Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponen Didalamnya

Agar Anda memahami bagaimana cara kerja dari kulkas 2 pintu, maka perlu mengetahui diagram kulkas 2 pintu terlebih dahulu. Tidak sampai disitu saja, tetapi Anda juga perlu agar mengetahui komponen apa sajakah yang terdapat pada kulkas dengan fungsi berbeda-beda.

Seperti sudah diketahui bahwa kulkas mempunyai 1 dan 2 pintu, dimana masing-masing juga akan menawarkan kelebihan tersendiri. Sebut saja seperti dengan lemari es dua pintu yang banyak dipilih oleh masyarakat buat menyimpan berbagai bahan makanan.

Tidak seperti dengan perangkat audio ataupun tv, sistem wiring diagram kulkas 2 pintu, ternyata jauh lebih sederhana dan hanya terdiri dari beberapa komponen. Hampir semua merk tv seperti Polytron, Sharp hingga Samsung ternyata mempunyai wiring diagram yang sama.

Keberadaan dari skema dari jenis lemari es ini sebenarnya hampir mempunyai kesamaan dengan diagaram time kulkas 1 pintu. Tetapi bedanya pada jenis dua pintu mempunyai komponen tambahan berupa heater serta defrost yang mempunyai kemampuan dalam menghilangkan bunga es otomatis.

Diagram Kulkas 2 Pintu

Agar Anda semakin memahami bagaimana skema kulkas 2 pintu atau sistem kelistrikan didalamnya, maka berikut ini gambar yang sudah kami siapkan.

Diagram Kulkas 2 Pintu

Komponen atau Bagian Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Setelah Anda mengetahui bagaimana skema diagram dari lemari di atas, maka perlu mengetahui komponen dalam rangkaian kulkas 2 pintu ini. Secara umum, bagian komponen dari diagram diatas hampir sama dari semua merk kulkas di Indonesia termasuk keberadaan dari Polytron satu ini.

Thermostat

Sensor dari kulkas ini yang akan membantu pemilik mengetahui berapa suhu ruangan didalamnya. Sebagai contohnya adalah pada merk kulkas Polytron dengan 2 pintu, Anda juga dapat menemukan diagram time kulkas 1 4.

Jika ternyata nantinya terdapat salah satu skala mengalami kerusakan, maka dapat mengakibatkan hal fatal pada kulkas Anda tersebut. Agar tidak semakin parah, silahkan lakukan perbaikan pada komponen ini.

Baca Juga:  Rumus Menghitung Lilitan Trafo Beserta Pengertiannya Lengkap

Kompresor

Bagian berikutnya dari skema time kulkas 1 4 adalah kompresor. Ini adalah pompa listrik yang berfungsi untuk mengalirkan dan menghisap gas freon. Gas tersebut akan dialirkan agar melewati komponen pipa pendingin

Apabila Anda ingin menemukan komponen tersebut, cobalah cek pada bagian belakang dari kulkas. Disanalah terdapat komponen dengan bentuk tabung yang digunakan untuk menyimpan bagian-bagiannya serta terdapat minyak pendingin.

Door Switch Refrigerator

Bisa disebut dengan sakelar lampu dimana dapat melepaskan kontak listrik apabila para pengguna menekan tombol tersebut. Secara sederhana fungsinya adalah digunakan untuk menghubungkan kipas angin dan lampu.

Apabila kondisi kulkas terbuka, maka saklar tersebut akan langsung memindahkan aliran listrik agar menuju ke bagian dari ke kipas dan nantinya ke bagian lampu.

PTC

Fungsi utama dari komponen PTC (Positive temperature coefficient) yakni mengalirkan arus listrik pada lilitan bantu ketika bagian dari kompresor baru dinyalakan. Kehadirannya dapat menstabilkan rotor, sehingga panas yang dihasilkan dari lilitan kompresor menyebabkan peningkatan suhu PTC.

Biasanya juga terdapat beberapa jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada komponen tersebut seperti kepingannya pecah bahkan nilai resistansi sudah jenuh akibat suhunya berubah-ubah.

Thermo Fuse

Pada kulkas sanyo 2 pintu model lama dan baru ataupun merk lainnya, ternyata juga terdapat komponen satu ini. Cara kerja dari thermo fuse yaitu dengan mencegah agar bagian heater tidak menghasilkan suhu secara berlebih serta dapat dijadikan pengaman pada thermostat.

Kipas Evaporator

Fungsi utama dari kipas ini adalah menghembuskan udara dingin dari bagian evaporator ke seluruh ruangan lemari es. Komponen inilah ternyata memanfaatkan sistem defrost alias mampu menghilangkan kembang es didalamnya.

Thermo Defrost

Thermo defrost juga termasuk ke dalam sensor kulkas Polytron 2 pintu ataupun merk lainnya yang juga penting. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan heater atau pemanas secara berkala yakni setiap 7-8 jam sekali.

Baca Juga:  Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon, Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Lainnya

Dengan adanya bagian inilah dapat mencegah adanya kembang es yang nantinya dapat menutupi bagian kulkas. Adanya sistem tersebut, Anda tidak perlu melakukan pembersihan bunga es secara manual.

Perbedaan dari Wiring Timer Kulkas 1-4 dan 1-3

Setelah Anda mengetahui diagram gambar komponen kulkas dan fungsinya diatas, Anda juga wajib memahami bagaimana perbedaan wiring time pada lemari es 1-4 dan 1-3. Sebab tidak sedikit dari Anda pastinya masih merasa kebingungan bukan.

Terlebih lagi kadang di lapangan terdapat kulkas timer 1-4 rusak tetapi terdapat stock time 13 ataupun sebaliknya. Sebenarnya sudah ada banyak gambar skema kulkas 2 pintu time 1 4 dan 13 di internet, tetapi ada baiknya agar memahami perbedaannya dibawah.

Selain dilihat dari nomor seri time, Anda juga dapat melihat sambungan kaki timer nomor 2 kemana pada bagian. Apabila ke kaki atau pin nomor 2 timer disambung langsung ke bagian thermo defrost/bimetal/funse dingin, maka indikasi bahwa menggunakan skema time kulkas 1-3.

Sebaliknya apabila Anda melihat kalau kaki atau pin dari nomor 2 tersebut di sambung langsung ke bagian heater atau fuse panas, maka itu dapat menjadi tanda bahwa timer yang digunakan itulah adalah timer 1-4.

Bagaimana Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Bagaimana Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Sebagai pemilik kulkas 2 pintu, maka tidak hanya mengetahui cara mematikan kulkas Polytron ataupun pada merk lainnya. Tetapi juga wajib mengetahui bagaimana cara kerja dari lemari es dengan dua pintu tersebut berikut ini.

Proses Pendinginan

Cara kerja pertama adalah bagian dari proses pendinginan, dimana ketika Anda menyalakannya pertama kali, maka suhu didalamnya masih hangat alias tidak dingin. Oleh sebab itulah, bagian dari sensor thermostat akan berikan perintah timer defrost sehingga dapat menghubungkan arus listrik ke kompresor.

Baca Juga:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku dan Mengatasinya

Kompresor yang menyala akan menghisap gas freon didalam evaporator dan dihembuskan dengan tekanan tinggi melalui filter ke kondensor. Akibat proses inilah, maka gas freon yang awalnya berupa gas akan menjadi cair dan suhunya juga lebih rendah.

Zat freon yang mempunyai suhu rendah itulah akan langsung dialirkan menuju ke jaringan pipa evaporator. Pipa evaporator inilah akan menghembuskan suhu dingin dan merata ke bagian ruang di kulkas.

Proses Defrost

Defrost inilah menjadi proses sangat penting pada kulkas dua pintu karena dapat mencegah adanya bunga es pada kulkas. Dimana ketika suhu didalam kulkas sudah mencapai dingin tertentu, maka thermostat akan memutuskan aliran listrik ke bagian kompresor sehingga membuat sirkulasi gas freon terhenti.

Sistem dari defrost inilah akan dikendalikan oleh bagian time defrost yang pada dasarnya merupakan sebuah relai. Dimana sistem timer itulah akan berfungsi setiap 7 ataupun 8 jam sekali.

Ketika Anda membeli kulkas dengan dua pintu, maka sebaiknya harus memahami dengan baik bagaimana sistem kelistrikan yang terdapat diatas. Dengan mengetahui diagaram kulkas 2 pintu inilah, maka Anda dapat melakukan deteksi apabila terdapat kerusakan komponen.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment