Pengertian Media Pembelajaran: Jenis, Contoh dan Fungsinya

Kehadiran dari media pembelajaran memang tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan masyarakat. Terlebih lagi dalam kegiatan belajar  tidak ada batasnya dan untuk mendukung kegiatan belajar tersebut, maka dibutuhkan namanya media pendukung.

Ada banyak media yang digunakan untuk proses pembelajaran dan setiap jenisnya juga menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Inilah mengapa pentingnya untuk memahami lebih lanjut mengenai media untuk belajar tersebut.

Terlebih dahulu Anda harus memahami pengertian, macam macam media pembelajaran dan contohnya di bawah ini. Dengan begitu, Anda akan semakin memahami istilah tersebut lebih dalam lagi sebagai penambah wawasan.

Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Untuk memahami apa itu media pembelajaran, maka penting bagi Anda agar mengetahui arti dari setiap kata secara terpisah. Media merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yakni medius yakni tengah, perantara ataupun pengantar.

Sedangkan secara khusus pengertian dari media di dalam proses belajar mengajar merupakan alat seperti grafis, elektronik serta photografis untuk memproses, menangkap ataupun menyusun kembali informasi secara verbal ataupun visual.

Di samping itu, media adalah bentuk komunikasi baik secara cetak, audiovisual hingga peralatan yang digunakan. Di dalam penggunaannya, sebaiknya bisa dimanipulasi, didengar, dilihat sekaligus dapat dibaca.

Sedangkan pengertian dari media pembelajaran itu sendiri bisa diartikan sebagai perpaduan antara bahan dan alat. Jadi secara sederhananya merupakan media yang digunakan di dalam proses sekaligus tujuan pembelajaran.

Yang mana pembelajaran termasuk ke dalam komunikasi, maka media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai media komunikasi di dalam proses komunikasi. Keberadaan dari media sendiri mempunyai fungsi cukup penting karena dapat digunakan sebagai penyalur pembelajaran itu sendiri.

Dengan hadirnya media tersebut juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada. Hingga sekarang ada banyak contoh alat pembelajaran dimana juga akan kami jabarkan pada penjelasan berikutnya.

Baca Juga:  Inilah Pengertian dan Rumus Ohm Beserta Contoh Soalnya

Fungsi Media Pembelajaran

Karena mempunyai peran cukup penting, maka fungsi media pembelajaran sendiri tergolong cukup luas. Nah, berikut sejumlah fungsi yang dihadirkan oleh media tersebut.

Fungsi Atensi

Fungsi atensi sendiri dapat menarik sekaligus mengarahkan perhatian dari para peserta didik agar dapat berkonsentrasi pada pelajaran. Yang mana pelajaran tersebut berkaitan dengan makna yang ditampilkan atau disertai teks pembelajaran.

Fungsi Kognitif

Khususnya pada jenis media visual mengungkapkan bahwa gambar atau lambang visual yang ditampilkan dapat memperlancar tujuan. Khususnya untuk memahami sekaligus mengingat pesan di dalam suatu gambar.

Fungsi Afektif

Keberadaan dari media bukan hanya bisa menarik perhatian saja, tetapi juga memberikan fungsi afektif. Dimana bisa menjadi sarana hiburan tersendiri bagi para peserta didik ketika sedang melihat pesan pada media.

Fungsi Kompensatoris

Media bisa memberikan konteks buat memahami teks sehingga bisa membantu peserta didik dengan kemampuan membaca lemah dapat melakukan organisasi informasi di dalam teks. Selain itu, diharapkan juga bisa mengingat isi pesan tersebut.

Jenis Jenis Media Pembelajaran dan Contohnya

Jenis Jenis Media Pembelajaran dan Contohnya

Kehadiran dari media pembelajaran memang mempunyai peran yang cukup penting untuk menentukan tingkat keberhasilan dari proses pembelajaran. Selain mengetahui pengertian dan fungsinya, berikutnya Anda juga harus memahami adanya jenis jenis media pembelajaran dan contohnya di bawah ini.

Media Audio

Pertama adalah media audio dimana berfungsi buat menyalurkan pesan audio dari sumber ke penerima. Sesuai dengan namanya, jenis media tersebut sangat berkaitan erat dengan indera pendengaran seseorang.

Jika dilihat dari sifat pesan yang akan diterima oleh orang lain, maka media ini mampu menyampaikan pesan secara verbal bahasa lisan atau kata ataupun non verbal berupa bunyi. Adapun beberapa contoh dari media audio diantaranya adalah tape recorder, radio, laboratorium bahasa, telefon dan lainnya.

Baca Juga:  Jaring-jaring Balok dan Cara Mudah Membuatnya!

Media Visual

Selain terdapat media audio, juga terdapat media visual ini dimana akan mengandalkan indera penglihatan. Jenis media ini biasanya akan menggunakan alat bantu lainnya dapat berupa proyektor.

Pesan yang ingin disampaikan biasanya dituangkan dalam bentuk visual sehingga jauh lebih menarik. Bukan hanya itu saja, fungsi dari media ini juga dapat menarik perhatian, menggambarkan fakta, memperjelas sajian ide dan lainnya.

Media visual inipun juga masih mempunyai beberapa jenis yang harus Anda ketahui diantaranya adalah.

  • Media visual gerak : dapat berupa gambar proyeksi bergerak seperti film bisu
  • Media visual diam : flashcard, foto, ilustrasi, gambar, potongan gambar, film bingkai, OHP, grafik, diagram, bagan, poster, peta dan lainnya.

Media Audio Visual

Media audio visual adalah media yang tergolong lebih lengkap dibandingkan dengan kedua poin sebelumnya. Sebab jenis media ini dapat menampilkan suara ataupun gambar secara bersamaan. Untuk memahaminya, berikut ini beberapa jenis dan contohnya.

  • Media audio visual gerak: film tv, TV, film bersuara, gambar bersuara dan lainnya
  • Media audio visual diam : TV diam, halaman bersuara, film rangkai bersuara hingga buku bersuara.

Gambar Fotografi

Masih terdapat jenis media untuk pembelajaran yakni dapat berupa gambar fotografi. Contohnya adalah surat kabar, kartun, lukisan, ilustrasi ataupun foto yang berasal dari berbagai sumber. Biasanya digunakan oleh seorang guru agar kegiatan belajar dapat berjalan secara efektif.

Media Serbaneka

Media serbaneka merupakan suatu media yang disesuaikan dengan potensi dari suatu lokasi misalnya saja dekat sekolah ataupun lokasi lainnya. Lokasi pilihan biasanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai media untuk pengajaran.

Terdapat beberapa media pembelajaran serbaneka ini diantaranya adalah:

  • Papan : papan tulis, papan flanel, papan buletin, papan listrik, papan magnetik serta papan paku
  • Media tiga dimensi : model, diorama, dan mock up
  • Realita : memanfaatkan realit seperti membawa kelinci, ikan, burung ataupun mengajak siswa ke kebun binatang.
Baca Juga:  Pengertian Modulus Elastisitas Young, Rumus dan Contoh Pengaplikasiannya

Manfaat Media Pembelajaran Menurut Ahli

Berikut ini sejumlah manfaat media pembelajaran menurut para ahli yang juga penting untuk Anda ketahui:

Kemp dan Dayton (1985)

Mengemukakan bahwa terdapat sejumlah manfaat dari media untuk belajar diantaranya adalah:

  • Penyampaian materi bisa diseragamkan
  • Proses pembelajaran semakin lebih menarik
  • Proses pembelajaran dapat lebih interaktif
  • Jumlah waktu proses belajar mengajar bisa dikurangi
  • Kualitas belajar peserta didik bisa lebih meningkat
  • Adanya sikap positif peserta didik pada kegiatan belajar bisa ditingkatkan
  • Peran dari seorang pendidik bisa berubah menjadi lebih positif sekaligus produktif

Sudjana dan Rivai (1992:2)

Lain halnya dengan Sudjana dan Rivai yang mempunyai pendapat tersendiri terkait dengan manfaat proses pembelajaran diantaranya adalah:

  • Pembelajaran bisa lebih menarik perhatian siswa sehingga motivasi belajar juga akan semakin tumbuh
  • Bahan pembelajaran yang diberikan akan lebih jelas maknanya sehingga siswa bisa memahaminya dengan mudah
  • Metode mengajar bisa lebih bervariasi
  • Siswa dapat melakukan banyak hal bukan hanya mendengarkan uraian guru, namun juga mengamati.

Agar kegiatan belajar dapat berlangsung dengan optimal, maka dibutuhkan namanya media pendukung untuk kegiatan tersebut. Media untuk kegiatan belajar sendiri dapat terdiri dari beberapa jenis mulai dari audio, visual hingga audio visual.

Dengan menggunakan media tersebut maka akan memberikan banyak manfaat termasuk kegiatan belajar jauh lebih interaktif. Maka dari itu, segera pilih media pembelajaran terbaik untuk mendukung kegiatan belajar para siswa.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment