Penjelasan Tentang Arti Babayo Dalam Bahasa Gaul

Para pengguna media sosial jika kurang begitu update pasti banyak ketinggalan update seperti apa arti babayo dalam bahasa gaul. Pasalnya, istilah tersebut telah begitu banyak menghiasi konten ataupun komentar di internet.

Pada mulanya, istilah babayo dibuat dan dipopulerkan oleh salah satu konten kreator di aplikasi Tik Tok bernama @Botakeras. Lama kelamaan, rupanya kata tersebut banyak digunakan oleh netizen sebagai bahasa pergaulan.

Nah, tidak begitu lama istilah babayo mulai menyebar di berbagai konten internet. Jadi, buat Anda yang mengaku gaul di media sosial, sudah seharusnya untuk mencari tahu arti dari kata tersebut.

Apa Arti Babayo Dalam Bahasa Gaul?

ryan babayo

Beberapa dari Anda mungkin ada rasa penasaran dengan apa artinya babayo itu. Memang kata tersebut dalam beberapa waktu terakhir sering digunakan di jejaring sosial oleh para netizen.

Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua orang mengetahui betul arti dari istilah tersebut. Bagi yang belum tahu, babayo sendiri dalam bahasa Indonesia mempunyai arti berbahaya.

Kata tersebut berasal dari istilah bahasa minang “Babayo” yang berarti berbahaya. Penggunaan arti dari kata babayo sendiri biasanya untuk pengingat atas akan terjadinya bahasa atau suatu hal tertentu.

Selain itu, istilah tersebut juga bisa dipakai untuk menyatakan hal yang bisa memberikan hal negatif atau buruk kepada seseorang. Jadi, pada intinya istilah tersebut bisa dijadikan sebagai pengingat ataupun peringatan akan terjadinya hal negatif tertentu.

Pada mulanya, istilah babayo ini dipopulerkan oleh akun TikTok bernama @botakreras dan adiknya Ryan. Perlu diketahui, adiknya tersebut merupakan anak dengan kebutuhan khusus.

Ketika sedang membuat konten bersama, Ryan tanpa sengaja mengeluarkan kata babayo pada sang kakak. Ryan mengucapkannya karena kaget saat sang kakak memberikannya berang-berang.

Bahasa Gaul Lain Dari TikTok

arti babayo

Selain arti babayo dalam bahasa gaul, sepertinya Anda juga perlu mengetahui berbagai kata lain yang sering dipakai di TikTok ataupun sosial media. Bahasa seperti itu jika tidak diikuti memang dapat membuat kebingungan saat Anda melihatnya di internet.

Baca Juga:  Reaksi Pembakaran: Proses Pembakaran Sempurna & Tidak Sempurna

Oleh karena itu, sebagai pengetahuan umum tidak ada salahnya Anda untuk mencari tahu arti dari istilah tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa kata yang kerap kali digunakan sebagai bahasa dalam pergaulan populer di internet selain arti kata babayo.

1. Rungkad

Istilah gaul pertama yang sering dijumpai di internet adalah rungkad. Kata tersebut mungkin sudah sering kali Anda temui pada saat sedang asyik menjelajah di media sosial ataupun TikTok.

Rungkad pada awalnya dipopulerkan oleh selebriti TikTok asal Pangandaran, Jawa Barat. Di dalam konten orang tersebut, rungkad diucapkan tidak hanya sekali, melainkan sampai berkali-kali pada percakapannya.

Mendengar istilah tersebut diucapkan berkali-kali tentu membuat para penonton konten penasaran dengan artinya. Rungkad sendiri merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti tumbang sampai ke akar-akarnya.

Pada awalnya, rungkad ini hanyalah kata dalam percakapan bahasa Sunda biasa. Namun, semenjak video tentang rungkad tersebut populer, kini para netizen justru kerap kali memakai istilah tersebut sebagai salah satu bahasa pergaulan.

Bahkan, saking populernya kata tersebut ada penyanyi yang menciptakan lagu berjudul rungkad tersebut. Oleh karena istilahnya rungkad sudah viral, lagu tersebut dapat menjadi sukses saat dikeluarkan di pasaran.

2. Kicep

Berikutnya ada juga istilah kicep yang seringkali digunakan dalam pergaulan netizen di internet. Kata tersebut menurut halaman KBBI mempunyai arti diam karena gelisah ataupun takut berlebihan.

Pada mulanya, istilah tersebut banyak dipakai oleh masyarakat asal betawi ketika berkomunikasi di keseharian. Namun, seiring dengan sering digunakannya kata tersebut mulai populer dan mulai menjadi bahasa pergaulan sehari-hari.

Biasanya, kicep digunakan sebagai ucapan untuk memberikan ejekan pada teman ataupun orang lain yang dianggap tidak berani pada sesuatu. Jadi, setelah mengetahui arti tersebut diharapkan Anda dapat menggunakannya secara tepat di percakapan sehari-hari.

Baca Juga:  Proses Refinery: Pengertian, Jenis Beserta Fungsinya

3. TBL: Takut Banget Lho

Kata TBL TBL TBL mungkin sering kali menghiasi layar komentar ataupun konten di media sosial. Lantas, apakah Anda tahu sebenarnya apakah arti dari kata TBL tersebut?

Sebenarnya, TBL ini merupakan singkatan dari kalimat Takut Banget Loh. Singkatan tersebut digunakan untuk menyatakan saat seseorang dalam keadaan ketakutan atau dalam masalah yang membuatnya merasa takut.

Nah, daripada harus panjang-panjang mengatakan takut banget loh, netizen meringkas kalimat tersebut menjadi TBL. Pada akhirnya, TBL digunakan sampai saat ini di internet dan menjadi salah satu kata gaul di kalangan netizen.

4. YGY: Ya Guys Ya

Kata YGY atau Ya Guys ya biasanya dipakai seseorang untuk meyakinkan atau meminta orang untuk mengiyakan perkataannya. YGY biasanya dipakai oleh para influencer, pengguna sosmed, dan bahkan sampai di pakai untuk bahasa sehari-hari.

5. Prenjon

Prenjon merupakan plesetan kata bahasa Inggris “Friendzone”. Istilah tersebut dalam bahasa Indonesia mempunyai arti zona teman atau posisi orang yang hanya dianggap teman oleh orang yang disukainya.

6. Bestie

Kata bestie ini sering digunakan untuk menyebut atau memanggil orang yang dianggap sebagai sahabatnya. Bestie sendiri merupakan salah satu istilah dari bahasa Inggris dengan arti Bestfriend atau sahabat baik.

7. Swyamahifprmaiy

Untuk istilah ini memang terlihat panjang dan tidak mempunyai arti apapun di bahasa sehari-hari. Namun, ternyata arti dari tulisan itu adalah singkatan “So Whenever You Ask me Again How I Feel, Please Remember My Answer is You”.

8. Cheugy

Di kalangan anak milenial atau Gen Z, istilah Cheugy pasti sudah tidak asing lagi. Pada umumnya, istilah Cheugy digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang dirasa sudah ketinggalan zaman atau kuno.

Baca Juga:  Inilah 5 Perbedaan Sarana dan Prasarana yg Harus Kamu Tahu!

9. DC

Selain arti babayo tiktok, Anda pasti juga penasaran dengan arti kata DC pada yang ada di caption sebuah konten TikTok. DC merupakan singkatan dari dance credit yang dipakai oleh pengguna untuk memberikan kredit ke kreator asli saat memakai videonya.

10. FYP

Apabila membahas tentang bahasa populer di netizen, maka singkatan FYP pasti sudah banyak yang tahu. FYP merupakan singkatan dari “For Your Page” yang artinya adalah halaman awal TikTok di mana Anda akan bisa mendapatkan berbagai macam konten TikTok sesuai selera.

11. IB

Selain arti babayo dalam bahasa gaul, ada juga istilah IB atau Inspired By yang sering digunakan oleh pengguna TikTok. Inspired by ini memiliki arti terinspirasi oleh yang biasa digunakan untuk pengguna yang mengambil ide inspirasi dari pengguna lainnya.

12. MID

Bahasa sosial media “MID” umumnya digunakan di TikTok untuk menggambarkan penampilan dari seseorang yang dianggap biasa saja. Tidak jarang MID dipakai untuk menyatakan suatu hal yang sedang-sedang saja.

13. Pick Me Girl

Pick Me Girl juga termasuk ke dalam bahasa gaul yang populer di kalangan netizen. Kalimat Pick Me Girl digunakan saat seseorang mengakui bahwa kualitas dirinya tidak sama dengan orang lainnya dan biasa dipakai oleh orang yang ingin menjadi pusat perhatian.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, arti babayo dalam bahasa gaul ini merupakan bahasa minang yang berarti berbahaya. Selain kata babayo tersebut, Anda bisa juga memahami arti kata lain yang dijelaskan di atas agar tidak ketinggalan update bahasa gaul di Internet.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment