Bolehkah AC Bocor Dinyalakan? Berikut Penjelasan dan Bahayanya

Bolehkah AC bocor dinyalakan? AC (Air Conditioner) adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengatur suhu udara dan kelembaban di dalam ruangan. Namun, jika AC mengalami kebocoran, hal tersebut bisa menjadi masalah serius.

AC yang bocor biasanya ditandai dengan suaranya yang menjadi berisik dan suhu ruangan yang tidak dingin meskipun AC sudah dalam mode menyala. Terlebih jika lampu indikator terus berkedip dan bagian luar AC tidak terasa panas.

Kebocoran pada AC bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya kerusakan  pada pipa AC, kerusakan pada bagian evaporator atau kondensor, atau kebocoran pada sistem refrigerant yang digunakan untuk mengatur suhu.

Apa yang Menyebabkan AC Bocor?

Terjadinya kebocoran pada AC bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan AC bisa bocor, diantaranya:

Terjadinya Kondensasi

Kondensasi pada AC bisa terjadi ketika udara dingin dan lembab di dalam ruangan bersentuhan dengan permukaan pipa dingin di unit AC. Kondensasi tersebut kemudian mengalir ke dalam saluran pembuangan AC. Jika saluran pembuangan AC tersumbat atau tidak berfungsi dengan baik, maka air dapat mengalir kembali ke dalam unit dan menyebabkan kebocoran pada AC.

Filter AC Kotor

Filter AC yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan penumpukan air di dalam unit AC. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan air dan menyebabkan kebocoran AC.

Pipa AC Rusak

Pipa AC yang rusak atau retak juga dapat menyebabkan kebocoran. Pipa yang rusak bisa saja menyebabkan kebocoran pada refrigeran yang diperlukan untuk mendinginkan ruangan. Kebocoran ini dapat menyebabkan kerusakan pada AC.

Salah Pemasangan

Ketika AC dipasang namun posisi dan caranya tidak tepat, maka AC juga berpotensi mengalami kebocoran. Jika posisi AC bagian depan atau belakang miring atau tidak pas, dapat menyebabkan air yang masuk ke saluran pembuangan menjadi kurang maksimal. Hal ini bisa membuat adanya air menetes ke dinding atau mengalami kebocoran.

Baca Juga:  Datasheet Persamaan TIP 31 dan Fungsinya

Tekanan Freon Tidak Tepat

Tekanan freon yang tidak tepat pada mesin AC dapat menyebabkan pipa-pipa pada unit AC menjadi rusak atau pecah. Hal inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebocoran pada AC.

Koil AC Membeku

Aliran udara yang terbatas melalui koil AC dapat menyebabkan kondensasi yang berlebihan pada koil. Hal ini juga dapat menyebabkan koil membeku karena kelebihan air sehingga bisa menyebabkan kebocoran pada AC.

Umur AC 

AC yang sudah digunakan selama beberapa tahun bisa mengalami bocor karena bagian-bagian internalnya banyak yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan.

Jika AC yang kamu gunakan mengalami kebocoran, disarankan untuk memanggil teknisi AC yang terlatih untuk memeriksa masalah dan melakukan perbaikan yang diperlukan pada AC.

Apakah AC Bocor Boleh Dinyalakan?

Ketika kamu mendapati kebocoran pada AC yang kamu gunakan, tidak disarankan untuk menyalakan AC yang bocor karena hal tersebut justru bisa meningkatkan risiko kerusakan lebih lanjut pada bagian internal AC dan juga berpotensi  membahayakan kesehatan.

Saat AC mengalami kebocoran, biasanya terdapat masalah dengan aliran air kondensat yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa membuat penumpukan air di dalam komponen-komponen AC.

Jika penumpukan air terjadi, maka bisa menyebabkan kelebihan kelembaban dan pertumbuhan jamur atau bakteri. Udara yang terkontaminasi seperti ini sangatlah tidak baik karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi atau infeksi saluran pernapasan.

Selain itu, jika AC bocor dan sistem refrigeran mengalami masalah seperti kerusakan, memaksa tetap menyalakan AC dapat menyebabkan kerusakan lebih parah lagi pada bagian internal AC. Jika kerusakan sudah menjadi lebih parah, pada akhirnya justru menyebabkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi.

Baca Juga:  Mengenal Antena Dipole, Pengertian dan Cara Kerjanya

Oleh karena itu, disarankan untuk memanggil teknisi AC yang sudah berpengalaman untuk mengecek kondisi dan melakukan perbaikan yang diperlukan sebelum menyalakan AC.

Bahaya Menyalakan AC yang Bocor

Jika AC yang biasa kamu gunakan mengalami kebocoran dan tetap memaksa menyalakan AC, maka hal itu dapat membawa risiko kesehatan dan merusak bagian-bagian internal AC lebih lanjut dan bisa lebih parah. Berikut ini adalah beberapa bahaya menyalakan AC yang bocor:

Berpotensi Kebakaran

Jika air mengalir ke dalam bagian elektronik AC, hal tersebut bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik dan menyebabkan korsleting atau kebakaran. Hal ini bisa saja terjadi terutama jika ada komponen yang rusak atau ada kebocoran di dekat kabel listrik.

Merusak Komponen Internal AC

Kebocoran pada sistem AC dapat menyebabkan masalah pada komponen lain di dalam AC, seperti kompresor, motor kipas, atau kontrol elektronik. Memaksa menyalakan AC yang bocor bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada unit AC. Dimana pada akhirnya dapat menyebabkan biaya perbaikan yang lebih besar.

Kualitas Udara Buruk

Jika air menumpuk di dalam unit AC, itu bisa menyebabkan kelebihan kelembaban dan pertumbuhan jamur atau bakteri. Udara yang keluar pun sudah terkontaminasi bakteri. Hal ini tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi atau infeksi saluran pernapasan.

Biaya Perbaikan Lebih Besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika AC tetap dinyalakan saat bocor, maka masalah pada unit dapat menjadi lebih parah dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih besar. Hal ini bisa terjadi jika air atau refrigeran yang bocor merusak komponen internal AC lebih banyak.

Konsumsi Listrik Lebih Tinggi

Jika AC bocor, kemampuan pendingin dalam AC akan menurun dan membuatnya lebih sulit untuk mencapai suhu yang diinginkan. Hal ini bisa menyebabkan unit AC bekerja lebih keras dan membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mencapai suhu yang diinginkan. Dengan demikian bisa meningkatkan biaya listrik yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Cara Pasang IC 7812 dengan Mudah dan Cepat

Merusak Lingkungan

Jika refrigeran AC mengalami kerusakan atau kebocoran, maka hal itu bisa  merusak lapisan ozon dan meningkatkan emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Bahaya Terhadap Kesehatan

Udara yang terkontaminasi dari AC yang bocor bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti iritasi mata, hidung dan tenggorokan, sesak napas, sakit kepala, dan gejala-gejala lainnya.

Rasa Tidak Nyaman

Jika unit AC tidak berfungsi dengan baik atau tidak bisa mencapai suhu yang kamu inginkan, tentunya hal ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dalam rumah atau ruangan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, jika AC mengalami bocor maka sebaiknya matikan AC.  Cari tahu bagian mana dari unit AC yang bocor atau mengalami kerusakan. Atau jika kamu tidak begitu paham dengan bagian-bagian AC, sebaiknya segera panggil teknisi AC untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Setelah kebocoran diperbaiki, bersihkan unit AC untuk menghilangkan sisa air atau kelembaban yang mungkin tertinggal di dalam unit. Hal ini dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri di dalam unit AC.

Lakukan juga perawatan rutin pada unit AC untuk mencegah masalah kebocoran di kemudian hari dan bersihkan filter AC secara teratur. Demikian informasi mengenai bolehkah AC bocor dinyalakan, semoga informasi ini membantu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment