Cara Mudah Atasi dan Perbaiki TV Sharp Gagal Start

Siapa yang tidak mengenal merek TV Sharp? Sharp ini menjadi salah satu merek yang ternama dan berkualitas, hingga mudah untuk ditemukan. Namun, dalam penggunaannya ada saja permasalahan yang terjadi,  salah satu adalah TV Sharp gagal start.

Nah, untuk mengatasi TV Sharp yang gagal start cukup mudah. Kamu dapat memperbaiki sendiri TV Sharp tanpa harus memanggil layanan tukang service. Sebelum masuk ke penjelasan mengenai cara mengatasi dan memperbaiki TV Sharp gagal start, simak ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Apa Itu Sharp?

Sharp adalah perusahaan asal Jepang yang merancang dan memproduksi berbagai elektronik yang berkualitas. Perusahaan yang satu ini sudah lama diresmikan sejak 15 September 1912 silam dan berkantor pusat di Sakai-ku, Sakai, Prefektur Osaka. Selain itu, nama perusahaan Sharp diambil dari nama pensil mekanik yang diciptakan oleh pendiri perusahaan, Tokuji Hayakawa dan perusahaan ini sudah memiliki logo sejak tahun 1960 silam.

Pada tahun 1970-an, Sharp memulai kerjasama dengan perusahaan Indonesia bernama PT Yasonta dan saat ini PT tersebut sudah secara resmi menggunakan PT Sharp Electronics Indonesia atau SEID.

Selain itu, Sharp sudah beroperasi di seluruh dunia dan memiliki banyak peminat tersendiri. Produk yang ditawarkan oleh Sharp cukup banyak, mulai dari televisi, audio visual, peralatan rumah tangga, peralatan informasi, telepon seluler, IC, mesin faks, kalkulator, panel LCD, dan masih banyak lainnya.

TV Sharp menjadi salah satu produk yang paling populer dan sangat diminati banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. TV Sharp sudah mulai diminati sejak era TV tabung hingga TV digital saat ini. Hal itu tidak mengherankan karena TV merek yang satu ini memiliki banyak kelebihan, mulai layar gambar yang lebih jernih dan suara lebih jelas, teknologi lebih canggih, harga yang terjangkau, memiliki fitur-fitur yang lengkap, hingga memiliki masa garansi.

Baca Juga:  Daftar Kode TV Ichiko serta Cara Setting Remote yang Benar

Cara Mudah Atasi dan Perbaiki TV Sharp Gagal Start

Penyebab TV Sharp Gagal Start dan Cara Memperbaikinya

Meski memiliki banyak kelebihan, maka tidak mungkin TV Sharp mengalami berbagai permasalahan, salah satu permasalahan yang sering dialami adalah TV Sharp yang gagal start. Apabila TV kamu gagal untuk start kemungkinan perangkat tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

TV gagal start sendiri merupakan istilah di mana kondisi TV tidak dapat menyala, saat sedang dinyalakan. Kondisi ini umumnya ditandai dengan lampu indikator unit TV Sharp yang terkadang  menyala berwarna merah, redup, bahkan mati. Semua jenis TV Sharp seperti Alexander, Aquos, Wonder, dan Qbeat sering mengalami masalah TV yang gagal start dan menunjukkan ciri-ciri yang sama.

Tentu saja, TV Sharp yang gagal start memiliki beberapa penyebab yang dapat kamu selesaikan sendiri. Jadi kamu tidak perlu membawa TV ke tukang servis. Biasanya TV yang gagal start menunjukan bahwa elemen-elemen TV terlalu panas, selain itu, penyebab lainnya adalah papan catu daya yang perlu untuk diganti. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak penyebab umum TV Sharp gagal start berikut ini.

IC Croma Rusak dan Panas

Penyebab umum yang sering dialami saat TV Sharp gagal start dan tidak menyala adalah IC croma rusak. IC croma rusak ini ditandai dengan unit televisi kamu akan terasa agak panas. Saat kamu sedang menyalakan televisi dan tersambung dengan listrik dan kamu menyentuhnya, maka akan terasa panas. Cara memperbaikinya, kamu perlu mengganti IC croma yang rusak agar televisi dapat berfungsi dengan baik.

Dioda Rusak

Selain karena komponen IC croma yang rusak, kemungkinan penyebab umum TV Sharp gagal start adalah adalah komponen dioda yang rusak. Dioda menjadi salah satu komponen penting di TV. Untuk itu alangkah baiknya, kamu mengecek terlebih dahulu dengan multitester. Saat sudah dipastikan rusak, cara memperbaikinya adalah kamu perlu mengganti dioda yang lama menjadi yang baru.

Baca Juga:  Spesifikasi Kulkas Sharp 1 Pintu, Pilihan Tepat untuk Keluarga Kecil

Elco Mati

komponen elco sangat penting pada televisi Sharp kamu. Apabila elco mengalami masalah hingga mati, maka akan menyebabkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah TV Sharp gagal start dan tidak mau menyala. Untuk mengetahui elco rusak atau tidak sebenarnya mudah, kamu hanya perlu melihat ciri dan kondisi fisiknya, seperti pecah, retak, hingga menggelembung. Cara memperbaikinya adalah dapat mengganti elco dengan yang baru. Namun, apabila kondisi fisik elco baik-baik saja, kamu dapat memeriksa  dan mengecek di multitester.

Cara Mudah Atasi dan Perbaiki TV Sharp Gagal Start

Cara Mengatasi TV Sharp Gagal Start

Cara mengatasi TV Sharp gagal start cukup mudah, Kamu tidak perlu memanggil tukang service, kamu hanya perlu mengikuti dua cara, yaitu pertama, dengan melakukan hard reset yang dapat menghapus kesalahan dari memori TV tanpa menghilangkan konten yang sudah diunduh. Kedua, dengan cara menghidupkan paksa televisi. Simak kedua cara mengatasi TV Sharp gagal start.

Cara Mengatasi dengan Melakukan Hard Reset

Cara pertama mengatasi TV Sharp gagal start adalah dengan melakukan hard reset. Bagi kamu yang ingin melakukan hard reset, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, Pastikan TV dalam kondisi mati. Kamu dapat mematikan televisi dan dilanjutkan dengan melepaskan semua koneksi yang terhubung ke perangkat, termasuk sambungan daya.
  • Setelah itu, kamu dapat menekan dan menahan tombol Power pada televisi sekitar 30 detik saja. Dan tunggu beberapa saat.
  • Kemudian, biarkan dulu TV dalam keadaan dicabut dayanya. Kamu dapat menunggu hingga 10 menit dalam kondisi televisi belum terhubung dengan sambungan apapun.
  • Terakhir, sambungkan kembali TV dan perangkat. Kamu dapat mencoba menyambungkan kembali televisi dan perangkat. Lalu kamu coba hidupkan kembali TV dan memeriksa apakah masalah sudah teratasi atau belum.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Kode Remot TV Sharp Semua Tipe

Cara Mengatasi dengan Menghidupkan Paksa Televisi

Apabila cara yang pertama belum berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan cara yang kedua yaitu dengan menghidupkan televisi secara paksa. Untuk cara yang kedua, kamu hanya perlu mengikuti dua langkah saja. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menghidupkan televisi secara paksa, simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, kamu perlu menekan tombol volume down, lalu channel up, lalu power on secara berbarengan. Kamu dapat tunggu beberapa saat.
  • Terakhir, saat TV Sharp sudah mengeluarkan bunyi, kamu dapat menyalakan TV seperti sedia kala. Kamu perlu memeriksa dan mengecek apakah cara ini dapat membuat televisi menyala atau tidak .

Apabila kamu sudah mengetahui penyebab TV Sharp gagal start dan sudah mengganti dengan perangkat baru. Serta kamu sudah sudah mencoba kedua cara mengatasi TV Sharp gagal start, yaitu dengan cara hard reset dan dengan cara nyalakan televisi dengan paksa. Namun masih belum berhasil juga dan tetap tidak mau menyala.

Tentu kamu perlu membawa TV Sharp ke pusat servis terdekat dan ke tukang servis untuk melihat dan menanyakan apa yang menjadi permasalahan dari TV Sharp ini. Semoga informasi TV Sharp ini dapat  bermanfaat!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment