Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Agar Maksimal

Ada beberapa tips cara mengatur suhu kulkas Polytron yang bisa Anda coba. Dengan menerapkan tips tersebut, maka Anda bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan.

Kulkas atau lemari es merupakan salah satu alat elektronik yang cukup penting baik itu untuk keperluan rumah tangga atau bisnis kuliner. Dengan pengaturan suhu tepat maka bahan makanan atau minuman di dalamnya akan menjadi lebih awet dan selalu segar saat akan digunakan.

Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Agar Maksimal

Pada umumnya ada 2 jenis kulkas yang akan sering Anda temukan, yakni satu pintu dan dua pintu. Masing-masing jenis memiliki perbedaan pengaturan suhu kulkas Polytron, yakni sebagai berikut.

1. Cara mengatur suhu kulkas Polytron 1 pintu

Seperti kita ketahui pada dasarnya untuk mengatur suhu di dalam kulkas bisa dilakukan dengan cara memutar bagian knop. Akan tetapi ternyata itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dapat mengakibatkan kulkas cepat rusak.

Anda perlu memperhatikan berapa suhu maksimal sesuai dengan kondisinya. Hal tersebut berlaku baik itu kulkas satu maupun dua pintu.

Ketika knop suhu diputar terlalu tinggi, maka yang terjadi adalah ruangan di dalam kulkas akan menjadi lebih dingin. Tidak hanya itu saja listrik atau watt yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya juga jauh lebih boros dan ini bisa berpengaruh pada kondisi finansial Anda.

Sementara itu apabila knop diputar terlalu rendah, ruangan akan kurang dingin dan menyebabkan makanan di dalamnya cepat busuk. Untuk mengatur suhu di kulkas satu pintu, Anda bisa mengatur posisi knop sesuai keinginan.

Sebagai contoh ketika knop diputar ke angka yang lebih kecil, maka suhu akan berkurang. Kemudian apabila knop tersebut diputar searah jarum jam atau ke arah angka yang lebih besar, maka suhu akan semakin dingin dan lebih cepat untuk membuat es.

Baca Juga:  Cara Melakukan Kode Reset Meteran Listrik Periksa dengan Mudah

2. Pengaturan suhu kulkas 2 pintu

Meskipun prinsipnya tetap sama, namun cara mengatur suhu kulkas 2 pintu memiliki beberapa perbedaan. Hal tersebut dikarenakan kulkas 2 pintu memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda, yakni ruang pendingin dan freezer.

Anda akan melihat 2 buah knop yang digunakan untuk mengatur masing-masing ruangan, baik itu bagian bawah maupun atas atau freezer. Karena fungsinya berbeda, tentu pengaturannya juga perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk bagian pintu atas atau freezer, silakan buka pintu kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, akan terlihat sebuah knop yang ditandai menggunakan angka berskala dengan tingkatan suhu dan silakan atur knop di angka yang diinginkan.

Sementara itu, untuk pintu bagian bawah atau ruang penyimpanan bahan makanan dan minuman, sebenarnya caranya hampir sama. Itulah pengaturan suhu kulkas Polytron 2 pintu yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron yang Benar

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak bisa mengatur suhu kulkas Polytron secara sembarangan tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu. Selain bisa membengkakkan tagihan listrik, hal tersebut juga sangat penting agar tidak terjadi kerusakan pada komponen kulkas.

Suhu kulkas harus diatur sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai melewati batas yang ditentukan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah frekuensi buka tutup kulkas juga turut berpengaruh pada seberapa cepat suhu tercapai.

Apabila Anda kerap membuka tutup kulkas karena frekuensi pengambilan bahan makanan di dalamnya, maka akan lebih baik untuk meningkatkan knop ke suhu yang lebih dingin. Meski begitu, secara umum suhu kulkas Polytron yang normal adalah berada di angka 2 atau 3.

Suhu tersebut dinilai sudah tepat untuk menyimpan bahan makanan dengan baik dan tidak terlalu boros listrik. Jadi, apabila tidak ada keperluan yang mendesak, Anda bisa menggunakan standar suhu tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Dan Fungi Sensor Ultrasonik Secara Lengkap

Berapa Suhu Kulkas untuk Membuat Es Batu?

Banyak orang yang mempertanyakan terkait cara mengatur suhu kulkas untuk membuat es batu. Akan tetapi, sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai suhu standar karena biasanya knop di angka 2 sudah cukup.

Hanya saja, dengan angka tersebut mungkin saja akan membutuhkan waktu lebih lama. Apabila ingin membuat es batu dalam waktu cepat, suhu yang disarankan adalah kisaran angka 4 atau 5.

Meski begitu, penggunaan suhu yang terlalu tinggi ini juga perlu diwaspadai. Selain dapat meningkatkan jumlah tagihan listrik, cara ini juga akan membuat bunga es cepat mengerak pada freezer.

Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu sering membuka tutup pintu freezer ketika sedang digunakan. Hal tersebut bertujuan agar suhu di dalam freezer tetap terjaga sehingga pembuatan es batu menjadi lebih cepat.

Tips lain yang bisa digunakan adalah menggunakan cetakan khusus untuk membuat es batu. Biasanya cetakan ini menggunakan bahan plastik keras yang membuat es batu lebih mudah untuk diambil.

Jadi, pada intinya, mengenai berapa suhu kulkas Polytron untuk membuat es batu, semua tergantung dari kebutuhan Anda, apakah ingin membuat dalam waktu cepat atau tidak. Namun, pastikan untuk memikirkan bagaimana risiko setiap pilihan yang dilakukan.

Penyebab Suhu Kulkas Tidak Dingin

Salah satu kendala yang kerap dialami pada kulkas adalah suhu yang tidak dingin. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Terdapat masalah di stop kontak

Semua perangkat elektronik tentu memiliki stop kontak untuk mendapatkan sumber listrik. Namun, terkadang komponen ini mengalami masalah sehingga fungsinya akan terganggu.

Ketika stop kontak bermasalah dan tidak berfungsi normal, hal tersebut bisa mengakibatkan kulkas tidak akan bekerja maksimal. Hasilnya, suhu yang dihasilkan menjadi tidak dingin.

Baca Juga:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 Pintu? Ini Jawaban dan Cara Menghematnya

2. Terlalu dipenuhi bunga es

Apabila kulkas terlalu sering digunakan untuk membuat es batu dengan suhu yang dingin, biasanya akan muncul bunga es di dalamnya. Jika terlalu tebal, maka bunga es tersebut akan menutupi lubang angin dan membuat suhu menjadi kurang dingin.

3. Digunakan untuk menyimpan makanan panas

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengguna kulkas adalah menyimpan makanan panas di dalamnya. Padahal, cara ini tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan berbagai masalah.

Suhu panas yang berasal dari makanan akan mendominasi suhu ruangan dan menyebabkan suhu dingin berkurang. Bahkan, jika terlalu sering dibiasakan, hal ini dapat memicu kerusakan komponen lainnya.

4. Freon habis atau bocor

Penyebab yang terakhir kenapa kulkas tidak dingin adalah freon yang habis atau bocor. Seperti kita ketahui, freon merupakan salah satu gas yang menghasilkan dingin pada kulkas.

Apabila gas tersebut habis, tentu saja suhu dingin akan berkurang. Pada umumnya, Anda bisa mengecek freon di bagian belakang kulkas berdekatan dengan grill.

Kurang lebih itulah pembahasan terkait tips cara mengatur suhu kulkas Polytron yang bisa Anda lakukan. Mengingat dampaknya yang cukup berisiko jika dilakukan sembarangan, sebaiknya Anda memperhatikan hal tersebut dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment