Cara Kerja Timer Kulkas 2 Pintu dan Jenis Lengkap

Salah satu alat yang cukup penting dalam kulkas 2 pintu adalah timer. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja timer kulkas 2 pintu agar nantinya bisa lebih mudah menganalisis apabila terdapat masalah.

Perlu diketahui bahwa kulkas dengan 2 pintu tidak memakai sistem pendinginan langsung. Perangkat ini menggunakan fan cooler atau kipas pendingin yang berfungsi memberikan suplai ke ruang freezer.

Untuk lebih jelasnya, pada kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian, jenis-jenis, beserta cara kerja timer pada kulkas dengan dua pintu. Pastikan untuk menyimak dengan saksama agar bisa menangkap seluruh poin pentingnya.

Pengertian Timer Kulkas 2 Pintu

Memahami cara kerja timer kulka 2 pintu

Di bagian awal, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai timer pada kulkas ini. Pada perangkat pendingin lain seperti AC pada contohnya, Anda dapat mengatur waktu kapan AC menyala untuk mendinginkan ruangan.

Setelah itu, perangkat tersebut akan mati sendiri sesuai dengan pengaturan yang dilakukan. Akan tetapi, hal ini berbeda pada kasus kulkas 2 pintu. Fungsi dari timer ini adalah mengatur waktu kapa kompresor, fuse dingin, dan fuse panas bekerja atau memasuki mode stand by.

Fungsi Timer Kulkas 2 Pintu

Setelah memahami pengertian di atas, Anda juga harus tahu apa saja fungsi dari timer ini. Secara umum, timer memiliki peran cukup penting pada kinerja sebuah kulkas. Perangkat tersebut berfungsi mengatur waktu kapan defrost dan compressor bekerja atau mati.

Apabila diperhatikan secara berurutan, arus listrik yang berasal dari stop kontak nantinya akan bergerak menuju saklar lampu. Selanjutnya, bagian thermostat akan menuju bagian defrost timer.

Thermostat ini mempunyai fungsi mengatur suhu dingin sesuai dengan keinginan. Nantinya, suhu tersebut akan diterjemahkan oleh bagian timer yang memiliki sambungan untuk kompresor, thermostat, heater, dan arus listrik.

Baca Juga:  Kode Remote TV Polytron dan Cara Setting Otomatis dan Manual

Untuk kondisi normal, timer pada kulkas dapat berfungsi secara maksimal sekitar 8 jam penggunaan. Akan tetapi, semua itu tergantung dari suhu yang diatur di bagian thermostat.

Apabila suhu yang diatur sudah mencapai target, sistem pada kulkas akan melakukan defrost dan timer memindah jalur ke bagian heater. Proses defrost atau mencairkan bunga es memang cukup penting karena tumpukan yang terlalu besar dapat mengganggu kinerja kulkas.

Jenis-Jenis Timer pada Kulkas 2 Pintu

Timer kulkas 2 pintu memiliki beberapa jenis, yakni timer 1-4 dan timer 1-3. Perbedaan yang terlihat cukup jelas antara keduanya adalah colokan penghubung menuju arus listrik. Pada timer 1-4 menggunakan 1 dan 4 pada arus listrik, sedangkan timer 1-3 dihubungkan pada nomor 1 dan 3.

Cara Kerja Timer Kulkas 2 Pintu

Melanjutkan pembahasan di bagian sebelumnya, untuk membahas mengenai cara kerja akan dibagi menjadi dua sesuai dengan jenisnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Cara kerja timer 1-3 pada kulkas 2 pintu

Cara kerja timer kulkas 1-3

Pembahasan yang pertama adalah tentang bagaimana cara kerja dari timer jenis 1-3. Ketika sedang berada pada fase running, timer akan bekerja dengan cara mengalirkan arus menuju bagian kompresor. Dengan begitu, kompresor ini dapat bekerja hingga 8 jam atau kurang tergantung dari suhu dingin yang diinginkan.

Kemudian, apabila kulkas atau kompresor tersebut telah mencapai suhu dingin sesuai keinginan, bagian bimetal nantinya akan menyala. Kondisi ini akan menyebabkan motor di bagian timer juga bekerja dan memindahkan arus nomor 4 ke arah nomor 2, yakni menuju bagian heater.

Dikarenakan arus listrik yang bergerak ke arah kompresor telah terputus, kompresor pun akan mati. Sementara itu, bagian heater akan menyala. Di fase ini, proses defrost akan berlangsung dan diulang kembali setiap 8 hingga 12 jam tergantung kebutuhan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Smart Sensor dan Jenis-jenisnya

2. Cara kerja timer 1-4 pada kulkas 2 pintu

Cara kerja timer kulkas 1-4

Sementara itu, cara kerja timer kulkas 2 pintu jenis 1-4 memang memiliki sedikit perbedaan. Bahkan, bisa dikatakan cara kerja jenis ini berkebalikan dengan sebelumnya. Ketika kompresor bekerja, maka timer akan berada di posisi stand by.

Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa bimetal yang dipasang memiliki peran sebagai switch. Ketika berada di suhu 0 derajat, maka bimetal akan tersambung dan membuat timer bergerak atau sesekali getarannya terasa apabila dipegang.

Nantinya, timer akan berputar ke arah angka 0. Setelah itu terjadi, maka kompresor selanjutnya akan mati beserta fan cooler. Di saat itulah proses defrost akan dilakukan, yakni heater menyala untuk mencairkan bunga es di bagian evaporator.

Sebagai catatan, proses ini juga dapat mencairkan suhu di bagian bimetal. Ketika bunga es mulai mencair, bimetal akan terputus. Hal tersebut menyebabkan bagian heater juga ikut terputus.

Ciri-Ciri Timer pada Kulkas 2 Pintu Rusak

Perlu diketahui bahwa pemasangan timer pada kulkas 2 pintu cukup penting untuk mencegah terjadinya kerusakan. Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kondisi timer rusak atau mengalami masalah.

1. Kompresor selalu hidup

Salah satu ciri yang cukup mudah dikenali apabila terdapat masalah pada timer adalah kompresor yang akan selalu hidup. Seperti telah disinggung di bagian sebelumnya, kompresor ini pada dasarnya dikendalikan oleh bagian timer.

Timer ini mengatur kapan kompresor akan beroperasi dan berhenti sesuai dengan kebutuhan. Cara kerjanya adalah timer akan memutuskan atau menyambung aliran listrik ke komponen tersebut. Jika terdapat kerusakan, maka hal tersebut bisa membuat kompresor selalu hidup.

2. Bunga es menumpuk

Selanjutnya, timer yang rusak juga dapat menyebabkan bunga es yang menumpuk. Kulkas dengan dua pintu mempunyai sistem defrost yang berfungsi mencairkan bunga es. Apabila timer mengalami masalah, proses ini tidak dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Penyebab K Vision Teracak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Akibatnya, bunga es tidak dapat dicairkan dan akan terus menumpuk. Bunga es yang menumpuk tentu dapat mengakibatkan masalah tertentu seperti kulkas menjadi tidak dingin.

3. Kulkas tidak dingin

Ciri yang terakhir adalah kulkas tidak dingin. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni karena bunga es yang terlalu menumpuk. Selain itu, kompresor yang tidak hidup juga menjadi alasan kenapa kulkas menjadi tidak dingin.

Berapa Harga Timer pada Kulkas 2 Pintu?

Jika memang terdapat masalah bagian timer, Anda perlu mengganti dengan yang baru. Berikut ini adalah beberapa daftar harga timer sesuai dengan merek kulkas.

  • Timer kulkas Toshiba 2 pintu seharga Rp50.000
  • Timer kulkas Samsung 2 pintu seharga Rp40.000
  • timer kulkas Polytron 2 pintu seharga Rp37.000

Sebagai catatan, harga tersebut adalah rentang yang paling rendah. Artinya, ada kemungkinan harga berada di atas angka tersebut sesuai dengan kualitasnya.

Jadi dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa timer merupakan komponen yang penting di kulkas 2 pintu. Cara kerja timer kulkas 2 pintu juga beragam tergantung dari jenisnya, apakah tipe 1-3 atau 1-4. Namun, secara umum timer berfungsi mengendalikan kinerja defrost dan kompresor.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment