Tutorial Cara Pasang Parabola K Vision Mini, Tidak Boleh Sembarangan

Memahami bagaimana tutorial cara pasang parabola K Vision wajib untuk diketahui terutama menggunakan INB Ku Band. Walaupun ini adalah parabola mini dan terlihat mudah dalam proses aplikasinya, tetapi pada praktiknya tidaklah mudah dilakukan.

Terutama bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan pemasangan alat tersebut untuk pertama kalinya. Salah dalam proses instalasi ternyata dapat mengakibatkan Anda tidak bisa mendapatkan sinyal satelit sama sekali lho.

Tentu saja terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan apabila ingin melakukan pemasangan parabola mini sama seperti K vision pakai parabola biasa. Untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Apa Itu K Vision

Apa Itu K Vision

Bagi yang belum mengetahui K Vision parabola maka jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan informasi sebelumnya. K Vision sendiri menjadi salah satu penyedia dari TV satelit yang menggunakan sistem menjual perangkat tersebut tanpa harus melakukan iuran secara bulanan.

Dengan memanfaatkan provider ini, maka para pengguna dapat menikmati sejumlah channel nasional lengkap dan tanpa melakukan pembayaran. Tidak hanya itu saja, mereka juga menawarkan pengisian voucher tersebut.

Saat ini, parabola dari K Vision inilah ternyata sudah dijadikan sebagai andalan bagi sebagian besar orang. Salah satu jenis yang paling banyak dipilih adalah parabola mininya. Dimana dengan menggunakan tipe inilah jauh lebih murah dibandingkan ukuran lebih besar.

Walaupun alatnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran biasanya, tetapi untuk proses pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai sembarangan.

Harga Parabola Mini dari K Vision

Sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui estimasi harganya terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena K Vision sendiri menggunakan jalur Cband serta KuBand.

Baca Juga:  Daftar Kode Rahasia HP VIVO untuk Berbagai Tipe

Apabila Anda menggunakan Cband maka akan membutuhkan piringan antena dengan ukuran cukup besar. Tetapi apabila Anda menggunakan Ku Band maka hanya perlu menggunakan antena parabola dengan diameter yang lebih kecil.

Adapun harga parabola k vision 1 set untuk jenis mini ternyata harganya cukup terjangkau. Karena alasan inilah, banyak orang akhirnya memanfaatkan parabola mini dari Kvision satu ini

Adapun estimasi dari harganya tersebut yakni haya sekitar 100 ribuan saja. Harga tersebut tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga parabola jaring 1 set dari merk sama dimana mempunyai harga mulai dari 1 jutaan.

Tutorial Cara Pasang Parabola K Vision Mini

Tutorial Cara Pasang Parabola K Vision Mini

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam proses pemasangan parabola mini inilah ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Walaupun perangkatnya jauh lebih simple, tetapi salah dalam melakukanya ternyata dapat mengakibatkan tidak muncul sinyal lho.

Itulah sebabnya, Anda harus memahami proses pemasangan parabola mini k vision dengan benar berikut ini:

Pahami Proses Memasang Disk Parabola Mini

Hal pertama yang harus dipahami oleh pengguna adalah memasang disk parabola terlebih dahulu. Anda dapat merakitnya dengan benar sekaligus dengan INB-nya juga. Posisikan konektor dari INB agar mengarah ke bawah ataupun samping.

Pasang tiang penyangga disk di tempat yang lapang sekaligus tidak terhalang dengan adanya pohon sekaligus bangunan. Pastikan bahwa tiang tersebut telah terpasang dengan kuat dan tegak, cobalah gunakan alat bernama waterpass untuk mengatur posisinya.

Melakukan Pengaturan Receiver

Setelah Anda mengatur bagaimana posisi dan tiang dari disk, maka langkah berikutnya adalah dengan mengatur dahulu receivernya. Karena disini, Anda menggunakan jalur Ku-Band maka harus memasukkan parameter satelit sekaligus frekuensi satelit measat a dahulu.

Untuk melakukannya sangat mudah yakni nyalakan TV serta recever dari K vision, kemudian bisa masuk ke pengaturan channel satelit untuk menambahkan transporder. Berikut ini untuk lebih jelasnya:

  • Satelit : measat a
  • Koordinat : 91,4 E
  • Transporder 1: 12396 H 31000
  • Transporder 2: 12436 H 31000
  • Frekuensi LNB: universal 9750 – 10600

Mencari Sinyal dari Parabola

Apabila kedua tahap diatas sudah disiapkan, maka tahap berikutnya adalah dengan mencari sinyal dari parabola terlebih dahulu.

  • Cobalah lihat apakah indikator sinyal telah menunjukkan angka 65% ataukah belum.
  • Anda dapat mengarahkan disk parabola ke barat dan gunakan kompas untuk mengetahui arahnya apabila kesulitan menemukannya.
  • Angkat disknya secara perlahan-lahan sambil melihat kualitas dari sinyal.
  • Jika sudah memunculkan sinyal, pengguna dapat menggerakkan secara hati-hati disk ke atas ke bawah ataupun kiri-kanan. Dapat dilakukan hingga memperoleh kualitas sinyal minimal 65%.
  • Berikutnya navigasi dapat diarahkan ke bagian remote receiver guna mendapatkan satelit measat
  • Silahkan lakukan scan dan apabila sudah berhasil maka dapat segera menyimpannya.

Cara Pasang LNB KU Band untuk Kvision

Cara Pasang LNB KU Band untuk Kvision

Seperti sudah diketahui bahwa keberadaan dari LNB inilah ternyata sangat penting termasuk dalam instalasi parabola mini dari K vision. Adapun fungsi utamanya adalah sebagai penerima sinyal yang berasal dari jaringan satelit lemah.

Dengan adanya komponen inilah ternyata akan membuat tampilannya jauh lebih jelas dan tidak ada gangguan pada layar. Cara kerja dari perangkat inilah adalah dengan cara mengumpulkan sinyal satelit yang lemah di salah satu titik focus parabola, kemudian sinyal akan langsung disalurkan ke receiver.

Untuk proses pemasangannya sebenarnya sangat mudah tetapi pastikan Anda memahami panduannya berikut ini:

  • Silahkan arahkan konektor LNB Ku band sesuai dengan disk atau pirangan dari parabola dahulu
  • Misalnya ketika lurus ke barat atau timur, maka LNB tersebut juga harus mengarah ke kiri ataupun kanan
  • Demikian sebaliknya apabila arahnya utara atau selatan, maka LNB tersebut harus berada dibawahnya agar mendapatkan tampilan siaran maksimal
  • Silahkan atur LNB tersebut melalui televisi dan jika konektor telah terinstall dengan benar maka dapat menyalakan televisi terlebih dahulu.
Baca Juga:  Penyebab K Vision Teracak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kelebihan dan Kekurangan yang Ditawarkan

Sebagai seorang konsumen, Anda memang bisa mempertimbangkan untuk menggunakan parabola mini satu ini. Penggunaannya inilah ternyata juga menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berikut ini daftar dari kelebihan dan kekurangan parabola mini yang wajib untuk diketahui:

Kelebihan

  • Kemudahan untuk merakit unit karena ukurannya cukup kecil serta peralatan yang digunakan lebih sederhana
  • Menawarkan harga terjangkau yakni hanya sekitar 100 ribuan sudah termasuk ke dalam 1 set
  • Karena memiliki ukuran yang relative lebih kecil untuk bagian disknya, maka membuatnya tidak memakan tempat seperti dengan parabola ukuran biasanya
  • Bisa menikmati siaran dari berbagai channel secara gratis.

Kekurangan

Kendati menawarkan sejumlah kelebihan diatas, tetapi ternyata jenis mini inipun mempunyai kekurangan juga diantaranya adalah:

  • Jika dibandingkan dengan parabola jaring, maka channel yang ditawarkan pada k vision mini ternyata jauh lebih sedikit yakni sekitar 40-80 saluran tv saja
  • Sering mengalami gangguan terutama saat mendung ataupun hujan lebat
  • Harus menggunakan jenis receiver khusus untuk beberapa provider.

Keberadaan dari layanan parabola inilah ternyata menjadi pilihan bagi sebagian besar orang untuk menikmati siaran tv dengan saluran banyak. Tutorial cara pasang parabola K vision mini diatas dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment