Frekuensi MNCTV, Solusi yang Gak Kebagian Program

Menonton TV menjadi kegiatan pelepas stress yang mudah dan juga murah untuk dilakukan. Pasalnya, kamu hanya membutuhkan perangkat berupa televisi. Namun jika tidak ada televisi, kamu masih tetap dapat melakukan streaming di situs tertentu.

Salah satu kanal yang digandrungi masyarakat Indonesia adalah MNCTV. Maka dari itu wajib untuk mengetahui frekuensi MNCTV.

Mengenal MNCTV, Saluran Lokal Kecintaan Warga

Frekuensi MNCTV

MNCTV (Media Nusantara Citra Televisi) merupakan sebuah brand baru yang dulunya bernama TPI. Bersamaan dengan SCTV dan RCTI, MNCTV terus mengembangkan kualitas dan menemani masyarakat Indonesia. Berkecimpung lama di dunia pertelevisian menjadikan MNCTV tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Seperti yang telah disebutkan di atas, MNCTV merupakan nama baru yang mana dulunya disebut TPI.

Pada mulanya, TPI dibentuk sebagai kanal khusus pendidikan. Banyak segmen acara yang dibuat dan menghibur masyarakat. Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat membutuhkan hawa segar dari tayangan perusahaan ini. Dengan statusnya sebagai televisi khusus edukasi, tentu sulit bagi perusahaan untuk mengeksplor dan menayangkan tayangan baru.

Maka dari itu, pada bulan Oktober di tahun 2010, setelah melalui diskusi panjang, perusahaan memutuskan untuk merubah nama dari TPI menjadi MNC. Perubahan tersebut dilakukan dengan harapan perusahaan dapat menyediakan tayangan yang lebih bervariasi sehingga menguntungkan kedua belah pihak baik perusahaan maupun pemirsa.

Serba-Serbi Frekuensi MNCTV dari Satelit

Frekuensi menjadi hal yang sangat penting dalam televisi. Tanpa keberadaan frekuensi tersebut, tentu kamu sebagai penikmat acara tidak dapat menonton tayangan yang disediakan. Mengetahui frekuensi ini sangat diperlukan, khususnya setelah perubahan secara massal terkait penggunaan TV analog ke TV digital. Frekuensi dari MNCTV sendiri terbagi menjadi beberapa jenis.

Baca Juga:  Kode Warna Resistor 100k dan Cara Membacanya

Frekuensi MNCTV dari Satelit Telkom 4

Satelit Telkom 4 memiliki 2 reveiver atau penerima, yang pertama adalah MPEG 2 dan yang kedua adalah MPEG 4. Pada receiver MPEG 2 frekuensi terletak pada 4034 dengan gelombang longitudinal sebesar 1080. Sedangkan pada receiver MPEG 4 frekuensi terletak pada 3860. Panjang gelombang longitudinalnya pun sama yaitu sebessar 1080.

Frekuensi MNCTV dari Satelit 3S

Frekuensi yang kedua berasal dari satelit Telkom 3S yang mana dapat diakses dengan menggunakan parabola Transvision. Jenis ini memiliki frekuensi pada 12560 dan simbol rate 10000. Selain itu, polaritasnya merupakan horisontal atau biasa dituliskan dengan huruf H. Koordinat yang dimiliki yaitu 108.0’E.

Frekuensi MNCTV dari Satelit Palapa D

Frekuensi yang ketiga yaitu berasal dari sebuah satelit yang bernama Palapa D. Pada jenis ini, kamu dapat menggunakan 2 jenis receiver yaitu MPEG 2 atau MPEG 4. Aksesnya pun gratis, atau dapat dinikmati tanpa harus berlangganan. Pada receiver MPEG 2, transpondernya yaitu 04187 V 08800 sedangkan pada MPEG 4, transpondernya berupa 04374 H 06499.

Frekuensi Kanal MNCTV dengan Receiver Khusus

Tanpa adanya receiver, tayangan memang tidak akan dapat dinikmati oleh pemirsa di rumah. Maka dari itu, perusahaan biasanya menawarkan berbagai receiver khusus. Dengan harga yang agak lebih mahal, kamu bisa menikmati tayangan secara lancar dan tanpa kendala apapun. Maka dari itu, banyak yang memutuskan untuk menggunakan receiver khusus ini.

Receiver MNC Media

Sesuai dengan namanya, receiver ini memang dimiliki oleh pihak MNC. Dengan menggunakan receiver khusus dari MNC, maka tayangan milik MNC dapat dinikmati. Mulai dari MNCTV, iNews, GTV, dan juga RCTI. Menonton siaran dengan receiver ini menjadi sangat mudah dilakukan oleh pemirsa.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Merk Mesin Jahit Terbaik yang Bisa Dibeli di Marketplace

Receiver K Vision

Jika kamu menggunakan receiver K Vision, maka tayangan baik dari GTV, MNCTV, dan juga RCTI dapat dinikmati. Frekuensi dari receiver ini yaitu Telkom 4. Transponder yang dapat kamu gunakan pada kanal MNCTV adalah frekuensi 4060 V 31000.

Receiver Nex Parabola

Pada receiver ini, kamu dapat menikmati tayangan baik dari MNCTV, GTV bahkan hingga RCTI. Frekuensinya tidak sulit untuk didapatkan, hal ini dikarenakan receiver Nex Parabola memang sangat bagus dan juga banyak direkomendasikan. Tayangan dari MNCTV dapat dilihat secara gratis dengan menggunakan receiver ini, pada frekuensi 4180 V 29800.

Receiver Nusantara HD

Pada satelit Telkom 4, tayangan yang diterima Nusantara HD ini sudah lengkap dan juga dapat diakses secara gratis atau FTA (Free to Access). Tentunya tayangan yang dapat dinikmati mulai dari MNCTV, GTV, dan juga RCTI. Pada kanal MNCTV, frekuensinya adalah 3934 V 10000.

Program yang Direkomendasikan, Aman untuk Ditonton Bersama Keluarga

Sesuai dengan namanya, Media Nusantara Citra (MNC) merubah sasaran pemirsa yang awalnya khusus untuk pendidikan saja akan tetapi sekarang menjadi semua kalangan. Program yang ditampilkan pun menjadi semakin beragam dan menyenangkan. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat kamu tonton di kala senggang.

Program Upin & Ipin

Program satu ini tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat, bukan? Bahkan baru-baru ini, lagu yang dinyanyikan karakternya yaitu Mei-Mei dan Susanti menjadi sangat viral. Tayangan ini berupa animasi dengan bahasa Melayu. MNCTV juga menambahkan translate berupa bahasa Indonesia untuk memudahkan pemirsa yang tidak familiar dengan bahasa Melayu. Tidak hanya anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun banyak yang menyukai program ini.

Program Siraman Qolbu

Bagi kamu yang beragama Islam dan membutuhkan pencerahan serta ketenangan hati, maka program satu ini sangat cocok. Kamu dapat belajar agama sekaligus menenangkan diri dengan tayangan ini.

Baca Juga:  Definisi, Fungsi, Susunan Kabel Crossover

Program Uang Kaget

Salah satu program yang cukup menghibur adalah Uang Kaget. Pada program ini, host yang telah disiapkan akan menyusuri satu lokasi dan meminta target untuk membelanjakan uangnya. Selain menghibur, program ini juga memiliki pesan moral dimana sebagai orang yang mampu, sebaiknya menolong orang lain yang berada di bawah.

Program Raden Kian Santang

Salah satu tayangan serial yang cukup terkenal adalah Raden Kian Santang. Kini, program ini sudah mencapai musim ketiga. Mengisahkan kondisi kerajaan milik Prabu Siliwangi di zaman dahulu, program ini sangat mendidik. Pemirsa dapat belajar sejarah dengan santai dan tanpa tekanan. Penampilan dari aktor dan aktrisnya pun tidak perlu diragukan lagi.

Program Adit & Sopo Jarwo

Program animasi lain yang ada di MNCTV adalah Adit & Sopo Jarwo. Kamu tentu sudah familiar dengan tayangan ini, bukan? Mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari Adit beserta kawan-kawannya, dibarengi dengan tingkah Bang Sopo dan Bang Jarwo yang terkadang menggemaskan. Serta figur pak Haji yang bijaksana, tayangan ini cocok untuk melepas stress akibat aktivitas padat.

Masih banyak lagi program yang ada di MNCTV. Kamu dapat mengecek tayangan apa saja yang tersedia melalui situs resmi dari MNCTV itu sendiri. Jadwal tayangan secara lengkap juga dapat dilihat sehingga kamu tidak akan tertinggal. Demikian informasi singkat mengenai frekuensi MNCTV. Kamu dapat mengaplikasikannya untuk dapat menonton tayangan menarik yang ada di kanal MNC.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment