Datasheet Persamaan Dioda 1N4007 Secara Lengkap

Diode 1N4007 mempunyai beberapa daftar persamaan yang bisa untuk Anda gunakan. Untuk mendapatkan persamaan yang tepat, Anda dapat melihat informasi lebih detail di dalam datasheet persamaan dioda 1N4007.

Pada dunia elektronika, dioda tersebut menjadi komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu rangkaian atau sirkuit. Jenis dari dioda tersebut ada banyak, salah satunya adalah dioda dengan tipe 1N4007.

Biasanya, komponen tersebut dimanfaatkan dalam pembuatan penghalang ataupun sirkuit penyearah. Mengingat pentingnya informasi terhadap persamaan dari dioda tersebut, Anda perlu mencari tahu dan memahami datasheetnya.

Penjelasan Tentang Dioda Penyearah

persamaan dioda 1N4007

Dioda penyearah adalah suatu jenis dari dioda dengan penggunaan terlama alias paling tua. Secara umum, komponen tersebut sifatnya sangat sederhana, namun mempunyai peranan penting di dalam perkembangan dunia elektronika.

Pemberian nama dioda berasal dari kemampuan yang dimilikinya dalam memisahkan sinyal alternatif dengan arus positif. Hal tersebut membuat siklus positif bisa lewat dari tegangan bolak balik pada saat terjadi polarisasi langsung.

Akan tetapi, ketika siklus negatif, dioda dapat terpolarisasi terbaik sehingga arus yang mengalir dapat dicegah menuju ke arah ini. Hal itu menunjukkan peranan dioda penyearah sebagai filter yang dapat membuat siklus positif sinyal lewat serta menyaring siklus negatif.

Kemampuan seperti itu, mempunyai banyak sekali manfaat terutama dalam penerapan elektronika. Supaya bisa melakukan tugasnya dengan baik, komponen ini akan dibuat supaya mampu berfungsi di frekuensi maksimum tertentu dengan intensitas maksimum yang bisa ditahan.

Berdasarkan hal itu, semua faktor-faktor perlu dipikirkan secara matang untuk model dioda yang akan digunakan. Tujuannya tentu supaya komponen yang dipilih tidak melebihi batas sehingga fungsinya dapat berjalan secara baik.

Daftar Persamaan Diode 1N4007

Di pasaran, terdapat cukup banyak persamaan dioda yang bisa dijadikan pengganti dari tipe 1N4007. Banyaknya pilihan tersebut tentu dapat memudahkan Anda saat mencari alternatif ketika seri tersebut sulit didapatkan.

Baca Juga:  Cara Memasang Antena TV Indoor yang Benar

Nah, berikut ini adalah daftar dari berbagai macam persamaan dioda 1N4007 yang bisa untuk Anda gunakan:

  • 1N4148
  • N4733A
  • 1N5408
  • 1N5822
  • 1N4004
  • 1N4006
  • 1N4005
  • Dioda in5399
  • HER208
  • HER158
  • FR207
  • dioda fr107
  • EM520
  • EM513

Prinsip dari persamaan seperti di atas adalah mengganti dengan diode yang memiliki spesifikasi atau karakteristik sama atau lebih tinggi. Dengan begitu, komponen pengganti tersebut bisa menggantikan peran yang seharusnya dilakukan oleh dioda iN4007.

Datasheet Diode 1N4007

Seperti yang dikatakan di awal, sebenarnya Anda bisa mencari persamaan dari 1N4007 dengan baik asalkan mengetahui spesifikasi dari 1N4007. Untuk mencari tahu tentang hal tersebut, Anda bisa melihat pada datasheet persamaan dioda 1N4007 tersebut.

Di dalam datasheet, akan ditampilkan berbagai informasi detail mengenai spesifikasi dari dioda. Berikut adalah data lengkap yang perlu Anda ketahui tentang diode tipe 1N4007 ini.

  • KEMASAN PAKET : DO 45 / SMD
  • Jenis dioda : Silikon
  • Tipe : 1N4007
  • Tegangan balik : Max. 1000 V
  • Arus maju : Max. 1 A
  • Arus balik : Max. 30 A
  • Disisipasi daya : 3 W
  • Suhu kerja : Max. 175 °C

Bisa dilihat bahwa pada data sheet di atas diberikan informasi tentang kemasan, jenis, tipe, tegangan balik, sampai dengan suhu kerja dari dioda. Nah, dari data tersebut Anda bisa cari komponen lain dengan spesifikasi sama atau lebih untuk mendapatkan persamaannya.

Tentunya, hal tersebut juga berlaku saat Anda ingin mencari persamaan dari diode lainnya. Asalkan mengetahui datasheet persamaan dioda 1N4007, Anda dapat lebih mudah dalam menemukan tipe mana yang cocok sebagai pengganti.

Pinout Diode 1N4007

Pada dasarnya, diode tipe 1N4007 ini bisa dengan mudah untuk diketahui pinout-nya. Jadi, pada komponen ini hanya mempunyai dua pin saja, yakni satu pin adalah anoda dan pin lainnya adalah katoda.

Baca Juga:  Prinsip Kerja Antena Parabola TV Satelit dan Jenis-jenisnya

Dalam membedakan kedua pin tersebut, Anda dapat melihatnya pada garis abu-abu di salah satu ujung badannya. Ujung yang mempunyai garis warna abu-abu itu adalah katoda (-), sementara ujung lainnya berarti adalah anoda (+).

Lebih jauh lagi, Anda bisa langsung saja cek data selengkapnya pada lembar data produsen pembuat komponen. Hal yang perlu diketahui adalah bahwa setiap diode persamaan mungkin ada perbedaan, namun secara teknis detailnya tidak jauh berbeda.

Fitur Pada Diode 1N4007

Telah disebutkan di awal, diode tipe ini merupakan komponen dengan usia pakai tertua. Artinya, itu menunjukkan bahwa diode ini banyak sekali yang menggunakan terutama dalam rangkaian catu daya.

Bahkan, sebenarnya terdapat cukup banyak fitur yang membuat komponen ini menjadi penting di rangkaian. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang fitur dari diode tipe 1N4007 ini.

  • Berfungsi dalam mencegah terjadinya masalah di rangkaian yang terbakar dikarenakan oleh polaritas terbaik atau saat mengubah sinyal AC ke DC.
  • Dapat menahan arus sampai dengan 1A terus menerus dengan input tegangan mencapai 700V. Hal itu membuatnya bisa diterapkan di berbagai macam jenis rangkaian elektronika.
  • Bisa menyokong puncak tertentu dari tegangan balik sampai dengan 1000V serta besar arus sampai 30 A.

Umumnya, tipe 1N4007 ini dikemas ke paket DO-41 yang punya dua terminal tipikal. Hal itu membuatnya memiliki berbagai fitur lainnya seperti berikut:

  • Tegangan terbaliknya mulai dari 500 V sampai 700 v
  • Tegangan balik puncak hingga 1000v atau 1Kv
  • Arus lonjakan maksimum mencapai 30A
  • Intensitas arus searah maksimum 1A
  • Penurunan tegangan maju sebesar 1.1 V

Pada umumnya, tipe ini dapat beroperasi mulai dari suhu -55 derajat celsius sampai 150 derajat celsius. Namun, suhu tersebut bisa berbeda-beda pada beberapa produksi pabrikan tertentu.

Baca Juga:  Mesin Cuci Berapa Watt, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Contoh Penerapan Dioda 1N4007

Contoh Penerapan Dioda 1N4007

Setelah mempelajari tentang datasheet persamaan dioda 1N4007, selanjutnya akan diberikan juga informasi terkait penerapan dari komponen tersebut. Pada dasarnya, diode ini dipakai dalam berbagai macam rangkaian atau sirkuit elektronika seperti berikut.

1. Power Supply AC-DC

Menjadi penyearah setengah atau penuh gelombang power supply AC-DC dalam mengubah tegangan arus AC ke DC yang lebih stabil.

2. Rangkaian Deteksi Sinyal

Berperan menjadi pendeteksi sinyal di rangkaian audio atau radio. Sinyal radio tersebut akan diterima di antena untuk selanjutnya disaring dengan penyaring filter sebelum dilanjutkan ke detektor sinyal, dalam hal ini dioda tipe 1N4007.

3. Rangkaian Perlindungan

Diode ini bisa menjadi protection circuit atau rangkaian pelindung komponen elektronika dari adanya besar tegangan berlebih. Hal ini biasa diterapkan pada jenis rangkaian arus mundur dan overvoltage circuit.

4. Regulator Tegangan

Menjadi bagian rangkaian regulator tegangan, di mana fungsi dari dioda ini adalah menjadi bagian rangkaian penstabil tegangan zener.

Terlepas dari semua peranan yang telah dijelaskan di atas, dioda ini mempunyai fungsi dasar sebagai penyearah yang mampu mengubah tegangan AC ke DC. Hal itu dapat terjadi karena memang sesuai dengan kemampuannya untuk mengalirkan tegangan di satu arah saja.

Pada penggunaannya, umumnya komponen ini dipakai bersamaan dengan kapasitor dan juga kapasitor di rangkaian penyearah guna memperoleh tegangan DC stabil. Selain itu, bisa juga dipakai bersama diode zener supaya bisa memproduksi tegangan DC yang bersifat tetap.

Berdasarkan ulasan datasheet persamaan dioda 1N4007 serta fungsinya, dapat disimpulkan bahwa komponen tersebut sangat penting di sirkuit elektronika. Dengan mengetahui datasheet tersebut, Anda dapat menemukan jenis diode lain yang dapat menjalankan peran serupa.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment