Antena Toyosaki 220 dan 235, Mana yang Paling Bagus?

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal antena Toyosaki karena spesifikasinya yang mumpuni untuk menangkap sinyal. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah telah dilengkapi booster sinyal sehingga memudahkan pengguna mendapatkan channel favorit.

Antena memang menjadi perangkat krusial bagi pengguna televisi. Pasalnya, semakin baik kualitas antena tersebut, maka semakin lancar pula aktivitas menonton televisi dengan nyaman. Lalu, bagaimana dengan produk bernama Toyosaki ini?

Review Antena Toyosaki

Antena Toyosaki untuk gambar televisi lebih jernih

Toyosaki menjadi salah satu merek antena cukup populer karena selain harganya terjangkau, kualitas yang diberikan juga sangat baik. Kelebihan utama dari antena ini adalah sudah terdapat built-in booster sehingga Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan.

Sayangnya, produk tersebut masih jarang ditemui di Indonesia karena tergolong keluaran terbaru. Setidaknya ada tiga jenis yang bisa dipilih, yakni antena toyosaki aio 200, 220, dan 235. Setiap seri memiliki kelebihan dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Apabila dilihat dari bentuknya, antenna ini mungkin terlihat cukup asing bagi beberapa orang karena memiliki bentuk kotak berdimensi sekitar 15 x 5 cm. Sementara itu, bentuk yang biasa digunakan oleh banyak orang adalah berbentuk variasi dengan penerima sinyal yang bermacam-macam.

Walaupun berbentuk kotak hitam, akan tetapi hal tersebut tidak menandakan bahwa perangkat ini tidak mempunyai komponen penerima sinyal. Pasalnya, komponen tersebut terletak di bagian dalam dan menyatu dengan rangkaian booster.

Kelebihan Antena Toyosaki

Kelebihan dan kekurangan antena Toyosaki

Sebelum Anda memutuskan apakah ingin menggunakan perangkat ini, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah daftar kelebihannya.

1. Terdapat booster sinyal

Mungkin ini adalah kelebihan utama dari perangkat tersebut apabila dibandingkan antenna pada umumnya, yakni sudah dilengkapi booster. Booster berguna untuk memperkuat sinyal yang didapatkan sehingga kualitas saluran yang diterima akan menjadi lebih baik.

2. Mampu menerima siaran digital dan UHF

Kelebihan yang tidak kalah menarik adalah perangkat ini sudah mampu menerima siaran baik itu UHF maupun digital. Hal tersebut tentu menjadi kabar baik mengingat saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia sudah menggunakan siaran digital.

Baca Juga:  Cara Cek Dioda yang Benar via Multimeter Digital dan Analog

Pergantian dari siaran analog ke digital tentu akan berpengaruh pada penggunaan antena. Perangkat dengan kualitas yang kurang baik atau tidak dapat menerima sinyal digital akan kesulitan bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

3. Memiliki gain tinggi

Adanya booster yang terdapat di dalamnya akan membantu Anda mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Itulah sebabnya perangkat ini sangat cocok dipakai untuk pengguna yang tinggal di wilayah jauh dari pemancar sinyal televisi.

Bahkan, untuk model tertentu sudah terdapat fitur pengaturan gain. Fitur tersebut berfungsi mengatur penguatan booster untuk menerima sinyal. Biasanya pengaturan gain dipakai ketika terdapat masalah pada penerimaan sinyal, baik itu kurang ataupun berlebihan.

4. Body terbuat dari logam

Produsen telah mempertimbangkan penggunaan di luar ruangan. Jadi, tidak mengherankan jika body sengaja dibuat menggunakan bahan logam sehingga aman ketika cuaca tidak baik. Bahan ini juga memungkinkan untuk air tidak bisa masuk dan menyebabkan rangkaian rusak.

5. Pemasangan mudah

Pemasangan perangkat ini cukup mudah dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki latar belakang pengetahuan di bidang elektronika karena produk ini memakai sistem konektor sebagai penghubung setiap bagiannya.

6. Ada banyak tipe

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, ada berbagai tipe yang bisa dipilih oleh pengguna, yakni seri AIO 220, 200, dan 235. Masing-masing memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda-beda sehingga Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

7. Desain praktis

Terakhir, perangkat ini mempunyai desain yang modern dan praktis. Hal tersebut senada dengan kebutuhan masyarakat di era modern yang menuntut desain simpel, praktis, namun tetap terlihat mewah. Semua itu bisa ditemui pada produk tersebut.

Baca Juga:  Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan Terbaik

Kekurangan Antena TV Toyosaki

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya. Dengan begitu, Anda akan lebih siap untuk membelinya.

1. Daya tangkap cenderung minim

Meskipun telah dilengkapi booster di dalamnya, namun pada kenyataannya daya tangkap perangkat tersebut masih kurang baik. Hal tersebut dikarenakan elemennya yang berbeda dengan antena biasanya, yakni terdapat komponen penerima sinyal TV.

2. Spare part sulit

Ketika terjadi kerusakan, mungkin Anda akan sedikit dipusingkan karena untuk mencari spare part cukup sulit. Bahkan, untuk masalah yang serius, pengguna diharuskan membeli antenna baru karena biaya membeli spare part cukup tinggi.

3. Kurang cocok di dataran tinggi

Untuk saat ini, antena Toyosaki mungkin masih cocok untuk dataran rendah seperti perkotaan. Akan tetapi, bagi yang tinggal di wilayah perbukitan sepertinya harus mengurungkan niat terlebih dahulu karena akan kesulitan mendapatkan sinyal yang baik.

Perbedaan Antara Antena Toyosaki 220 dan 235

Perbedaan Toyosaki 220 dan 235

Dari ketiga jenis yang ada, tipe 220 dan 235 adalah yang paling banyak dipilih. Sebagai pembanding, berikut adalah beberapa perbedaan antena Toyosaki 220 dan 235.

1. Spesifikasi Toyosaki 220

Tipe ini mempunyai gain 22 db dan frekuensi antara 470 hingga 860 Mhz. Kemudian, input yang dihasilkan adalah 220 volt/50 Hz dengan output maksimal 95 dbu. Dengan pemakaian daya di angka 3 watt, tentu saja hal tersebut tidak akan terlalu membebani konsumsi listrik.

2. Harga Toyosaki 220

Semenjak fenomena pergantian dari siaran televisi analog menuju digital, produk ini menjadi booming kembali karena dinilai mampu menangkap sinyal digital. Mengenai harga, saat ini antenna berada di kisaran Rp100.000 hingga Rp160.000.

Anda bisa mencari di toko elektronik terdekat atau melalui marketplace online. Namun, pastikan untuk memilih penjual yang terpercaya untuk menghindari kasus penipuan seperti barang tidak sesuai deskripsi atau terjadi kerusakan ketika pengiriman.

Baca Juga:  Kode Remot TV Akira 21 in Tabung, Simak Penjelasannya Berikut!

3. Spesifikasi Toyosaki 235

Untuk tipe AIO 235SC, perangkat ini mempunyai frekuensi 470 hingga 860 mhz dengan output maksimal 95 dbu dan gain 25 db. Sama seperti sebelumnya, Toyosaki 235 juga memiliki tegangan 220 V 50 hz dengan daya listrik 3 Watt.

Akan tetapi, satu hal yang membedakan dari tipe 220 adalah bisa digunakan untuk dua televisi. Jadi, Anda tidak perlu membeli antena atau splitter tambahan untuk menggunakan ke dua TV.

4. Harga Antena Toyosaki 235

Harga tipe 235 sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan seri 220. Anda bisa membeli di kisaran harga Rp100.000 hingga Rp120.000. Angka tersebut terbilang sangat murah mengingat dapat digunakan untuk dua televisi sekaligus.

5. Perbedaan Toyosaki 220 dan 235 Lengkap

Bisa dibilang perbedaan antara tipe 220 dan 235 tidak terlalu jauh, baik dari spesifikasi maupun harganya. Hanya saja, memang beberapa memiliki fitur yang lebih lengkap seperti dapat dipakai di dua perangkat. Silakan Anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Selanjutnya, apabila dilihat secara sekilas, ukuran tipe 220 memang cenderung lebih besar dibandingkan 235. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan apabila akan diletakkan di tempat tertentu. Selain itu, ukuran 235 yang lebih kecil membuatnya lebih cocok dijadikan antena indoor karena tidak terlalu memakan ruang.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa meskipun antena Toyosaki memiliki harga terjangkau dengan fitur booster di dalamnya, untuk saat ini perangkat tersebut masih kurang cocok dipakai di Indonesia. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan seiring pengembangan yang dilakukan, pasar Indonesia akan lebih menerimanya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment