Cara Setting TV Digital Polytron Otomatis atau Pakai Set Top Box, Anda Pilih yang Mana?

Bagi Anda yang punya TV Polytron, bisa mencoba cara setting TV digital Polytron dengan mudah. Bahkan pada beberapa tipe tersedia pilihan koneksi TV digital otomatis, namun ada juga yang membutuhkan bantuan perangkat Set Top Box yang menjadi andalan berbagai tipe televisi saat ini.

Di Indonesia pengalihan penggunaan siaran TV manual ke digital sudah disosialisasikan sejak beberapa tahun terakhir dan implementasi resminya adalah sejak tahun 2022 lalu. Berikut ini, beberapa cara yang dapat dicoba bagi Anda pengguna TV Polytron.

Cara Setting TV Digital Polytron Otomatis

Cara Setting TV Digital Polytron Otomatis

Beberapa tipe televisi Polytron sudah didukung oleh sistem DVB T2, yaitu sistem untuk transmisi terrestrial digital, yang bisa menghubungkan perangkat TV dengan siaran digital yang sudah ada. Beberapa tipe diantaranya PLD 24TV0855, PLD 43BV1558, LPD 32TV1855 dan masih banyak lagi. Lantas bagaimana cara setting nya?

  • Anda perlu memastikan terlebih dahulu, apakah tipe televisi Polytron yang digunakan masuk dalam daftar dilengkapi fitur DVB T2. Cara mengecek daftarnya bisa melalui internet atau situs resmi Polytron
  • Jika sudah, lanjutkan dengan menyalakan TV dan pilih menu pengaturan yang tersedia pada daftar menu, tentunya dengan menggunakan remote TV polytron
  • Pilih opsi pengaturan untuk mencari sinyal dari televisi digital, kemudian tunggu sampai sinyal bisa diterima oleh televisi tersebut
  • Gunakan sistem pencarian otomatis untuk mempermudah dan mempercepat proses pencarian sinyal
  • Klik tombol digital only tuning, agar sistem tangkap sinyal dari televisi hanya akan mendata semua sinyal dari siaran digital yang sudah ada
  • Jika semua siaran sudah masuk daftar, selanjutnya tinggal melakukan koneksi antara TV dengan saluran tersebut.

Proses ini memang membutuhkan kesabaran ekstra dan persiapan yang cukup matang, terutama memastikan posisi antena yang digunakan untuk menangkap sinyal sudah tepat. Kemudian menunggu sampai semua sinyal digital diterima dan dimasukkan di dalam daftar saluran digital televisi.

Baca Juga:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 Pintu? Ini Jawaban dan Cara Menghematnya

Semuanya tergantung pada lokasi Anda dan posisi antena sebab sampai saat ini belum semua daerah bisa menangkap siaran digital dengan lengkap.

Cara Setting TV Digital Polytron Menggunakan Set Top Box

Jika ternyata TV Polytron yang Anda gunakan di rumah belum dilengkapi sistem DVB T2 sehingga cara setting TV Digital Polytron di atas tidak bisa dilakukan, maka perlu alat tambahan untuk dapat menangkap siaran digital. Nama alatnya adalah Set Top Box, yang dapat dibeli di toko elektronik dengan harga terjangkau. Tergantung merek dan fitur yang tersedia pada perangkat tersebut.

Tapi harus dipastikan juga bahwa Set Top Box yang akan dibeli sudah masuk ke dalam daftar Set Top Box yang bisa menangkap siaran digital di Indonesia, daftarnya dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah lho.

  • Pastikan terlebih dahulu televisi dalam kondisi off atau mati
  • Beli Set Top Box yang bisa dipakai untuk TV Polytron Anda
  • Buka kotak perangkat Set Top Box, kemudian koneksikan perangkat tersebut dengan televisi menggunakan kabel RCA yang terdiri dari tiga warna. Bisa juga dengan menggunakan kabel HDMI yang sudah tersedia
  • Pindahkan colokan antena ke port antena yang tersedia di Set Top Box Anda, pastikan tidak salah memasukkan colokan aatau jack Jika salah maka otomatis koneksi antara Set Top Box dengan antena tidak akan maksimal
  • Nyalakan televisi Anda, kemudian dengan menggunakan remote, pilih source atau input tergantung jenis remote yang dipakai
  • Ubah mode televisi dari TV menjadi AV jika koneksi dengan Set Top Box menggunakan kabel RCA. Kalau memakai koneksi HDMI maka pilih mode HDMI
  • Nyalakan Set Top Box, lalu pilih bahasa apa yang mau dipakai dan ketik kode pos di daerah Anda
  • Tunggu proses mencari sinyal dilakukan oleh Set Top Box secara otomatis
  • Jika sudah selesai, maka Anda dapat melihat daftar siaran yang dapat dilihat dan dinikmati
Baca Juga:  Daftar Link TV Online Indonesia Gratis Streaming Sepuasnya

Menggunakan cara mengaktifkan TV digital Polytron ini hanya akan berhasil jika kabel yang terhubung pada kedua perangkat baik televisi maupun Set Top Box sudah benar.

Kenapa Bisa Gagal Melakukan Setting TV Digital Polytron?

Kenapa Bisa Gagal Melakukan Setting TV Digital Polytron

Apakah salah satu cara setting TV digital Polytron di atas gagal Anda lakukan? Ada beberapa penyebabnya. Ketahui lalu lakukan solusi yang tepat supaya Anda dapat segera menikmati siaran digital tersebut.

Posisi Antena Tidak Tepat

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kalau posisi antena tidak tepat, maka sudah bisa dipastikan kalau proses pengaturan TV digital pada perangkat televisi Polytron Anda tidak akan berjalan lancar bahkan gagal.

Oleh karena itu, lakukan pengaturan posisi Antena dengan benar. Anda bisa menggesernya, memutar, menempatkannya di area lebih tinggi atau lebih rendah.

Jika menggunakan antena indoor maka sebaiknya cari posisi yang paling tidak memiliki hambatan berarti. Misalnya di dear jendela atau di bagian plafon atap, memudahkan antena untuk menangkap sinyal dengan lebih mudah.

Antena Sudah Rusak

Antena yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama, bisa saja mengalami kerusakan. Misalnya komponen di bagian dalamnya sudah tidak dapat menangkap sinyal dengan baik, sehingga saat dipakai untuk mencari sinyal TV digital tidak lagi berfungsi.

Alhasil, jika masalahnya adalah antena rusak tentu Anda harus memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru sebelum melanjutkan cara mencari siaran TV digital Polytron selanjutnya.

Lokasi Anda Belum Bisa Menangkap Sinyal TV Digital

Sampai saat ini memang masih ada sejumlah daerah yang belum bisa menerima sinyal TV digital, terutama di kawasan terpencil dimana kawasan di sekitarnya masih banyak pepohonan hingga pegunungan.

Baca Juga:  Apa Itu Aplikasi Ehac, Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Mengisi!

Untuk sementara tentu hanya bisa bersabar, sampai di daerah tersebut bisa menerima sinyal TV digital dengan baik,

Cuaca Tidak Mendukung

Saat cuaca hujan dengan intensitas tinggi atau badai dan angin kencang, maka bisa menjadi penyebab koneksi televisi dengan siaran digital terganggu. Anda harus menunggu sampai kondisi cuaca kembali stabil.

Kabel TV yang Terhubung ke Antena Mengalami Kerusakan

Bisa juga terjadi karena terjadinya kerusakan pada kabel yang menghubungkan antara antena dengan televisi. Sehingga perlu dilakukan pengecekan kondisi kabel menggunakan alat pengecekan kabel listrik, untuk memastikan apakah ada bagian yang sudah putus atau tidak berfungsi lagi.

Jika memang ada, maka Anda perlu melakukan penggantian kabel tersebut supaya koneksi antena dan televisi bisa kembali lancar. Gunanya adalah supaya saat menerapkan cara setting TV Polytron LED agar jernih tidak lagi bermasalah.

Kabel RCA atau HDMI Bermasalah

Saat menggunakan Set Top Box untuk mencari siaran digital, sebenarnya produsennya sudah menempatkan kabel dalam kondisi bagus. Namun bisa saja terjadi kesalahan, dimana kabel yang dimasukkan ke dalam kemasannya dalam kondisi rusak.

Solusinya agar cara setting TV digital Polytron LED bisa dilanjutkan adalah mengganti kabel tersebut dengan yang masih berfungsi, bisa dengan melakukan klaim kepada penjual atau membeli sendiri secara terpisah.

Ternyata tidak rugi membeli TV Polytron, apalagi yang sudah dilengkapi DVB T2 sehingga Anda bisa lebih mudah melakukan cara setting TV digital Polytron sampai selesai. Kalaupun tipe televisinya belum mengakomodir pengaturan otomatis, Anda tetap bisa menikmati siaran digital dengan bantuan Set Top Box.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment