangkat elektronik terutama perangkat yang masih aktif. Untuk komponen sering alami masalah ini adalah diode atau transistor.
  • Noise thermal atau derau termal merupakan noise yang terjadi akibat dibangkitkan dengan termal acak yang berasal dari pembawa muatan. Dapat berupa konduktor yang menghalangi sinyal.
  • Transite time noise adalah tipe transit yang dibutuhkan oleh muatan tertentu buat beli pindah dari bagian input ke output.
  • Flicker noise adalah noise yang berada di bawa frekuensi kilihertz. Apabila turun frekuensinya, maka intensitasnya akan meningkat.

Noise Eksternal

Arti noise ini adalah derau yang dapat terjadi karena berasal dari luar sistem komponen elektronik. Sama seperti dengan derau internal, derau eksternal inipun masih dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah.

  • Derau industri adalah derau yang nerasal dari manusia. Misalnya saja karena menghidupkan peralatan yang mampu mengganggu sinyal, misalnya derau karena motor listrik.
  • Derau atmosfer merupakan tipe derau yang berasal dari jal alami seperti karena atmosfer bumi atau cuaca alam.
  • Derau luar angkasa adalah tipe derau yang asalnya dari sinyal elektris dari luar atmosfer bumi. Biasanya dapat terjadi akibat panas matahari dari galaksi.
Baca Juga:  Cara Pasang IC 7812 dengan Mudah dan Cepat

Pink Noise

Sebagai informasi tambahan bahwa derau ternyata juga ada yang berwarna seperti pink noise ini. Maksud dari derau ini adalah suara yang memiliki frekuensi rendah tetapi masih bisa didengar oleh telinga. Biasanya juga dapat digunakan buat meningkatkan kualitas tidur.

White Noise

Arti noise ini adalah istilah yang mempunyai kemiripan dengan suara deburan ombak, jangkrik ataupun mesin penyejuk ruangan. Sama seperti dengan pink noise, keberadaan dari derau ini sering digunakan agar seseorang dapat tidur dengan nyenyak.

Noise Texture

Sesuai dengan namanya, derau ini dibuat secara bertekstur buat kebutuhan visual. Terdapat banyak derai tekstur yang dapat anda temukan pada internet atau perpustakaan.

Impuls Noise

Noise yang dapat terjadi saat sinyal berupa impuls singkat yang muncul secara tiba-tiba pada sirkuit atau saluran. Jenis derau telah sebut dapat mengakibatkan gangguan sementara atau gangguan di dalam sinyal.

Noise AWGN

Terakhir terdapat noise AWGN yang merupakan singkatan dari Additive White Gausssian Noise artinya adalah sebuah derau dapat terjadi para jaringan tanpa kabel alias nirkabel.

Tips Menghilangkan Derau

Keberadaan dari derau atau noise ini terkadang memang sangat mengganggu karena akan menyebabkan sejumlah permasalahan. Karena itulah, anda harus memahami juga bagaimana tips dalam menghilangkan derau tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan derau atau noise. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Menghilangkan Derau Melalui Video

Pertama adalah menghilangkan derau di video yang membuat kualitas dari video akan meningkat. Bagi seorang videografer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan derau tersebut.

Untuk menghilangkannya, terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total dan Penyebabnya

Menggunakan aplikasi tambahan untuk menghilangkan. Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menghilangkan noise diantaranya adalah Adobe Premier hingga filmora.

Untuk penggunaannya sendiri hampir sama satu sama lain. Jangan khawatir! Karena terdapat juga panduan untuk penggunaan dari aplikasi, misalnya saja pada filmora diantaranya:

  • Silahkan pasang aplikasi filmora pada perangkat
  • Masukkan video pada aplikasi filmora yang sudah dipasang. Lakukan pratinjau dan potong video pada bagian tidak ingin diedit
  • Pilihlah fitur detach audio buat memisahkan video dan suara bising.
  • Untuk menghapus noise secara otomatis, silahkan klik dua kali pada audio dan pilih opsi remove background noise
  • Sempurnakan juga audio menggunakan fitur equalizer.

Cara Menghilangkan Noise Pada Audacity

Selain menghilangkan noise pada video, selanjutnya adalah menghilangkan melalui audacity. Untuk menghilangkannya sangat mudah yakni dapat menggunakan aplikasi yang support dengan perangkat pengguna.

Sekarang sudah banyak panduan untuk menciptakan noise menghilang dari sistem audicity.

Keberadaan dari noise sendiri memang dapat menyebabkan gangguan pada sinyal. Dengan begitu dapat mengakibatkan sejumlah masalah nantinya termasuk mengganggu kualitas suara.

Noise inipun terdiri dari beberapa jenis dan disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Demikian penjelasan mengenai noise mulai dari pengertian, jenis hingga cara mengatasi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment