4 Rekomendasi Clear Coat Terbaik Untuk Kendaraanmu!

Siapapun pemilik kendaraan, khususnya para yang empunya mobil, pastilah ingin tunggangannya tampil cantik dan eye catchy di mata publik. Dan untuk mendapatkan kesan demikian, maka penting untuk tidak hanya memprioritaskan kualitas cat yang digunakan, tetapi juga memperhatikan dan menggunakan kondisi clear coat yang tepat untuk mobilnya masing-masing. Nah di artikel ini, kita akan membahas mana-mana saja produk yang masuk daftar clear coat terbaik versi kami.

Penting juga untuk diketahui kalau pengaplikasian clear coat sangat sangat mempengaruhi penampilan fisik mobil tersebut selama 3-7 tahun kedepan. Karena clear coat yang baik bisa menjaga warna cat mobil tidak berubah, menahan efek sinar matahari, menjaga dari zat yang bersifat korosif dan membuat cat tetap glossy dan/atau doff walaupun mobil dipakai secara rutin (baca: terpapar sinar matahari, angin dan hujan secara konstan selama beberapa waktu).

Daftar Clear Coat Terbaik Untuk Kendaraan

Dan disini pun, defisini terbaik adalah subjektif menurut penulis, karena ada yang terbaik secara kualitas tapi harganya bisa dikatakan menjulang sampai ke awan, tapi ada juga yang terbaik karena value for money yang diberikan sangat menarik. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah daftar clear coat terbaik:

1. Spies Hecker

Spies Hecker
Spies Hecker

Adalah salah satu leader sekaligus pemain pernis mobil yang sangat disegani di kalangan komunitas otomotif. Spies Hecker adalah coating cat buatan Jerman yang telah malang melintang sekitar satu abad lamanya. Untuk jenis yang terbaik tak lain adalah Permasolid® HS Speed Clear Coats 8800 yang di klaim bisa melindungi cat mobil Anda sampai dengan 10 tahun.

Produk ini adalah produk premium yang bisa melindungi cat mobil Anda dari kondisi ekstrim seperti suhu panas, goresan halus, serpihan batu dan juga terpaan hujan angin. Perlu diketahui juga kalau Clear Coats 8800 ini juga digunakan oleh mobil-mobil balap Formula 1 dimana ujian akan kondisi yang ekstrim bisa ditunaikan.

Baca Juga:  4 Fungsi Oli Gardan Bagi Kendaraan Bermotor

Produk ini juga dikenal sebagai Clear Coat High Solid yang sangat cepat kering (hanya 5 menit saja pada suhu objek 60°C). Jadi bisa diaplikasikan oleh bengkel biasa sampai bengkel khusus yang memiliki oven untuk pengeringannya.

Untuk harga sendiri, saat ini Speed Clear Coat 8800 dijual dikisaran 500,000 rupiah dengan ukuran 1 liter. Yang artinya Anda akan perlu minimal tiga kali lima ratus ribuan untuk mempernis mobil Anda yang berukuran sedang, dan itu pun belum termasuk dengan thinner dan lain-lainnya. Namun demikian harga memang tidak bisa bohong.

2. Blinken

Blinken
Blinken

Pernis yang menurut penulis terbaik lainnya adalah Blinken Polyurethane Clear Coat / Vernish HS 8100 dan Hardener 8100

Sudah puluhan tahun Blinken telah mengukir merek paling terpercaya dalam memberikan keindahan dan kualitas akan warna dalam dunia otomotif ataupun kendaraan Anda. Maka tidak aneh cukup banyak bengkel yang sudah klop dengan produk Blinken ini, karena selain sudah teruji, harganya pun tidak mencapai langit ke tujuh seperti pernis ala mobil F1 diatas.

Blinken menawarkan produk terbaik dan berkualitas yang langsung bisa Anda dapatkan lebih mudah, lebih cepat dan tanpa perlu ribet untuk mencari campuran yang sesuai dengan pilihan Anda.

Keunggulan dari Blinken HS 8100 adalah:

  • Warna dijamin Awet dan tidak cepat pudar
  • Mudah diaplikasikan
  • Daya sebar yang luas
  • Cepat Kering
  • Ada formulasi anti UV
  • Menutup Sempurna

Untuk hasil maksimal penulis menyarankan agar Blinken HS 8100 ini diaplikasikan sebanyak 3-4 lapis dengan takaran yang pas.

Untuk harganya, Blinken HS 8100 bisa didapatkan dikisaran 350,000 rupiah. Dan bahkan ada beberapa toko atau pun bengkel yang sudah menyertakan Hardener 8100 pada setiap paket pembeliannya Blinken HS 8100.

Baca Juga:  10 Komponen Sistem Pendingin Pada Mesin Kendaraan

3. Sikkens

Sikkens
Sikkens

Didirikan oleh Wiert Willem Sikkens, seorang ahli cat Belanda di akhir abad ke-18, produk ini menjadi salah satu pernis kelas sultan setelah Spies Hecker. Dengan membawa serta nama besar AkzoNobel, Sikkens menjadi pilihan penulis dengan lini produknya Sikkens Autoclear Plus HS.

Pernis solid medium dua kemasan yang cepat kering ini, dirancang khusus untuk aplikasi di Autobase Plus HS. Pernis yang cukup mudah digunakan ini bisa memberikan hasil istimewa pada pemakaian yang kurang memadai seperti penyemprotan di spraybooth atau juga area crossflow.

Penggunaan Sikkens tipe ini juga meminimalisir waktu pengeringan dimana debu tidak akan menempel karena kemampuan dust free tersebut. Sikkens Autoclear HS juga tidak diperlpenyimpanan kendaraan untuk waktu yang lama di dalam tempat spraybooth sehingga penggunaan spraybooth bisa menerima pekerjaan lebih sering.

Autoclear Plus HS sendiri bisa dipoles secepat 1 jam pada suhu ruang yang lebih tinggi.

Kelebihan dari Sikkens Autoclear Plus HS antara lain:

  • Hanya memerlukan waktu 5 menit untuk debu tidak bisa menempel.
  • Kecepatan pengeringan dan pemolesannya membuat bengkel lebih produktif dalam menerima pengecatan baru.
  • Sikkens Autoclear HS juga dirancang untuk easy-to-mix mudah dengan memakai special hardener ditambah dengan reducer. Dan penggunaanya yang gampang karena potlife-nya yang relatif lama.
  • Bisa memakai thinner universal sebagai pengencernya.

Untuk harganya, Sikkens Autoclear Plus HS ini bisa ditebus di harga 350,000 rupiah, diluar Hardener.

4. Belkote

Belkote
Belkote

Tidak lengkap apabila dalam menulis daftar clear coat terbaik di Indonesia tanpa menyertakan produk pernis asli buatan Indonesia. Ya, Belkote adalah pernis buatan anak bangsa yang kualitasnya bisa bersaing dengan produk asing yang sudah mapan.

Kali ini untuk jenisnya, penulis memilih Belkote PU 2K Clear Coat 2100 yang memiliki rasio 2:1. Dipasaran, produk lokal ini dihargai sebesar 300,000 dan sudah termasuk PU 2K Hardener ukuran 0.5 liter. Dan di rentang harga tersebut, para konsumen sudah bisa mendapatkan Clear Coat yang berkualitas unggul yang tidak kalah dengan barang impor.

Baca Juga:  Heat Exchanger: Pengertian, Fungsi, Jenis, Prinsip Kerja dan Penerapannya

Beberapa hal yang menurut penulis menjadi keunggulan dari Belkote adalah:

  • Adanya aditif khusus yang bisa menahan ganasnya korosi bensin.
  • Cocok untuk digunakan untuk perbaikan sebagian mobil saja. Jadi apabila bodi mobil Anda terkena percikan atau tumpahan bensin hanya di spot tertentu, Belkote ini bisa menjadi andalan.
  • Tingkat kilap dan ketebalan film kering yang tinggi.
  • Cepat keras dengan pemanasan yang konstan.
  • Mudah untuk diaplikasikan.
  • Memiliki ketahanan cuaca yang baik.
Bagikan Postingan:

Leave a Comment