Bukan Pendingin Ruangan Biasa, AC Split adalah Teknologi Terkini yang Layak Dibeli

Masuk ke dalam kategori negara tropis, membuat cuaca di Indonesia menjadi cukup panas sehingga pendingin ruangan atau AC cenderung dibutuhkan. Lantas, dengan semakin berkembangnya teknologi kini telah tersedia beberapa jenis AC, seperti tersedia AC split.

AC split adalah jenis AC yang terpasang pada tembok dan terbagi atas unit indoor (unit pendingin yang dipasang di dalam ruangan) dan outdoor (unit pembuang panas yang dipasang di luar ruangan). Alasan AC jenis ini dinamai split karena terbagi atas dua unit yang letaknya berada di dua tempat berbeda.

Adapun AC ini sendiri merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur kondisi suhu pada ruangan menjadi lebih rendah dari suhu yang terdapat dalam lingkungan sekitar.

Semua jenis Air Conditioner (AC) akan bekerja maksimal bila kondisi ruangan dalam keadaan rapat, tidak ada lubang ventilasi, serta jendela yang terbuka. Jika sebuah ruangan terpasang AC split tetapi jendela atau ventilasinya terbuka, maka sistem kerja AC untuk mendinginkan udara tidak akan berfungsi.

Instrumen penyusun dan sistem kerja AC Split

Untuk bisa menghasilkan proses sirkulasi udara yang membuat suhu dalam suatu ruangan menjadi sejuk cenderung dingin, AC split memiliki beberapa instrumen penyusun. Beberapa instrumen tersebut meliputi:

Evaporator

Instrumen pertama pada AC split adalah evaporator. Evaporator pada AC split ini diproduksi dari pipa dengan bahan tembaga yang panjang serta diameter yang ditentukan. Desain evaporator sengaja dibuat berlekuk-lekuk untuk menghemat tempat serta mampu menyerap suhu panas ruangan secara efektif.

Filter udara

Filter yang telah melewati evaporator akan segera disaring oleh filter udara. Cara kerja filter udara pada AC split adalah untuk membuat sirkulasi menjadi bersih dan terbebas dari polutan atau virus berbahaya.

Motor blower

Selanjutnya terdapat motor blower yang berfungsi sebagai sirkulator udara supaya sampai kepada evaporator. Motor blower juga akan mengatur capaian suhu udara seperti yang diharapkan. Pengaturan suhu dapat dilakukan pengguna AC dengan remot kotrol AC split.

Baca Juga:  Solusi Tepat Saat AC Panasonic Mati Sendiri

Sensor suhu dan control panel electric

Instrumen ini bisa dikatakan sebagai komponen pokok karena berfungsi untuk mengatur seluruh kinerja instrumen lainnya, seperti fan, blower, hingga timer.

Kondensor

Instrumen yang selanjutnya adalah kondensor yang terbuat dari pipa berbahan tembaga. Instrumen ini berfungsi sebagai pelepas suhu panas udara yang terbawa oleh Freon untuk dilepas menjadi udara dingin pada ruangan.

Pipa Kapiler

Meski digunakan sebagai penghubung, tetapi pipa kapiler menjadi jembatan penghubung antara bagian bertekanan tinggi dan rendah. Apabila pipa kapiler mengalami kerusakan, maka udara sejuk yang dihasilkan oleh AC tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Kipas

Kipas menjadi salah satu instrumen penting pada AC Split. Umumnya, instrumen ini disimpan di luar ruangan. Kipas digunakan untuk mengoptimalkan kineja evaporator dan menjaga sirkulasi udara tetap stabil.

Printed Circuit Board (PCB)

Papan sirkuit seperti ini, biasanya dapat ditemukan pada semua peralatan elektronik termasuk AC, yang fungsinya untuk memberikan perintah secara keseluruhan agar AC dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Ekspansi Valve

Terakhir ada instrumen Ekspansi Valve. Instrumen ini berfungsi untuk mengatur sedikit banyaknya freon yang masuk ke evaporator. Selain itu, ekspansi valve juga berfungsi untuk mengubah freon cair menjadi gas dingin. Saat ekspansi valve mengalami kerusakan, tentu hal tersebut akan berdampak pada kinerja AC Split.

Tipe-tipe AC Split

AC Biasa/Standar

Sesuai namanya, Air Conditioner tipe ini merupakan versi paling rendah dengan memiliki sedikit teknologi serta hanya dibekali beberapa fungsi dasar saja. Satu hal yang paling menonjol dari AC standar yaitu penggunaan energi yang cucup besar, yang mana saat pertama kali dinyalakan maka perangkat akan langsung bekerja secara penuh.

Proses operasional secara penuh ini terus berlangsung hingga suhu tercapai sesuai dengan yang indikator yang diatur oleh pengguna. Lalu, AC kompresor akan berhenti bekerja untuk sementara waktu kemudian menyala kembali jika temperatur berubah.

AC inverter

AC inverter 

AC split jenis ini mempunyai teknologi hemat daya listrik sehingga menjadi pilihan terbaik dalam hal untuk menyejukkan udara di dalam ruangan. Meski hemat daya listrik, AC ini mampu mendinginkan ruangan dengan cepat layaknya AC standar. Hanya saja harga AC inverter memiliki cukup tinggi dibandingkan AC split biasa atau standar.

AC low watt

ac split adalah

AC low watt dirancang khusus guna menghemat listrik di rumah. Namun, kelemahan dari AC split tipe ini yakni kemampuan mendinginkan ruangan yang memakan waktu sedikit lebih lama.

Keunggulan AC Split

Sebagai produk hasil teknologi terkini, AC split tentu memiliki keunggulannya tersendiri. Berikut adalah keunggulan pada AC split.

Desain yang Simpel

AC tipe split ini memiliki bentuk kotak persegi panjang dengan ukuran yang cukup ideal, yang mana tidak terlalu besar ataupun kecil. Desain simpel ini tidak akan merusak sisi interior rumah bahkan mampu menyesuaikan sekaligus menambah nilai tersendiri.

Bentuk yang ideal tersebut terpasang pada dinding ruangan dengan ketinggian tertentu sehingga tidak memakan area lantai sama sekali. Dengan begitu, lokasi AC ini cukup pas dan tidak mengganggu aktivitas pengguna di dalam ruang.

Hemat Energi

AC split dengan tipe standar sekalipun jauh lebih hemat energi ketimbang jenis pendingin ruangan lainnya. Inilah alasan kenapa  AC split sangat pas bagi perumahan, instansi pemerintahan, serta perkantoran untuk mendinginkan ruangan tertentu saja.

Harga Terjangkau

AC split memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tipe lainnya. Variasi harga AC split tergantung dari daya, merek, dan fitur yang dapat konsumen pertimbangan sesuai budget yang ada.

Baca Juga:  AC 1,5 PK Berapa Watt? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Pemasangan Mudah

Proses pemasangan AC dengan jenis ini terbilang mudah daripada AC corporate seperti tipe cassete dan central, bahkan dapat dilakukan sendiri jika telah mengerti tata caranya dengan baik dan benar. Tetapi, proses instalasi perangkat harus tetap mengikuti petunjuk manual dari produsen dan sebaiknya menyerahkan pada tenaga ahli dari layanan resmi.

Pemeliharaan Mudah

Pengguna yang mengerti komponen sekaligus sistem kerja AC Split, secara otomatis akan mampu melakukan pemeliharaan rutin. Contohnya, membersihkan unit indoor dan outdoor secara berkala dalam periode tertentu serta mengisi refrigerant sendiri.

Pengoperasian Nirkabel

AC seri split bisa dikendalikan dari jarak jauh baik menggunakan bantuan remot kontrol maupun smartphone. Hal ini bisa terjadi berkat kecanggihan dan perkembangan teknologi, bahkan seri terbaru umumnya terdapat fitur Atrificial Intellegence (AI) untuk sinkronisasi cerdas menggunakan perangkat lain.

AC split adalah hasil produk dari teknologi yang semakin berkembang. Mengenal pengertian AC Split paling tidak akan memberikan gambaran jelas terkait desain dan cakupan penggunaan untuk jenis ini. Selain itu, pengguna juga dapat mempertimbangkan memilih antara AC Standar, Low Watt maupun tipe AC split lainnya supaya mendapat produk terbaik.

Kelebihan dari AC jenis split ini lebih banyak daripada kekurangan sehingga lebih baik tidak perlu di diuraikan. Demikian penjelasan lengkap dari pengertian AC Split berikut informasi terkait dari produk tersebut, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk semuanya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment