Cara Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Mudah tanpa Ribet

Cara memperkuat sinyal tv digital bisa dilakukan oleh siapa saja. kamu juga dapat menghemat biaya untuk hal tersebut. Saat ini penggunaan tv analog sudah tidak ada, hal tersebut membuat tv digital mengambil ahli untuk menyiarkan berbagai siaran tv. Namun, terkadang sinyal menjadi masalah.

Untuk mempercepat berbagai proses transisi tersebut, pemerintah sempat memberikan STB atau set top box secara Cuma-Cuma bagi keluarga yang kurang mampu. Pemerintah juga mengingatkan agar masyarakat dapat menggunakan STB untuk televisi digital yang ada di rumah.

Saat ini, masih banyak masyarakat kesulitan dalam mendapatkan channel untuk televisi digitalnya. Permasalahan tersebut seringkali disebabkan oleh sinyal atau kode siaran tv yang belum banyak diketahui orang. Untuk mengganti tv analog ke digital, perlu memenuhi beberapa syarat.

TV Digital: Pengertian, Standar, dan Jenis-Jenisnya

Bagi kamu yang mengalami permasalahan tersebut, perlu menjadi perhatian bahwa terdapat berbagai cara yang bisa digunakan untuk bisa memperkuat sinyal di tv digital. Hal tersebut dapat kamu praktekkan langsung dalam tv yang ada di rumah. Jika masih mengalami kesulitan bisa lihat tutorial.

Cara Memperkuat Sinyal TV Digital yang Wajib Diketahui

Cara yang akan diinformasikan bisa kamu ikuti terlebih dahulu untuk membuat tv digital mempunyai sinyal yang lebih kua dari sebelumnya. Jika masih gagal, bisa mencari referensi yang lainnya, agar jaringan bisa mendukung sistem kerja dari tv digital tersebut.

1. Menggunakan Antena yang Tepat

Pertama, gunakannya antenna yang tepat. Hal tersebut bisa memnjadikan sinyal tv digital lebih kuat. Untuk bisa mendapatkan berbagai kualitas siaran yang sangat baik, kamu harus memilih antenna jenis UHF outdoor. Antenna yang dipasang diluar ruangan akan mampu menerima sinyal lebih baik.

Terdapat berbagai merek yang bisa menjadi pilihan. Rata-rata yang menjadi rekomendasi untuk dipasang adalah PF HDU25, Intra Zeus, PF HD 19, Instra 003, PF HD12 dan HES HS-879. Masing-masing dari jenis tersebut menawarkan harga yang berbeda. Jadi, bisa dipilih sesuai budget.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

2. Mengatur Arah serta Ketinggian Antena

Lanjut pada cara kedua. Setelah memilih antena yang sesuai dengan kebutuhan khususnya pada budget yang tersedia, kamu perlu untuk mengatur arah serta ketinggian dari antena tersebut. kamu dapat memanfaatkan aplikasi antena pointer atau sinyal tv digital untuk hal tersebut.

Setelah berhasil menemukan lokasi transmitter yang terdekat, bisa mengarahkan antena tegak lurus menjadi suatu pemancar yang tepat. Tempatkan antena agar tidak terhalang oleh pohon maupun gedung, karena akan berdampak pada kecepatan sinyal yang diberikan.

3. Gunakan Kabel yang Berkualitas

Perlu menadi perhatian, banyak orang yang menganggap bahwa kabel merupakan suatu hal yang tidak terlalu penting. Padahal kabel menjadi salah satu komponen yang wajib diperhatikan, karena mampu berperangaruh dalam memberikan sinyal pada suatu perangkat elektronik tertentu.

Kualitas pada kabel antena tv digital yang buruk akan sangat berdampak pada kualitas isnyal yang diterima, karena tidak tersalurkan secara sempurna. Maka dari itu, untuk kamu para pemula, sangat penting untuk memperhatikan komponen yang satu ini untuk mendapatkan sinyal terbaik.

4. Menggunakan Booster

Jika tiga langkah yang sudah dijelaskan belum mampu memberikan sinyal yang berkualitas pada suatu tv digital. Kamu bisa menggunakan booster antena tv atau sebuah alat yang dikenal sebagai alat penguat sinyal. Booster sendiri merupakan rangkaian peralatan elektronik yang mampu berfungsi memperkuat UFH.

Hal tersebut kemudian dialirkan pada televisi. Di pasaran sendiri terdapat dua jenis alat untuk penguat sinyal yaitu booster dan CATV. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dengan booster, CATV merupakan sistem penyiarakan tayangan pada televisi menggunakan sinyal frekuensi pada radio.

Baca Juga:  PLC Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

5. Gunakan STB

Cara untuk memperkuat sinyal tv digital iannya bisa dengan menggunakan STB atau set top box sesuai dengan anjuran Pemerintah. Bagi kamu yang mendaptkan STB dengan gratis dari kominfo. Sangat penting untuk mencobanya terlebih dahulu, agar tidak meragukan alat tersebut.

Jika kamu baru akan membeli nya di toko. Perlu diingat, bahwa terdapat berbagai spesifikasi STB yang wajib diperhatikan. Biasanya STB dengan kualitas terbaik di tawarkan dengan fitur DVB-T2. Dengan teknologi tersebut, kamu dapat menikmati berbagai siaran tv dengan kualitas terbaik dan gratis.

Cara Menggunakan STB untuk TV Digital

Setelah dijelaskan secara ringkas bahwa STB merupakan set top box yang menjadi salah satu anjuran pemerintah agar bisa menggunakan tv digital dengan baik. Masyarakat yang menggunakan tv analog sebelum dihapus sangat memerlukan set top box dari pemerintah.

Kominfo sendiri mulai melakukan ASO atau memastikan berbagai siaran pada tv analog dari 2 November tahun 2022 yang lalu. Bagi para pengguna tv analog atau tv tabung tidak perlu khawatir, karena kehadiran STB akan sangat membantu kamu untuk menikmati berbagai siaran tv digital/

Cara menggunakan set top box juga tergolong mudah dan bisa dilakukan untuk semua orang. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa STB yang digunakan sudah mempunyai sertifikat komnfo, lanjut dengan membuka kemasan STB, dalam satu paketnya terdiri dari adaptor, remote control dan juga kabel.

Pindahkan kabel yang berada pada antena di tv ke perangkat set top box yang sudah disediakan, pasangkan kbael RCA pada tv dan hubungkan ke STB. Kemudian nyalakang tv serta set to box nya. Lanjut dengan masuk ke bagian pengatran dan memilih HDMI atau AV jika HDMI tidak tersedia.

Baca Juga:  Mengenal Heater Kulkas Polytron 2 Pintu, Untuk Mencegah Bunga Es

Lanjut dengan memilih menu pencarian sumber, kamu tidak perlu khawatir, karena pada proses ini, tv akan dengan otomatis mencari dan mendeteksi siara tv digital dengan mudah dan cepat. Terdapat berbagai rekomendasi produk stb yang bisa diperhatikan khusus untuk kamu yang ingin membeli.

Pertama Netmdeida, polytron. Ichiko, Akari, Cenus, Tanaka, Matrix, Netxtron, Evercross dan juga Evinix H1. Harga yang dibandrol dari Rp 178.000 hingga Rp. 1.000.000. Kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Tips Menstabilkan Sinyal yang Ada di Televisi Digital

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar sinyal tv digital tetap bisa stabil dan tidak mengalami gangguan pada waktu tertentu. Perlu menjadi perhatian, bahwa banyak faktor yang menjadi penyebab mengenai siyal tidak bisa diterima dengan baik. Seperti kondisi tv dan arah antenanya.

Tips pertama adalah mengecek siaran tv digital pada setiap wilayah. Perlu dicatat, bahwa pada setiap wilayah memiliki kode siaran yang berbeda, kamu juga perlu memperhatikan merk dari tv yang digunakan agar tidak keliru dalam memasukkan kode siarannya. Hal ini sangat penting.

Beberapa cara memperkuat sinyal tv digital diatas bisa langsung dipraktekkan dirumah. Pastikan tv yang digunakan sudah mendukung  fitur DVD-T2 agar bisa memudahkan semua peralatan terpasan dan berguna dengan baik sesuai fungsinya. Jika masih bingung untuk cara penggunaannya, kamu dapat mencari tutorial video melalui platform youtube.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment