Daftar Ukuran Televisi LED Lengkap dalam Inci dan cm (Akurat)

Teknologi televisi yang ada saat ini memang terus-menerus berkembang, karena tidak hanya dijadikan sebagai tempat menonton tayangan lokal TV saja. Sebelum melakukan pembelian, ada baiknya jika Anda mengetahui masing-masing ukuran televisi.

Memang televisi yang ada saat ini dihadirkan dengan beragam ukuran. Jadi lebih memudahkan masyarakat dalam menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Selain itu, juga bisa disesuaikan dengan kondisi rumah.

Misalnya jika memiliki rumah yang minimalis, maka bisa memilih televisi yang berukuran 32 inci. Jika mempunyai rumah dengan ruangan besar bisa menggunakan ukuran 85 inci.

Ukuran Televisi LED

Ukuran Televisi LED

Televisi canggih di zaman sekarang ini tidak hanya menyuguhkan tontonan saja, namun juga bisa melakukan streaming, bermain game, menonton YouTube, atau dijadikan sebagai perangkat pintar. Pada biasanya untuk bisa mengenal ukuran dari televisi dalam bentuk inchi.

Oleh karena itu, berhubung banyaknya rekomendasi televisi yang ada di pasaran, baik itu merk, jenis televisi atau bahkan ukuran dari televisi itu sendiri. Penting bagi Anda supaya memahami segala jenis ukuran TV sebelum melakukan pembelian.

Dengan mengetahui ukuran tersebut, paling tidak bisa membantu supaya tidak salah memilih. Berikut ini informasi mengenai ukuran TV yang ada di pasaran di antaranya:

Ukuran TV Diagonal Lebar Tinggi
24 Inci 60,9 Cm 53,1 Cm 29,9 Cm
32 Inci 81,2 Cm 71 Cm 39,9 Cm
42 Inci 105 Cm 93 Cm 52,3 Cm
43 Inci 109,3 Cm 95,2 Cm 53,5 Cm
48 Inci 121,9 Cm 108 Cm 56 Cm
50 Inci 126 Cm 110,7 Cm 62,3 Cm
55 Inci 135 Cm 121 Cm 68,5 Cm
60 Inci 152,4 Cm 132 Cm 74,7 Cm
65 Inci 165 Cm 144 Cm 81 Cm
70 Inci 177,8 Cm 151 Cm 87,1 Cm
75 Inci 190,5 Cm 166 Cm 93 Cm
85 Inci 215,9 Cm 188 Cm 105 Cm
Baca Juga:  Pengertian Kapasitor Elektrolit, Fungsi, Jenis, Serta Contohnya

Tips Membeli TV Sesuai Kebutuhan

Tips Membeli TV Sesuai Kebutuhan

Melakukan pembelian televisi memang harus dipertimbangkan dengan baik, karena harus bisa disesuaikan pada beberapa hal. Misalnya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, fitur atau yang lainnya.

Memang tidak sulit bagi Anda untuk menghitung ukuran televisi karena ukuran TV ini akan mengacu di panjang diagonal dan dapat diperoleh dengan cara mengukur sudut kiri atas layar sampai sudut bawah kanan.

Pada biasanya ukuran dari televisi akan dinyatakan dalam bentuk inci. Supaya Anda tidak salah dalam menentukan pilihan ukuran TV, maka penting untuk memahami beberapa informasi berikut sebelum melakukan pembelian di antaranya:

1. Menentukan Ukuran Ruangan

Di langkah pertama, penting bagi Anda untuk memperhatikan ukuran dari ruangan tersebut sebelum melakukan pembelian televisi. Ukuran ruangan bisa mempengaruhi ukuran tv yang sesuai.

Dengan begitu, bisa menentukan cara optimal antara televisi dengan tempat duduk atau sofa. Bagi yang memiliki ruangan sempit, direkomendasikan untuk memilih televisi dengan ukuran 32 sampai 43 inchi.

Sedangkan apabila mempunyai ruangan penonton yang besar dapat memilih televisi dengan ukuran 50 sampai 75 inci. Hal ini bisa membuat aktivitas menonton televisi menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Menentukan Jarak Pandang

Tips yang kedua harus memperhatikan jarak pandang. Apabila jarak pandang terlalu dekat maupun terlalu jauh, tentu hal ini bisa mempengaruhi kualitas gambar maupun kenyamanan selama menonton. Untuk jarak pandang yang aman yaitu 5 kali ukuran dari diagonal layar televisi.

3. Mempertimbangkan Resolusi Layar

Dalam menentukan pilihan televisi, maka tidak hanya memperhatikan ukuran jarak pandang atau ukuran ruangan saja. Akan tetapi penting juga agar mempertimbangkan resolusi layar. Jika televisi memiliki resolusi layar tinggi, maka akan memberikan gambar yang tajam dan jelas.

Baca Juga:  Jenis, Cara Kerja, dan Fungsi Dioda pada Rangkaian Elektronik

Akan tetapi hal ini pastinya juga membutuhkan jarak pandang yang jauh pula. Apabila ruangan sempit, maka televisi dengan resolusi full HD 1080p dikatakan cukup memuaskan.

4. Sesuai Budget

Untuk tips yang terakhir harus melakukan pembelian televisi sesuai dengan budget atau kebutuhan. Jangan hanya terpaku pada ukuran televisi yang besar. Akan tetapi, Anda harus menyesuaikan apakah televisi yang hendak dibeli tersebut sesuai anggaran atau tidak.

Selain itu, lihat juga fitur apa saja yang ditawarkan karena sekarang banyak sekali penawaran smart TV yang mampu mendukung fitur lebih banyak. Seperti bermain game, menonton YouTube, berselancar di internet atau yang lainnya.

Semakin banyak fitur yang tersedia, maka sudah sewajarnya apabila harga yang ditawarkan lebih mahal. Terlebih lagi jika televisi tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Rekomendasi Televisi Mini untuk Ruangan Minimalis

Memiliki ruangan minimalis bukan menjadi hal yang menyedihkan lagi bagi sebagian orang yang hidup di zaman milenial ini. Mengingat bahwa perangkat elektronik seperti televisi mempunyai ukuran yang sangat beragam.

Jika sekiranya Anda mempunyai ruangan televisi yang tidak terlalu besar, maka sangat disarankan agar memilih televisi berukuran mini. Apabila memaksakan membeli TV dengan ukuran yang besar sedangkan ruangan kecil, maka hal ini membuat ruangan terasa lebih sempit.

Tentu saja bisa mengurangi kenyamanan selama menonton televisi. Berikut ini televisi ukuran mini yang cocok untuk ruangan minimalis, di antaranya:

1. 19 Inci

19 Inci

19 inci bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat, karena televisi ini mempunyai ukuran diagonal 48.26 dengan bobot 7.0 kg. Dengan ukuran tersebut, lebih mudah dipindahkan karena mempunyai bobot yang tidak terlalu berat. Walaupun ukurannya kecil, fitur dan spesifikasi yang ditawarkan lengkap.

Baca Juga:  AC 1,5 PK Berapa Watt? Simak Penjelasannya Berikut Ini

2. 22 Inci
22 Inci

Untuk pilihan televisi mini selanjutnya yaitu 22 Inci. Ini merupakan televisi dengan ukuran diagonal 55.88 cm dengan bobot 5.0 kg. Ukurannya memang kecil, akan tetapi sudah mempunyai tampilan gambar yang mempunyai resolusi 720p.

Jika Anda memilih televisi yang mempunyai resolusi tersebut, maka akan memberikan gambar dengan kualitas yang bagus sehingga saat menonton televisi terasa sangat nyaman.

3. 24 Inci

24 Inci

Untuk melakukan pembelian televisi dengan ukuran 24 Inci, maka pastikan bahwa televisi tersebut memberikan penawaran kualitas gambar yang tajam dan jernih. Ukuran televisi dalam cm mempunyai panjang 60,96 cm.

4. 29 Inci

29 Inci

Televisi dengan ukuran 29 inci ini mempunyai diagonal 73.66 cm yang sangat tepat. Apabila Anda memiliki ruangan menonton TV yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil pastikan bahwa Anda memilih televisi yang dibekali dengan fitur lengkap.

Terutama bagi Anda yang mempunyai anak supaya tidak sering bermain gadget, namun bisa menyaksikan acara televisi sesuai yang disukai.

Memperhatikan dari segi ukuran televisi sebelum melakukan pembelian memang sangatlah penting. Tujuannya supaya Anda menemukan tempat menonton yang menyenangkan dan nyaman. Televisi di zaman sekarang ini memang menjadi hiburan yang hampir semua rumah pasti akan memiliki.

Bahkan, televisi yang ada di satu rumah bisa lebih dari satu televisi. Untuk itu, dengan informasi seperti di atas diharapkan agar Anda tidak salah dalam menentukan pilihan televisi dan sesuaikan dengan ruangan yang ingin digunakan untuk menonton televisi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment