Cara Setting TV Digital LG Berbagai Tipe

Pada merek tv LG terdapat beberapa produk yang sudah dapat support siaran digital. Namun untuk menikmati siaran tersebut, terlebih dahulu Anda harus tahu bagaimana cara setting tv digital LG.

Hal itu karena untuk mengakses siaran digital, terdapat menu pengaturan khususnya di tv LG. Selain itu, agar channel di tv digital muncul semua, Anda juga memerlukan proses scanning terlebih dulu.

Lalu, apakah Anda sudah mengetahui cara apa saja untuk setting pada tv digital LG? Apabila memang belum tahu, maka segera saja anda simak pada penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Tentang Siaran TV Digital

"Cara

Saat ini, Indonesia sedang dalam masa perubahan dari saluran tv analog menuju digital. Pada siaran tv digital, kualitas dari tampilan siaran jauh lebih jernih dan lebih tajam dibandingkan siaran analog.

Dengan kualitas siaran tersebut, kegiatan menonton tv di rumah tentu menjadi lebih nyaman dan pastinya menyenangkan. Apalagi, pada siaran digital, terdapat berbagai macam channel tv baru yang sebelumnya tidak ditemui di tv analog.

Pada umumnya, produk tv yang sudah LED telah dibekali dengan fitur siaran digital langsung. Namun, untuk tv yang belum memiliki fitur tersebut, masih dapat menikmati siaran digital dengan cara setting tv digital menggunakan set top box (STB).

Set top box sendiri merupakan alat khusus yang digunakan untuk menangkap jaringan sinyal digital. Jadi, meskipun tv yang digunakan tidak mempunyai menu siaran digital, dengan alat tersebut siaran tetap dapat dinikmati.

Sementara untuk siaran analog yang sebelumnya biasa dinikmati di televisi, pada tanggal yang telah ditentukan akan dimatikan. Jadi, bagi Anda yang tv-nya belum digital, bisa segera mencari tahu tentang cara beralih ke tv digital LG.

Penjelasan Tombol Remote TV Digital LG

Pada saat ingin berpindah ke tv digital di LG, Anda dapat mempelajari cara program tv LG dengan menggunakan remote tv. Dengan memanfaatkan menu tombol yang ada di remote tersebut, nantinya Anda dapat masuk ke menu siaran tv digital.

Baca Juga:  Kulkas 1 Pintu Berapa Watt? Ini Penjelasannya dan Merawatnya

Lalu, tombol remote manakah yang digunakan untuk masuk ke menu LG tv digital? Nah, untuk memahami hal tersebut, berikut akan dijelaskan tentang berbagai menu tombol yang terdapat pada remote tv LG yang sudah digital.

  • Power Button. Fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan tv
  • Subtitle Button. Memunculkan teks terjemahan di layar tv
  • Input Button. Memilih input eksternal seperti HDMI, antena, dan USB
  • Number Button. Digunakan untuk memilih channel siaran
  • List button. Untuk menampilkan list channel tv keseluruhan
  • Favorit Button. Untuk mengakses saluran favorit
  • Guide Button. Memunculkan jadwal acara siaran digital
  • Mute Button. Menonaktifkan suara di tv
  • Volume button. Fungsinya mengatur tingkat audio speaker
  • Channel Button. Untuk berpindah ke channel lain terdekat
  • Home Button. Untuk akses menu utama tv
  • Navigasi Button. Digunakan untuk memilih item di layar
  • OK button. Fungsinya untuk konfirmasi menjalankan perintah
  • Exit Button. Untuk keluar dari menu yang aktif
  • Back Button. Untuk mengembalikan ke menu sebelumnya
  • Qmenu button. Untuk akses pada fitur menu cepat

Pada umumnya, tombol-tombol menu di atas ini ada pada semua remote tv LG digital ataupun set top box LG. Namun untuk tata letaknya mungkin terdapat beberapa perbedaan antara seri tv LG satu dengan seri yang lainnya.

Cara Setting TV Digital LG

Untuk yang baru pertama kali memiliki TV LG digital ataupun alat DVBT2, mungkin masih sedikit kebingungan dalam mengakses siaran digital. Nah, supaya tidak bingung lagi pengoperasiannya, Anda bisa lihat pada langkah-langkahnya di bawah ini.

1. TV LG Harus Support Siaran Digital

Hal pertama yang harus diperhatikan pada saat hendak masuk ke siaran digital adalah pastikan bahwa perangkat TV LG Anda memang sudah support digital. Sebab, jika memang belum support, maka dengan cara apapun siaran digital tidak akan muncul kecuali dengan STB.

Baca Juga:  Mengetahui Grounding Listrik dan Fungsinya

Oleh karena itu, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah TV LG yang digunakan sudah support tv digital. Caranya cukup simpel sekali, yakni tinggal lihat saja penjelasannya pada informasi manual dan spesifikasi dari produk tv tersebut.

Apabila kardus sudah hilang atau rusak, bisa juga mencari informasi lewat internet. Dengan cara tersebut, Anda bisa mengetahui dengan mudah apakah seri TV LG Anda sudah support digital atau belum.

2. Masuk Pengaturan TV LG

Setelah memastikan TV sudah support digital, maka berikutnya Anda dapat mulai untuk pengaturan masuk ke tv digital LG. Untuk pengaturan menu ini, Anda hanya perlu menggunakan remote tv bawaan dari LG.

Langkah pertama siapkan saja remote tv LG dan tekan tombol pengaturan tv. Umumnya tombol pengaturan tv digital LG ini menggunakan logo bergambar roda gerigi atau gear.

Pilihlah menu pengaturan tersebut dan langsung klik pada bagian program. Nah dari menu tersebut, Anda bisa melakukan pencarian channel siaran digital dengan cara otomatis ataupun manual.

Apabila tidak ingin terlalu ribet dalam mencari channel, maka bisa pilih saja pencarian otomatis. Cara ini sangat praktis karena hanya cukup dengan menekan satu perintah maka tv akan mencari channel siaran sendiri sampai tuntas.

3. Mencari Sinyal TV LG Digital

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara mencari program tv digital LG lebih baik gunakan saja pencarian otomatis. Untuk dapat memilih pengaturan pencarian otomatis pada tv LG digital tersebut, Anda bisa pilih menu program dan pilih auto tuning.

Setelah itu pilihlah juga alat penangkap sinyal yang digunakan untuk mencari siaran. Anda bisa memilih antena jika pencarian dari antena tv atau pilih cable apabila tv Anda menggunakan bantuan alat set top box.

Baca Juga:  Cara Membaca Kode Warna Resistor yang Benar

Jika sudah maka tinggal tekan saja pilihan menu “Start” untuk segera memulai pencarian sinyal. Umumnya, waktu untuk cara memprogram tv LG cukup cepat, namun itu kembali lagi dengan berapa channel yang dapat di scan untuk daerah Anda.

4. Tunggu Scanning Siaran Digital Selesai

Langkah terakhir pada cara setting tv LG digital adalah tinggal menunggunya saja. Proses pencarian sinyal channel digital ini waktu yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung kekuatan dari penangkap sinyal yang digunakan.

Nantinya siaran channel digital yang berhasil didapatkan akan ditampilkan pada layar televisi. Tunggu saja sampai proses pencarian channel otomatis tersebut mencapai progres 100 % agar tidak terjadi masalah dalam scanning.

Setelah scanning selesai, layar tv otomatis akan berpindah masuk ke channel pertama yang ada di tv. Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk melihat channel-channel yang sudah didapatkan dari hasil scan tersebut.

Kurang lebih seperti itu cara dan langkah-langkah untuk setting tv LG digital sendiri dengan remote. Cara ini mungkin tidak mesti sama antar tv LG yang ada, namun secara umum langkahnya pasti tidak jauh berbeda dari penjelasan yang ada di atas.

Itulah berbagai informasi tentang cara setting tv digital LG dan juga penjelasan menu tombolnya. Cara di atas tentunya bisa dilakukan dengan cukup mudah sehingga para pengguna yang awam juga bisa untuk menerapkannya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment