Transistor TIP3055 Datasheet Persamaan Secara Lengkap

Transistor TIP 3055 banyak digunakan dalam suatu rangkaian elektronik. Oleh karena hal tersebut, diperlukan juga pengetahuan transistor TIP3055 datasheet persamaan guna mencari pengganti pada saat barang tersebut sulit didapatkan.

Pasalnya, tidak jarang karena banyaknya permintaan pasar yang terjadi, Anda dapat kehabisan komponen tersebut. Padahal, keberadaan dari komponen ini termasuk penting untuk kelangsungan dari rangkaian yang dibuat.

Dalam rangka mencari penggantinya, Anda bisa mencari jenis transistor lain dengan spesifikasi sama ataupun lebih tinggi. Nah, bagi yang belum tahu spesifikasi data sheet dari komponen ini, simaklah ulasan berikut.

Apa Itu Transistor TIP 3055?

transistor tip3055 datasheet persamaan

Transistor TIP 3055 merupakan jenis NPN yang kerap kali dipakai dalam pembuatan rangkaian penguat audio. Umumnya, di rangkaian penguat tersebut biasanya akan dipakai komponen tipe ini berdampingan dengan TIP 2955.

Disipasi maksimum kolektor dari TIP3055 ini adalah 90 W dengan besar arus kolektor maksimalnya mencapai 15 A. Melihat daya besar yang dimiliki oleh komponen tersebut, maka saat dipakai akan dihasilkan panas cukup tinggi.

Berdasarkan karakteristik tersebut, diperlukan pemasangan pendingin pada saat pengoperasiannya. Pendingin yang digunakan juga harus memadai supaya dapat mengantisipasi panas tinggi yang dihasilkan oleh komponen ini.

Sementara untuk ukuran body, jenis ini terbilang cukup besar. Beberapa dari tipe ini mempunyai body belakang terbuat dari ogam supaya bisa menyalurkan panas menuju ke bagian pendingin.

Untuk harga jual di pasaran, Anda bisa menjumpai barang ini dijual seharga Rp 15.000 rupiah di toko elektronika. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari suplai dan kebutuhan dari barang itu sendiri.

Kelebihan Dari Transistor TIP 3055

Seperti halnya pada jenis lainnya, TIP 3055 ini juga mempunyai beberapa kelebihan saat digunakan. Berikut ini adalah berbagai macam kelebihan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Baca Juga:  Pengertian Transistor PNP, Cara Kerja dan Simbolnya

1. Tegangan Saturasi Rendah

Kelebihan pertama dari tipe ini adalah mempunyai besar tegangan saturasi rendah. Kondisi tersebut dapat membuat kerugian daya yang terjadi di dalam rangkaian elektronik menjadi lebih berkurang.

2. Pemasangan Mudah

Secara keseluruhan, komponen ini mempunyai ukuran tidak terlalu besar. Dengan kata lain, hal itu membuatnya cukup mudah pada saat proses pemasangan di dalam sirkuit elektronika.

3. Distorsi Rendah

Komponen ini secara khusus dibuat dengan mempunyai distorsi rendah. Hal tersebut bisa membuat sinyal output yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan juga jernih.

Melihat berbagai kelebihan tersebut, tentu bukan menjadi hal yang mengherankan apabila TIP3055 ini sering digunakan. Namun, sekali lagi perlu diperhatikan soal spesifikasi dan karakternya supaya bisa mendapatkan persamaan yang tepat sesuai kebutuhan elektronika.

Transistor TIP3055 Datasheet Persamaan

TIP3055

Persamaan dari TIP 3055 ini sebenarnya ada banyak yang dapat digunakan. Dengan mengerti apa saja pengganti atau persamaan tersebut, Anda bisa menggantikan peran dari TIP3055 saat kesulitan mendapatkannya di pasaran.

Berikut adalah berbagai macam tipe yang dapat Anda gunakan sebagai persamaan TIP3055:

  • 2N3055
  • 2SC5200
  • MJ15003
  • 2SC2922
  • 2SC2723
  • 2SC2944
  • 2SC3054
  • 2SC3856
  • 2SC3910
  • 2SC4434
  • 2SD1466
  • BUT13P
  • NTE256
  • 2SC4139
  • ECG392

Untuk lebih tepat dalam mencari persamaan sesuai kebutuhan, Anda bisa melihat apa saja spesifikasi dari pengganti di atas. Selanjutnya, dapat pilih saja karakter serta spesifikasi sesuai dengan kebutuhan rangkaian atau sirkuit elektronik Anda.

Transistor TIP3055 Datasheet Persamaan

Telah dibahas sebelumnya bahwa mengetahui spesifikasi dari TIP3055 ini sangat penting dalam mencari pengganti atau persamaannya. Untuk melihat informasi tersebut, Anda dapat memperolehnya dari datasheet.

Berikut ini adalah spesifikasi transistor TIP3055 Datasheet persamaan:

  • Kemasan Transistor : TO-247-3
  • Tipe Transistor : NPN
  • Arus kolektor maksimal (IC) : 3A
  • Tegangan maksimal kolektor-emitor (VCEO) : 60V
  • Tegangan kolektor-basis (VCBO) : 100V
  • Tegangan saturasi kolektor-emitor : 1V
  • Arus maksimal kolektor DC : 15A
  • Daya maksimal disipasi kolektor (Pd) : 90W
  • Frekuensi Transisi maksimal (fT) : 3MHz
  • Maksimal dan minimal penguat arus DC (hFE) : 20-70
  • Suhu operasi maksimal : -65 hingga +150 derajat Celcius
Baca Juga:  Sensor Cahaya: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Penggunaannya

Perhatikanlah berbagai spesifikasi datasheet tip3055 di atas dengan saksama supaya dapat menemukan persamaan sesuai dengan keperluan Anda. Pastikan paling tidak persamaan transistor mempunyai spesifikasi seperti di atas atau malah lebih tinggi lagi.

Pada saat mencari persamaan, bisa dilihat dari kemasan, tipe, arus, sampai dengan suhu operasi. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda pasti dapat mencari jenis transistor paling tepat untuk rangkaian.

Data PIN Kaki TIP3055

Selain tentang spesifikasi datasheet, Anda juga perlu tahu tentang data PIN kaki pada TIP 3055. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihatnya pada gambar dan penjelasan di bawah ini.

gambar pin kaki

Keterangan:

  • Nomor 1 : Basis
  • Nomor 2 : Kolektor
  • Nomor 3 : Emitor

Contoh Aplikasi Transistor Tipe 3055

Dalam penerapannya, transistor ini kerap kali dipakai dalam rangkaian perangkat audio amplifier. Akan tetapi, lebih jauh lagi komponen ini juga bisa diterapkan untuk menjadi switching ataupun saklar.

Mempunyai kemampuan dalam menahan beban arus sampai dengan 60 A, komponen ini tentu mampu dipakai dengan baik di sirkuit switching relay motor DC ataupun LED lamp berdaya tinggi. Supaya bisa memperoleh arus maksimumnya, diperlukan kondisi transistor agar mode saturasinya penuh.

Untuk melakukan hal itu, bisa dilakukan dengan menyalurkan bias tegangan maksimum di bagian kaki basis. Akan tetapi, hal penting untuk diperhatikan di sini adalah perlu adanya pendingin mumpuni supaya panas dari transistor bisa diatasi saat beroperasi penuh.

Langkah ini dapat membuat transistor dapat terjaga fungsi optimal-nya saat digunakan. Dari penjelasan tersebut bisa dikatakan bahwa aplikasi umum jenis transistor ini adalah di audio amplifier, driver relay, sirkuit darlington, dan juga switching.

Berbekal dari berbagai kemampuan serta spesifikasinya, TIP 3055 dapat menjadi pilihan tepat bagi rangkaian yang memerlukan akurasi sinyal output tinggi dan juga daya dalam jumlah besar.

Baca Juga:  Apa Itu NFC?

Cara Membaca Transistor TIP 3055

Terakhir, akan diberikan juga penjelasan tentang bagaimana cara cek dan membaca dari transistor ini. Untuk melakukannya, Anda bisa mengecek tegangan pada basis dan juga emitor (VBE).

Nilai VBE konstan sudah seharusnya tidak lebih dari 0,2 V pada transistor lama dari bahan germanium dan kurang lebih 0,6 pada transistor dari silikon. Sementara kode dari transistor ini disajikan dalam bentuk huruf dan juga angka.

Huruf “SNA” adalah singkatan dari semikonduktor sementara angka 2 adalah singkatan transistor. Setelah bagian awal kode “25” akan dituliskan huruf A, B, C, ataupun D yang menginformasikan variasi transistornya.

Selanjutnya, lambang “N” mempunyai arti No Heating yang menunjukkan jika transistor bukan elemen pemanas dan tidak membutuhkan proses pemanasan dulu saat akan digunakan. Kode huruf pertama umumnya terdiri dari A, B, atau C, sementara huruf keduanya memakai C, D, F, L, S, dan juga U.

Pahamilah secara baik cara membaca di atas supaya Anda dapat memahami informasi transistor dari lambang yang ada di badannya. Namun, untuk memastikan data lebih akurat, tidak ada salahnya juga melihat pada transistor TIP355 datasheet persamaan.

Membaca dan memahami transistor TIP3055 datasheet persamaan dilakukan supaya memudahkan Anda dalam mencari persamaannya. Oleh karena itu, pahamilah informasi datasheet tersebut, agar bisa mendapatkan persamaan tepat sesuai kebutuhan elektronika Anda.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment