5+ Cara Membuat TV Bisa Jernih Tanpa Menggunakan Booster, Sudah Coba?

Jika Anda sering mengalami masalah tv tidak jernih, maka mengetahui cara membuat tv bisa jernih tanpa  menggunakan booster wajib diketahui. Kendati memang setiap produsen tv selalu meningkatkan kenyamanan pengguna agar memperoleh kepuasan, tetapi tidak sedikit dari pengguna justru mengalami masalah.

Beberapa masalah yang sering dihadapi oleh pengguna televisi adalah garis-garis, noise hingga suara putus-putus. Kondisi seperti tersebut tentu akan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para penggunanya ketika sedang menonton tayangan favorit.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, Anda mungkin akan berpikir untuk membeli alat bernama booster untuk menguatkan sinyal. Tetapi sebaiknya simpan uang Anda terlebih dahulu untuk membeli perangkat tersebut dan sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat TV Bisa Jernih Tanpa Menggunakan Booster, Cek Berikut

Cara Membuat TV Bisa Jernih Tanpa Menggunakan Booster

Televisi masih dijadikan sebagai benda elektronik untuk mendapatkan hiburan ataupun sebagai sarana edukasi. Alasan kenapa banyak orang masih mengandalkan benda tersebut adalah karena terjangkau dan hanya membutuhkan peralatan lebih sederhana untuk memperoleh informasi.

Tidak hanya itu saja, keterjangkauan siaran tvnya juga lebih bagus dibandingkan dengan jaringan internal. Tetapi terkadang pengguna justru mengalami sejumlah permasalahan dimana gambar tidak jernih karena noise ataupun garis-garis.

Jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan beberapa cara membuat tv bisa jernih tanpa  menggunakan booster berikut ini.

Bersihkan Bagian Antena

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah membersihkan antena terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apapun benda termasuk antena jika bersinggungan dengan udara, maka lama kelamaan akan menjadi kotor.

Baik antenna tipe indoor ataupun outdoor pastinya akan kotor dan mengakibatkan debu, jamur, lumut ataupun karat dapat menempel pada body. Hal tersebut jelas akan berpengaruh langsung terhadap kemampuan antena dalam menangkap sinyal nantinya.

Baca Juga:  Frekuensi O Channel dan Cara Menemukannya

Cek Bagaimana Kondisi Kabel

Agar tv jernih tanpa antena booster, maka Anda juga perlu mengecek bagian kabelnya juga untuk mengetahui kondisinya. Apabila terdapat bagian kabel yang terlihat mengelupas tanpa adanya penutup, maka dipastikan bahwa Anda harus segera menggantinya.

Sebab kondisi kabel yang terekspos bagian dalamnya juga menjadi tanda bahwa terdapat kerusakan didalamnya. Kabel yang mengalami kerusakan itulah akan berpengaruh terhadap penyaluran sinyal kurang optimal nantinya.

Bungkus Bagian Antena

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat siaran tv menjadi lebih jernih adalah dengan membungkus komponen antenna. Misalnya saja membungkusnya menggunakan kertas timah ataupun aluminium foild.

Proses pelapisan antenna menggunakan kertas timah itulah mampu menghadirkan sifat konduktivitas yang efektif agar dapat menangkap gelombang elektromagentik. Tentu saja mengakibatkan kemampuan antena buat menangkap sinyal siaran jauh lebih kuat.

Jangan Dekatkan Antena Dengan Bahan Logam

Tv yang tidak jernih di rumah Anda mungkin juga disebabkan karena adanya benda berbahan logam di sekitar antena sehingga nantinya dapat mengganggu proses penerimaan dari sinyal. Misalnya saja pada antena tipe indoor dimana diletakkan di dekat genteng berbahan seng.

Beberapa logam seperti besi ternyata mampu mengintervensi proses penangkapan sinyal dari antena. Inilah mengapa kami juga menyarankan agar Anda memasang antena tanpa booster dengan jarak 2 meter dari benda-benda yang mengandung logam.

Pastikan Mengatur Ketinggian Antena Dengan Benar

Cara lainnya yang bisa dilakukan agar dapat mengatur ketinggiannya dengan baik sehingga dapat membuat kualitas gambar ataupun suara jauh lebih baik. Rekomendasi ketinggian antenna yang dapat dipilih di tiang adalah sekitar 4-7 meter.

Cara Memasang Antenna Tanpa Booster, Cek Ini

Dengan hadirnya antenna maka akan membuat kualitas gambar yang muncul di televisi semakin jernih. Kendati demikian, tidak sedikit dari pengguna masih mengandalkan booster untuk membuat gambarnya semakin bagus.

Baca Juga:  Contoh Soal dan Jawaban Konversi Sistem Bilangan Biner, Desimal, Oktal, dan Heksadesimal

Padahal kalau dilihat lebih jauh lagi sebenarnya Anda dapat mendapatkan gambar terbaik, asalkan mengetahui bagaimana cara memasang antena tv tanpa booster dengan tepat. Berikut ini langkah-langkah proses pemasangan antenna tersebut.

  • Siapkan peralatan dan bahan seperti antena, kabel, tang, obeng, gunting sekaligus tiang penyangganya untuk tipe outdoor
  • Sesudah itu, Anda dapat mengupas kabel luar sekitar 1,5 cm. Sesudah terlihat adanya serabut kabel, kabel dalam serta kertas aluminium, maka silahkan satukan komponen tersebut
  • Kendurkan baut yang terdapat pada port jack dimana akan dihubungkan ke lubang port antena
  • Silahkan masukkan kabel serta isolatornya. Lilitkan kabel yang berserabut dan rekatkan menggunakan solder
  • Jika kabel telah terpasang dengan benar, maka Anda dapat merapikan serta memasang antena. Silahkan colokkan kabel dari antena ke TV dan biasanya colokan terdapat pada bagian belakang televisi
  • Aturlah antena dengan cara melakukan pemindaian sinyal sehingga tahu sinyal apa sajakah yang tertanggap pada antena
  • Pada TV digital, maka bisa melakukan scan manual ataupun full scan
  • Dan jika gambar belum bagus, maka silahkan ubah arah antena hingga benar-benar jelas.

Cara Membuat Antena TV Digital Sendiri

Kalau siaran tv di rumah banyak noise ataupun garis-garis maka Anda harus membuat antena tv digital segara arah terlebih dahulu. Tidak perlu membelinya karena Anda dapat membuatnya sendiri dengan beberapa barang yang ada.

Adapun cara bikin antena tv digital sendiri ternyata tidaklah serumit seperti di bayangan lho. Anda tinggal memperhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

  • Siapkan peralatan dan bahan seperti: seng biasa atau nisplang dengan ukuran 1 meter, baut, gunting seng, paku, palu serta obeng
  • Potong seng dengan ukuran yang presisi dan lakukan dengan hati-hati agar bagian potongan tidak melukai tangan
  • Pasanglah seng dengan menggunakan obeng, paku dan palu untuk memulai proses perangkaian potongan
  • Silahkan pasang koneksi kabel driver ataupun kabel jack pada antena dan pastikan terpasang dengan kencang
  • Silahkan letakkan di posisi aman setelah proses perangkaian selesai. Anda dapat meletakkannya di tempat tinggi
  • Apabila TV masih analog, maka perlu menyambungkan ke kabel jack antena ke STV
  • Tetapi jika sudah digital, maka dapat langsung menyambungkan ke jack tv.
Baca Juga:  Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Mudah tanpa Ribet

Penyebab Gambar TV Tidak Jernih

Sebagai pengguna televisi, Anda sebaiknya juga harus memahami penyebab gambar tidak jernih tersebut dengan baik. Pastinya sebagian besar dari pengguna akan bertanya-tanya bukan apa yang mengakibatkan masalah tersebut.

Masalah ini sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai hal misalnya adalah jenis kabel yang digunakan dimana berpengaruh besar. Apabila Anda menggunakan TV analog maka kabel akan langsung dicolokkan ke antenna, sedangkan pada digital akan dicolokkan ke HDMII.

Tidak hanya itu saja, resolusi dari layar juga akan menentukan kejernihan dari gambar di televisi Anda. Resolusi nantinya akan bergantung pada ukuran serta tipe produk yang digunakan seperti LCD ataupun LD.

Penyebab lainnya seperti pemilihan antenna, kualitas tuner TV sekaligus lokasi akan berpengaruh terhadap kualitas gambarnya nanti.

Jika Anda mempunyai kebiasaan menonton televisi, tentunya sering mengalami masalah dimana gambar tidak jernih. Itulah mengapa sebaiknya Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat tv bisa jernih tanpa  menggunakan booster diatas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment