Tipe TV LG yang Sudah Digital, Catat Sebelum Beli

LG Electronics merupakan perusahaan elektronik berkantor pusat di Korea Selatan yang memproduksi beragam produk mulai dari mesin cuci, kulkas, smartphone, hingga televisi.

TV digital adalah TV yang dapat menerima sinyal digital dan mengolah menjadi audio dan gambar, sehingga gambar yang dihasilkan tajam. TV digital memiliki fitur multimedia sehingga tak perlu repot mengunduh kembali.

Apabila menggunakan TV digital, tak perlu lagi menggunakan perangkat tambahan set top box atau STB. Bagi Anda yang ingin membeli TV yang sudah digital merek LG, simak daftarnya berikut ini.

Apa itu TV Digital?

TV digital merupakan TV yang mengusung modulasi digital. Sistem penyiaran TV digital memiliki kemampuan multifungsi serta multimedia seperti peringatan bencana dini hingga layanan interaktif.

Melalui siaran digital, kualitas suara dan gambar yang dihasilkan jauh lebih jernih dan tajam jika dibandingkan dengan siaran analog. Sehingga gambar yang dihasilkan tidak bersemut ataupun berbayang.

Ciri TV Sudah Digital

Sebelum membahas tipe TV LG yang sudah dilengkapi teknologi digital, terlebih dahulu simak ciri merk TV yang sudah digital salah satunya merek LG, diantaranya :

  • Mendukung teknologi DTV T2.
  • Terdapat pencarian fitur sinyal digital.
  • Memiliki resolusi layar full HD atau HD.
  • Layar monitor menggunakan teknologi LED terbaru.
  • Dilengkapi dengan fitur multimedia.
  • Dapat mengolah sinyal digital.

Tipe TV LG yang Sudah Digital (Layar OLED)

Daftar TV LG yang sudah digital

Sebelum memutuskan membeli, terlebih dahulu ketahui TV LG yang sudah digital agar nantinya tidak salah memilih. Terlebih dahulu simak tipe LG layar OLED di bawah ini :

LG OLED55B8PTA

LG OLED55B8PTA mengusung layar OLED 55 inch dengan resolusi 4K sehingga menghasilkan gambar yang tajam dan jernih.

OLED merupakan Organic Light Emitting Diode, yang terpasang pada panel layar dan mengandung elemen organik sehingga dapat memancarkan cahaya ketika aliran listrik menyentuh panel tersebut. Tampilannya pun memiliki warna lebih pekat dibanding LED.

Baca Juga:  Cara Membuat Bass Empuk dan Penyebab Bass Kurang Nendang

TV layar OLED juga memiliki cahaya dan tampilan warna yang lebih nyaman bagi mata penonton. Selain itu terdapat konektivitas lengkap seperti HDMI, USB, LAN, headphone, bluetooth, WiFi, dan lain-lain.

LG OLED65W8PTA

Contoh TV digital selanjutnya adalah tipe OLED65W8PTA. Selain mengusung layar OLED, terdapat banyak kelebihan lain dari televisi 65 inch ini mulai dari wallpaper TV design, Google Assistant, layar 4K Cinema HDR, Dolby Atmos, magic remote, dan lain sebagainya.

Fitur yang disematkan pada televisi LG tipe OLED65W8PTA sebut saja konektivitas WiFi, browsing internet, home network streaming, Advanced HDR with Technicolor, Dolby vision, hingga downloadable apps.

Selain itu terdapat tipe TV LG layar OLED lainnya yang sudah digital yaitu OLED65C7T-T, OLED77CXPTA, OLED83C1PTA, OLED65G1PTA, OLED48A1PTA, OLED55CXPTA, OLED55C1PTB, OLED77C1PTB, dan masih banyak lagi.

Tipe TV LG yang Sudah Digital (32 Inch)

Selain layar OLED, TV LG LCD 32 inch tipe apa saja yang sudah digital? Bagi Anda yang tertarik membeli TV LG 32 inch digital, simak beragam tipenya di bawah ini :

LG 32LM550BPTA

Di jajaran pertama ada tipe LG 32LM550BPTA, yang hadir dengan desain simpel berbingkai tipis dan terlihat selaras dengan interior ruangan Anda. Dibekali dengan Dynamic Color Enhancer, sehingga gambar yang dihasilkan lebih alami dan kaya.

Selain itu terdapat banyak fitur canggih yang ada di dalamnya sebut saja USB movie, Resolution Upscaler, Quick Access, Virtual Surround Sound, dan masih banyak lagi.

LG 32LM360

LCD TV LG s32 inch selanjutnya adalah tipe LG 32LM360. Tak kalah dengan tipe 32LM550BPTA, tipe ini juga dibekali dengan banyak kelebihan mulai dari Dynamic Color Enhancer, The Origin of LifeLike Image, Quad Core Processor, DTS Virtual, dan lain-lain.

Baca Juga:  PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)  

Selain itu tipe TV LG digital layar 32 inch lainnya adalah 32LJ510D-TB, 32LJ500D-TA, 32LK500BPTA, 32LM635BPTB dan 32LM553BPTB.

Tipe TV LG yang Sudah Digital (43 Inch)

Anda mencari TV LG layar 43 inch? Berikut ini beberapa tipe TV LG 43 inch yang sudah digital dan bisa untuk menonton siaran digital tanpa perlu set top box.

LG LED 43LM5500PTA

Untuk seri 43LM550PTA yang satu ini, mengusung layar tipe LED yang menghadirkan kualitas gambar terbaik meski dilihat dari sudut manapun. LED sendiri merupakan singkatan dari Light Emitting Diode, yang menggunakan diode sebagai semikonduktor agar dapat menghasilkan cahaya.

Sehingga kualitas gambar yang dihasilkan pun tampak seperti berlian dan aman bagi mata penonton. Selain itu TV layar LED memiliki kelebihan yakni layar datar dengan ketajaman luar biasa.

Tak hanya itu, tipe ini juga dibekali dengan DTS Virtual X agar dapat menghasilkan pengalaman audio terbaik dan mendalam meskipun hanya mendengarkan dengan speaker bawaan televisi.

Selain itu tipe TV LG 43 inch lainnya yang dapat dipilih adalah LED 43LM5700, LED 43LM5750PTC, LED 43LN5600, LED 43UN7000, LED 43UQ7500PSF, 43NANO75TPA, dan lain-lain.

Cara Mengetahui Tipe TV LG

Rupanya mengetahui seri TV LG dapat dilakukan dengan sangat mudah, yakni dengan melihat pada bagian belakang TV LG. Nomor seri sendiri merupakan identitas dari TV yang dikeluarkan oleh pabrik ketika proses produksi.

Selain melihat melalui bodi belakang TV, terdapat cara lain untuk mengetahui tipe dari TV LG Anda yakni melalui menu program. Berikut langkah mudah mengetahui tipe TV LG :

  • Hidupkan TV LG.
  • Klik tombol menu program yang terlihat pada remote.
  • Klik pada opsi “pengaturan umum”.
  • Klik pada menu “tentang TV”, lalu pilih opsi “informasi TV”.
  • Nantinya akan terlihat informasi lengkap tentang televisi LG tersebut.
Baca Juga:  Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar Terbaru 2024, dan Cara Merawatnya

Antena TV LED Digital

Antena TV

Antena TV LG tabung memiliki daya tangkap sinyal baik, sehingga pengguna TV tabung tidak memerlukan antena besar karena antena berukuran kecil saja sudah dapat menangkap sinyal dengan baik.

Namun berbeda dengan antena digital TV LED, karena perlu menggunakan antena berukuran sedang atau besar. Pasalnya TV jenis LED tidak mudah menangkap sinyal, karenanya diperlukan antena besar agar sinyal dapat dijangkau dengan baik oleh antena.

Cara Mengetahui TV Sudah Digital atau Belum

Terdapat cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengetahui apakah TV yang ada di rumah sudah digital atau belum. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Siapkan perangkat smartphone atau laptop.
  • Buka halaman siarandigital.kominfo.go.id/.
  • Setelah itu klik pada opsi menu “perangkat TV digital”.
  • Jika sudah klik pada opsi “pilih kategori” lalu klik opsi “televisi”.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi merek dari televisi Anda beserta tipe atau modelnya.
  • Jika televisi Anda merupakan televisi yang sudah mendukung siaran digital atau TV digital, nantinya akan tertera keterangan merek dan tipe pada halaman tersebut.
  • Namun apabila televisi Anda belum digital, maka nantinya akan muncul keterangan “mohon maaf perangkat yang dicari tidak terdaftar pada database atau belum mempunyai sertifikat perangkat”.

Itulah daftar TV LG yang sudah digital dan perlu dicatat sebelum memutuskan untuk membeli.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment