Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi, Sudah Tahu?

Walaupun sudah menjadi alat yang sudah tidak bisa dilepaskan, tetapi sejarah komputer singkat ternyata belum banyak diketahui. Sejak awal hingga sekarang, ternyata sudah ada lima generasi sekaligus dimana setiap generasi membawa pembaharuan dari sebelumnya.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa keberadaan komputer menjadi alat canggih dimana tidak bisa dilepaskan lagi dengan kebiasaan masyarakat. Sebab dengan menggunakan komputer, maka pekerjaan bisa berlangsung lebih efektif dan efisien.

Karena itulah Anda sebaiknya tidak hanya menggunakannya saja, tetapi juga perlu memahami bagaimana sejarah komputer singkat di bawah ini. Dengan begitu, maka pengetahuan akan seputar komputer ternyata bisa semakin banyak.

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Sebelum membahas mengenai sejarah komputer lengkap, maka penting agar mengetahui pengertian dari komputer terlebih dahulu. Jadi komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan perintah dimana telah terprogram.

Kata komputer sendiri awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mempunyai pekerjaan di bidang aritmetika tanpa alat bantu. Tetapi dari waktu ke waktu justru digunakan sebagai penyebutan dari alat tersebut.

Tetapi pengertian komputer secara luas merupakan suatu peralatan elektronik yang terdiri dari sejumlah komponen. Dimana setiap komponen ternyata saling bekerja sama satu sama lain agar bisa menghasilkan informasi berdasarkan dengan program atau data yang sudah tersedia.

Siapa Penemu Komputer Pertama Kalinya

Kapan pertama kali komputer ditemukan? Anda pastinya juga pernah berpikir mengenai pertanyaan tersebut bukan. Sebenarnya ide dari pembuatan komputer sudah ada sejak ratusan silam. Dan bahkan terdapat sejumlah tokoh berpengaruh di dalam pengembangannya.

Tetapi keberadaan dari Charles Babbage merupakan sosok yang paling berkontribusi di dalam proses pembuatan komputer. Sebab pada tahun 1822 silam, ia sudah membuat sebuah mesin yang sudah dapat menjalankan perhitungan aritmetika.

Baca Juga:  Rumus Probabilitas Lengkap Beserta Contohnya

Dari metode tersebut lantas menjadi cikal bakal dari proses pengembangan komputer yang sudah Anda kenal hingga sekarang. Tidak heran bahwa banyak orang akhirnya menganggap Babbage sebagai Bapak Komputer hingga sekarang.

Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi

Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi

Diminta untuk jelaskan secara singkat sejarah perkembangan komputer? Maka dapat menyimak pada penjelasan di bawah ini. Adapun sejarah komputer sendiri dibedakan menjadi lima generasi termasuk generasi yang sekarang.

Sebelum tahun 1940an, keberadaan komputer sendiri hanya digunakan sebagai alat menghitung alias kalkulator. Nah, untuk lebih jelasnya, maka silahkan simak bagaimana sejarah singkat dari komputer dari waktu ke waktu di bawah ini.

Generasi Pertama

Sejarah komputer generasi pertama sendiri dimulai sekitar tahun 1924 – 1959 dimana perang dunia menjadi pemicu kemunculannya. Hal ini berawal dari negara Jerman dimana membuat komputer Z3 untuk pengendali peluru dan pesawat terbang.

Hingga kemudian insinyur Harvard, Howard H, Aiken memutuskan bekerja sama dengan IBM untuk memproduksi sebuah kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut mempunyai ukuran setengah lapangan bola dengan panjang kabel hingga 500 mil.

Di sisi lain, Amerika Serikat membangun Elektronic Numerical Integrator and Computer dimana terdiri dari 70.000 resistor, 18 ribu tabung vakum hingga 5 juta titik solder. Sedangkan di tahun 1951, Remington Rand menciptakan Universal Automatic Computer I (UNIVAC 1).

Generasi Kedua

Sejarah komputer berikutnya adalah generasi kedua pada tahun 1960an. Alat tersebut sudah menggunakan transistor yang berfungsi sebagai pengganti tube vakum. Karena itulah, ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan generasi pertama.

Ada beberapa contoh dari komputer generasi kedua yakni DEC, LARC, PDP 9, IMB1401 hingga IBM 7094. Sedangkan ciri-ciri dari transistor ini antara lain:

  • Kapasitas memori utama lebih besar
  • Komponen berupa transistor lebih kecil dibandingkan tabung hampa ruangan
  • Sudah menggunakan magnetic tape dan magnetic disk dengan bentuk removable disk
  • Proses pengoperasiannya lebih cepat
  • Mempunyai orientasi pada bisnis dan teknik
Baca Juga:  Jangka Sorong: Bagian-Bagian, Fungsi, Cara Menggunakan

Generasi Ketiga

Sejarah singkat perkembangan komputer berikutnya adalah sekitar tahun 1965 hingga 1970an. Pada tahun ini, keberadaan software dan hardware jauh lebih baik karena keberadaan penemukan IC (integrated circuit).

Ukurannya juga jauh lebih kecil tetapi mempunyai performa yang lebih baik. Adapun teknologi bernama IC tersebut ditemukan oleh Insinyur asal Texas bernama Jack Kilby pada tahun 1958 silam. Terdapat sejumlah ciri dari komputer generasi ke tiga yakni:

  • Penggunaan komponen IC yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan transistor dengan bentuk hybrid integrated cirucits dan monolithic integrated circuits
  • Proses penggunaan lebih cepat dan tepat dengan ruang penyimpanan lebih besar
  • Ukuran fisik lebih kecil dan ringkas
  • Sudah bisa melakukan multiprocessing serta multiprogramming
  • Alat input dan output telah berkembang dengan menggunakan visual display terminal

Generasi Keempat

Untuk komputer generasi ke empat ini muncul pada tahun 1980an dan juga sudah membawa sejumlah teknologi semakin maju. Teknologi tersebut berkaitan dengan ruang penyimpanan, software, kecepatan serta hardware.

Di tahun tersebut, beberapa komponen dari komputer juga sudah mulai dijual di pasaran. Untuk generasi ke empat sudah mengusung komponen VLSI (very large scale IC). Terdapat sejumlah contoh produknya seperti Intel Pentium I, Celeron, Core, AMD dan lainnya.

Di dalamnya juga sudah terdapat sejumlah software yang banyak digunakan termasuk word. Bahkan di tahun inilah bentuk video game mulai bermunculan. Terdapat beberapa ciri komputer generasi keempat:

  • Penggunaan LSI
  • Sudah menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor dengan bentuk chip
  • Personal komputer atau PC sudah mulai berkembang
  • Contohnya IMB 370 dimana sudah menggunakan intel 4004 mikropresesor

Generasi Kelima

Masih terdapat materi sejarah komputer berikutnya yakni generasi kelima. Dimana merupakan jenis komputer yang paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Ukurannya juga jauh lebih kecil sekaligus praktis dibawa kemanapun.

Baca Juga:   9 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak terbaca

Jika dilihat dari segi softwarenya, ternyata juga lebih beragam serta bisa menunjang berbagai kebutuhan. Bentuk komputer dari generasi kelima sebenarnya sangat beragam mulai dari jam tangan hingga smartphone. Bahkan di masa mendatang mungkin juga sudah tersedia teknologi lebih bagus.

Manfaat Keberadaan Komputer

Setelah memahami sejarah komputer dan perkembangannya, maka berikutnya adalah memahami manfaat dari keberadaan komputer ini. Pertama, keberadaan alat tersebut dapat berguna sebagai sarana untuk alat komunikasi.

Bahkan dengan menggunakan komputer, Anda bisa saling terhubung dengan teman ataupun saudara melalui pesan instan, video call ataupun lainnya. Kedua, alat ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan terutama dalam lingkup perkantoran.

Di dalam dunia perkantoran, komputer berfungsi untuk mengolah data, berkirim informasi, mencetak dokumen hingga berkomunikasi dengan orang di perusahaan. Manfaat ketiga, kehadiran komputer juga bisa sebagai penunjang dalam dunia pendidikan karena bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran.

Keberadaan dari komputer menjadi alat yang sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sebagian besar orang. Sebab dengan menggunakan komputer, maka akan memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan atau berkomunikasi.

Tetapi sebagai pengguna komputer, maka sangat penting agar mengetahui bagaimana sejarahnya terlebih dahulu. Adapun sejarah komputer singkat sendiri terbagi menjadi lima generasi dari dulu hingga sekarang.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment