10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Serta Cara Mengatasinya

Permasalahan yang kerap terjadi pada kulkas adalah tidak dingin dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Namun apa penyebab kulkas tidak dingin serta bagaimana cara mengatasinya?

Lemari es kurang dingin dapat menyebabkan makanan dan minuman di dalamnya menjadi tidak tahan lama, sehingga akhirnya terbuang percuma. Berikut ini beberapa faktor mengapa tingkat kedinginan kulkas menjadi berkurang.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Penyebab kulkas tidak dingin

Berikut beberapa penyebab alat ini berkurang kedinginannya, diantaranya :

Freon Habis

Freon atau refrigeran merupakan senyawa kimia yang memiliki peran penting pada proses pendinginan kulkas. Freon dikonversi menjadi suhu dingin dari mesin kompresor agar bisa selalu mengalirkan suhu dingin.

Freon dapat habis karena berbagai penyebab, mulai dari kebocoran aliran freon hingga faktor usia pemakaian cukup lama. Jika masalah ini terjadi, panggil teknisi lemari es profesional untuk mengisi ulang gas freon.

Tumpukan Bunga Es

Tumpukan bunga es juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Pasalnya bunga es menumpuk dapat menutupi jalannya lubang angin, dimana berfungsi mengalirkan udara dingin ke lemari es.

Jika terdapat banyak bunga es di dalam freezer, segera kosongkan kulkas lalu matikan agar bunga es dapat mencair. Namun jika terdapat fitur defrost untuk mencairkan bunga es secara otomatis, aktifkan fitur tersebut dan pastikan seluruh bunga es mencair sempurna setelah itu baru nyalakan kembali.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik tidak stabil juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kulkas kurang dingin. Pasalnya ketika listrik tidak stabil, dapat membuat kompresor tidak mampu menghasilkan dingin secara maksimal.

Evaporator Putus

Evaporator adalah komponen yang berfungsi menyalurkan freon kulkas. Sehingga ketika evaporator tiba-tiba bocor atau rusak dapat menyebabkan lemari es menjadi tidak dingin, karena itu perlu segera diganti dengan yang baru.

Baca Juga:  Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Tidak Bunyi, Caritahu Penyebab dan Atasinya

Karet Pintu Rusak

Karet pintu rusak atau aus juga dapat menjadi salah satu penyebab, pasalnya pintu yang kurang rapat bisa memberi celah hawa dingin yang ada di dalam kulkas menjadi keluar.

Karet pintu sendiri berfungsi sebagai perekat antara bagian pinggiran dengan pintu agar bisa tertutup dengan rapat sempurna. Karet dapat rusak akibat dari terlalu sering dibuka tutup, sehingga mudah kendur dan aus.

Masalah Stopkontak

Tanpa disadari terkadang colokan atau steker lemari es tiba-tiba kendur atau kurang pas, sehingga berdampak pada matinya kulkas atau suhu menjadi kurang dingin meskipun dalam keadaan menyala. Tak heran masalah ini dapat menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin.

Pengaturan Suhu Salah

Selain itu coba periksa pengaturan suhu lemari es Anda di rumah, apakah settingannya terlalu rendah? Permasalahan ini kerap terjadi, terlebih ketika seseorang membeli lemari es baru.

Ketika mencolokkan steker ke dalam stopkontak, kondisi kulkas umumnya memang langsung menyala. Meskipun begitu suhu yang dikeluarkan mungkin dapat kurang dingin, sehingga periksa pada bagian pengaturan suhu dan atur ke suhu yang dibutuhkan jika berada pada posisi paling kecil.

Menyimpan Minuman atau Makanan Panas

Pernahkan Anda menyimpan minuman atau makanan panas di dalam lemari es? Jika iya, kemungkinan besar hal tersebut lah yang menjadi penyebab kulkas tidak bisa dingin.

Pasalnya bunga es akan mudah mencair, sehingga menyebabkan jalan udara dingin mengalami permasalahan akibat dari suhu minuman atau makanan yang ada di dalam lemari es tersebut. Untuk itu tunggu hingga minuman dan makanan tersebut benar-benar dalam keadaan dingin.

Isi Terlalu Penuh

Lemari es setidaknya memerlukan setengah ruang kosong di bagian belakang dan samping agar dapat bekerja secara optimal. Karenanya pastikan Anda meletakkan minuman dan makanan dengan baik, tak lupa sisakan ruang kosong agar proses sirkulasi udara kulkas dapat bekerja.

Baca Juga:  Penyebab Kulkas Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya

Kipas Kondensor Rusak

Lemari es umumnya dilengkapi dengan kipas kondensor guna mengeluarkan aliran udara panas yang terperangkap di dalam kulkas. Sehingga apabila kondisi kipas ini mengalami kerusakan, maka suhu panas pun tidak dapat keluar sehingga menjadi kurang dingin.

Cara Mengatasi Kulkas Rusak Tidak Dingin

Setelah mengetahui apa saja penyebab kulkas tidak dingin, selanjutnya ketahui bagaimana tips untuk mengatasinya agar kondisi ini tidak terjadi kembali dan menyebabkan kerusakan perangkat.

Periksa Pengatur Suhu

Kulkas baru umumnya telah diatur pada suhu kisaran menengah, yakni 1,6 hingga 2,7 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan suhu optimal agar minuman dan makanan yang ada di dalamnya dapat terjaga kualitasnya.

Anda mungkin secara tidak sadar mengubah pengaturan suhu ke lebih rendah, sehingga atur ulang kulkas pada suhu tersebut atau kembalikan ke suhu normal.

Pastikan Mendapat Daya Cukup

Selain itu pastikan kulkas mendapatkan daya listrik cukup, pasalnya kabel listrik kendur di stop kontak bisa menyebabkan kulkas berhenti beroperasi atau mati.

Cara mudah mengetahui apakah lemari es mendapatkan daya cukup adalah dengan membuka pintunya. Apabila lampu menyala maka dapat dipastikan kulkas masih memiliki daya, jika tidak maka segera panggil teknisi kulkas untuk mengatasi masalah tersebut.

Tempatkan di Permukaan Rata

Periksa apakah lemari es di rumah Anda diletakkan di permukaan rata atau tidak, pasalnya pintunya yang berat bisa tidak tertutup rapat apabila posisi kulkas dalam keadaan miring.

Bersihkan Kumparan Kondensor

Selain itu bersihkan kumparan kondensor menggunakan alat pembersih seperti penyedot debu. Namun Anda perlu berhati-hati ketika membersihkan komponen ini, hindari tertekuk agar tidak merusak bagian tersebut.

Periksa Kondisi Karet Pintu

Karet atau segel pintu kotor juga dapat menjadi salah satu penyebab udara dingin di kulkas dapat keluar. Untuk itu periksa kondisi karet pintu dengan cara meletakkan kertas di bagian tengah pintu lalu tutup pintu.

Baca Juga:  Cara Mengukur Dioda, Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya 

Apabila terasa ada hambatan ketika Anda menarik kertas tersebut keluar, itu tandanya kondisi karet masih baik. Namun jika mudah terlepas, maka segera ganti karet atau segel pintu.

Jauhkan dari Peralatan Bersifat Panas

Apabila lemari es di rumah Anda diletakkan di dapur contohnya di dekat kompor, hal tersebut rupanya dapat menjadi salah satu penyebab mengapa kulkas menjadi kurang dingin.

Pasalnya peralatan bersifat panas dapat memengaruhi suhu di dalam kulkas, untuk itu letakkan di tempat yang jauh dari peralatan panas dan pastikan berada di suhu relatif aman agar keawetannya terjaga.

Tips Membersihkan Kulkas

Agar terjaga keawetannya, Anda juga harus rajin membersihkan lemari es. Berikut langkah tepat untuk membersihkannya :

  • Pertama-tama cabut colokan kulkas lalu keluarkan seluruh isinya.
  • Selanjutnya lepaskan seluruh sekat yang ada di dalamnya, agar seluruh bagian benar-benar bersih.
  • Setelah itu bersihkan saluran drainase.
  • Lap dengan menggunakan kain lap serbaguna mulai dari bagian dalam hingga bagian luar, tak lupa bersihkan bagian kondensor.
  • Hidupkan kembali lemari es.

Penyebab kulkas tidak dingin rupanya sangat beragam, mulai dari freon habis, tumpukan bunga es, tegangan tidak stabil, evaporator putus, dan masih banyak lagi.

Untuk itu selalu periksa kondisi lemari es secara berkala, karena hal-hal sepele seperti isi terlalu penuh juga dapat menjadi penyebab mengapa suhu dingin di dalamnya menjadi tidak maksimal.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment