Penyebab K Vision Teracak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengguna TV berlangganan adalah siaran K Vision teracak. Hal tersebut tentu cukup mengganggu karena untuk membuka channel tertentu harus mencari secara manual lagi.

Selain itu, ada lagi masalah yang juga sering terjadi seperti beberapa channel yang menghilang pada siaran K Vision. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena semua itu memiliki solusi yang mungkin bisa dilakukan secara mandiri.

Pada kali ini akan dijelaskan beberapa hal seputar permasalahan terkait dengan siaran K Vision seperti channel teracak, hilang, dan sebagainya. Pastikan untuk menyimak dengan saksama terutama jika mengalami masalah tersebut saat ini.

Kenapa Siaran K Vision Teracak

Melakukan scan ulang bisa mengatasi channel yang hilang

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa siaran TV teracak, baik itu TV digital maupun layanan TV berlangganan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan solusinya.

1. Receiver belum aktif

Hal ini kerap terjadi pada beberapa pengguna baru layanan K-Vision, yakni receiver yang belum diaktivasi. Sebagai catatan, setiap receiver baru perlu Anda aktivasi terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar perangkat bisa menerima seluruh channel yang disediakan.

Pada intinya, aktivasi ini merupakan proses mendaftarkan Anda ke data base layanan tersebut. Oleh karena itu, setelah melakukannya, Anda akan mendapatkan nomor ID pelanggan yang dapat dipakai saat mengaktifkan paket-paket layanan tertentu.

2. Paket siaran gratis sudah habis

Ketika pelanggan baru melakukan aktivasi, maka mereka akan memperoleh akses siaran premium secara gratis. Akan tetapi, akses tersebut memiliki durasi tertentu, yakni sekitar beberapa bulan saja. Apabila Anda mengalami siaran yang teracak, hal tersebut bisa jadi karena masa akses tersebut sudah habis.

3. Masa aktif paket telah berakhir

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, hal ini juga sering terjadi dan mengakibatkan siaran menjadi teracak. Ketika masa aktif sebuah paket layanan sudah berakhir, maka ada kemungkinan siaran akan teracak kembali.

Baca Juga:  Daftar Kode Remote TV Universal dan Cara Menggunakannya

Paket layanan K-Vision memiliki durasi yang berbeda-beda, mulai dari 7 hari hingga 30 hari. Jadi, cara mengatasi siaran teracak di k vision untuk kasus ini adalah dengan membayar paket langganan kembali dan nantinya akan diperpanjang.

4. Pembatasan pada siaran

Selain masalah pada pengguna, penyebab channel yang teracak juga bisa berasal dari pihak penyiar. Sebagai contoh, di beberapa event olahraga tertentu, salah satu siaran di K-Vision memang tidak bisa menayangkan siaran langsung karena pembatasan hak siar.

Biasanya hak siar ini berlaku untuk penyiaran langsung pertandingan olahraga seperti voli, basket, sepak bola, dan lain-lain. Hak tersebut tergantung dari stasiun televisi yang memegang hak siar dan jalur transmisi satelit memang tidak diperbolehkan.

5. Adanya update siaran

Penyebab siaran K Vision teracak yang berikutnya adalah adanya update siaran pada provider. Selain itu, ada kemungkinan juga terjadi error di receiver Anda. Untuk mengatasinya, silakan lakukan scan ulang frekuensi dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan remote K-Vision
  • Pencet tombol menu
  • Pilih Instalasi
  • Tekan OK
  • Pilih satelit telkom 4 untuk pengguna gol gardiner dan bromo
  • Pilih satelit measat ku band untuk pengguna k2000
  • Tekan Sat
  • Akan muncul 2 transponder
  • Pilih semuanya dan hapus
  • Pencet Exit untuk kembali ke tampilan instalasi
  • Arahkan ke satelit dan pencet Scan
  • Pilih tipe Scan Buta
  • Tunggu sampai scan selesai

Dengan melakukan cara di atas, siaran K Vision teracak akan discan ulang dengan urutan baru. Pastikan untuk mengikuti langkah demi langkah dengan teliti agar proses bisa berjalan normal tanpa kendala.

Penyebab Siaran TV Digital Hilang

Penyebab channel teracak di K Vision

Selain siaran yang teracak, salah satu masalah yang juga kerap dialami pengguna televisi adalah siaran yang hilang. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa siaran TV hilang semua. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut.

Baca Juga:  Daftar Channel K Vision Terbaru

1. Kabel bermasalah

Hal ini biasa terjadi pada set top box TV digital. Bisa jadi kenapa siaran TV digital hilang adalah karena kabel perangkat tersebut bermasalah. Untuk mengatasi masalah ini, silakan cabut kabel daya dan tancapkan kembali. Pastikan TV dalam kondisi mati saat melakukannya.

2. Port HDMI bermasalah

Selanjutnya, adanya masalah pada port HDMI atau RCA juga dapat menyebabkan siaran hilang. Berbeda dengan sebelumnya, masalah ini biasanya hanya akan membuat tampilan menghilang saja namun seakan-akan siaran menghilang.

Silakan periksa kabel HDMI atau RCA apakah sudah terpasang dengan benar. Jika tidak, cabut dan pasang kembali. Apabila terdapat masalah pada port HDMI, Anda bisa mengganti port tersebut dengan membeli di toko elektronik terdekat.

3. Sumber input TV salah

Untuk pengguna STB, jenis televisi memang berbeda-beda untuk menyambungkannya. Ada yang menggunakan menu Input, Source, dan sebagainya. Selain itu, sumber input yang dipilih juga harus tepat, apakah menggunakan TV/AV atau HDMI.

4. Antena bermasalah

Penyebab yang terakhir adalah antena yang bermasalah. Masalah yang dimaksud di sini bisa berupa penangkapan sinyal tidak baik, terdapat kerusakan pada komponen, atau arah antena yang salah. Pastikan Anda tidak meletakkan antena di tempat dengan banyak penghalang agar sinyalnya optimal.

Kenapa RCTI Hilang di K-Vision dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda sedang mengalami kasus RCTI hilang di K Vision. Apabila itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena belum tentu ada kerusakan yang parah. Selain RCTI, biasanya channel lain yang turut hilang adalah GTV, MNCTV, dan INews.

Hilangnya keempat channel tersebut dikarenakan per 1 Januari 2022, pelanggan harus membeli minimal paket CLING dengan harga mulai Rp9.900 per bulan atau Rp99.000 per tahun. Untuk mengaktifkan paket tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka menu SMS pada ponsel
  • Ketikkan format KVN (spasi) #PKT#KodePaket#NomorPelanggan
  • Contoh: KVN #PKT#CL12#1239484058
  • Kirim ke nomor 99333 atau 0817 8500 828
  • Selesai
Baca Juga:  2 Cara Beli Paket Cling K Vision Mudah dan Praktis

Cara Mencari Channel ANTV yang Hilang

Mengatasi siaran RCTI hilang

Selain keempat channel di atas, ada juga beberapa kasus ketika ANTV juga ikut menghilang. Lalu, bagaimana cara mencari siaran ANTV yang hilang? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Scan ulang

Cara yang pertama adalah dengan melakukan scan ulang. Metode ini berlaku apabila Anda menggunakan set top box. Ada kemungkinan channel ANTV menghilang karena sinyalnya tidak terlalu kuat. Oleh karena itu, sebelum melakukan scan ulang pastikan untuk mengatur posisi antena terlebih dahulu.

2. Update software STB

Setiap set top box dibekali dengan software bawaan yang berbeda-beda. Ketika software tersebut kedaluarsa, biasanya akan muncul beberapa masalah, salah satunya adalah terdapat channel yang hilang.

3. Menggunakan antena outdoor

Kemungkinan paling besar terkait channel ANTV yang hilang adalah sinyal yang kurang baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan antena outdoor. Dengan begitu, kekuatan penangkap sinyal akan menjadi lebih baik.

Jadi, itulah tadi beberapa penjelasan terkait penyebab siaran K Vision teracak dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan bekal pengetahuan tersebut, kini Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila mengalami masalah seperti channel teracak, hilang, dan sebagainya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment