Jaring-jaring Balok dan Cara Mudah Membuatnya!

Balok adalah salah satu contoh bentuk bangun ruang yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari koper, brangkas, kardus, batu bata, dan masih banyak lagi. Untuk itu jaring-jaring balok perlu dipelajari.

Jumlah rusuk yang dimiliki balok adalah 12, terdiri dari 4 rusuk tinggi, 4 rusuk lebar, serta 4 rusuk panjang. Bagi pelajar atau siapa saja yang masih bingung bagaimana cara membuat jaring-jaring untuk bangun ruang balok, simak tata caranya di bawah ini!

Pengertian Jaring-jaring Balok

Jaring-jaring balok

Jaring-jaring merupakan bagian dari mata pelajaran matematika tentang bangun ruang yang harus dikuasai oleh pelajar. Umumnya dalam pelajaran tersebut, para siswa diminta untuk mengamati gabungan dari bangun tiga dimensi dan bangun datar yang terbentuk. Bangun ruang bentuk apa pun diciptakan dari gabungan bangun datar.

Sementara jaring-jaring balok adalah sisi-sisi balok direntangkan mengikuti rusuk-rusuknya, terdiri dari enam persegi panjang serta dua bujur sangkar dan jika dilipat bisa membentuk sebuah balok. Selain itu juga memiliki beragam variasi jaring-jaring sehingga bisa berbeda satu sama lain.

Pemahaman mudahnya adalah dengan cara membuka kardus pembungkus obat. Dapat diperhatikan sebelum kemasan kardus tersebut direkatkan dan berbentuk rapi sebagai pembungkus, produsen harus membuat jaring-jaring dari kardus pembungkus tersebut terlebih dahulu. Sehingga dapat dikatakan sebuah jaring-jaring apabila ketika dilipat bisa membentuk suatu bangun ruang.

Ciri-ciri

Sebuah bangun ruang dapat dikategorikan sebagai balok apabila memenuhi ciri-ciri di bawah ini.

  • Memiliki 12 rusuk sejajar dan sama panjang
  • Memiliki 6 bidang sisi persegi panjang
  • Memiliki 8 titik sudut
  • Tiap diagonal memiliki sisi berhadapan yang sama panjang
  • Memiliki 12 diagonal bidang serta 4 diagonal ruang
  • Seluruh sudutnya siku-siku
  • Tiap diagonal ruang memiliki ukuran ruang sama panjang
  • Tiap bidang diagonal memiliki bentuk persegi panjang
Baca Juga:  Rumus Purposive Sampling Secara Lengkap

Karakteristik

Sebelum mulai membuat, terlebih dahulu perhatikan karakteristik dari jaring balok berikut ini.

Permukaan

Jaring untuk balok tidak mencakup area permukaan, karena masing-masing permukaan akan digambarkan oleh garis tepi.

Sudut dan Tepi

Sudut dan tepi termasuk elemen penting karena bagian tepi bisa mewakili batas antara permukaan balok. Garis tepi memperlihatkan kontur dari setiap sisi, membantu memvisualisasikan bagaimana arah dan bentuk masing-masing sisi.

Label dan Tanda Panah

Tak jarang jaring balok mungkin disertai tanda panah guna menunjukkan arah serta ukuran. Selain itu juga terdapat label yang digunakan sebagai tanda tinggi, panjang, dan lebar di dalamnya.

Dimensi

Karena menjadi representasi dua dimensi dari tiga dimensi, maka dapat memberikan pandangan datar tanpa disertai informasi dimensi atau tingginya.

Tampilan

Tampilan jaring-jaring bisa dirubah sesuai detail yang diinginkan si pembuat. Beberapa hanya mengandalkan garis tepi, namun ada pula yang menggunakan sisi miring.

Pola Membuat Balok

Berikut ini beberapa contoh pola dalam pembuatan balok yang harus diketahui, mengingat terdapat beragam variasi pola yang bisa dibuat dan umumnya menyerupai huruf T.

Cara Membuat Balok dari Karton dan Ukurannya

Cara untuk membuat balok dari karton cukup mudah dilakukan. Hal terpenting adalah memiliki contoh pola beserta ukurannya, sehingga tidak akan salah ketika menggambarnya di kertas karton. Namun sebelumnya Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan berikut.

  • Kertas karton
  • Alat tulis pena atau pensil
  • Kater atau gunting
  • Lem yang bisa untuk merekatkan kertas karton tebal
  • Penggaris

Setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya perhatikan ukuran yang digunakan pada pola. Berikut contohnya.

  • Tinggi (t) : 10 cm
  • Lebar (l) : 12 cm
  • Panjang (p) : 20 cm
Baca Juga:  Pengertian Rangkaian Listrik Campur, Seri, Paralel dan Rumusnya

Cara Membuat Jaring-jaring Balok

Setelah melihat contoh pola di atas dan mempersiapkan bahan-bahannya, Anda bisa mulai membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara pembuatannya.

Tentukan Ukuran

Langkah pertama dalam proses pembuatan balok adalah menentukan ukuran. Anda bisa menggunakan contoh ukuran seperti telah dijelaskan sebelumnya atau memilih ukuran lainnya.

Tentukan Pola dan Jumlah

Karena terdapat banyak pola jaring-jaring untuk balok, pilih pola yang paling sesuai dengan kebutuhan lalu tentukan jumlahnya.

Siapkan Peralatan

Setelah itu siapkan peralatan yang telah disebutkan di atas mulai dari kertas karton hingga lem perekat.

Buat Jaring-jaring

Cetak atau gambar salah satu dari contoh pola di atas pada kertas karton. Selanjutnya gunting kertas karton mengikuti pola garis yang terlihat. Jika sudah rebahkan pola lalu lipat sesuai dengan garis hingga membentuk balok sesuai yang diinginkan.

Balok adalah hasil dari mengelem serta melipat lidah jaring-jaringnya, dan persegi panjang bawah untuk sisi depannya. Jika proses pelipatan telah sesuai pola garis, maka bisa membentuk balok sempurna dan hanya perlu direkatkan menggunakan lem perekat.

Tips Membuat Kerangka Balok

Bagi yang baru pertama kali menggambar pola ini mungkin akan sedikit kesulitan. Untuk itu perhatikan tips dalam membuat kerangka balok di bawah ini.

Buat Bentuk Dasar

Agar lebih mudah, buat bagian dasar yang menjadi salah satu sisi terlebih dahulu yakni persegi panjang. Tentukan panjang dan lebarnya sesuai kebutuhan.

Buat Sisi Atas dan Bawah

Setelah selesai menggambar bagian dasar, buat garis vertikal ke atas sebagai penentu tinggi. Selanjutnya buat garis horizontal di bagian bawah persegi panjang agar membentuk sisi bawahnya.

Hubungkan Sisi

Hubungkan ujung garis dengan garis lurus vertikal, dan nantinya akan membentuk dua sisi vertikal balok. Setelah itu dari tiap sudut atas, gambar garis menuju sudut atas berlawanan guna membentuk sisi miring.

Baca Juga:  Humidity (Kelembaban): Pengertian, Jenis Serta Cara Menjaga

Beri Label

Jika sudah beri label tinggi, panjang, dan lebar di dalam gambar. Bila perlu tambahkan tanda panah sebagai penanda dan agar mempermudah ketika melakukan pelipatan dan pengeleman.

Cara Gambar Balok

Menggambar balok terbilang susah-susah gampang karena memiliki dimensi, dan jika salah ketika mengikuti tekniknya maka hasilnya pun kurang bagus. Simak tips menggambarnya berikut ini.

  • Siapkan kertas dan alat tulis terlebih dahulu.
  • Selanjutnya gambar persegi panjang untuk sisi depannya.
  • Setelah itu gambar persegi panjang untuk sisi belakangnya, letaknya berada di belakang persegi panjang pertama dan menjorok ke kanan atas.
  • Selanjutnya gambar garis penghubung antara bidang depan dan belakang.

Rumus Balok

Berikut ini rumus untuk bangun ruang balok mulai dari mencari volume, luas permukaan, hingga keliling

Volume

V = luas alas x tinggi

= p x l x t

Luas Permukaan

L = 2 x ((p x l) + (p x t) + (l x t))

Keliling

K = 4 (p + l + t)

Contoh Soal

Sebuah balok dengan ukuran tinggi 9 cm, lebar 8 cm, dan panjang 15 cm. Hitung volume dari balok tersebut.

Jawaban

V = p x l x t

= 15 cm x 8 cm x 9 cm

= 1080 cm3

Cara membuat jaring-jaring balok seperti dijelaskan di atas sangat mudah dilakukan, apabila pola gambarnya telah sesuai dan proses pelipatannya telah pas dengan garis.

Di keseharian kehidupan, memahami bagaimana cara pembuatan jaring-jaring balok terbilang cukup bermanfaat. Pasalnya tak hanya perlu dipelajari oleh siswa, namun orang dewasa seperti pekerja pun bisa memanfaatkannya terlebih untuk proses konstruksi atau pembangunan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment