Rumus Transformator Step Down dan Step Up

Apa itu transformator step up step down? Bagaimana rumus transformator step down dan bagaimana rumus transformator step up? Nah pada kesempatan kali ini akan memberikan berbagai penjelasan seputar rumus trafo atau rumus transformator.

Untuk anda yang memang sedang mencari informasi transformator step down, rumus, trafo step down, rumus kumparan sekunder, rumus trafo step up, rumus arus primer, rumus kuat arus primer, dan sebagainya tentang step up step down trafo, maka langsung saja simak ulasan berikut.

Mengenal Transformator

Rumus Transformator Step Down dan Step Up

Sebelum mengetahui tentang rimus transformator, rumus kumparan, rumus arus yang mengalir, bagaimana cara mencari besaran arus listrik, dan sebagainya, maka tak ada salahnya untuk mengetahui tentang transformator atau Trafo.

Transformator ada dua, yaitu transformator step up, dan transformator step down. Apa itu transformator atau trafo step up dan trafo step down? Nah, berikut adalah penjelasannya.

Mengenal Transformator Step Up

Apa itu transformator step up? Sebuah transformator step up adalah alat dengan fungsi untuk menaikkan arus tegangan listrik bolak-balik (AC), alat ini nantinya akan membuat tegangan yang dihasilkan (VS) akan memiliki kuat arus yang lebih besar dari tegangan sumber (VP).

Dengan demikian maka dengan trafo step up akan menghasilkan tegangan sekunder (VS) yang lebih besar dari tegangan primer (VP). Adapun kemampuan trafo step up untuk menaikkan tegangan dikarenakan adanya perbandingan antara jumlah lilitan primer (lilitan yang terhubung dengan arus dan tegangan sumber) dan lilitan sekunder (lilitan tempat keluarnya arus dan tegangan sekunder).

Di trafo step up jumlah lilitan sekunder lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lilitan primer. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ciri-ciri dari trafo step up.

Baca Juga:  Kode Remote TV Toshiba Lengkap dan Cara Setting Terbarunya

Ciri-ciri Transformator Step Up

Langsung saja berikut ini adalah cirinya.

  • Tegangan primer (Vp) lebih kecil dari tegangan sekunder (Vs) atau Vp < Vs
  • Jumlah lilitan primer (Np) lebih sedikit dari jumlah lilitan sekunder (Ns) Np < Ns
  • Kuat arus primer (Ip) lebih besar dari kuat arus sekunder (Is) atau Ip > Is

Itulah ciri dari trafo step up. Transformator step dapat anda temukan di jaringan pembangkit listrik yang digunakan untuk menaikkan arus di jalur transmisi. Lalu untuk alat elektronik, transformator step up dapat ditemukan pada rangkaian TV, inverter, dan berbagai peralatan elektronik yang perlu menggunakan arus tegangan tinggi.

Rumus Transformator Step Up

Untuk anda yang memang sedang mencari rumus transformator step up atau rumus trafo step up, maka langsung saja berikut ini adalah rumusnya.

1. Rumus Hubungan Tegangan dan Lilitan

Rumus hubungan tegangan dan lilitan dapat dirumuskan dengan

Vp/Vs = Np/Ns

2. Rumus Hubungan Lilitan dan Kuat Arus

Untuk rumus hubungan lilitan dan kuat arus dirumuskan dengan

Is/Ip = Np/Ns

3. Rumus Hubungan Kuat Arus dan Tegangan

Untuk runus hubungan kuat arus dan tegangan (beda potensial) transformator dirumuskan dengan

Vs/Vp =Is/Ip

4. Rumus Efesien Transformator Step Up (ɳ)

Berikut ini adalah rumusnya

ɳ = Vs.Ip / Vp.Ip.100%

Atau

ɳ = Ns.Is/ Np.Is.100%

Keterangan

  • Vp = Tegangan primer dengan satuan volt
  • Vs = Tegangan sekunder dengan satuan volt
  • Ip = Arus premier (A)
  • Is = Arus Sekunder (A)
  • Np = jumlah pada Lilitan primer
  • Ns = jumlah pada lilitan sekunder
  • ɳ = efesien transformator (%)

Itulah rumus transformator step up untuk mungkin perlu anda ketahui. Lalu bagaimana dengan transformator step down? Langsung saja ke ulasan selanjutnya untuk mengetahui tentang rumus transformator step down.

Baca Juga:  Pengertian Tegangan Listrik: Jenis, Alat Ukur, Rumus dan Contoh Soal

Mengenal Transformator Step Down

Jika tadi sudah menjelaskan seputar  transformator step up termasuk menjelaskan rumus trafo step up, maka sekarang akan memberikan penjelasan seputar transformator step down, tentunya juga tentang rumus transformator step down.

Ya, selain trafo step up, ada juga transformator step down. Apa itu transformator step down, dan bagaimana rumus transformator step down? Transformator step down atau trafo step down adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan listrik bolak-balik (AC).

Dengan demikian maka dengan trafo step up maka dapat menghasilkan tegangan yang lebih kecil daripada tegangan sumber. Itu berarti transformator step down ialah trafo yang menghasilkan tegangan sekunder (Vs) lebih kecil dari tegangan primer (Vp). Ya, trafo step down adalah kebalikan dari trafo step up.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika trafo step up dapat menurunkan tegangan, kemampuannya tersebut dikarenakan perbandingan jumlah lilitan primer dan sekunder. Pada trafo step down memiliki jumlah lilitan sekunder yang lebih sedikit dibandingkan jumlah lilitan primer. Untuk lebih jelasnya mengenai cirinya, maka bisa langsung ke ulasan selanjutnya.

Ciri-ciri Transformator Step Down

Untuk cirinya maka langsung saja simak ulasan berikut ini.

  • Tegangan sekunder (Vs) lebih kecil dari tegangan primer (Vp) (Vs < Vp)
  • Jumlah lilitan primer (Np) lebih besar dari jumlah lilitan sekunder (Ns) (Np>Ns)
  • Kuat arus sekunder (Is) lebih besar dari kuat arus primer (Ip) (Is>Ip)

Itulah ciri dari trafo step down. Nah ada berbagai benda elektronik dengan tra nsformator step down yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada charger HP dan laptop. Pada charger HP dan laptop, trafo step down digunakan untuk menurunkan tegangan listrik dari PLN ke HP dn laptop. Misal kuat arus listrik dari PLN adalah 220V maka dengan trafo step down pada charger akan diturunkan menjadi 5v untuk HP, dan 19v untuk laptop.

Baca Juga:  Kode Warna Resistor 1k dan Rumus Besaran Arus Listrik

Rumus Transformator Step Down

Lalu bagaimana rumus transformator step down? Untuk rumusan tidak berbeda dengan rumus transformator step up yang telah diterangkan sebelum. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah rumusnya.

1. Rumus Hubungan Tegangan dan Lilitan

Vp/Vs = Np/Ns

2. Rumus Hubungan Lilitan dan Kuat Arus

Is/Ip = Np/Ns

3. Rumus Hubungan Kuat Arus dan Tegangan

Vs/Vp =Is/Ip

4. Rumus Efesien Transformator Step Down (ɳ)

ɳ = Vs.Is / Vp.Ip.100%

Atau

ɳ = Ns.Is/ Np.Is.100%

Keterangan

  • Vp = Tegangan primer dengan satuan volt
  • Vs = Tegangan sekunder dengan satuan volt
  • Ip = Arus premier (A)
  • Is = Arus Sekunder (A)
  • Np = jumlah pada Lilitan primer
  • Ns = jumlah pada lilitan sekunder
  • ɳ = efesien transformator (%)

Itulah rumus dari transformator step down. Bagaimana apakah anda sudah tahu tentang rumusnya.

Mungkin itu saja penjelasan kali ini tentang rumus transformator step down, rumus Vs, rumus dari sebuah transformator step down, rumus transformator step up dan informasi lainnya yang masih berhubungan dengan transformator tersebut. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment